RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD N Tegalsari 12
Mata
Pelajaran : Kepramukaan
Kelas/Semester :
4/II dan 5/II
Pertemuan ke- : 1
Waktu : 2 x 45 menit
A.
Standar
Kompetensi
1.
Memahami
sejarah singkat gerakan pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka
penggalang dalam aspek kehidupan.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1
Mengetahui sejarah pramuka, isi kode kehormatan
pramuka penggalang, kode kehormatan, dan lambang pramuka.
C.
Indikator
1.1.1 Menjelaskan sejarah singkat pramuka.
1.1.2 Menyebutkan isi kode
kehormatan pramuka penggalang.
1.1.3 Mengetahui lambang gerakan pramuka.
D.
Tujuan
Pembelajaran
-
Melalui penjelasan pembina dan media gambar, peserta didik dapat menjelaskan sejarah pramuka secara singkat.
-
Melalui penjelasan pembina, peserta didik dapat menyebutkan isi kode kehormatan pramuka penggalang.
-
Melalui penjelasan pembina dan media gambar, peserta didik dapat menjelaskan filosofis lambang pramuka secara singkat.
Karakter
siswa yang diharapkan :
Disiplin,
perhatian, tanggung jawab,
berani, tidak putus asa, dan jujur.
E.
Materi
Pokok
§ Sejarah Gerakan Pramuka
§ Kode Kehormatan Pramuka Penggalang: Tri
Satya dan Dasa Darma
F.
Metode
Tanya Jawab dan Ceramah
G.
Media
dan Sumber Belajar
1)
Media Pembelajaran
Gambar lambang gerakan pramuka,
gambar Bapak Pandu Dunia (Robert Baden Powell) dan Bapak Pandu Indonesia (Sri
Sultan Hamengkubuwono IX).
2)
Sumber Belajar
Anggadiredja Jana T.,
dkk. 2016. Kursus Pembina Pramuka Mahir
Tingkat Dasar. Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembina dan Peserta
Didik
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
§ Persiapan upacara pembukaan latihan kepramukaan penggalang
§ Pelaksanaan upacara pembukaan yang diikuti oleh seluruh peserta
didik
§ Pembina mengucapkan salam pramuka dan berdoa bersama
§ Perkenalan dengan pembina pramuka
§ Menyanyi dan bertepuk lagu “Disini Senang Disana
Senang”
§ Pembina mengondisikan
peserta didik untuk memulai kegiatan pramuka di dalam ruangan
§ Perkenalan dengan seluruh peserta didik dan
mengabsen kehadiran peserta didik
§ Pembina memberikan apersepsi
tentang pramuka kepada peserta didik
§
Pembina
menyampaikan tujuan yang diharapkan
|
30 Menit
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
§
Pembina menulis judul materi yang akan dipelajari pada
pertemuan tersebut di papan tulis
§
Pembina menyampaikan secara singkat sejarah
adanya pramuka, menampilkan dengan sekilas gambar dari Bapak Pandu Dunia dan
Bapak Pandu Indonesia serta mengenalkan dan menjelaskan
lambang gerakan pramuka dengan media gambar lambang gerakan pramuka
§
Pembina menyelingi materi dengan ice breaking
dan nyanyian-nyanyian
§
Pembina mengenalkan kode kehormatan pramuka penggalang
yaitu tri satya dan dasa darma. Serta menghafalkan dengan suara yang lantang
bersama-sama dengan peserta didik
Elaborasi
§ Pembina menjelaskan
permainan lempar kertas yang bersangkutan dengan materi yang sudah di
jelaskan.
§ Pembina meminta
peserta didik untuk memegang kertas yang isinya pertanyaan mengenai materi
dan di pegang secara bergantian sambil menyanyikan lagu.
§ Setelah selesai menyanyikan
lagu, peserta didik yang memegang kertas harus membaca pertanyaan dan menjawabnya
dengan suara yang keras. Dan seterusnya sampai 5 pertanyaan.
Konfirmasi
§ Pembina
bersama siswa mengoreksi jawaban dari siswa yang mendapatkan kertas.
§ Pembina
meminta beberapa siswa untuk maju ke depan kelas menghafalkan kode kehormatan
pramuka siaga yaitu Tri Satya dan Dasa Darma.
§ Pembina
melakukan tanya jawab dengan peserta didik mengenai materi yang telah
dipelajari
|
40 Menit
|
Kegiatan Penutup
§ Pembina
bersama peserta didik
menyimpulkan materi dari kegiatan pramuka yang telah
dilaksanakan dalam pertemuan tersebut.
§ Pembina melakukan evaluasi
§ Pembina
bersama siswa menyanyikan lagu “Sayonara Sampai Berjumpa Pulang”
§ Pembina meminta salah satu peserta
didik
untuk memimpin doa penutup yaitu doa setelah belajar
§ Pembina mengucapkan salam dan salam
pramuka
|
20 Menit
|
H.
Penilaian
1. Prosedur Tes : Tes akhir (ada pada kegiatan
akhir yaitu evaluasi)
2. Jenis Tes : Tes individu
3. Alat Tes : Lembar Kerja Siswa (terlampir)
Tegal, 22 Maret 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah/Ka. Mabigus Pembina Pramuka
Gudep
SD Tegalsari 12
.............................. ..............................
NIP NIP
Lampiran
1. Bahan Ajar
1) Sejarah
Pramuka
Pramuka
merupakan kependekan dari Praja Muda Karana yang berarti kaum muda yang suka
berkarya. Lambang gerakan pramuka yaitu tunas kelapa (silhouette). Pramuka
dunia dipelopori oleh seorang pemuda yang bernama Robert Stephenson Smyth Baden
Powell, Beliau dilahirkan pada tanggal 22 Februari 1857
di London, Inggris. Baden Powell
diangkat sebagai Bapak Pandu dunia bersamaan dengan diadakannya jambore pertama
kali di dunia. Sedangkan Bapak Pandu
Indonesia yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono IX.
![]() |
|||||
![]() |
|||||
![]() |
|||||
Sri Sultan Hamengkubuwono
IX Baden Powell Lambang pramuka
2)
Kode Kehormatan
Kode
Kehormatan Pramuka merupakan
serangkaian ketentuan dasar (janji, nilai, dan norma) yang harus dilaksanakan
oleh seorang pramuka dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi ukuran atau
standar tingkah laku pramuka.
Kode Kehormatan bagi Pramuka
penggalang, terdiri atas:
1. Janji yang disebut Trisatya, selengkapnya berbunyi:
Trisatya
Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:
– Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan pancasila.
– Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat.
– Menepati Dasadarma.
2. Ketentuan moral yang disebut Dasadarma, selengkapnya berbunyi:
Dasadarma pramuka:
1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
3. Patriot yang sopan dan kesatria.
4. Patuh dan suka bermusyawarah.
5. Rela menolong dan tabah.
6. Rajin, trampil dan gembira.
7. Hemat, cermat dan bersahaja.
8. Disiplin, berani dan setia.
9. Bertanggungjawab dan dapat dipercaya.
10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.
1. Janji yang disebut Trisatya, selengkapnya berbunyi:
Trisatya
Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:
– Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan pancasila.
– Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat.
– Menepati Dasadarma.
2. Ketentuan moral yang disebut Dasadarma, selengkapnya berbunyi:
Dasadarma pramuka:
1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
3. Patriot yang sopan dan kesatria.
4. Patuh dan suka bermusyawarah.
5. Rela menolong dan tabah.
6. Rajin, trampil dan gembira.
7. Hemat, cermat dan bersahaja.
8. Disiplin, berani dan setia.
9. Bertanggungjawab dan dapat dipercaya.
10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.
3)
Makna Lambang Pramuka
Lambang
gerakan pramuka adalah tanda pengenal organisasi Gerakan
Pramuka yang bersifat tetap. Lambang ini mengkiaskan sifat, keadaan, nilai dan
norma yang dimiliki oleh setiap anggota Gerakan Pramuka sesuai dengan
dicita-citakan. Lambang gerakan pramuka adalah tunas kelapa. Tunas Kelapa dipilih sebagai lambang Gerakan Pramuka dengan
mempertimbangkan makna filosofis yang terkandung di dalamnya. Arti filosofi
tersebut yaitu:
Buah nyiur
dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal.
Istilah
cikal bakal di Indonesia berarti penduduk asli pertama, yang menurunkan
generasi baru. Jadi lambang buah nyiur yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa setiap
Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
‡Buah nyiur
dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun juga. Jadi lambang itu
mengkiaskan bahwa setiap Pramuka adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniah sehat,
kuat dan ulet, serta besartekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup
dan dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi tanah air dan
bangsa Nyiur dapat tumbuh dimana saja, yang membuktikan besarnya daya upaya
dalam menyesuaikan diri dengan keadaan sekelilingnya. Jadi lambang tersebut mengkiaskan
bahwa setiap Pramuka dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat dimana ia berada dan
dalam keadaan yang bagaimana pun juga.
Nyiur
tumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan salah satu pohon yang tertinggi di
Indonesia. Jadi lambang tersebut mengkiaskan bahwa setiap Pramuka mempunyai
cita-cita yang tinggi dan lurus yakni mulia, jujur dan tetap tegak tidak mudah
diombang–ambingkan sesuatu.
‡Akar nyiur
tumbuh kuat dan erat di dalam tanah. Jadi lambang tersebut mengkiaskan tekad
dan keyakinan setiap Pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan
landasan yang baik, benar, kuat dan nyata, ialah tekad dan keyakinan yang
dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya. Nyiur adalah
pohon yang serba guna dari ujung atas hingga akarnya. Jadi lambang itu
mengkiaskan bahwa setiap Pramuka adalah manusia yang berguna dan membaktikan
diri dan kegunaannya kepada kepentingan tanah air, bangsa dan Negara Kesatuan Republik
Indonesia serta kepada umat manusia.
Lampiran 2. Evaluasi
Kerjakan soal di bawah ini di buku tulismu!
1) Siapa pelopor gerakan pramuka di dunia dan siapa
nama Bapak Pandu Indonesia?
2) Apa kode kehormatan untuk pramuka penggalang?
3) Sebutkan salah satu filosofis lambang gerakan
pramuka?
Kunci
Jawaban dan penilaian
1) Pelopor gerkan pramuka dunia yaitu Robert Stephenson Smyth Baden
Powell atau ord Baden Powell atau Robert Baden Powell atau Baden Powell (benar skor 10)
Bapak
Pandu Indonesia yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono IX (benar skor 10)
2)
Tri Satya
dan Dasa Darma
3)
a. Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan
yang bagaimanapun juga. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa setiap Pramuka
adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniah sehat, kuat dan ulet, serta besartekadnya
dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian
dan kesukaran untuk mengabdi tanah air dan bangsa.
b. Nyiur
tumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan salah satu pohon yang tertinggi di
Indonesia. Jadi lambang tersebut mengkiaskan bahwa setiap Pramuka mempunyai
cita-cita yang tinggi dan lurus yakni mulia, jujur dan tetap tegak tidak mudah
diombang–ambingkan sesuatu.
c. Akar nyiur tumbuh kuat dan erat di dalam
tanah. Jadi lambang tersebut mengkiaskan tekad dan keyakinan setiap Pramuka
yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan landasan yang baik, benar, kuat
dan nyata.
Nilai = Jumlah
skor benar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar