Jumat, 28 September 2018

RPP Kurikulum 2013 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 4 Kelas II SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM 2013
(PENGAJARAN MANDIRI)

RPP ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
Praktik Pengalaman Lapangan 2 (PPL 2)

Nama                              : Abdul Aziz
NIM                               : 1401415322
Dosem Pembimbing       : Dr. Khurotul Aeni, M.Pd
Satuan Pendidikan         : SD N Tegalsari 08
Kelas/ Semester              : II (dua) / I (satu)
Tema / Subtema              : 1 (satu) / 3 (tiga)
Pembelajaran                  : 4 (empat)


PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2018
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan             : SD Negeri Tegalsari 8
Kelas/Semester                    : II (Dua)/ I (Satu)
Tema                                                : 1. Hidup Rukun
Sub Tema                            : 3. Hidup Rukun di Sekolah
Pembelajaran                      : 4
Alokasi Waktu                    : 2 x 30 Menit
Tanggal Pelaksanaan         : Jum’at, 24 Agustus 2018

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima, menghargai dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, displin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya driri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1  Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
3.1.1  menemukan kalimat perintah yang terdapat dalam teks dengan benar.
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
4.1.1  menuliskan kalimat perintah yang ada pada teks kegiatan-kegiatan.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
3.3.1  menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang penjumlahan dengan tepat.
4.3 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.3.1  menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan penjumlahan dengan benar.
SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi
3.1.1  mengidentifkasi langkah-langkah mewarnai menggambar imajinatif dengan tepat.
4.1 Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi
4.1.1  mewarnai gambar imajinatif dengan alat yang tepat.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan diberikan teks kalimat-kalimat, siswa dapat menuliskan kalimat perintah yang sopan dengan benar.
2.      Dengan model make a match, siswa dapat menjodohkan kalimat perintah dengan tepat.
3.      Dengan diberikan soal cerita siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan  masalah tentang pengurangan dengan benar.
4.      Dengan diberikan kumpulan soal cerita, siswa dapat menyelesaikan soal cerita pengurangan dalam masalah kehidupan sehari-hari dengan tepat.
5.      Dengan berikan contoh gambar imajinatif, siswa dapat mewarnai gambar dengan benar.

D.    MATERI POKOK
1.      BAHASA INDONESIA
Kalimat Perintah
2.      MATEMATIKA
Soal pengurangan dalam bentuk cerita
3.      SBdP
Mewarnai gambar

E.     PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan          :  Scientidfic
Model                   : Make a Match
Metode                 : Ceramah, Tanya Jawab, Penugasan.
F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.      Guru mengkondisikan suasana kelas agar siswa siap belajar.
2.      Guru mengucapkan salam dan siswa menjawab.
3.      Guru dan siswa membaca basmallah secara bersama-sama.
4.      Guru mengecek daftar kehadiran siswa.
5.      Guru menjelaskan garis besar pembelajaran yang akan dilakukan.



6.      Apersepsi.
-          Guru bertanya jawab dengan siswa mengenai pembelajaran sebelumnya. Masih ingatkah kalian mengenai Tema 1 Sub Tema 2 Pembelajaran ke – 3. Masih ingatkah  kalian “contoh dari Kalimat Perintah?.”
7.      Motivasi
-          Guru memotivasi siswa dengan menyanyikan lagu pembelajaran yang berkaitan dengan materi yaitu “Di sini rukun di sana rukun”.
8.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu kegiatan pembelajaran ini bertujuan agar siswa mengetahui kalimat perintah yang santun, pengurangan dalam soal cerita, dan mewarnai.
15 Menit
Kegiatan Inti
1.      Siswa disuruh untuk mengamati gambar yang disajikan guru di powerpoint.
2.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya.
3.      Guru menyuruh siswa untuk mengamati gambar yang ada di buku siswa.
4.      Guru melibatkan siswa dalam  penjelasan materi pelajaran.
5.      Guru menyuruh beberapa siswa untuk membacakan kalimat-kalimat perintah yang ada di buku siswa.
6.      Siswa diberi kesempatan untuk berpendapat tentang kalimat perintah yang ada pada kalimat-kalimat tersebut.
7.      Siswa menulis kalimat perintah di buku tugas siswa.
8.      Guru memberikan penguatan materi kepada siswa dengan memberikan contoh lain dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match.
9.      Siswa disuruh memperhatikan guru yang sedang bercerita tentang kelereng Andi.
10.  Guru dan siswa melakukan tanya jawab.
11.  Guru bersama dengan siswa menyelesaikan masalah soal cerita pengurangan dengan cara panjang.
12.  Siswa berlatih mengerjakan soal dengan bimbingan guru.
13.  Guru bertanya kepada siswa “Apa Hobi Kalian?”. Adakah yang hobi mewarnai?”.
14.  Guru membagikan 1 lembar gambar jeruk untuk di warnai.
15.  Dengan bimbingan guru, siswa mulai mewarnai.
16.  Selesai mewarnai, gambar dikumpulkan.
35 Menit
Kegiatan Akhir
1.      Guru melakukan refleksi mengenai pembelajaran hari ini.
2.      Guru bersama dengan siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah dlakukan.
3.      Guru memberikan soal evaluasi.
4.      Guru memberikan motivasi.
5.      Guru bersama dengan siswa mengakhiri kegiatan pembelajran dengan berdo’a yang dipimpin ketua kelas.
6.      Guru mengucapkan salam dan siswa menjawab.
10 Menit


G.    PENILAIAN
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian Sikap                 : Lembar Observasi
b.      Penilaian Pengetahuan     : Tes Tertulis
c.       Penilaian Keterampilan    : Unjuk Kerja.
2.      Bentuk Instrumen
a.      Penilaian Sikap
Sikap siswa yang muncul ketika proses pembelajaran.
b.      Penilaian Pengetahuan
Bahasa Indonesia : Mengidentifikasi kalimat perintah dari teks.
Matematika         : Melakukan Pengurangan soal cerita dengan cara    panjang.
SBdP                   : Mewarnai Gambar
c.       Penilaian Keterampilan   : Penilaian Uji Unjuk Kerja
Bahasa Indonesia           : Menulis Kalimat Perintah dengan Benar.
SBdP                               :  Mewarnai gambar















H.    MEDIA/ ALAT DAN SUMBER BELAJAR.
1.      Media dan Alat Pembelajaran.
-          Powerpoint
-          Tabel Make a Match
-          Kertas HVS
-          Gambar jeruk
2.      Sumber Belajar
Buku LKS Siswa Kelas II Tema 1 “Hidup Rukun”

Tegal, 22 Agustus 2018
  Guru Kelas II                                                             Guru Praktikan



  Sri Esti Budiastuti, S.Pd. SD                                     Abdul Aziz
  NIP 19630905 201406 2 001                                    NIM 1401415322

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                      Dosen Pembimbing
SD N Tegalsari 8                                               


  Nur Atikah, S.Pd., M.Si.                                   Dr. Khurotul Aeni, M.Pd
  NIP 19651011 198608  2003                            NIP 196107281986032001

1 komentar:

  1. What does it cost to play casino game - Drmcd
    The best part about 익산 출장안마 a gaming machine is its jackpot. The 안성 출장안마 best thing to do when you are not playing 광주 출장안마 the best online 남양주 출장샵 casino game online is to find 경상북도 출장안마

    BalasHapus

Cerita Motivasi Kisah Pribadi

Perjuangan Seorang “Kuli Bangunan untuk Kuliah” Berdasarkan kisah nyata pribadi Oleh : Abdul Aziz Saya tidak pernah menyangka sa...