RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM
2013
(PENGAJARAN
TERBIMBING)
RPP ini disusun
untuk memenuhi tugas mata kuliah
Praktik
Pengalaman Lapangan 2 (PPL2)
Nama :
Abdul Aziz
NIM :
1401415322
Dosen Pembimbing :
Dr. Kurotul Aeni, M. Pd
Satuan Pendidikan :
SD Tegalsari 8
Kelas/ Semester :
2 (Dua)/ I (Satu)
Tema :
1. Hidup Rukun
Sub Tema :
2. Hidup Rukun di Tempat Bermain
Pembelajaran : 6 (enam)
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
2018
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Negeri Tegalsari 8
Kelas / semester :
II/ 1
Tema / topik : 1. Hidup Rukun
Sub Tema : 2. Hidup Rukun di Tempat Bermain
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 x Pertemuan (2x30 menit)
A.
KOMPTENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang
menggambarkan sikap hidup rukun.
4.1 Meniru ungkapan ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu
anak-anak dengan bahasa yang santun.
Indikator
3.1.1 Menyebutkan kalimat ajakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun.
4.1.1 Menuliskan kalimat ajakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun.
PPKn
Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi
hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang Garuda Pancasila.
4.1 Menjelaskan hubungan
gambar pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila
Indikator
3.1.1 Menyebutkan
perbuatan-perbuatan yang sesuai dengan sila keempat dan kelima pancasila
4.1.1 membedakan gambar
perbuatan-perbuatan yang sesuai dengan sila keempat dan kelima.
Matematika
Kompetensi Dasar
3.4 Membandingkan dua bilangan cacah.
4.2 Mengurutkan bilangan-bilangan dari bilangan terkecil ke bilangan
terbesar atau sebaliknya.
Indikator
3.4.1 Membandingkan bilangan tiga angka.
4.2.1 Membubhkan tanda <, = atau > diantara dua bilangan tiga angka.
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Dengan
diberikan teks percakapan yang
berisi kalimat ajakan, siswa dapat menyebutkan kalimat ajakan dengan bahasa
yang santun.
·
Dengan
diberikan gambar musyawarah, siswa dapat mengucapkan dan menulis bunyi sila
keempat pancasila.
·
Dengan
diberikan contoh gambar penerapan sila keempat dan kelima, siswa dapat memasang
gambar yang sesuai dengan sila keempat dan kelima dengan benar.
·
Dengan
diberikan gambar penerapan sila keempat dan kelima, siswa dapat menceritakan
pengalaman yang sesuai dengan penerapan sila keempat dan kelima dengan benar.
·
Dengan
diberikan gambar kumpulan bilangan tiga angka, siswa dapat mengurutkan dari
bilangan terkecil sampai terbesar dan sebaliknya.
Karakter yang
diharapkan
Percaya
diri dan teliti
B.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Menemukan dan menuliskan kalimat ajakan
pada teks percakapan.
2.
Mengidentifikasi perbuatan-perbuatan
yang sesuai dengan sila keempat dan kelima.
3.
Mengidentifikasi gambar yang sesuai
dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila keempat dan kelima.
4.
Mengurutkan bilangan cacah dari bilangan
terkecil ke terbesar dan sebaliknya.
C.
METODE
PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan :
Saintifik
2.
Metode : Permainan/Simulasi, Tanya Jawab,
Penugasan,
dan Ceramah
D.
SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·
Manusia (Guru)
·
Internet
·
Buku Guru dan
Buku Siswa, Kelas II, Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi), Tema 1 : Hidup Rukun, Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: 2017.
·
Power Point
·
Teks percakapan
·
Gambar sila keempat dan kelima
·
Gambar perbuatan sila keempat dan kelima
·
Kartu bilangan
E.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
— Guru memberikan salam dan
mengajak berdoa.
(Religius: beriman dan
bertaqwa)
— Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa. (Mandiri
: kedisiplinan siswa)
— Mengajak berdinamika
dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. (Gotong royong : melatih sikap kerjasama
siswa)
— Guru menyiapkan fisik dan
psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran (memotivasi) serta menyapa
kabar anak.
—
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Pengantar Subtema
— Guru memberi percakapan Ayah, Indra, dan Budi
melalui powerpoint. Guru membacakan terlebih dahulu, kemudian siswa
menirukan.
Mengamati
—
Siswa
mengamati koordinasi
temannya yang sedang membaca percakapan.
Mencoba
— Siswa menyebutkan kalimat yang berupa ajakan.
—
Siswa memberikan tanggapan terkait percakapan yang
sudah dibacakan oleh teman lainnya.
Mengamati
— Siswa dengan bantuan guru, mengamati gambar anak
yang sedang bermusyawarah.
Mencoba
— Siswa menyebutkan bunyi sila kempat.
—
Siswa menuliskan kalimat bunyi sila keempat.
—
Guru mengamati kemampuan siswa dalam menyebutkan bunyi
sila keempat.
Mengamati
— Siswa mengamati gambar perilaku sila keempat dan
kelima.
— Siswa dapat menempelkan
gambar sesuai dengan perilaku sila keempat dan kelima.
Berlatih
—
Siswa
berlatih menceritakan
pengalaman yang sesuai dengan nilai sila keempat dan kelima.
Mengamati
· Siswa
mengamati cerita pak Slamet panen buah anggur di kebunnya.
Mencoba
· Siswa
mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke terbesar dan sebaliknya.
Menanya
· Siswa
dan guru melakukan tanya jawab terkait mengurutkan bilanngan dari yang
terkecil hingga terbesar dan sebaliknya.
|
35 Menit x 30 JP
|
Penutup
|
— Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
/ rangkuman hasil belajar
selama sehari.
— Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah
diikuti.
— Melakukan penilaian hasil
belajar melalui evaluasi.
— Mengajak semua siswa
berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran)
|
15 menit
|
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.
Penilaian Sikap (terlampir)
2.
Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan (terlampir)
3.
Kisi-kisi, soal evaluasi, kunci jawaban dan pedoman penskoran (terlampir)
Tegal,
07 Agustus 2018
Guru Kelas II Guru Praktikan
Sri
Esti Budiastuti, S.Pd. SD Abdul
Aziz
NIP 19630905
201406 2 001 NIM 1401415322
Mengetahui,
Kepala Sekolah Dosen Pembimbing
SD N Tegalsari 8
Nur
Atikah, S.Pd., M.Si. Dr. Khurotul Aeni, M.Pd
NIP 19651011
198608 2003 NIP
196107281986032001
Lampiran 1. Materi Pembelajaran
Perhatikan percakapan di
bawah ini!
Ayah : “Indra, Budi ayo lekas selesaikan
sarapannya. Nanti kita terlambat.”
Indra : “Baik, Yah. Sebentar lagi selesai.”
Budi : “Iya, iya.
Terburu-buru
banget sih, Yah.
Ini aku sudah
selesai.
Lebih cepat
daripada Kak Indra.
Tahukah kalian?
Musyawarah secara baik
merupakan bentuk pengamalan terhadap sila-sila dalam Pancasila? Bermusyawarah
adalah bentuk pengalaman terhadap sila keempat pancasila.
Masih ingatkah kalian
terhadap bunyi sila keempat Pancasila?
...............................................................................................................................
Berikut
adalah perbuatan-perbuatan yang sesuai dengan sila keempat Pancasila.
·
Menghargai perbedaan
·
Toleransi
·
Tidak memaksakan
kehendak
·
Musyawarah
Berikut ini adalah nilai-nilai yang
terkandung dalam sila kelima Pancasila.
·
Bersikap adil kepada
sesama
·
Tidak membeda-bedakan
orang
·
Membantu orang kesulitan
tanpa kecuali
Coba ceritakan pengalamanmu!
Pengalaman melaksanakan nilai-nilai dari sila keempat dan kelima Pancasila.
Ayo Perhatikan!
Pak Slamet panen buah anggur
dikebunnya. Pada hari jum’at dipanen sebanyak 125 buah. Pada hari Sabtu di
panen sebanyak 137 buah. Kemudian hari Minggu panen sebanyak 141 buah.
Urutan bilangan mulai dari yang
terkecil ke terbesar adalah 125, 137, 141.
Urutan bilangan mulai dari yang
terbesar ke terkecil adalah 141, 137, 125.
Lampiran 2. Instrumen Penilaian
Penilaian
Sikap
No.
|
Nama
|
Perubahan Tingkah
Laku
|
|||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1.
|
Ismail Akbar Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Abharina Nur Effendi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Ahmad Fadli Dwi Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Ahmad Wildan Pamungkas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Angga Nur Rizky
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Arjun Ardianto
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Bariqi Nur Effendi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Budi Prasetiyo
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Fadhil Shobakhul Khoer
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Fadia Nahda Kirana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
Fathan Choirul Ardhiansyah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
Fichriz Salsabilla Ramadani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
Fiona Melitha Enggelete
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
Izza Fadhillah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Kerel Levina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
Kiswah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
M. Danny Syah Riza
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
Mochamad Gonzales
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
Muhammad Riski
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
Muhammad Tabassama S
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21.
|
Naufal Hafidz Saefudin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22.
|
Nazila Ruly Maulida
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23.
|
Riza Tachsya Ilfina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24.
|
Vailist Ramadhaneza A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25.
|
Mohammad Rizqi
Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K : Kurang
C : Cukup
B : Baik
SB : Sangat Baik
Skor : skor yang diperoleh / 8 x 100
PENILAIAN
PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN
·
Skor penilaian = 100
·
Penilaian = Jumlah
benar x 20 = 100
·
Panduan Konversi Nilai :
Konversi Nilai
(skala 0-100)
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SB (sangat baik)
|
66-80
|
B
|
B (baik)
|
51-65
|
C
|
C (cukup)
|
0-50
|
D
|
K (kurang)
|
Lampiran 3. Kisi-kisi Soa Evaluasi
Satuan Pendidikan :
SD Negeri Tegalsari 8
Kelas/Semester :
II/1
Tema :
Hidup Rukun
Subtema :
Hidup Rukun di Tempat Bermain
Pembelajaran ke :
6
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Nomor Soal
|
Bentuk Soal
|
Ranah Kognitif
|
Tingkat Kesukaran
|
Bahasa Indonesia
3.1 Merinci ungkapan, ajakan,
perintah, penolakan yang terdapat
dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.
PPKn
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila
Pancasila dalam lambang Garuda Pancasila.
Matematika
3.4 Membandingkan bilangan tiga
angka.
4.2 Membubhkan tanda <, =
atau > diantara dua bilangan tiga
angka.
|
Kalimat Ajakan
Sila keempat
Mengurutkan bilangan dari yang terbesar ke yang
terkecil
Membandingkan dua bilangan tiga angka
|
Disajikan pertanyaan, siswa mampu mendeskripsikan
kalimat ajakan yang baik.
Disajikan
bunyi sila keempat, siswa dapat menyebutkan sila ke berapa dari Pancasila
Siswa dapat mngurutkn bilangan dari yang terbesar ke
yang terkecil.
Siswa dapat membandingkan dua bilangan tiga angka.
|
1
2 dan 3
4
5
|
Pilihan ganda
|
C1
C1
C2
C2
|
Mudah
Mudah
Sedang
Sedang
|
Lampiran 4. Soal Evaluasi
Pilihlah salah satu jawaban jawaban yang paling
tepat dengan memberi tanda silang (X) huruf a, b, atau c!
1.
Di bawah ini yang merupakan kalimat ajakan
adalah …
a.
Terima kasih, tas ini sangat bagus.
b.
Maaf, aku tidak bisa kalau hari ini.
c.
Yuk, kita belajar berkelompok!..
2.
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat
kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Ini adalah bunyi dari sila ….dari pancasila.
a.
5
b.
4
c.
3
3.
Perbuatan yang sesuai dengan sila keempat
Pancasila adala ….
a.
Fandi mendengarkan Irfan yang sedang berbicara
dalam sebuah diskusi.
b.
Rani mengajak Hani dan Fani menjenguk Budi
yang sedang sakit.
c.
Akhmat minta izin kepada temannya ketika
bermain karena waktu shalat sudah tiba.
4.
Urutan
dari yang terbesar sampai yang terkecil adalah ….
a.
310, 215, 211
b.
145,
267, 293
c.
231, 279, 168
5.
215 … 247, tanda yang benar adalah ….
a.
>
b.
=
c.
<
Lampiran 5. Kunci Jawaban
1.
C
2.
B
3.
A
4.
A
5.
C
Nilai = Jumlah benar x 20 = 100
Lampiran 6. Media
Pembelajaran
KARTU BILANGAN
125
|
141
|
137
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar