Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SDN Tegalsari 08
Mata
Pelajaran : PKN
Kelas/Semester
: VI/1
Alokasi
Waktu : 2×35 menit (2 JP)
A.
Standar
Kompetensi
1. Menghargai
nilai-nilai juang dalam proses perumusan pancasila sebagai dasar negara.
B.
Kompetensi
Dasar
1.2 Menceritakan
secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan pancasila sebagai dasar
negara
C.
Indikator
1.2.1
Menceritakan nilai kebersamaan dalam
proses perumusan pancasila sebagai dasar negara.
1.2.2
Mendiskusikan nilai-nilai kebersamaan
dalam kegiatan sehari-hari.
D.
Tujuan
pembelajaran
1. Melalui
ceramah, siswa dapat menceritaan nilai kebersamaan dalam proses perumusan
pancasila sebagai dasar negara.
2. Melalui
diskusi, siswa dapat mendiskusikan nilai-nilai kebersamaan dalam kegiatan
sehari-hari.
E.
Metode
dan Model Pembelajaran
Metode : Ceramah, Tanya
Jawab, penugasan dan diskusi
Model Pembelajaran : Cooperative Learning
F.
Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Tahapan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
· Guru
mengucapkan salam.
· Guru
dan siswa membaca basmallah sebelum kegiatan pembelajaran di mulai.
· Guru
melakukan presensi kehadiraan siswa.
· Apersepsi
: Guru memutarkan video lagu garuda pancasila.
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
Eksplorasi
· Guru
memutarkan video perumusan pancasila sebagai dasar negara.
· Guru
memberikan materi nilai kebersamaan dalam proses perumusan pancasila kepada
siswa dengan media powerpoint.
· Guru
melakukan tanya jawab terkait materi yang telah disampaikan.
Elaborasi
·
Guru mengelompokan siswa yang
terdiri dari 4 siswa dalam satu kelompoknya.
·
Guru memberikan LKS (Lembar Kerja
Siswa).
·
Guru menjelaskan cara kerja
Lembar Kerja Siswa.
·
Siswa mengerjakan Lembar Kerja
Siswa.
Konfirmasi
·
Perwakilan kelompok, menyampaikan
hasil diskusi di depan kelas.
·
Guru bertanya hal yang belum di
ketahui siswa.
·
Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
|
40 menit
|
Kegiatan Akhir
|
1. Guru
bersama–sama dengan siswa membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
2. Guru
memberikan soal evaluasi kepada siswa.
3. Guru
bersama siswa membahas soal evaluasi.
4. Guru
menutup pembelajaran dengan mengajukan salam.
|
20 menit
|
G.
Sumber
dan Media Pembelajaran
Sumber
:
Buku
Ajar Fokus Pendidikan Ke warganegaraan Kelas 6.
Pendidikan
Kewarganegaraan 6 : untuk SD/MI kelas VI / Sunarso, Anis Kusumawardani, Jakarta
: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Media
: Slide PPT
H.
Penilaian
1. Prosedur :
penilaian proses dan penilaian hasil
2. Jenis Penilaian :
a)
Penilaian
proses : pengamatan aktivitas siswa
b) Penilaian hasil : tes tertulis
3. Bentuk Penilaian : isian
4. Alat tes : soal-soal evaluasi
Tegal, 04 Agustus 2018
Guru Kelas Mahasiswa
Praktikkan
Nayny Rif’ati, S.Pd Abdul Aziz
NIP. NIM.
1401415322
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Nur Atikah, S.Pd, M.Si.
NIP. 196510111986082003
Lampiran
2
LEMBAR PENGAMATAN
AKTIVITAS SISWA
Mata pelajaran :
Kelas/semester :
Hari /tanggal :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang diamati
|
||||||||
Kemampuan bertanya
|
Keberanian
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Deskriptor
Kemampuan
bertanya
|
1
|
Jika
siswa tidak pernah bertanya
|
2
|
Jika
siswa bertanya hanya 1 kali
|
|
3
|
Jika
siswa bertanya 2-3 kai
|
|
4
|
Jika
siswa bertanya lebih dari 3 kali
|
|
Keberanian
|
1
|
Jika
siswa tidak pernah berani aktif
|
2
|
Jika
siswa berani aktif tetai disuruh guru
|
|
3
|
Jika
siswa berani aktif tanpa disuruh tetapi diberi kesempatan guru
|
|
4
|
Jika
siswa berani atas inisiatif sendiri
|

TOTAL
SKOR
Tidak ada komentar:
Posting Komentar