
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM 2013
(UJIAN PPL 2)
RPP ini disusun untuk
memenuhi tugas mata kuliah
Praktik Pengalaman
Lapangan 2 (PPL 2)
Nama : Abdul Aziz
NIM : 1401415322
Dosem Pembimbing : Dr. Kurotul Aeni, M.Pd
Satuan Pendidikan : SD N Tegalsari 08
Kelas/ Semester : IV (empat)/ I (satu)
Tema / Subtema : 2 (dua) / 3 (tiga)
Pembelajaran : 4 (empat)
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2018
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
Tegalsari 8
Kelas / Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 2 : Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 3 : Energi Alternatif
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (4 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.4 Membandingkan teks
petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda.
|
3.4.2 Membuat teks
petunjuk tentang menghemat energi.
|
4.4 Menyajikan teks
petunjuk menggunakan alat dalam bentuk teks tulisan dan visual menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif.
|
4.4.2 Menyajikan
teks petunjuk dalam bentuk poster.
|
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Memahami hak dan
kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.2.5 Menganalisis
pelaksanaan hak dan kewajiban pada masyrakat di sekitarnya.
|
4.2 Bekerjasama
melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
|
4.2.5 Mempresentasikan
hasil temuannya tentang pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat
disekitarnya.
|
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Disiplin dan
tanggung jawab
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati, siswa mampu menganalisis pelaksanaan hak
dan kewajiban pada masyrakat di sekitarnya dengan teliti.
2.
Setelah menganalisis, siswa mampu mempresentasikan hasil
temuannya tentang pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat di sekitarnya dengan
benar.
3.
Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat teks petunjuk tentang
menghemat energi dengan benar.
4.
Melalui penjelasan guru,
siswa dapat menjelaskan pengertian poster dengan benar.
5.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menyajikan teks petunjuk dalam
bentuk poster dengan benar.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Membuat poster hemat
energi
E. METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Tematik.
2. Model : Saintifik.
3. Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah.
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucapkan
salam.
2.
Guru dan siswa berdoa dipimpin oleh ketua kelas. (Integritas : membiasakan sikap santun,
religius dan hormat)
3.
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa.
4.
Guru mengajak
tepuk semangat bersama-sama.
5.
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.
Guru dan siswa
menyanyikan lagu nasional “Dari Sabang Sampai Merauke”
7.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
20 menit
|
Inti
|
1.
Guru menayangkan
video hemat energi.
2.
Siswa mengamati
video.
3.
Guru dan siswa
melakukan tanya jawab terkait video yang ditayangkan guru.
4.
Guru mengingatkan
pembelajaran hari ini dengan pembelajaran 2.
5.
Guru menanyakan
tugas dalam pembelajaran 2 kepada siswa.
6.
Siswa akan mempresentasikan hasil pekerjaannya tentang
pengamatan di dalam kelompok. Setiap kelompok memberikan pendapat mengenai
presentasi yang disampaikan temannya.
7.
Guru menilai isi presentasinya.
8.
Guru menanyakan
hak dan kewajiban siapa dalam masalah yang ditemukan siswa saat mengamati
masalah menghemat energi di masyarakat maupun lingkungan keluarga.
9.
Guru mengingatkan
kembali pengertian hak dan kewajiban.
10.
Guru bertanya
jawab terkait hak dan kewajiban di masyarakat.
11.
Setelah selesai
presentasi dan tanya jawab dalam presentasi,
kemudian
siswa membuat teks petunjuk hemat energi sesuai dengan
masalah yang ditemukan di lingkungan.
12.
Guru menjelaskan
pengertian poster.
13.
Guru memberikan
contoh poster melalui gambar poster.
14.
Guru memberikan
penjelasan membuat poster dengan kalimat petunjuk yang sudah di buat oleh
siswa.
15.
Guru menayangkan
video contoh poster hemat energi.
16.
Siswa membuat
poster sesuai petunjuk guru.
17.
Guru menunjuk
beberapa siswa untuk menjelaskan hasil poster yang di buat.
18.
Guru memberikan
penguatan kepada siswa yang sudah maju kedepan.
|
100 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa dan Guru bersama sama merangkum materi
pembelajaran.
2.
Guru memberikan
soal evaluasi kepada siswa.
3.
Siswa mengerjakan
soal evaluasi.
4.
Guru memberikan gambaran mengenai kegiatan pembelajaran
pertemuan berikutnya.
5.
Guru memberikan
motivasi agar siswa mau menolong ketika ada temannya yang kesusahan.
6.
Ketua kelas memimpin doa akhir pertemuan (Integritas : membiasakan
sikap santun, religius dan hormat)
|
20 menit
|
G.
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Buku Guru dan Buku
Siswa, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema : Selalu
Berhemat Energi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2016.
2.
Internet.
MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Alat menggambar poster.
2.
Gambar poster.
3.
Video.
4.
Powerpoint.
H. PENILAIAN :
1.
Teknik Penilaian.
a.
Penilaian
sikap: Santun, peduli, tanggung jawab
b.
Penilaian
pengetahuan: Daftar periksa dan evaluasi
c.
Unjuk
kerja: menemukan
gagasan pokok dan gagasan pendukung
2.
Jenis penilaian:
a.
Observasi
b.
Tertulis
c.
Praktik
3.
Instrumen Penilaian (terlampir)
4.
Rubrik dan Penskoran Nilai (terlampir)
Tegal, 4 Agustus 2018
Guru Kelas
IV Praktikan
Apriliana,
S.Pd. Abdul Aziz
NIP 19670424 200212 2 002 NIM
1401415322
Mengetahui,
Kepala Sekolah Dosen
Pembimbing
Nur Atikah, S.Pd., M.Si. Dr. Kurotul Aeni, M.Pd.
NIP 19651011 198608 2 003 NIP 196107281986032001
Lampiran 1. Materi
Bagaimana hasil pengamatanmu? Sekarang
coba perwakilan kelompok maju ke depan untuk membacakan hasil pengamatanmu bersama
kelompokmu!
Siapa yang berkewajiban menghemat energi
di lingkungan masyarakat?
Sekarang coba di ingat apa pengertian
hak dan kewajiban?
Hak adalah sesuatu yang menjadi milik
seseorang. Sedangkan kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh
rasa tanggung jawab.
Contoh teks petunjuk hemat energi:
a.
Matikan lampu di siang hari
b.
Matikan kipas angin jika tidak
digunakan.
c.
Matikan TV jika tidak ditonton
d.
Hemat listrik selamatkan dunia.
poster merupakan media informasi yang
terdiri dari gambar dan tulisan yang berupa ajakan, petunjuk, dan pengumuman.
Poster biasanya dipasang di tempat-tempat yang ramai.

Contoh poster hemat energi:



Lampiran
2. Kisi-Kisi Soal Evaluasi
Satuan
Pendidikan : SD N Tegalsari 8 Pembelajaran: Tema 2,
Subtema 3, Pembelajaran 4
Kelas : IV (Empat) Bentuk
soal : Isian
Semester : Satu
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Soal
|
Jenis
Soal
|
Ranah
Kognitif
|
Tingkat
Kesukaran
|
Nomor
Soal
|
3.4Membandingkan
teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda.
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.4.1
Membuat teks petunjuk tentang menghemat energi.
3.2.1
Menyebutkan kewajiban masyarakat dalam menghemat energi
|
Isian
|
C1
|
Sedang
|
1
2
|
Lampiran 3. Soal Evaluasi
1.
Buatlah 5 teks petunjuk tentang menghemat energi!
2.
Sebutkan 5 kewajiban masyarakat dalam menghemat energi!
Jawaban dan penskoran
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
a.
Matikan lampu di siang hari
b.
Matikan kipas angin jika tidak
digunakan.
c.
Matikan TV jika tidak ditonton
d.
Hemat listrik selamatkan dunia.
e.
Gunakan air secukupnya.
|
0-10
|
2.
|
a.
Mematikan listrik saat siang
hari.
b.
Mematikan kran ketika sudah tidak
digunakan
c.
Mematikan kipas angin mushola
saat tidak digunakan
d.
Mematikan lampu di pinggir jalan
saat siang hari
e.
Menggunakan bahan bakar minyak
secukupnya.
|
0-10
|
Nilai= Jumlah skor x 5
Contoh: Nilai = 18 x 5 = 90
Lampiran 4. Penilaian presentasi dan membuat kalimat petunjuk
Kriteria
|
Sangat Baik
(skor 4)
|
Baik
(skor 3)
|
Cukup
(skor 2)
|
Perlu Pendampingan (skor 1)
|
Topik Jelas
|
Memilih satu topik yang fokus
tentang hemat energi.
|
Topik yang dipilih kurang fokus
|
|
Belum mampu memilih topik untuk posternya sehingga
membutuhkan pendampingan penuh.
|
Teks petunjuk
|
Terdapat teks petunjuk untuk hemat energi dengan:
1. Langkahlang-kah
jelas
2. Runtut
3. Bisa
diaplikasikan
|
Memenuhi 2 dari 3 kriteria yang diberikan.
|
Memenuhi 1 dari 3 kriteria yang diberikan.
|
Belum memenuhi kriteria yang diberikan.
|
Hak dan kewajiban
|
Semua contoh contoh yang diberikan di teks petunjukkan
hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang.
|
Sebagaian besar contohcontoh yang diberikan di teks
petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban secara
seimbang.
|
Sebagian contoh contoh yang diberikan di teks
petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban secara
seimbang.
|
Sebagian kecil contohcontoh yang diberikan di teks
petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban secara
seimbang.
|
Penyajian
|
Penyajian poster menarik dan mudah dipahami.
|
Penyajian poster mudah dipahami namun kurang menarik.
|
Penyajian poster kurang menarik dan kurang bisa dipahami.
|
Penyajian poster tidak menarik dan sulit dipahami.
|
Kriteria
|
Sangat Baik
(skor 4)
|
Baik
(skor 3)
|
Cukup
(skor 2)
|
Perlu
Pendampingan (skor 1)
|
Fakta
|
Menuliskan 10
fakta tentang kesadaran masyarakat hemat energi dengan benar.
|
Menuliskan
minimal 8 fakta tentang kesadaran masyarakat hemat energi dengan benar.
|
Menuliskan
minimal 6 fakta tentang kesadaran masyarakat hemat energi dengan benar.
|
Yang lainnya
|
Pengelompokkan
|
Dari fakta
yang ditemukan, siswa mampu
mengelompokkan
semua
tindakan ke
dalam hal yang baik dan belum baik dengan benar.
|
Dari fakta
yang ditemukan, siswa mampu
mengelompokkan
sebagian besar tindakan ke
dalam hal
yang baik dan belum baik dengan benar.
|
Dari fakta
yang ditemukan, siswa mampu
mengelompokkan
sebagian tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan
benar.
|
Dari fakta
yang ditemukan, siswa mampu
mengelompokkan
sebagian kecil tindakan ke dalam hal yang baik
dan belum
baik dengan benar.
|
Kesimpulan
|
Siswa mampu
menuliskan kesimpulan dari data yang ditemukan dengan tepat.
|
Siswa mampu
menuliskan kesimpulan dari data yang
ditemukan
namun kurang tepat.
|
Menuliskan
kesimpulan dengan kurang tepat dan kurang berdasarkan data.
|
Masih belum
mampu menuliskan kesimpulan.
|
Dampak
|
Menuliskan 3
dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar.
|
Menuliskan 2
dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar.
|
Menuliskan 1
dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar.
|
Belum mampu
menuliskan dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar.
|
Saran
|
Menuliskan 3
saran dengan sesuai.
|
Menuliskan 2
saran dengan sesuai.
|
Menuliskan 1
saran dengan sesuai.
|
Belum mampu
menuliskan saran dengan sesuai.
|
Penilaian
(Skoring):
|
Total Nilai
Siswa
|
x 10
|
Total Nilai
Maksimal
|
Contoh :
|
9
|
x 10 = 7,5
|
12
|
Lampiran 5. Penilaian
Sikap
No.
|
Nama
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Santun
|
Peduli
|
Tanggung Jawab
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1.
|
Ramzy Nur
Imansyah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Aditia Saputra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Adinda Sahara W.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Ahmad Syarief Hidayatullah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Akhmes Huwaida Isbandina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Arkan Ridho Setiawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Aulia Rahmawati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Axa Pamungkahara Rojiokrowo
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Carrentya Navezha Puteri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Fairuz Jibril Kemal Pasha
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
Gendis Andhika Goen Maharani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
Gio Sangkea Pratama
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
Ibra Yudistira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
Imam Bagus Alaydrus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Muhammad Avatar Faradilla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
Muhammad Hafiz Alifianto
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
Muhammad Rifki Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
Nurul Karmilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
Ryan Agatha Ibrahimmovick
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
Satrio Andi Wibowo
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21.
|
Sulalatun Nasyfa Fadlilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22.
|
Nadiva Ilmiasih
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23.
|
Arif Nofal Nursalim
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24.
|
Dimas Fais Yudanta
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25.
|
Fawnia Dwi Althafunissa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K : Kurang
C : Cukup
B : Baik
SB : Sangat Baik
Skor
: skor yang diperoleh / 12 x 100
Lampiran 6. Daftar Nilai Siswa
No.
|
Nama
|
Nilai
|
1.
|
Ramzy Nur Imansyah
|
|
2.
|
Aditia
Saputra
|
|
3.
|
Adinda
Sahara W.
|
|
4.
|
Ahmad
Syarief Hidayatullah
|
|
5.
|
Akhmes
Huwaida Isbandina
|
|
6.
|
Arkan
Ridho Setiawan
|
|
7.
|
Aulia
Rahmawati
|
|
8.
|
Axa
Pamungkahara Rojiokrowo
|
|
9.
|
Carrentya
Navezha Puteri
|
|
10.
|
Fairuz
Jibril Kemal Pasha
|
|
11.
|
Gendis
Andhika Goen Maharani
|
|
12.
|
Gio
Sangkea Pratama
|
|
13.
|
Ibra
Yudistira
|
|
14.
|
Imam
Bagus Alaydrus
|
|
15.
|
Muhammad
Avatar Faradilla
|
|
16.
|
Muhammad
Hafiz Alifianto
|
|
17.
|
Muhammad
Rifki Maulana
|
|
18.
|
Nurul
Karmilah
|
|
19.
|
Ryan
Agatha Ibrahimmovick
|
|
20.
|
Satrio
Andi Wibowo
|
|
21.
|
Sulalatun
Nasyfa Fadlilah
|
|
22.
|
Nadiva
Ilmiasih
|
|
23.
|
Arif
Nofal Nursalim
|
|
24.
|
Dimas Fais Yudanta
|
|
25.
|
Fawnia Dwi Althafunissa
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar