
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KTSP
(PENGAJARAN
TERBIMBING)
RPP ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
Praktik Pengalaman Lapangan 2 (PPL 2)
Nama : Abdul Aziz
NIM : 1401415322
Dosem
Pembimbing : Dr. Khurotul Aeni, M.Pd
Guru Pamong
: Nayny Rif’ati,
S.Pd
Satuan
Pendidikan : SD N Tegalsari 08
Kelas/
Semester : III (Tiga)/ 1 (Satu)
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
2018
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SDN
Tegalsari 08
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : III/I
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit
A. Standar
Kompetensi
1.
Memahami ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk
hidup.
B. Kompetensi
Dasar
1.1
Mengidentifikasi ciri-ciri
dan kebutuhan makhluk hidup
C. Indikator
1.1.1
Menyebutkan contoh makhluk
hidup dan tak hidup.
1.1.2
Menyebutkan ciri-ciri
makhluk hidup dan tak hidup.
1.1.3
Membedakan ciri-ciri makhluk
hidup.
1.1.4
Mengelompokkan makhluk hidup
dan tak hidup.
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui pengamatan di
sekitar sekolah, siswa dapat menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup dan tak hidup
dengan tepat.
2.
Melalui ceramah, siswa dapat
menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup dan tak hidup dengan tepat.
3.
Melalui diskusi siswa, siswa
dapat menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup benar.
4.
Melalui model picture and picture, siswa dapat
mengelompokan makhluk hidup dan tak hidup dengan tepat.
E. Karakter
yang Diharapkan
Disiplin,
jujur, tanggung jawab, kerja sama.
F.
Materi
Ciri-ciri makhluk hidup
G. Metode dan
Strategi Pembelajaran
Metode : ceramah, diskusi, tanya jawab,
penugasan
Model : picture
and picture
Pendekatan : cooperative
learning
H. Langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskriptif
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam untuk memulai pembelajaran.
2. Guru dan siswa membaca basmallah
sebelum pembelajaran di mulai.
3. Guru mengecek kehadiran siswa.
4. Guru memberikan
apersepsi dengan mengajak siswa untuk melakukan tepuk semangat.
5. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
·
Eksplorasi
1. Siswa mengamati contoh-contoh
makhluk hidup dan tak hidup di sekitar kelas dan lingkungan sekolah.
2. Guru menjelaskan materi pelajaran
dengan menggunakan media powerpoint.
3. Guru melakukan tanya jawab terkait
ciri-ciri makhluk hidup dan tak hidup.
· Elaborasi
1. Siswa dikelompokan menjadi 8
kelompok yang terdiri dari 3-4 siswa per kelompok.
2. Guru memberikan Lembar Kerja Siswa
(LKS) ke tiap-tiap kelompok.
3. Guru menjelaskan Lembar Kerja
Siswa.
4. Masing-masing kelompok berdiskusi
sesuai petunjuk dari guru.
·
Konfirmasi
1. Perwakilan kelompok menyampaikan
hasil diskusi dan salah satu siswa yang maju menempelkan gambar contoh-contoh
makhluk hidup dan tak hidup dengan model picture and picture.
2. Guru memberikan penguatan
informasi terkait hasil diskusi siswa.
|
45 menit
|
Penutup
|
1. Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang telah berlangsung.
2. Guru memberikan soal evaluasi.
3. Guru memberikan tindak lanjut.
4. Guru memberikan motivasi.
5. Penutup.
|
15 menit
|
I.
Media Pembelajaran
Media : LCD
Proyektor, papan tulis, powerpoint, video, dan gambar makhluk hidup dan tak
hidup.
Sumber : Priyono dan Titik Sayekti. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 3. Jakarta: Pusat
Perbukuan, Departemen Penidikan Nasional.
J.
Penilaian
1.
Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian
Proses
Menggunakan
instrumen pengamatan yang
dilakukan selama proses pembelajaran.
(Terlampir)
b.
Penilaian
Hasil
c.
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar. (Terlampir)
2.
Teknik
Penilaian : Tes dan Non tes.
3. Bentuk Penilaian : Pilihan
Ganda.
Tegal, 04 Agustus 2018
Guru Kelas Mahasiswa
Praktikkan
Nayny Rif’ati, S.Pd Abdul Aziz
NIP. NIM. 1401415322
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Nur Atikah, S.Pd, M.Si.
NIP. 196510111986082003
Lampiran 1.
Materi Pembelajaran






Lampiran 2.
Lembar Kerja Siswa (LKS)
LEMBAR
DISKUSI KELOMPOK
Ayo
Berdiskusi
1.
Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5
siswa.
2.
Perhatikanlah gambar-gambar makhluk
hidup dan tak hidup
3.
Diskusikanlah ciri-ciri makhluk hidup
4.
Susunlah gambar makhluk hidup dan tak
hidup sesuai dengan kolom!
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1. Sebutkan
5 ciri-ciri makhluk hidup!
2. Isilah
kolom di bawah ini dengan gambar makhluk hidup dan tak hidup!
No
|
Makhluk
hidup
|
Makhluk
Tak Hidup
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
Contoh gambar-gambar makhluk hidup dan
tak hidup:










Lampiran 3.
Kisi-kisi Soal Evaluasi
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Soal
|
kognitif
|
Bentuk Soal
|
No. Soal
|
1.
Memahami ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup.
|
1.1
Mengidentifikasi ciri-ciri
dan kebutuhan makhluk hidup.+
|
1.
Peserta didik dapat
menyebutkan contoh makhluk hidup.
2. Peserta
didik dapat menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup.
3. Peserta
didik dapat mengelompokkan makhluk hidup.
4. Peserta
didik dapat menjelaskan salah satu ciri makhluk hidup.
5. Disajikan
gambar, peserta didik dapat menunjukkan arah tumbuhan tumbuh
|
C1
C1
C1
C2
|
PG
PG
PG
PG
|
1
2
3
4
|
Lampiran 4.
Soal Evaluasi
1. Manusia,
hewan dan tumbuhan termasuk ...
a. Makhluk
hidup
b. Makhluk
tak hidup
c. Benda
tak hidup
d. Makhluk
halus
2. Ciri-ciri
makhluk hidup antara lain ....
a. Besarnya
tetap
b. Berkembang
biak
c. Tidak
bergerak
d. Menetap
di satu tempat
3. Berikut
ini yang termasuk kelompok makhluk hidup adalah ...
a. Ayam,
rumput, batu dan kandang
b. Ayam,
burung, sangkar, dan kambing
c. Sapi,
kerbau, rumput, dan kambing
d. Kandang,
ember, sapu dan cangkul
4. Cara
yang umum dilakukan burung untuk berpindah tempat adalah...
a. Menggulingkan
badannya
b. Melompatkan
kakinya
c. Berjalan
dengan sayapnya
d. Terbang
dengan sayapnya
5. Perhatikan
gambar dibawah! Setelah beberapa hari, tumbuhan pada pot akan tumbuh mengarah
ke huruf ...
a. A 

b. B
c. C
d. D
Jawaban
1.
A
2.
B
3.
C
4.
D
5.
C
Lampiran 5.
Format Penilaian Non Tes
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
Ket.
|
||
Keaktifan
|
Pengetahuan
|
Kerja Sama
|
||||
1.
|
Lisa
Anugrah Putri
|
|
|
|
|
|
2.
|
Aldi Firansah
|
|
|
|
|
|
3.
|
Andika Dwi Prasetyo
|
|
|
|
|
|
4.
|
Wildan Rizky Pratama P.
|
|
|
|
|
|
5.
|
Akhmad Khumaedi
|
|
|
|
|
|
6.
|
Aletha Gania Setyadi
|
|
|
|
|
|
7.
|
Ersha Sasikirana Apta Tania
|
|
|
|
|
|
8.
|
Ervina Dwi Saputri
|
|
|
|
|
|
9.
|
Luthfiah Hafizhah
|
|
|
|
|
|
10.
|
Marta Ndayani Saafatin
|
|
|
|
|
|
11.
|
Muhammad Haidar Dawami
|
|
|
|
|
|
12.
|
Muhammad Ilham Maulana
|
|
|
|
|
|
13.
|
Muhammad Masykur Abas M.
|
|
|
|
|
|
14.
|
Nabila Rahma Rianingtyas
|
|
|
|
|
|
15.
|
Naufal Abyan
|
|
|
|
|
|
16.
|
Putri Mayeska Hanifa
|
|
|
|
|
|
17.
|
Rafel Danuarta
|
|
|
|
|
|
18.
|
Wahyu Akbar Pramono
|
|
|
|
|
|
19.
|
Widya Utari
|
|
|
|
|
|
20.
|
Anggun Lutfiana Lestari
|
|
|
|
|
|
21.
|
Azkia Putri
|
|
|
|
|
|
22.
|
Keiko Growsya Shanikakarine
|
|
|
|
|
|
23.
|
M. Rifqi Fadli H.
|
|
|
|
|
|
24.
|
Amilia Yasmin
Khairunisa
|
|
|
|
|
|
Pedoman
Penskoran Penilaian Afektif
Deskriptor
|
Nilai
|
Keaktifan
1.
Siswa berani berpendapat.
2.
Siswa berani maju ke
depan.
|
Sangat Baik = 4
Baik = 3
Kurang
Baik= 2
Tidak
Baik = 1
|
Kerja Sama
1.
Siswa mengerjakan tugas
kelompok secara bersama-sama.
2.
Siswa bertanggungjawab
dengan tugas yang telah diberikan.
|
Sangat Baik = 4
Baik = 3
Kurang
Baik= 2
Tidak
Baik = 1
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar