
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM
2013
(PENGAJARAN
TERBIMBING)
RPP ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
Praktik Pengalaman Lapangan 2 (PPL 2)
Nama : Abdul Aziz
NIM : 1401415322
Dosem
Pembimbing : Dr. Khurotul Aeni, M.Pd
Satuan
Pendidikan : SD N Tegalsari 08
Kelas/
Semester : IV (empat)/ I (satu)
Tema
/ Subtema : 1 (satu) / 3 (tiga)
Pembelajaran
: 4 (empat)
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
2018
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SD Negeri Tegalsari 08
Tema : Indahnya Kebersamaan
Sub
Tema : Bersyukur atas
Keberagaman
Pembelajaran : 4
Kelas/Semester : IV/1
Alokasi
Waktu : 2 JP (70 Menit)
A.
Kompetensi
Inti
1. Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Memetakan
keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
|
3.2.1 Mengidentifikasi
gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang didengar.
|
4.2 Menyajikan
hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antargagasan ke dalam
tulisan.
|
4.2.1 Menulis
gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang didengar.
|
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.4 Memahami
berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia
yang terikat persatuan dan kesatuan.
|
3.4.6 Menjelaskan
keberagaman suku dan budaya di Indonesia
|
4.4 Bekerja
sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
|
4.4.6 menyebutkan
keberagaman budaya di daerah masing-masing.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan
mengamati video keberagaman budaya,
siswa mampu menyebutkan keberagaman suku
budaya di Indonesia dengan tepat.
2. Dengan
ceramah guru, siswa mampu menyebutkan suku-suku di
Indonesia dengan benar.
3. Dengan mengamati powerpoint, siswa mampu menyebutkan
budaya-budaya di Indonesia dengan benar.
4. Dengan
diskusi dan membaca, siswa mampu menyebutkan
contoh budaya yang ada di sekitar lingkungan siswa dengan benar
5. Setelah
diskusi dan membaca, siswa mampu mengomunikasikan pengalaman sikap
menghargai perbedaan budaya.
D.
Materi
Pembelajaran
1. Bahasa Indonesia
Gagasan Pokok dana
Gagasan Pendukung
2. PPKn
Keberagaman
suku dan budaya
E.
Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Model : Cooperativ Learning
3. Metode : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi,
Penugasan
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
1. Guru
mengkondisikan suasana kelas agar siap belajar.
2. Guru
memberikan salam pembuka dan menanyakan kabar.
3. Guru
dan siswa berdoa, dipimpin oleh ketua kelas.
4. Guru
mengecek dan mengkomunikasikan kehadiran siswa dengan memanggil satu per satu
siswa.
5.
Apersepsi
-
Guru bersama siswa menyanyikan
lagu daerah.
6. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. yaitu kegiatan pembelajaran ini bertujuan
agar siswa dapat mengetahui keberagaman suku dan budaya Indonesia.
|
7
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. Guru
menampilkan video keberagaman suku dan budaya indonesia.
2. Guru menjelaskan macam-macam suku di Indonesia.
3. Guru bertanya kepada siswa “siapakah diantara kalian
yang mengetahui suku
di Indonesia.
4. Guru meberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan menyampaikan
pendapatnya..
5. Guru menampilkan video mengenai salah satu budaya di
Indonesia.
6. Siswa mengamati video yang ditayangkan oleh guru.
7. Guru menjelaskan mengenai budaya-budaya di Indonesia.
8. Guru mengelompokan siswa menjadi 5 kelompok.
9. Siswa berdiskusi mengenai keberagaman budaya yang ada di
lingkungan mereka.
10. Masing-masing
kelompok menyajikan hasil diskusinya didepan kelas.
11. Guru memberikan penguatan tentang hasil kerja siswa.
|
53
menit
|
Kegiatan
Akhir
|
Simpulan
1. Guru
bersama siswa menyimpulkan bersama-sama tentang materi “keanekaragaman suku
dan budaya”.
2. Guru
bersama siswa melakukan refleksi dari kegiatan hari ini.
3. Evaluasi
Dilakukan dengan
memberikan soal tes tertulis bentuk pilihan ganda untuk dikerjakan secara
individu. (terlampir)
Guru melakukan
penialain hasil belajar siswa dengan cara mengoreksi bersama dengan siswa.
4. Guru
memberikan pesan moral :
“memberitahukan
kepada siswa bahwa indonesia itu beragam, dan pentingnya menghargai
keberagaman”.
5. guru
bersama siswa berdoa dipimpin oleh ketua kelas.
6. guru
memberikan salam penutup.
|
10
menit
|
G. MEDIA
DAN SUMBER BELAJAR
1.
Buku
Buku Guru dan
Buku Siswa Tema: “Indahnya Kebersamaan”
Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015). (Halaman 129 dan 145)
2.
internet
3.
Video suku dan budaya
4.
powerpoint
5.
LCD
H.
PENILAIAN :
1. Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Santun, peduli, tanggung jawab
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan evaluasi
c. Unjuk kerja: menemukan
gagasan pokok dan gagasan pendukung
2. Jenis penilaian:
a.
Observasi
b.
Tertulis
c.
Praktek
3. Instrumen Penilaian (terlampir)
4. Rubrik
dan Penskoran Nilai (terlampir)
Tegal,
6 Agustus
2018
Guru Kelas IV Guru
Praktik
Apriliana,
S.Pd. Abdul Aziz
NIP
19670424 200212 2 002 NIM 1401415322
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Dosen
Pembimbing
Nur Atikah, S.Pd., M.Si. Dr. Khurotul Aeni, M.Pd.
NIP 19651011
198608 2 003 NIP 196107281986032001
Lampiran 1
Materi pembelajaran
PPKn
semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Oleh karena itu, wajib dilestarikan sehingga
mencerminkan rasa persatuan bangsa.
A. Bhinneka Tunggal Ika
1. Makna Bhinneka Tunggal Ika
”Bhinneka Tunggal Ika” Artinya walaupun berbeda-beda suku, adat, budaya dan bahasa daerahnya, tetapi tetap satu yaitu bangsa Indonesia. Bhinneka Tungal Ika
1. Makna Bhinneka Tunggal Ika
”Bhinneka Tunggal Ika” Artinya walaupun berbeda-beda suku, adat, budaya dan bahasa daerahnya, tetapi tetap satu yaitu bangsa Indonesia. Bhinneka Tungal Ika
diambil dari buku
Sutasoma karangan Empu Tantular. Seorang pujangga pada masa pemerintahan
Majapahit. Kalimat selengkapnya adalah “Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma
Mangrwa”. Artinya, walaupun berbeda tetapi tetap satu jua adanya karena tidak
ada agama yang tujuannya berbeda. Kerukunan hidup bangsa tercipta dan
berkembang sejak dahulu.
2. Persatuan dan
Kesatuan
Keragaman suku bangsa dan budaya merupakan kekuatan. Hal ini tidak terpisahkan dalam kehidupan bernegara. Sejarah telah membuktikan persatuan dan kesatuan bangsa, ternyata dapat mengusir penjajah. Ketika bangsa Indonesia mengalami kegagalan. Dikarenakan kita belum bersatu. Pada saat itu kita masih bercerai-berai. Keadaan tersebut menyebabkan perjuangan mudah untuk dipatahkan.
Keragaman suku bangsa dan budaya merupakan kekuatan. Hal ini tidak terpisahkan dalam kehidupan bernegara. Sejarah telah membuktikan persatuan dan kesatuan bangsa, ternyata dapat mengusir penjajah. Ketika bangsa Indonesia mengalami kegagalan. Dikarenakan kita belum bersatu. Pada saat itu kita masih bercerai-berai. Keadaan tersebut menyebabkan perjuangan mudah untuk dipatahkan.
B. Ragam Suku Bangsa dan
Budaya
Suku Bangsa di Indonesia Berdasarkan Provinsi
1. Nanggroe Aceh Darussalam: Aceh, Gayo, Tamiang, Alas, dan Simeulue
2. Sumatra Utara : BatakToba,Batak Karo, Batak Mandailing, Nias,dan Simalungun
3. Sumatra Barat : Minangkabau, Tanjung Koto, Panyalai, dan Mentawai
4. Riau : Sakai, Hutan, Melayu, Bunai, Kubu, dan Akit
5. Jambi : Kerinci, Melayu, Penghulu, Batin, Kubu
6. Bengkulu : Enggano, Rejang Lebong, Gumai, Kur, dan Serawi
7. Sumatra Selatan : Komering, Palembang, Sameda, Ranau, dan Ogan
8. Bangka Belitung : Bangka, Belitung, dan Mendanau
9. Lampung : Rawas, Melayu, Semendo, Pubian, dan Abung
10. Banten : Badui
11. Jawa Barat : Sunda
12. DKI Jakarta : Betawi
13. Jawa Tengah : Jawa, Samin, dan Karimun
14. DI Yogyakarta : Jawa
15. Jawa Timur : Madura, Jawa, Osing, dan Tengger
Suku Bangsa di Indonesia Berdasarkan Provinsi
1. Nanggroe Aceh Darussalam: Aceh, Gayo, Tamiang, Alas, dan Simeulue
2. Sumatra Utara : BatakToba,Batak Karo, Batak Mandailing, Nias,dan Simalungun
3. Sumatra Barat : Minangkabau, Tanjung Koto, Panyalai, dan Mentawai
4. Riau : Sakai, Hutan, Melayu, Bunai, Kubu, dan Akit
5. Jambi : Kerinci, Melayu, Penghulu, Batin, Kubu
6. Bengkulu : Enggano, Rejang Lebong, Gumai, Kur, dan Serawi
7. Sumatra Selatan : Komering, Palembang, Sameda, Ranau, dan Ogan
8. Bangka Belitung : Bangka, Belitung, dan Mendanau
9. Lampung : Rawas, Melayu, Semendo, Pubian, dan Abung
10. Banten : Badui
11. Jawa Barat : Sunda
12. DKI Jakarta : Betawi
13. Jawa Tengah : Jawa, Samin, dan Karimun
14. DI Yogyakarta : Jawa
15. Jawa Timur : Madura, Jawa, Osing, dan Tengger
2. Budaya Setempat
a. Pakaian Adat
Pakaian adat dipakai pada acara khusus. Salah satunya berupa pesta perkawinan, upacara adat, dan sebagainya. Beberapa contoh pakaian adat dari provinsi di Indonesia, yaitu :
1) Jawa Tengah : • Tutup kepala pria blangkon
• Baju wanita kebaya
• Baju pria beskap.
2) Sumatra Barat : Baju teluk belango dan saluak.
3) Riau : Baju destar.
4) Kalimantan Selatan: Baju rompi dan destar.
a. Pakaian Adat
Pakaian adat dipakai pada acara khusus. Salah satunya berupa pesta perkawinan, upacara adat, dan sebagainya. Beberapa contoh pakaian adat dari provinsi di Indonesia, yaitu :
1) Jawa Tengah : • Tutup kepala pria blangkon
• Baju wanita kebaya
• Baju pria beskap.
2) Sumatra Barat : Baju teluk belango dan saluak.
3) Riau : Baju destar.
4) Kalimantan Selatan: Baju rompi dan destar.
Pethatikan gambar
dibawah ini .
b. Rumah Adat
Nama Rumah Adat di Indonesia
1. Asmat : Honai
2. Batak : Jabu Persantian
3. Dayak : Lamin
4. Jawa : Joglo
5. Minangkabau : Gadang
6. Toraja : Tongkonan
Nama Rumah Adat di Indonesia
1. Asmat : Honai
2. Batak : Jabu Persantian
3. Dayak : Lamin
4. Jawa : Joglo
5. Minangkabau : Gadang
6. Toraja : Tongkonan
c. Tarian dan Lagu
Tiap-tiap daerah mempunyai tarian daerah. Tarian mencerminkan ciri khas daerah tersebut.
Tiap-tiap daerah mempunyai tarian daerah. Tarian mencerminkan ciri khas daerah tersebut.
Tarian Daerah di Indonesia
1. Aceh : Seudati
2. Betawi : Yapong
3. Bali : Pendet
4. Jawa : Gambyong
5. Minahasa : Maengket
1. Aceh : Seudati
2. Betawi : Yapong
3. Bali : Pendet
4. Jawa : Gambyong
5. Minahasa : Maengket
Nama Lagu Daerah di Indonesia
1. Aceh : Bungong Jeumpa
2. Betawi : Jali-jali
3. Bali : Janger
4. Melayu : Soleram
5. Minangkabau : Dayung Palinggam
1. Aceh : Bungong Jeumpa
2. Betawi : Jali-jali
3. Bali : Janger
4. Melayu : Soleram
5. Minangkabau : Dayung Palinggam
4.
Menghargai Keragaman
Cara menghargai keragaman di antaranya adalah
a. Senang belajar budaya daerah lain.
b. Gemar melihat pertunjukan atau pentas budaya daerah.
c. Tidak menganggap rendah budaya daerah lain.
d. Menghindari sikap kedaerahan.
e. Menghormati budaya daerah secara positif.
Cara menghargai keragaman di antaranya adalah
a. Senang belajar budaya daerah lain.
b. Gemar melihat pertunjukan atau pentas budaya daerah.
c. Tidak menganggap rendah budaya daerah lain.
d. Menghindari sikap kedaerahan.
e. Menghormati budaya daerah secara positif.
Lampiran 2. Lembar Kerja Diskusi
1. Sebutkan
3 cara menghargai keragaman!
a.
b.
c.
2. Sebutkan 3 contoh budaya yang ada di sekitar lingkungan kalian!
No
|
Contoh
Budaya
|
1
|
|
2
|
|
3
|
|
Lampiran 3. Soal evaluasi
I. Pilihlah dengan cara menyilang (X) huruf a, b, c, atau d
di depan jawaban yang tepat!
1. Budaya atau kebudayaan adalah hasil kegiatan dan penciptaan atau kreasi dari ….
a. Tuhan c. binatang
b. manusia d. malaikat
2. Bhineka Tunggal Ika artinya ….
a. berbeda tetapi sama b. perbedaan dalam persamaan
c. berbeda-beda tetapi tetap satu d. sama namun berbeda-beda
3. Keragaman suku dan budaya yang kita miliki merupakan satu kesatuan untuk ….
a. berselisih c. beradu
b. bertengkar d. bersatu
4. Serimpi, Kecak, Saman, Piring adalah nama ….
a. lagu daerah c. tarian daerah
b. bahasa daerah d. alat musik
5. Angklung, Tifa, Gamelan, Kolintang adalah nama ….
a. lagu daerah c. tarian adat
b. senjata tradisional d. alat musik tradisional
6. Yang merupakan judul lagu daerah adalah ….
a. Kethoprak c. Bungong Jeumpa
b. Cakalele d. Rencong
7. Cara menghargai keragaman agama yang ada adalah dengan cara ….
a. pura-pura tidak tahu
b. mengikuti ibadah agama orang lain
c. mengotori tempat ibadah agama orang lain
d. tidak gaduh jika ada orang lain yang beribadah
1. Budaya atau kebudayaan adalah hasil kegiatan dan penciptaan atau kreasi dari ….
a. Tuhan c. binatang
b. manusia d. malaikat
2. Bhineka Tunggal Ika artinya ….
a. berbeda tetapi sama b. perbedaan dalam persamaan
c. berbeda-beda tetapi tetap satu d. sama namun berbeda-beda
3. Keragaman suku dan budaya yang kita miliki merupakan satu kesatuan untuk ….
a. berselisih c. beradu
b. bertengkar d. bersatu
4. Serimpi, Kecak, Saman, Piring adalah nama ….
a. lagu daerah c. tarian daerah
b. bahasa daerah d. alat musik
5. Angklung, Tifa, Gamelan, Kolintang adalah nama ….
a. lagu daerah c. tarian adat
b. senjata tradisional d. alat musik tradisional
6. Yang merupakan judul lagu daerah adalah ….
a. Kethoprak c. Bungong Jeumpa
b. Cakalele d. Rencong
7. Cara menghargai keragaman agama yang ada adalah dengan cara ….
a. pura-pura tidak tahu
b. mengikuti ibadah agama orang lain
c. mengotori tempat ibadah agama orang lain
d. tidak gaduh jika ada orang lain yang beribadah
8. Bahasa yang disepakati oleh suatu negara menjadi bahasa resmi kenegaraan disebut ….
a. bahasa daerah c. bahasa internasional
b. bahasa nasional d. bahasa pergaulan
9. Sekumpulan masyarakat yang memiliki tradisi dan adat-istiadat yang sama disebut ….
a. paguyuban c. patembayan
b. suku bangsa d. budaya
10. Rencong, Mandau, dan Clurit adalah nama ….
a. lagu daerah c. pakaian adat
b. tarian daerah d. senjata tradisional
Kunci Jawaban
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
Penilaian:
masing-masing item pilihan
ganda memiliki skor 2.
N = jumlah
skor x 5
INSTRUMEN PENILAIAN
1. Penilaian
Sikap
No.
|
Nama
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Santun
|
Peduli
|
Tanggung Jawab
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1.
|
Ramzy Nur Imansyah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Aditia
Saputra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Adinda
Sahara W.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Ahmad
Syarief Hidayatullah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Akhmes
Huwaida Isbandina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Arkan
Ridho Setiawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Aulia
Rahmawati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Axa
Pamungkahara Rojiokrowo
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Carrentya
Navezha Puteri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Fairuz
Jibril Kemal Pasha
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
Gendis
Andhika Goen Maharani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
Gio
Sangkea Pratama
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
Ibra
Yudistira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
Imam
Bagus Alaydrus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Muhammad
Avatar Faradilla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
Muhammad
Hafiz Alifianto
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
Muhammad
Rifki Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
Nurul
Karmilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
Ryan
Agatha Ibrahimmovick
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
Satrio
Andi Wibowo
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21.
|
Sulalatun
Nasyfa Fadlilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22.
|
Nadiva
Ilmiasih
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23.
|
Arif
Nofal Nursalim
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24.
|
Dimas Fais Yudanta
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25.
|
Fawnia Dwi Althafunissa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K : Kurang
C : Cukup
B : Baik
SB : Sangat Baik
Skor
: skor yang diperoleh / 12 x 100
Daftar Nilai Siswa
No.
|
Nama
|
Nilai
|
1.
|
Ramzy Nur Imansyah
|
|
2.
|
Aditia Saputra
|
|
3.
|
Adinda Sahara W.
|
|
4.
|
Ahmad Syarief
Hidayatullah
|
|
5.
|
Akhmes Huwaida
Isbandina
|
|
6.
|
Arkan Ridho
Setiawan
|
|
7.
|
Aulia Rahmawati
|
|
8.
|
Axa Pamungkahara
Rojiokrowo
|
|
9.
|
Carrentya Navezha
Puteri
|
|
10.
|
Fairuz Jibril Kemal
Pasha
|
|
11.
|
Gendis Andhika Goen
Maharani
|
|
12.
|
Gio Sangkea Pratama
|
|
13.
|
Ibra Yudistira
|
|
14.
|
Imam Bagus Alaydrus
|
|
15.
|
Muhammad Avatar
Faradilla
|
|
16.
|
Muhammad Hafiz
Alifianto
|
|
17.
|
Muhammad Rifki
Maulana
|
|
18.
|
Nurul Karmilah
|
|
19.
|
Ryan Agatha Ibrahimmovick
|
|
20.
|
Satrio Andi Wibowo
|
|
21.
|
Sulalatun Nasyfa
Fadlilah
|
|
22.
|
Nadiva Ilmiasih
|
|
23.
|
Arif Nofal Nursalim
|
|
24.
|
Dimas Fais Yudanta
|
|
25.
|
Fawnia Dwi Althafunissa
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar