Rabu, 26 September 2018

RPP Kepramukaan untuk Kelas 4 dan 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                         : SD N Tegalsari 12
Mata Pelajaran            : Kepramukaan
Kelas/Semester            : 4/II dan 5/II
Pertemuan ke-             : 1
Waktu                          : 2 x 45 menit

A.    Standar Kompetensi
1.         Memahami sejarah singkat gerakan pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka penggalang dalam aspek kehidupan.

B.     Kompetensi Dasar
1.1     Mengetahui sejarah pramuka, isi kode kehormatan pramuka penggalang, kode kehormatan, dan lambang pramuka.

C.    Indikator
1.1.1 Menjelaskan sejarah singkat pramuka.
1.1.2 Menyebutkan isi kode kehormatan pramuka penggalang.
1.1.3 Mengetahui lambang gerakan pramuka.
D.    Tujuan Pembelajaran
-          Melalui penjelasan pembina dan media gambar, peserta didik dapat menjelaskan sejarah pramuka secara singkat.
-          Melalui penjelasan pembina, peserta didik dapat menyebutkan isi kode kehormatan pramuka penggalang.
-          Melalui penjelasan pembina dan media gambar, peserta didik dapat menjelaskan filosofis lambang pramuka secara singkat.
Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin, perhatian, tanggung jawab, berani, tidak putus asa, dan jujur.


E.     Materi Pokok
§  Sejarah Gerakan Pramuka
§  Kode Kehormatan Pramuka Penggalang: Tri Satya dan Dasa Darma

F.     Metode
Tanya Jawab dan Ceramah

G.    Media dan Sumber Belajar
1)      Media Pembelajaran
Gambar lambang gerakan pramuka, gambar Bapak Pandu Dunia (Robert Baden Powell) dan Bapak Pandu Indonesia (Sri Sultan Hamengkubuwono IX).
2)      Sumber Belajar
Anggadiredja Jana T., dkk. 2016. Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar. Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

G. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembina dan Peserta Didik
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
§  Persiapan upacara pembukaan latihan kepramukaan penggalang
§  Pelaksanaan upacara pembukaan yang diikuti oleh seluruh peserta didik
§  Pembina mengucapkan salam pramuka dan berdoa bersama
§  Perkenalan dengan pembina pramuka
§  Menyanyi dan bertepuk lagu “Disini Senang Disana Senang”
§  Pembina mengondisikan peserta didik untuk memulai kegiatan pramuka di dalam ruangan
§  Perkenalan dengan seluruh peserta didik dan mengabsen kehadiran peserta didik
§  Pembina memberikan apersepsi tentang pramuka kepada peserta didik
§  Pembina menyampaikan tujuan yang diharapkan
30 Menit
Kegiatan Inti
Eksplorasi
§  Pembina menulis judul materi yang akan dipelajari pada pertemuan tersebut di papan tulis
§  Pembina menyampaikan secara singkat sejarah adanya pramuka, menampilkan dengan sekilas gambar dari Bapak Pandu Dunia dan Bapak Pandu Indonesia serta mengenalkan dan menjelaskan lambang gerakan pramuka dengan media gambar lambang gerakan pramuka
§  Pembina menyelingi materi dengan ice breaking dan nyanyian-nyanyian
§  Pembina mengenalkan kode kehormatan pramuka penggalang yaitu tri satya dan dasa darma. Serta menghafalkan dengan suara yang lantang bersama-sama dengan peserta didik
Elaborasi
§  Pembina menjelaskan permainan lempar kertas yang bersangkutan dengan materi yang sudah di jelaskan.
§  Pembina meminta peserta didik untuk memegang kertas yang isinya pertanyaan mengenai materi dan di pegang secara bergantian sambil menyanyikan lagu.
§  Setelah selesai menyanyikan lagu, peserta didik yang memegang kertas harus membaca pertanyaan dan menjawabnya dengan suara yang keras. Dan seterusnya sampai 5 pertanyaan.
Konfirmasi
§  Pembina bersama siswa mengoreksi jawaban dari siswa yang mendapatkan kertas.
§  Pembina meminta beberapa siswa untuk maju ke depan kelas menghafalkan kode kehormatan pramuka siaga yaitu Tri Satya dan Dasa Darma.
§  Pembina melakukan tanya jawab dengan peserta didik mengenai materi yang telah dipelajari

40 Menit
Kegiatan Penutup
§  Pembina bersama peserta didik menyimpulkan materi dari kegiatan pramuka yang telah dilaksanakan dalam pertemuan tersebut.
§  Pembina melakukan evaluasi
§  Pembina bersama siswa menyanyikan lagu “Sayonara Sampai Berjumpa Pulang”
§  Pembina meminta salah satu peserta didik untuk memimpin doa penutup yaitu doa setelah belajar
§  Pembina mengucapkan salam dan salam pramuka
20 Menit

H.    Penilaian
1. Prosedur Tes     : Tes akhir (ada pada kegiatan akhir yaitu evaluasi)
2. Jenis Tes            : Tes individu
3. Alat Tes             : Lembar Kerja Siswa (terlampir)



                                                                                        Tegal, 22 Maret 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah/Ka. Mabigus                                      Pembina Pramuka
Gudep SD Tegalsari 12



..............................                                                          ..............................
NIP                                                                                 NIP








Lampiran 1. Bahan Ajar
1)   Sejarah Pramuka
Pramuka merupakan kependekan dari Praja Muda Karana yang berarti kaum muda yang suka berkarya. Lambang gerakan pramuka yaitu tunas kelapa (silhouette). Pramuka dunia dipelopori oleh seorang pemuda yang bernama Robert Stephenson Smyth Baden Powell, Beliau dilahirkan pada tanggal 22 Februari 1857 di London, Inggris. Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu dunia bersamaan dengan diadakannya jambore pertama kali di dunia.  Sedangkan Bapak Pandu Indonesia yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono IX.








Description: C:\Users\win8\Music\pramuka1.gif

Description: C:\Users\win8\Music\Hamengkubuwana IX.jpg


Description: C:\Users\win8\Music\200px-Baden-Powell_USZ62-96893_(retouched_and_cropped).png


 







                                               
Sri Sultan Hamengkubuwono IX               Baden Powell                          Lambang pramuka

2)   Kode Kehormatan
Kode Kehormatan Pramuka merupakan serangkaian ketentuan dasar (janji, nilai, dan norma) yang harus dilaksanakan oleh seorang pramuka dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi ukuran atau standar tingkah laku pramuka.
Kode Kehormatan bagi Pramuka penggalang, terdiri atas:
1. Janji yang disebut Trisatya, selengkapnya berbunyi:
Trisatya
Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:
– Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan pancasila.
– Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat.
– Menepati Dasadarma.
2. Ketentuan moral yang disebut Dasadarma, selengkapnya berbunyi:
Dasadarma pramuka:
1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
3. Patriot yang sopan dan kesatria.
4. Patuh dan suka bermusyawarah.
5. Rela menolong dan tabah.
6. Rajin, trampil dan gembira.
7. Hemat, cermat dan bersahaja.
8. Disiplin, berani dan setia.
9. Bertanggungjawab dan dapat dipercaya.
10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.
3)   Makna Lambang Pramuka
Lambang gerakan pramuka adalah tanda pengenal organisasi Gerakan Pramuka yang bersifat tetap. Lambang ini mengkiaskan sifat, keadaan, nilai dan norma yang dimiliki oleh setiap anggota Gerakan Pramuka sesuai dengan dicita-citakan. Lambang gerakan pramuka adalah tunas kelapa. Tunas Kelapa dipilih sebagai lambang Gerakan Pramuka dengan mempertimbangkan makna filosofis yang terkandung di dalamnya. Arti filosofi tersebut yaitu:
Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal.
Istilah cikal bakal di Indonesia berarti penduduk asli pertama, yang menurunkan generasi baru. Jadi lambang buah nyiur yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa setiap Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
‡Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun juga. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa setiap Pramuka adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniah sehat, kuat dan ulet, serta besartekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi tanah air dan bangsa Nyiur dapat tumbuh dimana saja, yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan diri dengan keadaan sekelilingnya. Jadi lambang tersebut mengkiaskan bahwa setiap Pramuka dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat dimana ia berada dan dalam keadaan yang bagaimana pun juga.
Nyiur tumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan salah satu pohon yang tertinggi di Indonesia. Jadi lambang tersebut mengkiaskan bahwa setiap Pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus yakni mulia, jujur dan tetap tegak tidak mudah diombang–ambingkan sesuatu.
‡Akar nyiur tumbuh kuat dan erat di dalam tanah. Jadi lambang tersebut mengkiaskan tekad dan keyakinan setiap Pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan landasan yang baik, benar, kuat dan nyata, ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya. Nyiur adalah pohon yang serba guna dari ujung atas hingga akarnya. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa setiap Pramuka adalah manusia yang berguna dan membaktikan diri dan kegunaannya kepada kepentingan tanah air, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta kepada umat manusia.

Lampiran 2. Evaluasi
Kerjakan soal di bawah ini di buku tulismu!
1)   Siapa pelopor gerakan pramuka di dunia dan siapa nama Bapak Pandu Indonesia?
2)   Apa kode kehormatan untuk pramuka penggalang?
3)   Sebutkan salah satu filosofis lambang gerakan pramuka?

Kunci Jawaban dan penilaian
1)   Pelopor gerkan pramuka dunia yaitu Robert Stephenson Smyth Baden Powell atau ord Baden Powell atau Robert Baden Powell atau Baden Powell (benar skor 10)
Bapak Pandu Indonesia yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono IX (benar skor 10)
2)      Tri Satya dan Dasa Darma
3)      a. Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun juga. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa setiap Pramuka adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniah sehat, kuat dan ulet, serta besartekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi tanah air dan bangsa.
b.  Nyiur tumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan salah satu pohon yang tertinggi di Indonesia. Jadi lambang tersebut mengkiaskan bahwa setiap Pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus yakni mulia, jujur dan tetap tegak tidak mudah diombang–ambingkan sesuatu.
c.  Akar nyiur tumbuh kuat dan erat di dalam tanah. Jadi lambang tersebut mengkiaskan tekad dan keyakinan setiap Pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan landasan yang baik, benar, kuat dan nyata.
Nilai = Jumlah skor benar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Motivasi Kisah Pribadi

Perjuangan Seorang “Kuli Bangunan untuk Kuliah” Berdasarkan kisah nyata pribadi Oleh : Abdul Aziz Saya tidak pernah menyangka sa...