Jumat, 21 Desember 2018

Contoh Usulan Topik Skripsi PGSD


KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES)
Kantor: Gedung H lt 4 Kampus, Sekaran, Gunungpati, Semarang 50229
Rektor: (024)8508081 Fax (024)8508082,  Purek I: (024) 8508001 Website: www.unnes.ac.id - E-mail: unnes@unnes.ac.id
Description: logo eks
FORMULIR
USULAN TOPIK SKRIPSI
No. Dokumen
FM/321/SKR/02
No. Revisi
01
Hal
1 dari 3
Tanggal Terbit
7 April 2014





Usulan topik skripsi diajukan oleh :
N a m a            : Abdul Aziz
NIM                : 1401415322
Jurusan            : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Bidang kajian  : IPS
Topik I            : Keefektifan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantu Media Video terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Materi Kenampakan Alam  kelas V SDN Margadana 4 Kota Tegal
Rasional/Latar Belakang :
Setelah melaksanakan observasi pembelajaran di kelas ketika kegiatan PPL1 menemukan permasalahan pembelajaran IPS yaitu  penyajian materi masih bersifat teoritis, guru belum menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif dan hanya diisi dengan pemberian informasi satu arah, sehingga siswa kurang antusias dalam belajar, di tambah lagi dengan materi IPS yang banyak dan guru masih menyuruh siswa untuk menghafal materi-materi yang membuat mereka bosan belajar. Padahal pembelajaran IPS meimilki tujuan yang penting dalam hal keterampilan sosial siswa, bukan hanya kognitif siswa. Tujuan pendidikan IPS menurut (Nursid Sumaatmadja. 2006) adalah “membina anak didik menjadi warga negara yang baik, yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kepedulian social yang berguna bagi dirinya serta bagi masyarakat dan negara” Sedangkan secara rinci Oemar Hamalik merumuskan tujuan pendidikan IPS berorientasi pada tingkah laku para siswa, yaitu : (1) pengetahuan dan pemahaman, (2) sikap hidup belajar, (3) nilai-nilai sosial dan sikap, (4) keterampilan (Oemar hamalik. 1992 : 40-41).
Oleh karena itu, peneliti tertarik mengambil topik Keefektifan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantu Media Video terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Materi Kenampakan Alam  kelas V SDN Margadana 4 Kota Tegal. Model Mind Mapping (Peta Pikiran) adalah model pembelajaran yang dikembangkan oleh Tony Buzana, kepala Brain Foundation. Peta pikiran adalah model mencatat kreatif yang memudahkan kita mengingat banyak informasi. Setelah selesai, catatan yang dibuat membentuk sebuah pola gagasan yang saling berkaitan, dengan topik utama di tengah, sementara subtopik dan perincian menjadi cabang-cabangnya.

                                                                                    Tegal, 6 Oktober 2017
                                                                                    Yang mengajukan,

                                                                                    Rizki Fauziyah                                                                                                                                                                                   

                                                           
 
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               


















KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES)
Kantor: Gedung H lt 4 Kampus, Sekaran, Gunungpati, Semarang 50229
Rektor: (024)8508081 Fax (024)8508082,  Purek I: (024) 8508001 Website: www.unnes.ac.id - E-mail: unnes@unnes.ac.id
Description: logo eks
FORMULIR
USULAN TOPIK SKRIPSI
No. Dokumen
FM/321/SKR/02
No. Revisi
01
Hal
1 dari 3
Tanggal Terbit
7 April 2014





Usulan topik skripsi diajukan oleh :
N a m a            : Rizki Fauziyah
NIM                : 1401414140
Jurusan            : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Bidang kajian  : Psikologi Pendidikan
Topik I            I           : Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Gaya Belajar terhadap
  Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Margadana 8

Rasional/Latar Belakang :
Setelah melakukan observasi di kelas V ketika kegiatan PPL ditemukan bahwa banyak anak-anak yang aktif, bersemangat dan mampu mengekspresikan perasaannya tetapi prestasi belajarnya masih tergolong rendah. Sedangkan anak yang pendiam malah memiliki prestasi belajar yang baik. Penyebab rendahnya prestasi belajar tentu disebabkan oleh beberapa faktor baik faktor internal maupun eksternal. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar adalah kecerdasan emosional. Selain kecerdasan emosional, prestasi belajar siswa juga dipengaruhi oleh gaya belajar. Menurutt Brown (1994:105) gaya belajar adalah petunjuk bagaimana mengamati, berinteraksi dan menanggapi lingkungan belajar. Siswa merupakan individu yang unik, setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti hubungan kercedasan emosional dan gaya belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas V SDN Margadana 8 Kota Tegal.
                                                                                                    Tegal,  6 Oktober 2017                                                                                                       Yang mengajukan,


                                                                                    Rizki Fauziyah                                                                                                                                                                                   

                                                                               
 
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               


















KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES)
Kantor: Gedung H lt 4 Kampus, Sekaran, Gunungpati, Semarang 50229
Rektor: (024)8508081 Fax (024)8508082,  Purek I: (024) 8508001 Website: www.unnes.ac.id - E-mail: unnes@unnes.ac.id
Description: logo eks
FORMULIR
USULAN TOPIK SKRIPSI
No. Dokumen
FM/321/SKR/02
No. Revisi
01
Hal
1 dari 3
Tanggal Terbit
7 April 2014




Usulan topik skripsi diajukan oleh :
N a m a            : Rizki Fauziyah
NIM                : 1401414140
Jurusan            : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Bidang kajian  : Seni Rupa
Topik I            II         : Upaya Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Seni Rupa Melalui
  Pameran Seni Rupa pada Siswa Kelas V di SDN Bandung 1 Kota
  Tegal
Rasional/Latar Belakang :
Setelah melaksanakan observasi saat kegiatan PPL ditemukan bahwa anak-anak kurang bersemangat ketika membuat karya seni yang terlalu sulit bagi mereka, padahal apabila dilatih terus menerus sebenarnya mereka memiliki keterampilan seni rupa yang baik. Anak-anak usia sekolah dasar khususnya di kelas V perlu diasah keterampilannya dan perlu motivasi dalam dirinya.
Selain itu, seni rupa juga sangat penting bagi pengembangan otak kanan dan otak kiri anak. Otak kanan dan otak kiri harus seimbang, apabila tidak seimbang maka dapat menyebabkan anak tidak kreatif dan kurang imajinatif.
Dari masalah yang muncul peneliti  ingin berupaya meningkatkan motivasi belajar seni rupa dan keterampilan seni rupa melalui pameran seni rupa. Menurut Wartono (1984:69) hubungan antara pameran dengan motivasi belajar seni rupa sangat erat hal tersebut sesuai dengan pembelajaran seni rupa yang model terpadu. Oleh karena itu peneliti mengajukan judul Upaya Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Seni Rupa melalui Pameran Seni Rupa pada Siswa Kelas V di SDN Bandung 1 Kota Tegal.
Tegal, 6 Oktober 2017
                                                                                    Yang mengajukan,


                                                                                    Rizki Fauziyah







                                                                                                    Tegal, 6 Oktober 2017
                                                                                    Yang mengajukan,


                                                                                    Rizki Fauziyah                                                                                                                                                                                   

                                                                               
 
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Motivasi Kisah Pribadi

Perjuangan Seorang “Kuli Bangunan untuk Kuliah” Berdasarkan kisah nyata pribadi Oleh : Abdul Aziz Saya tidak pernah menyangka sa...