Sabtu, 22 September 2018

RPP Pembelajaran Kelas Rangkap Model 222


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  KELAS RANGKAP MODEL 222
MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DAN IPA KELAS V
Disusun untuk Memenuhi Tugas Individu Mata Kuliah Pembelajaran Kelas Rangkap
Dosen Pengampu : Drs. Noto Suharto, M.Pd
Disusun oleh :
Abdul Aziz
1401415322


JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2016
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KELAS RANGKAP MODEL 222

Nama Sekolah                       :
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Sosial
                                                  Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                    : IV dan V / 1
Alokasi Waktu                       : 2 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi
IPS Kelas IV
1.      Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.

IPA Kelas V
2.      Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan
B.     Kompetensi Dasar
IPS Kelas IV
1.3  Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di Iingkungan setempat.
IPA Kelas V
2.2  Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan.

C.    Indikator
IPS Kelas IV
  1. Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam dan kaitannya dengan kegiatan ekonomi
  2. Menggunakan peta setempat untuk menunjukkan persebaran sumber daya alam
  3. Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di lingkungan setempat
IPA Kelas V
  1. Menyebutkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan
  2. Menjelaskan bagian tumbuhan yang dimakan oleh manusia dan hewan

D.    Tujuan Pembelajaran
IPS Kelas IV
1.      Melalui gambar peta persebaran SDA, Siswa dapat menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di Iingkungan setempat.
IPA Kelas V
1.      Melalui penjelasan guru, siswa dapat Memahami tumbuhan hijau sebagai sumber makanan.
2.      Melalui diskusi kelompok, siswa dapat Menyebutkan bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan.

E.     Materi Pembelajaran
IPS Kelas IV
F.     Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Diskusi  Kelompok
3.      Tanya Jawab
4.      Pemberian Tugas
G.    Media dan Sumber Belajar
IPS Kelas IV
Media Pembelajaran
1.      Peta daerah kabupaten/kota dan provinsi tempat tinggalnya
2.      Gambar berbagai jenis hewan dan tumbuhan

Sumber Belajar
1.      Buku Paket IPS Kelas IV karangan I.S Sadiman dkk, 2008 Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
2.      Buku Pelajaran kelas IV yang relevan.
IPA Kelas IV
Media Pembelajran
1.      Gambar tumbuhan yang bermanfaat untuk manusia dan hewan
Sumber Belajar
1.      Buku Paket IPA Kelas V karangan Hery Sulistianto dkk, 2008, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
2.      Buku Pelajaran Kelas V yang relevan

H.    Langkah-langkah Pembelajaran.
Tahap Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kelas IV
Kelas V
Kegiatan Awal
a.       Salam
b.      Doa
c.       Presensi
d.      Mempersiapkan materi materi dan perangkat pembelajaran
e.       Memberikan motivasi
10 menit
Kegiatan  Inti 1
a.       Guru membagi kelas menjadi 4 kelompok .
a.       Guru menyuruh siswa membaca materi tentang manfaat tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan.
15 menit
Tahap Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kelas IV
Kelas V
Kegiatan Inti 1
b.      Guru membagikan LKS kepada setiap Kelompok (Elaborasi)

c.       Siswa berdiskusi dan mengerjakan soal LKS yang diberikan oleh guru.(Elaborasi)
b.      Siswa melakukan tanya jawab dengan guru tentang manfaat tumbuhan hijau (Eksplorasi).
c.       Guru memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya hal yang belum dipahami (konfirmasi).



Kegiatan Inti 2
d.      Siswa melaporkan hasil diskusi kelompok kepada guru(Elaborasi)
d.      Guru membagi siswa menjadi empat kelompok untuk berdiskusi mengerjakan LKS (Elaborasi).
15 menit
Kegiatan Inti 3
e.       Guru menjelaskan materi tentang persebaran dan pemanfaatan Sumber daya alam (Eksplorasi)
f.       Guru memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya hal yang belum dipahami (konfirmasi)

e.       Siswa melakukan  diskusi kelompok           ( Elaborasi).
f.       Guru menyuruh salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi dan guru memperjelas. (konfirmasi)
15 menit

Kegiatan Akhir
a.    Guru dan siswa membuat kesimpulan mengenai materi
b.   Siswa mengerjakan soal evaluasi
c.    Guru menganalisis hasil pembelajaran.

10 menit


I.       Evaluasi
1.      Prosedur Tes
a.       Tes dalam proses   : ada pada KBM ( mengamati tingakat keaktifan siswa selama pembelajaran).
b.      Tes Akhir              : ada pada penilaian hasil
2.      Bentuk  tes
Tertulis, Pilihan Ganda
3.      Alat Tes
a.       Lembar Kerja Siswa
b.      Lembar Evaluasi
c.       Lembar Keaktifan Siswa






Mengetahui




Kepala Sekolah

Tegal, 15 November 2016




Guru Kelas

19631010 198608 2 004


J.        Lampiran
1.      Lampiran Lembar Pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN KEAKTIFAN SISWA

No.
Nama Siswa
Aspek yang Diamati
TOTAL SKOR
KeaktifanBertanya
Keberanian
KerjaSama
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1














2














3














4














5














6














7














8














9














10




















2.      Lampiran Materi
IPA kelas 5
Ketergantungan Manusia dan Hewan terhadap Tumbuhan Hijau
Telah dijelaskan dalam materi sebelumnya bahwa fotosintesis menghasilkan oksigen. Selain digunakan oleh tumbuhan, sebagian oksigen dilepaskan ke udara dilingkungan sekitarnya. Oksigen dihirup oleh manusia dan hewan pada saat bernapas. Tanpa tumbuhan hijau, oksigen lama-kelamaan akan habis jika digunakan terus oleh manusia dan hewan. Namun, tumbuhan selalu menyediakan oksigen di alam. Jadi, manusia dan hewan membutuhkan tumbuhan hijau agar oksigen tetap tersedia di alam. Tumbuhan hijau juga merupakan sumber energi bagi manusia. Sebagian besar bahan makanan kita berasal dari tumbuhan. Bagian tumbuhan yang biasa digunakan sebagai bahan makanan sebagai berikut.
1. Akar, contohnya wortel, lobak, dan singkong (ketela pohon).
2. Batang, contohnya tebu dan sagu.
3. Daun, contohnya bayam dan daun kol.
4. Bunga, contohnya kembang kol dan brokoli.
5. Buah, contohnya jeruk dan pisang.
6. Biji, contohnya kacang tanah dan kacang kedelai.
7. Tunas, contohnya rebung (tunas bambu) dan asparagus.
Selain manusia, hewan juga memperoleh sumber energi dari tumbuhan hijau. Hewan herbivora (hewan pemakan tumbuhan) bergantung secara langsung kepada tumbuhan. Apabila tidak ada tumbuhan, jenis-jenis hewan
tersebut akan mati kelaparan. Akibatnya, jumlah jenis-jenis hewan herbivora akan semakin berkurang. Peristiwa ini akan menyebabkan hewan-hewan karnivora (hewan pemakan daging) menjadi kekurangan bahan makanan. Jadi, hewan-hewan karnivora secara tidak langsung juga
bergantung kepada tumbuhan. Demikian juga untuk makhluk hidup golongan omnivora (pemakan tumbuhan dan hewan lain). Mereka Bagian tumbuhan yang digunakan sebagai bahan makanan biasanya merupakan tempat menyimpan makanan cadangan.
Karnivora juga bergantung pada tumbuhan secara tidak langsung
dapat bergantung secara langsung maupun tidak langsung terhadap tumbuhan hijau. Bentuk ketergantungan herbivora, karnivora, dan omnivora terhadap tumbuhan hijau dapat dituliskan sebagai berikut.
Tumbuhan Herbivora Karnivora Omnivora
Tumbuhan merupakan sumber energi bagi seluruh makhluk hidup di alam ini. Tumbuhan hijau umumnya tersedia dalam jumlah paling banyak dibandingkan jumlah makhluk hidup yang lain. Diskusikan dengan teman sekelompok mengenai hal-hal berikut.
a. Pengaruh bagi hewan herbivora jika jumlah tumbuhan sedikit.
b. Pengaruh bagi hewan karnivora jika jumlah tumbuhan sedikit.
b. Pengaruh bagi manusia jika jumlah tumbuhan sedikit.
Selain sebagai sumber energi, manusia memanfaatkan tumbuhan untuk berbagai keperluan berikut.
1. Bahan penyedap rasa, contohnya merica, pala, dan cengkeh.
2. Bahan obat-obatan, contohnya kencur, temulawak, dan kunyit.
3. Bahan sandang, contohnya serat tanaman kapas.
4. Bahan peralatan rumah tangga, contohnya kayu dan bambu.
Jadi, manusia tidak hanya membutuhkan tumbuhan sebagai sumber makanan saja. Manusia sangat tergantung pada tumbuhan untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu, manusia wajib menjaga kelestarian tumbuhan. Dengan demikian, kehidupan semua makhluk hidup juga tetap terjaga.

Materi IPS kelas 4
Memanfaatkan sumber daya alam
Manusia memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk memenuhi
kebutuhan hidupnya. Memilih sumber daya alam mana yang
akan diolah sangat ditentukan oleh jenis kegiatan ekonomi. Kegiatan
ekonomi produksi akan memilih sumber daya alam yang berbeda
dengan kegiatan ekonomi distribusi dan konsumsi.
Sumber daya alam yang dimanfaatkan manusia dibedakan menjadi
2 macam, yakni SDA mahkluk hidup (biotik) dan SDA bukan
mahkluk hidup (abiotik). Contoh sumber daya alam biotik adalah hewan
dan tumbuh-tumbuhan. Contoh sumber daya alam abiotik adalah
tanah, air, barang tambang, udara, dan sinar matahari.
Kegiatan pemanfaatan barang tambang yang dilakukan masyarakat
antara lain
1. Tanah bermanfaat  a. Sebagai lahan pertanian atau perkebunan.
b. Sebagai lahan peternakan.
c. Sebagai lahan perumahan.
d. Bahan baku pembuatan patung, genteng, batu
bata, barang gerabah, dan sebagainya.
2. Sungai bermanfaat a. Pengairan sawah.
b. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)
c. Pemeliharaan ikan dan keramba.
d. Sarana olahraga air seperti arum jeram.
e. Sarana transportasi.
3. Laut bermanfaat a. Pengambilan ikan, kerang, rumput laut&sebagainya.
b. Sarana transportasi.
c. Pemeliharaan ikan di tambak.
d. Pembuatan garam.
e. Sarana hiburan/rekreasi.
f. Sarana olahraga seperti selancar angin.
4. Danau bermanfaat  a. Sarana pemeliharaan ikan.
b. Tempat rekreasi/hiburan.
c. Sumber air minum.
5. Matahari bermanfaat a. Sumber energi mobil.
b. Pembangkit listrik tenaga matahari.
c. Pengeringan ikan asin, padi, pakaian.
6. Barang tambang bermanfaat a. Minyak bumi
b. Batu bara
c. Emas
e. Batu
Kita boleh memanfaatkan sumber daya alam. Namun harus di-ingat, pemanfaatan itu tidak boleh merusak alam. Hindari peman-faatan lahan yang merusak kesuburan tanah. Misalnya, penggunaan pupuk buatan dan pestisida berlebihan. Kita juga harus mencegah terjadinya pencemaran sungai dan laut. Misalnya dengan tidak membuang limbah industri ke sungai atau laut. Mengapa kita harus menghindari dan mencegah kerusakan alam? Alam yang rusak akan merugikan hidup manusia sendiri. Apa yang terjadi jika tanah tidak subur lagi? Apa yang terjadi jika hutan menjadi gundul? Apa yang akan terjadi ketika air sungai dan danau tercemar? Seperti yang sudah kamu pelajari, negara kita memiliki banyak SDA. Kekayaan alam tersebut tersebar di seluruh Nusantara. Meskipun demikian, ada sumber daya alam tertentu yang tersebar hanya di daerah tertentu saja. Ini terutama untuk sumber daya alam bahan tambang. Meskipun demikian, sumber daya alam dipakai untuk memakmurkan hidup seluruh warga negara. Ini karena sumber daya alam tersebut dilindungi dan dikuasai oleh negara.

3.      Lampiran Diskusi
IPS kelas 4
No
Jenis SDA
Ada
Tidak Ada
Keterangan

􀂙 Biji Besi
􀂙Bauksit
􀂙Batubara
􀂙 Intan
􀂙 Minyak Bumi
􀂙Gas
􀂙Timah
4. Hasil perikanan
􀂙 Ikan hias
􀂙 Ikan laut
􀂙 Ikan air tawar
􀂙Udang
􀂙Kerang
􀂙Cumi-cumi
􀂙Kepiting
􀂙Belut
5. Hasil peternakan
􀂙Kambing
􀂙Kerbau
􀂙Ayam
􀂙Kuda
􀂙 Ikan
􀂙Kelinci
􀂙Belut
􀂙Buaya
6. Hasil dari hutan
􀂙Rotan
􀂙 Kayu gelondongan
􀂙Buah-buahan
􀂙Madu hutan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Motivasi Kisah Pribadi

Perjuangan Seorang “Kuli Bangunan untuk Kuliah” Berdasarkan kisah nyata pribadi Oleh : Abdul Aziz Saya tidak pernah menyangka sa...