
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
MODEL 222
MATA
PELAJARAN IPS KELAS IV DAN IPA KELAS V
Disusun untuk Memenuhi Tugas Individu Mata
Kuliah Pembelajaran Kelas Rangkap
Dosen Pengampu : Drs. Noto Suharto, M.Pd
Disusun oleh :
Abdul Aziz
1401415322
JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2016
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KELAS RANGKAP MODEL 222
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
/ Semester : IV dan V /
1
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar
Kompetensi
IPS
Kelas IV
1. Memahami sejarah, kenampakan alam dan
keragaman suku bangsa
di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.
IPA Kelas V
2.
Memahami cara tumbuhan hijau membuat
makanan
B.
Kompetensi Dasar
IPS
Kelas IV
1.3
Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya
untuk kegiatan ekonomi di Iingkungan setempat.
IPA Kelas V
2.2 Mendeskripsikan
ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan.
C.
Indikator
IPS Kelas IV
- Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam dan kaitannya dengan kegiatan ekonomi
- Menggunakan peta setempat untuk menunjukkan persebaran sumber daya alam
- Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di lingkungan setempat
IPA Kelas V
- Menyebutkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan
- Menjelaskan bagian tumbuhan yang dimakan oleh manusia dan hewan
D. Tujuan
Pembelajaran
IPS Kelas IV
1. Melalui gambar peta persebaran SDA, Siswa
dapat menunjukkan jenis dan
persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di
Iingkungan setempat.
IPA Kelas V
1.
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat Memahami tumbuhan hijau
sebagai sumber makanan.
2.
Melalui
diskusi kelompok, siswa dapat Menyebutkan bagian tumbuhan
yang dapat dimanfaatkan.
E. Materi Pembelajaran
IPS Kelas IV
F. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
Kelompok
3.
Tanya Jawab
4.
Pemberian Tugas
G. Media dan Sumber Belajar
IPS Kelas IV
Media Pembelajaran
1. Peta daerah kabupaten/kota dan provinsi
tempat tinggalnya
2. Gambar berbagai jenis hewan dan tumbuhan
Sumber Belajar
1. Buku Paket IPS Kelas IV karangan I.S
Sadiman dkk, 2008 Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
2. Buku Pelajaran kelas IV yang relevan.
IPA Kelas IV
Media Pembelajran
1. Gambar tumbuhan yang bermanfaat untuk
manusia dan hewan
Sumber Belajar
1. Buku Paket IPA Kelas V karangan Hery
Sulistianto dkk, 2008, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
2. Buku Pelajaran Kelas V yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran.
Tahap Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
|
Kelas IV
|
Kelas V
|
||
Kegiatan Awal
|
a. Salam
b. Doa
c. Presensi
d. Mempersiapkan materi materi dan
perangkat pembelajaran
e. Memberikan motivasi
|
10 menit
|
|
Kegiatan
Inti 1
|
a.
Guru membagi kelas menjadi 4 kelompok .
|
a.
Guru
menyuruh siswa membaca
materi tentang manfaat tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan.
|
15 menit
|
Tahap Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
|
Kelas IV
|
Kelas V
|
||
Kegiatan Inti 1
|
b.
Guru membagikan LKS kepada setiap Kelompok (Elaborasi)
c.
Siswa berdiskusi dan mengerjakan soal LKS yang diberikan oleh
guru.(Elaborasi)
|
b.
Siswa
melakukan tanya jawab dengan guru tentang manfaat tumbuhan hijau
(Eksplorasi).
c.
Guru memberi
kesempatan pada siswa untuk bertanya hal yang belum dipahami (konfirmasi).
|
|
Kegiatan Inti 2
|
d.
Siswa melaporkan hasil diskusi kelompok kepada guru(Elaborasi)
|
d.
Guru
membagi siswa menjadi empat kelompok untuk berdiskusi mengerjakan LKS
(Elaborasi).
|
15 menit
|
Kegiatan Inti 3
|
e.
Guru menjelaskan materi tentang persebaran dan pemanfaatan Sumber daya
alam (Eksplorasi)
f.
Guru memberi
kesempatan pada siswa untuk bertanya hal yang belum dipahami (konfirmasi)
|
e.
Siswa
melakukan diskusi
kelompok (
Elaborasi).
f.
Guru
menyuruh salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi dan guru
memperjelas. (konfirmasi)
|
15 menit
|
Kegiatan Akhir
|
a.
Guru dan siswa membuat kesimpulan mengenai materi
b.
Siswa mengerjakan soal evaluasi
c.
Guru menganalisis hasil pembelajaran.
|
10 menit
|
I. Evaluasi
1.
Prosedur Tes
a.
Tes dalam proses :
ada pada KBM ( mengamati tingakat keaktifan siswa selama pembelajaran).
b.
Tes Akhir :
ada pada penilaian hasil
2.
Bentuk tes
Tertulis, Pilihan Ganda
3.
Alat Tes
a.
Lembar Kerja Siswa
b.
Lembar Evaluasi
c.
Lembar Keaktifan Siswa
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
|
Tegal, 15 November 2016
Guru Kelas
19631010
198608 2 004
|
J.
Lampiran
1. Lampiran
Lembar Pengamatan
LEMBAR
PENGAMATAN KEAKTIFAN SISWA
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang Diamati
|
TOTAL
SKOR
|
|||||||||||
KeaktifanBertanya
|
Keberanian
|
KerjaSama
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Lampiran
Materi
IPA
kelas 5
Ketergantungan Manusia dan Hewan terhadap
Tumbuhan Hijau
Telah dijelaskan dalam materi
sebelumnya bahwa fotosintesis menghasilkan oksigen. Selain digunakan oleh
tumbuhan, sebagian oksigen dilepaskan ke udara dilingkungan sekitarnya. Oksigen
dihirup oleh manusia dan hewan pada saat bernapas. Tanpa tumbuhan hijau,
oksigen lama-kelamaan akan habis jika digunakan terus oleh manusia dan hewan.
Namun, tumbuhan selalu menyediakan oksigen di alam. Jadi, manusia dan hewan
membutuhkan tumbuhan hijau agar oksigen tetap tersedia di alam. Tumbuhan hijau
juga merupakan sumber energi bagi manusia. Sebagian besar bahan makanan kita
berasal dari tumbuhan. Bagian tumbuhan yang biasa digunakan sebagai bahan
makanan sebagai berikut.
1. Akar, contohnya wortel, lobak,
dan singkong (ketela pohon).
2. Batang, contohnya tebu dan sagu.
3. Daun, contohnya bayam dan daun
kol.
4. Bunga, contohnya kembang kol dan
brokoli.
5. Buah, contohnya jeruk dan pisang.
6. Biji, contohnya kacang tanah dan
kacang kedelai.
7. Tunas, contohnya rebung (tunas
bambu) dan asparagus.
Selain manusia, hewan juga
memperoleh sumber energi dari tumbuhan hijau. Hewan herbivora (hewan pemakan
tumbuhan) bergantung secara langsung kepada tumbuhan. Apabila tidak ada
tumbuhan, jenis-jenis hewan
tersebut akan mati kelaparan.
Akibatnya, jumlah jenis-jenis hewan herbivora akan semakin berkurang. Peristiwa
ini akan menyebabkan hewan-hewan karnivora (hewan pemakan daging) menjadi
kekurangan bahan makanan. Jadi, hewan-hewan karnivora secara tidak langsung
juga
bergantung kepada tumbuhan. Demikian
juga untuk makhluk hidup golongan omnivora (pemakan tumbuhan dan hewan
lain). Mereka Bagian tumbuhan yang digunakan sebagai bahan makanan biasanya merupakan
tempat menyimpan makanan cadangan.
Karnivora juga bergantung pada
tumbuhan secara tidak langsung
dapat bergantung secara langsung
maupun tidak langsung terhadap tumbuhan hijau. Bentuk ketergantungan herbivora,
karnivora, dan omnivora terhadap tumbuhan hijau dapat dituliskan sebagai
berikut.
Tumbuhan Herbivora Karnivora Omnivora
Tumbuhan merupakan sumber energi bagi
seluruh makhluk hidup di alam ini. Tumbuhan hijau umumnya tersedia dalam jumlah
paling banyak dibandingkan jumlah makhluk hidup yang lain. Diskusikan dengan
teman sekelompok mengenai hal-hal berikut.
a. Pengaruh bagi hewan herbivora
jika jumlah tumbuhan sedikit.
b. Pengaruh bagi hewan karnivora
jika jumlah tumbuhan sedikit.
b. Pengaruh bagi manusia jika jumlah
tumbuhan sedikit.
Selain sebagai sumber energi,
manusia memanfaatkan tumbuhan untuk berbagai keperluan berikut.
1. Bahan penyedap rasa, contohnya
merica, pala, dan cengkeh.
2. Bahan obat-obatan, contohnya
kencur, temulawak, dan kunyit.
3. Bahan sandang, contohnya serat
tanaman kapas.
4. Bahan peralatan rumah tangga,
contohnya kayu dan bambu.
Jadi, manusia tidak hanya
membutuhkan tumbuhan sebagai sumber makanan saja. Manusia sangat tergantung
pada tumbuhan untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan hidupnya. Oleh karena
itu, manusia wajib menjaga kelestarian tumbuhan. Dengan demikian, kehidupan
semua makhluk hidup juga tetap terjaga.
Materi IPS kelas 4
Memanfaatkan sumber daya alam
Manusia memanfaatkan
sumber daya alam yang ada untuk memenuhi
kebutuhan hidupnya.
Memilih sumber daya alam mana yang
akan diolah sangat
ditentukan oleh jenis kegiatan ekonomi. Kegiatan
ekonomi produksi akan
memilih sumber daya alam yang berbeda
dengan kegiatan
ekonomi distribusi dan konsumsi.
Sumber daya alam yang
dimanfaatkan manusia dibedakan menjadi
2 macam, yakni SDA
mahkluk hidup (biotik) dan SDA bukan
mahkluk hidup
(abiotik). Contoh sumber daya alam biotik adalah hewan
dan tumbuh-tumbuhan.
Contoh sumber daya alam abiotik adalah
tanah, air, barang
tambang, udara, dan sinar matahari.
Kegiatan pemanfaatan
barang tambang yang dilakukan masyarakat
antara lain
1. Tanah bermanfaat a. Sebagai lahan pertanian atau perkebunan.
b. Sebagai lahan
peternakan.
c. Sebagai lahan
perumahan.
d. Bahan baku
pembuatan patung, genteng, batu
bata, barang gerabah,
dan sebagainya.
2. Sungai bermanfaat a.
Pengairan sawah.
b.
Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)
c.
Pemeliharaan ikan dan keramba.
d. Sarana
olahraga air seperti arum jeram.
e. Sarana
transportasi.
3. Laut bermanfaat a.
Pengambilan ikan, kerang, rumput laut&sebagainya.
b. Sarana transportasi.
c. Pemeliharaan ikan di tambak.
d. Pembuatan garam.
e. Sarana hiburan/rekreasi.
f. Sarana olahraga seperti selancar angin.
4. Danau bermanfaat a. Sarana pemeliharaan ikan.
b. Tempat
rekreasi/hiburan.
c. Sumber air minum.
5. Matahari bermanfaat
a. Sumber energi mobil.
b. Pembangkit listrik
tenaga matahari.
c. Pengeringan ikan
asin, padi, pakaian.
6. Barang tambang
bermanfaat a. Minyak bumi
b. Batu
bara
c. Emas
e. Batu
Kita boleh
memanfaatkan sumber daya alam. Namun harus di-ingat, pemanfaatan itu tidak
boleh merusak alam. Hindari peman-faatan lahan yang merusak kesuburan tanah. Misalnya,
penggunaan pupuk buatan dan pestisida berlebihan. Kita juga harus mencegah
terjadinya pencemaran sungai dan laut. Misalnya dengan tidak membuang limbah
industri ke sungai atau laut. Mengapa kita harus menghindari dan mencegah
kerusakan alam? Alam yang rusak akan merugikan hidup manusia sendiri. Apa yang terjadi
jika tanah tidak subur lagi? Apa yang terjadi jika hutan menjadi gundul? Apa
yang akan terjadi ketika air sungai dan danau tercemar? Seperti yang sudah kamu
pelajari, negara kita memiliki banyak SDA. Kekayaan alam tersebut tersebar di
seluruh Nusantara. Meskipun demikian, ada sumber daya alam tertentu yang
tersebar hanya di daerah tertentu saja. Ini terutama untuk sumber daya alam
bahan tambang. Meskipun demikian, sumber daya alam dipakai untuk memakmurkan hidup
seluruh warga negara. Ini karena sumber daya alam tersebut dilindungi dan
dikuasai oleh negara.
3. Lampiran Diskusi
IPS kelas 4
No
|
Jenis
SDA
|
Ada
|
Tidak
Ada
|
Keterangan
|
|
Biji Besi
Bauksit
Batubara
Intan
Minyak Bumi
Gas
Timah
4. Hasil perikanan
Ikan hias
Ikan laut
Ikan air tawar
Udang
Kerang
Cumi-cumi
Kepiting
Belut
5. Hasil peternakan
Kambing
Kerbau
Ayam
Kuda
Ikan
Kelinci
Belut
Buaya
6. Hasil dari hutan
Rotan
Kayu gelondongan
Buah-buahan
Madu hutan
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar