Sabtu, 22 September 2018

RPP IPA Materi Struktur Daun dan Fungsinya Kelas IV SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM

Description: 11138637_693539424112829_1780076371704186979_n.jpg

Disusun Guna Memenuhi Tugas Individu Mata Kuliah Pendidikan IPA SD
Dosen Pengampu: Mur Fatimah, S.Pd, M.Pd



Disusun Oleh:
Abdul Aziz
NIM 1401415322
Rombel 3D

                                                                                   





PROGRAM STUDI PGSD
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2016


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                : Ilmu Pengethuan Alam
Kelas                                 : IV
Semester                            : I (satu)
Alokasi waktu                  : 1 pertemuan ( 2 X 35’)

A.      Standar Kompetensi
3. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya.

B.       Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menyebutkan bagian-bagian daun beserta fungsinya.
2.      Mengidentifikasi jenis-jenis tulang daun.
3.      Menjelaskan hubungan antara struktur bagian daun dengan fungsinya.

D.      Tujuan Pembelajaran
1.    Melalui pengamatan pada daun siswa dapat menyebutkan bagian-bagian daun beserta fungsinya.
2.    Melalui pengamatan pada daun, siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tulang daun.
3.    Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan hubungan antara struktur daun dengan fungsinya.

E.       Materi  Ajar
Struktur daun dan fungsinya.

F.       Model & Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan proses

G.      Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Diskusi
4.      Penugasan

H.      Media dan sumber belajar
1.         Gambar daun
2.         Daun ( peseta didik membawa dari rumah )
Sumber:
1.    Buku IPA SD kelas IV standar isi KTSP 2006, penerbit Erlangga

I.       Karakter siswa yang diharapkan:
Disiplin, Tanggung Jawab, Kerja sama, Percaya diri, Telit.

J.        Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan (10 Menit)
a.       Guru memberikan salam, kemudian berdo’a, presensi, serta mengkondisikan kelasdengan merapihkan tempat duduk.
b.      Guru melakukan apersepsi siswa diajak bernyanyi “lihat kebunku”.
Siswa diberikan pertanyaan:
“Siapa yang pernah ke kebun?”
“Apa saja yang kalian lihat?”
”Siapa yang pernah memetik daun?”
c.       Guru menginformasikan tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan dilaksanakan.
2.      Inti 40 menit)
Eksplorasi
a.       Siswa diminta untuk mengamati daun yang dibawa dari rumah.
b.      Guru mengadakan tanya jawab yang berkaitan dengan bagian-bagian daun beserta fungsinya, dan peserta didik di suruh melihat daun yang dibawa.
c.       Guru memberikan sedikit penjelasan mengenai bagian-bagian daun beserta fungsinya.
d.      Guru mempersiapkan gambar-gambar daun.
e.       Siswa diminta menyebutkan jenis-jenis tulang daun yang ada pada gambar daun yang ditunjukan oleh guru.
f.       Guru menanyakan kepada siswa, beberapa contoh daun yang telah dibawa siswa tersebut termasuk jenis tulang daun apa?. Beberapa anak di suruh menyebutkan dan menjelaskan.
Elaborasi
a.       Guru membentuk kelompok, yang terdiri dari 2 bangku menjadi 1 kelompok atau 4-5 anak per kelompok.
b.      Guru membagikan gambar daun dan lembar pertanyaan kepada siswa.
c.       Siswa berdiskusi dalam kelompoknya kemudian menyatukan jawaban terhadap pertanyaan dan meyakinkan tiap anggota dalam kelompoknyamengetahui jawaban kelompok.
d.      Guru membimbing jalannya diskusi kelompok serta menentukan berapa lama waktu diskusi.
e.       Guru menyebutkan salah satu nama siswa, kemudian di suruh membacakan jawaban nomor 1 di kelompoknya dengan berdiri.
f.       Guru mempersilahkan kelompok lain untuk menanggapi jawaban dari kelompok yang menjawab
g.      Kemudian siswa yang tadi menjawab berhak menentukan kelompok selanjutnya untuk membacakan jawaban nomor selanjutnya.
h.      Guru memberi motivasi bagi kelompok yang belum berhasil menjawab dengan benar.
Konfirmasi
a.       Siswa diberi umpan balik dari hasil diskusi, dan diberi pemantaban mengenai jawaban.
b.      Guru melakukan tanya jawab, apakah ada yang ditanyakan dalam materi/hasil diskusi tersebut.
c.       Guru memberikan reward berupa tepuk tangan untuk kelompok yang berhasil menjawab dengan benar, dan memberikan motivasi kepada semuanya agar aktif dalam pembelajaran.
3.    Kegiatan Akhir (20 Menit)
a.       Siswa mengerjakan soal evaluasi yang terdiri dari 5 soal pilihan ganda dari guru dengan waktu 15 menit harus sudah dikumpulkan.
b.      Siswa dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan materi pembelajaran (hubungan antara daun tumbuhan dengan fungsinya).
c.       Siswa diminta untuk mempelajar materi yang akan datang yaitu tentang “bunga dengan fungsinya”.

K.    Evaluasi
1.      Prosedur Tes
a.       Tes awal                            :   ada pada apersepsi
b.      Tes dalam Proses               : ada pada KBM (mengamati tingkat keaftifan siswa selama proses pembelajaran)
c.       Tes akhir                            : ada pada penilaian hasil.
2.      Jenis Tes
a.       Tertulis
3.      Bentuk Tes
a.       Pilihan ganda
4.      Alat Tes
a.       Lembar kerja siswa
b.      Lembar evaluasi siswa
c.       Kunci jawaban
d.      Lembar pengamatan keaktifan siswa




L.     Lampiran

1.    Lampiran Materi

Struktur Daun dan Fungsinya
Tumbuhan memiliki daun. Daun merupakan bagian tumbuhan yang tumbuh dari batang. Daun umumnya berbentuk tipis dan berwarna hijau. Warna hijau tersebut disebabkan warna klorofil yang ada pada daun. Namun, daun ada juga yang berwarna kuning, merah, atau ungu.
a.         Struktur Daun
Bagian-bagian daun lengkap terdiri atas tulang daun, helai daun, tangkai daun, dan pelepah daun. Contoh daun yang memiliki bagian-bagian lengkap antara lain daun pisang dan daun bambu. Di alam, kebanyakan tumbuhan memiliki daun yang tidak lengkap. Misalnya, ada daun yang hanya terdiri atas tangkai dan helai daun saja, contohnya daun mangga. Ada pula daun yang hanya terdiri atas pelepah dan helai daun saja, contohnya daun padi dan jagung. Selain itu, daun juga memiliki urat. Urat daun adalah susunan pembuluh pengangkut pada daun. Tumbuhan monokotil memiliki urat daun yang memanjang dari pangkal ke ujung daun secara sejajar. Tumbuhan dikotil memiliki urat daun yang membentuk jaringan. Urat daun tersebut bercabang-cabang hingga menjadi percabangan kecil danmembentuk susunan seperti jaring atau jala. Bentuk tulang daun juga bermacam-macam, antara lain, menyirip, melengkung, menjari, dan sejajar.
·         Menyirip
Tulang daun jenis ini memiliki susunan seperti sirip-sirip ikan. Contoh tumbuhan yang memiliki jenis tulang seperti ini adalah tulang daun jambu, mangga, dan rambutan.
·         Melengkung
Tulang daun melengkung berbentuk seperti garis-garis melengkung. Tulang daun jenis ini dapat kita temukan pada berbagai tumbuhan di lingkungan sekitar kita. Misalnya, tulang daun sirih, gadung, dan genjer.
·         Menjari
Tulang daun menjari bentuknya seperti jari-jari tangan manusia. Misalnya, tulang daun pepaya, jarak, ketela pohon, dan kapas.
·         Sejajar
Tulang daun sejajar berbentuk seperti garis-garis sejajar. Tiap-tiap ujung tulang daun menyatu.Misalnya, tulang daun tebu, padi, dan semua jenis rumput-rumputan.
Pernahkah kamu mendengar istilah daun tunggal dan daun majemuk? Daun tunggal adalah daun yang memiliki satu helai daun di setiap tangkainya. Daun majemuk adalah daun yang memiliki beberapa helai daun di setiap tangkainya.
b.         Fungsi Daun
Bagi tumbuhan, daun memiliki beberapa kegunaan. Misalnya, sebagai tempat pembuatan makanan, pernapasan, dan penguapan.
Ø  Pembuatan makanan.
Daun berguna sebagai dapur tumbuhan. Tahukah kamu fungsi dapur? Di dalam daun terjadi proses pembuatan makanan (pemasakan makanan). Makanan ini digunakan tumbuhan untuk kelangsungan proses hidupnya dan jika lebih disimpan.
Ø  Pernapasan.
Di permukaan daun terdapat mulut daun ( stomata ). Melalui stomata pertukaran gas terjadi. Daun mengambil karbondioksida dari udara dan melepas oksigen ke udara. Proses inilah yang menyebabkan kamu merasa nyaman saat berada di bawah pohon pada siang hari.
Ø  Penguapan.
Tidak semua air yang diserap akar dipakai oleh tumbuhan. Kelebihan air ini jika tidak dibuang dapat menyebabkan tumbuhan menjadi busuk dan mati. Sebagian air yang tidak digunakan dibuang melalui mulut daun dalam bentuk uap air. Pada malam hari, kelebihan air dikeluarkan melalui sel-sel pucuk daun. Proses ini disebut gutasi.Coba kamu amati daun-daun bunga yang ada di pekaranganmu saat pagi hari. Bagi manusia, daun dapat digunakan sebagai bahan makanan, contohnya daun pepaya dan singkong; obat-obatan, contohnya daun jeruk dan jambu biji; rempah-rempah, contohnya daun salam jeruk.


2.         Lampiran Tugas Diskusi
No
Nama Tumbuhan
Bentuk Tulang Daun
Fungsi
1
Pepaya


2
Sirih


3
Jambu


4
Pisang


5
Ketela



3.    Lampiran gambar daun
        
   
   
 


4.    Lampiran Evaluasi
Isilah titik-titik dan jawablah pertanyaan di bawah dengan jawaban yang tepat!
1.Bentuk tulang daun pepaya adalah……..
2.Daun kebanyakan berwarna hijau karena banyak mengandung…….
3. Jelaskan perbedan daun tunggal dan daun majemuk!
4. Sebutkan 3 jenis tanaman yang mempunyai tulang daun yang menyirip!
5. Sebutkan 3 fungsi daun bagi tumbuhan!
Kunci Jawaban Tes Tertulis
1.Menjari
2. Klorofil/zat hijau daun
3. Daun majemuk: daun yang memiliki beberapa helai daun pada setiap tangkainya
Daun tunggal : daun yang memiliki satu helai daun pada setiap tangkainya
4. tulang daun jambu, mangga, dan rambutan


5.    Lampiran Pengamatan Pengaktifan Siswa

No.
Nama Siswa
Aspek yang Diamati
TOTAL SKOR
Keaktifan
Bertanya
Keberanian
KerjaSama
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1














2














3














4














5














6














7














8














9














10
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Motivasi Kisah Pribadi

Perjuangan Seorang “Kuli Bangunan untuk Kuliah” Berdasarkan kisah nyata pribadi Oleh : Abdul Aziz Saya tidak pernah menyangka sa...