LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
SETENGAH PERIODE PERTAMA
HIMPUNAN MAHASISWA PGSD UPP TEGAL
PERIODE 2017
HIMPUNAN MAHASISWA (HIMA)
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UPP TEGAL
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2017
HIMA PGSD UPP TEGAL FIP UNNES 2017
HIMA’17 “PRIMA”
(Profesional Religius Integritas Modern Amanah)
Visi :
“Membentuk Jiwa
Karakter Prima Menuju Hima yang
Optimal”
Misi :
- Menjalin Koordinasi Antar Civitas Akademika Secara Prima
- Mensinergikan Forum Angkatan dan Rumah Advokasi untuk Menjembatani Aspirasi Mahasiswa
- Mengoptimalkan Fungsi Publikasi Informasi Secara Faktual dan Aktual yang Berkaitan dengan Mahasiswa
LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN
SETENGAH PERIODE PERTAMA
HIMPUNAN MAHASISWA PGSD UPP TEGAL
PERIODE 2017
I.
PENDAHULUAN
Mahasiswa sebagai bagian civitas akademika adalah kelompok
intelektual dalam bidang keilmuan masing-masing. Sebagai kelompok intelektual, mahasiswa diharapkan memiliki penguasaan yang baik atas
berbagai macam ilmu untuk selanjutnya memanfaatkan ilmu
tersebut untuk perkembangan kehidupan dirinya maupun kehidupan masyarakat pada
umumnya. Mahasiswa yang memiliki potensi
sangat besar dalam perkembangan kehidupan bangsa diperlukan
adanya Institusi Kemahasiswaan sebagai penampung dan wadah
keorganisasian yang dapat menjadi wahana mahasiswa untuk
mengembangkan bakat, kreasi, dan inovasinya dalam menggeluti dunia kampus.
Institusi Mahasiswa yang dimaksud disini adalah Himpunan Mahasiswa (HIMA) yang berperan sebagai fasilitator bagi
mahasiswa untuk meningkatkan kemampuannya sebagai kaum intelektual.
Himpunan Mahasiswa ini mempunyai peranan
yang cukup berarti untuk membentuk kepribadian dan melatih kemampuan
berorganisasi sebagai bekal untuk terjun di tengah kehidupan masyarakat kelak.
Pada hari Sabtu, 25 Februari 2017 fungsionaris HIMA periode 2017 telah diambil sumpah janji fungsionaris. Mulai pada hari tersebut, semua departemen secara
intensif melakukan rapat untuk membahas
rancangan program kerja. Kepada seluruh departemen telah dijelaskan
arah, tujuan dan sejumlah
target HIMA selama satu tahun. Secara umum program kerja
departemen mengacu kepada delapan hal pokok, diantaranya:
1.
Penguatan eksistensi HIMA di dalam dan di luar UNNES
2.
Pengembangan
sumber daya mahasiswa dan penelitian
3.
Advokasi
segala persoalan mahasiswa dan lembaga mahasiswa
4.
Kajian,
informasi, dan komunikasi
5.
Penyaluran
bakat minat mahasiswa
6.
Memperkuat
jaringan dengan kerja sama.
7.
Mewujudkan
kemandirian HIMA
8.
Pengabdian
masyarakat
Setiap
departemen melaksanakan rapat depertemen untuk
membahas program kerja yang mengacu kepada delapan hal pokok diatas. Setelah rancangan program kerja selesai dibahas dalam
rapat departemen, maka Pengurus Harian HIMA menggelar Rapat Kerja Pertama HIMA PGSD UPP TEGAL 2017 dalam waktu satu hari untuk berdialog dengan seluruh pengurus
HIMA 2017 untuk saling memberi saran dan sumbangsihnya.
Suatu program kerja
selama setengah periode pertama ini telah
tersusun dan komitmen untuk memajukan PGSD UPP Tegal telah didapatkan. Pada saat itu dan seterusnya serta dengan kekuatan
persaudaraan, kerja sama, dan persatuan, maka melalui program kerja HIMA para fungsionaris berkeyakinan akan mendapatkan apa yang telah dicita-citakan bersama.
Dengan adanya laporan pertanggungjawaban setengah
periode pertama ini mudah-mudahan dapat dijadikan bahan
pertimbangan kepengurusan selanjutnya untuk mengambil ilmu dan hikmah.
II.
DASAR
PEMIKIRAN
“Dan Dialah yang menjadikan kamu
penguasa-penguasa di bumi dan Dia meningggikan sebagian kamu atas sebagian
(yang lain) beberapa derajat, untuk mengujimu tentang apa yang diberikan-Nya
kepadamu…….” (Q.S Al-An’am : 165)
”Ketahuilah bahwa kalian semua adalah
pemimpin, dan kalian akan ditanya tentang kepemimpinan kalian. Pemimpin
diantara manusia akan ditanya tentang kepemimpinannya,.....” (H.R Bukhari)
III.
KONDISI
UMUM ORGANISASI
HIMA’17 PRIMA
dengan fungsionaris dari angkatan 2015 dan 2016. Pengurus HIMA’17 PRIMA sebanyak 38 aktivis. Dengan komposisi 19 mahasiswa 2015, dan 19 mahasiswa 2016.
Kepengurusan
HIMA PGSD UPP Tegal periode 2017
terbentuk pada hari Selasa, 10 Januari 2017 melalui musyawarah
bersama dari seluruh mahasiswa yang terekrut untuk menjadi fungsionaris. Dan
melalui keputusan bersama ini pula maka telah ditetapkan susunan
organisasi HIMA PGSD UPP FIP UNNES Tegal periode 2017, dari Pengurus Harian, kepala
departemen, sekretaris departemen dan para staff departemen.
HIMA periode 2017 memiliki konstitusi organisasi yang terdiri atas GBHK,
AD/ART yang digunakan sebagai landasan organisasi yang ditetapkan pada tanggal 25 Februari 2017
melalui Musyawarah Anggota (MA) HIMA PGSD UPP Tegal.
Untuk menjalankan
organisasi
tentunya membutuhkan sebuah tempat yang mendukung dan dengan adanya gedung PKM
PGSD UPP Tegal, maka HIMA beserta UKM-UKM/BSO menggunakan Gedung PKM sebagai
pusat segala aktivitas keorganisasian. Hal ini merupakan salah satu penunjang
infrastruktur yang dapat memudahkan HIMA untuk melakukan koordinasi dengan
fungsionaris HIMA maupun UKM.
Awal
kepengurusan organisasi terasa agak berat karena fungsionaris belum memahami sistem yang diterapkan, yaitu sistem otonomi biro dan departemen. Sistem
otonomi biro dan departemen ini adalah sistem yang memberi ruang gerak
bebas untuk mengembangkan potensi masing-masing biro dan departemen. Hal ini dilakukan
untuk mencapai visi yang menekankan pada prestasi kerja masing-masing biro dan
departemen.
Namun demikian, setelah satu sampai dua kegiatan terlaksana, para pengurus sudah dapat memahami
sistem yang diterapkan, baik mengenai tugas maupun peran masing-masing pengurus
dalam departemen dan biro.
Puji syukur Kehadirat Allah SWT, meski banyak mengalami
kendala dan masalah, namun HIMA PGSD UPP Tegal Periode 2017
mampu merealisasikan Program Kerjanya selama setengah periode pertama ini. Hal
itu tentu tidak akan terwujud apabila
tidak adanya kerjasama yang baik dari semua pihak, baik lembaga, organisasi,
dan mahasiswa.
IV.
EVALUASI
DAN SARAN
A.
Evaluasi
HIMA
PGSD UPP Tegal periode 2017 telah berusaha semaksimal mungkin
untuk melakukan segala sesuatu dalam rangka
menggerakkan roda organisasi dan menjalankan fungsinya sebagai wadah organisasi
kemahasiswaan. Secara umum, perlu adanya evaluasi mencakup beberapa hal
dari perjalanan HIMA selama kepengurusan setengah periode ini, diantaranya
adalah sebagai berikut:
1. Alur
birokrasi yang sulit dalam pencairan dana kemahasiswaan membuat organisasi
tersendat dan lebih mengandalkan swadaya dana dalam setiap kegiatan yang akan
dilaksanakan.
2. Beberapa
fungsionaris ada yang tidak mengetahui bagaimana hak, kewajiban, tugas dan wewenang mereka
masing-masing dalam organisasi.
3. Beberapa fungsionaris memiliki kesadaran yang kurang untuk berkomitmen
dalam berorganisasi.
4. Partisipasi dan dukungan dari seluruh mahasiswa PGSD UPP tegal dalam merealisasikan
program kerja perlu ditingkatkan.
B. Saran
Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:
1. Kerjasama dan koordinasi antar fungsionaris harus selalu dibina selama
kepengurusan organisasi.
2. Selalu diadakan evaluasi atas kinerja fungsionaris.
3. Koordinasi dan sinergi yang baik antara lembaga kemahasiswaan dengan
birokrasi kampus tentu akan lebih memudahkan HIMA dalam melaksanakan kegiatan
kemahasiswaan.
4. Perlu adanya dorongan motivasi saat fungsionaris mulai mengalami penurunan
semangat dan mental berorganisasi.
V.
PENUTUP
Akhirnya dengan senantiasa mengucap
syukur kehadirat Allah SWT, kami menutup laporan pertanggungjawaban setengah periode pertama kepengurusan HIMA periode 2017. Demikian laporan pertanggungjawaban
setengah periode pertama kepengurusan HIMA PGSD UPP Tegal Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang periode 2017, semoga laporan ini
dapat digunakan dengan sebaik-baiknya. Atas perhatiannya kami sampaikan terima
kasih.
Tegal, 25 Agustus 2017
Ketua HIMA 2017
Abdul Aziz
NIM
1401415322
|
Sekretaris
Nadiya Fadilah
NIM
1401415089
|
Mengetahui,
Koordinator PGSD UPP Tegal FIP UNNES
Drs. Utoyo, M.Pd
NIP. 19620619 198703
1 001
|
Pembina Kemahasiswaan
PGSD UPP Tegal
Drs. Sigit
Yulianto, M.Pd
NIP 19630721 198803 1 001
|
VI. STRUKTUR
ORGANISASI
HIMPUNAN MAHASISWA
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UPP TEGAL
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
PERIODE 2017
Ketua HIMA :
ABDUL
AZIZ
Wakil Ketua HIMA : IMAM FAIZ SEPTIAN
BIRO KESEKRETARIATAN :
1. NADIYA FADILAH
2.
MU’ALIMAH SYAFITRI
BIRO KEUANGAN :
1. MUHAMAD
IQBAL MAHDIKA P.
2.
LAELA FAUZIYAH
3.
LAELI FITRIANI
BIRO RUMAH TANGGA ORGANISASI :
1.
EGA CANIA
2.
RIZKY AMAYLYA
DEPARTEMEN
INFOKOM (INFORMASI DAN
KOMUNIKASI)
KADEP : AGUNG PUTRA BUANA
SEKRETARIS : LINDA FITRIYANI
STAF
DEPARTEMEN :
1. DWI RINI
PUSPANINGTIYAS
2. LAELI
MAULIDA SANI
3. SEPTIAN MURDANY
4. DEVINSA RONA SABDALINTA
DEPARTEMEN
ADMA (ADVOKASI MAHASISWA)
KADEP : NUR ATIKA
SEKRETARIS : KURNIA IGA MARYSTYANA
STAF
DEPARTEMEN :
1.
ALFIANI
FATIKHATUL QULUBIYAH
2.
ANDREAN ANDREANI
3.
GALANG EKO RAHARJO
4.
ANISA FITRIANI
DEPARTEMEN
SOSMAS (SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN)
KADEP : RYAN ADI WIBOWO
SEKRETARIS :
AFIDAHTUL IZZAH
STAF
DEPARTEMEN :
1. RINA MAZLINDA
2. BAGUS RINANTO
3. CHICHILIA NANDA SANSABELA
DEPARTEMEN
BAKMIN (BAKAT
DAN MINAT)
KADEP : TAUFIK ASHARI
SEKRETARIS :
MERI INDAH APRILIA
STAF
DEPARTEMEN :
1.
GHINA
AFIFAH
2.
PUPUT RISMIYATI
3.
MUHAMMAD IQBAL
ALAMSYAH
4.
AGIL WASKITO
DEPARTEMEN
PSDM (PENGEMBANGAN SUMBER DAYA
MAHASISWA)
KADEP : SITI MARIYATUL
KIFTIYAH
SEKRETARIS : MEY SETIOWATI
STAF
DEPARTEMEN :
1.
RIZKA
ISTYANA
2.
GANANG RAMADHANI
FAJAR S.
3.
NUR KHODRI REZA
4.
RISKA AYU
HERDIYANTI
VII.
DESKRIPSI
KERJA BIRO DAN
DEPARTEMEN
A.
BIRO
Hima’17 PRIMA memiliki 3 biro yaitu :
1.
Biro Kesekretariatan
Motto
Biro Kesekretariatan
Now or Never!.
Deskripsi Biro Kesekretariatan
Biro
Kesekretariatan ini adalah pendukung dari keseluruhan kegiatan HIMA. Pada periode 2017 ini, bersama dengan Biro Keuangan dan Biro Rumah Tangga
Organsasi. Biro Kesekreatariatan menjalankan fungsi
organisasi sebagai konsultan dan pengawasan dalam bidang administrasi.
Tugas Biro Kesekretariatan :
a. Menangani pekerjaan administratif HIMA secara keseluruhan.
b. Menginventarisasi segala properti yang menjadi milik HIMA.
c. Memberikan
informasi secara aktual untuk anggota dan fungsionaris pada khususnya.
d. Membantu
infokom untuk menginformasikan segala informasi kepada semua mahasiswa PGSD UNNES UPP Tegal.
e. Menjalin
kerjasama dengan sekretaris departemen dan acara.
f. Serta
menjadikan sekretariat bekerja optimal untuk mendukung terciptanya motivasi dan
semangat kerja pengurus HIMA.
Visi :
Mengoptimalkan administrasi terkait dengan
surat menyurat dan pengarsipan yang efektif dalam peningkatan kinerja biro kesekretariatan.
Misi dan Program
Kerja :
a. Membantu penyusunan Proposal dan LPJ PNBP.
b.
Menginventaris dan mendokumentasi surat-surat
(surat masuk dan surat
keluar)
c. Membuat surat-surat keluar
d. Menyusun KALENDER HIMA 2017
e. Pengumpulan data
f. Mengumpulkan dan mensosialisasikan informasi (Jaringan Komunikasi)
g. Bekerjasama dengan Biro Rumah Tangga Organisasi
(BRTO) dalam pengadaan kebutuhan alat/inventaris HIMA 2017
h.
Membantu ketua dan wakil ketua HIMA dalam penyelenggaraan RAKOR antar LK,
BSO dan Komunitas PGSD UPP Tegal
i. Membangun budaya tertib administrasi HIMA 2017.
2.
Biro Keuangan
Motto :
“Jadikan Uang Jalan Untuk Raih Rahmat (JUJURR)”
Deskripsi
Biro Keuangan merupakan salah satu biro yang membawahi
permasalahan finansial HIMA.
Tugas Biro Keuangan
a.
Mengelola potensi keuangan HIMA dengan pendekatan kepemimpinan
manajemen pendidikan yang professional.
b.
Mencatat setiap transaksi keuangan dalam HIMA dengan deskripsi
atur pemasukan dan pengeluaran kas keuangan yang ada dan berstatus milik HIMA.
c.
Meningkatkan kerjasama dengan LK BSO.
d.
Bersama dengan Biro Kesekretariatan dan Ketua Umum menyusun
anggaran HIMA selama satu periode kepengurusan.
e.
Memutuskan hal-hal terkait program kerjanya secara tertulis dan
atau tidak tertulis.
f.
Melaksanakan program kerjanya melalui aktifitas nyata yang
produktif untuk HIMA sesuai tugas dan kewenangannya.
g.
Bertanggungjawab atas setiap keputusan yang dibuat dan
diwajibkan membuat laporan tertulis setiap akhir periode kepengurusan.
Visi:
Merealisasikan manajemen
keuangan professional, mandiri serta transparan.
Misi:
a. Mewujudkan transparansi keuangan HIMA
b. Menjalin kerjasama eksternal dan internal yang baik
c. Menciptakan kemandirian finansial professional
d. Rekapitulasi aliran kas masuk dan keluar berkala
e. Mengoptimalkan potensi yang ada di HIMA
f. Mewujudkan tertib administrasi finansial
g. Mewujudkan administrasi finansial yang amanah, jujur dan
bertanggung jawab
3. Biro Rumah Tangga Organisasi
Motto BRTO
We Are Able To Provide For Our Every Need.
Deskripsi BRTO
Biro Rumah Tangga Organisasi (BRTO) merupakan
sebuah biro yang bertugas menangani segala macam urusan
kerumahtanggaan HIMA, yaitu menangani urusan, perawatan dan pemeliharaan infrastruktur PKM serta infentaris HIMA. Dimulai dari kebersihan, perawatan lingkungan,
perawatan PKM, dan sebagainya.
BRTO dibagi dalam dua bagian, yaitu BRTO I dan BRTO II. Fungsi BRTO I secara
umum adalah menangani urusan Perawatan gedung PKM secara keseluruhan tugas-tugas yang menyangkut masalah kebersihan, perbaikan gedung sekretariat (rehabilitasi), dan penataan ruang. Sedangkan BRTO II adalah sebagai monitoring
kebersihan PKM pada umumnya dan ruang HIMA pada khususnya. BRTO II lebih mengintensifkan dan membantu kinerja BRTO I. Program kerja BRTO secara umum dapat
diklasifikasikan menjadi beberapa bagian yaitu melayani pengurus dan perawatan,
pemeliharaan, pembangunan dan penanganan PKM.
Tugas BRTO
a.
Mengatur pengelolaan sarana dan prasarana yang dimiliki HIMA
untuk menunjang pelaksanaan kegiatan yang diadakan oleh HIMA.
b.
Menghasilkan keuntungan dari aset-aset yang dimiliki oleh HIMA.
c.
Mengelola inventaris HIMA
d.
Memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada pengurus HIMA
B.
DEPARTEMEN-DEPARTEMEN
HIMA periode 2017 memiliki 5 departemen. Setiap
departemen dipimpin oleh kepala departemen yang didampingi oleh sekretaris
departemen. Masing-masing departemen diperkuat oleh sejumlah staff yang ahli di bidangnya.
1.
Departemen
Informasi dan Komunikasi (INFOKOM)
Motto
“Salam Tebar dalam Kabar”.
Visi
Tercapainya pelayanan informasi, komunikasi secara mudah, cepat dan transparan.
Misi
a. Cepat dalam penyampaian informasi
b. Meningkatkan kualitas pelayanan mahasiswa di
bidang informasi dan komunikasi
c. Responsif terhadap informasi terbaru yang ada
di lingkungan kampus
d. Sebagai fasilitator informasi dari lembaga ke
mahasiswa
e. Sebagai penghubung kerjasama antara HIMA
dengan organisasi kemahasiswaan lainnya
Fungsi utama
Departemen Infokom merupakan departemen yang
menginformasikan, mendokumentasikan, dan mengkomunikasikan apa-apa yang
berkenaan dengan akademik, maupun non akademik.
Profil
Departemen Informasi
dan Komunikasi (Infokom) merupakan
departemen yang menginformasikan, mendokumentasikan dan
mengkomunikasikan hal yang berkenaan dengan akademik maupun non akademik. Departemen
ini memiliki peranan yang sangat strategis baik itu keluar maupun ke dalam HIMA. Strategisnya posisi departemen ini
dilihat dari perannya sebagai corong dan pusat informasi HIMA. Dikenal atau
tidak dikenalnya HIMA ditengah warga PGSD maupun luar PGSD menjadi
tanggungjawab Departemen Infokom. Sampai atau tidaknya informasi ke tengah
masyarakat kampus PGSD dan ke luar kampus menjadi tanggungjawab Departemen Infokom. Strategisnya peranan departemen ini menentukan eksistensi HIMA itu sendiri keluar maupun ke dalam.
Ranah Kerja
a. Menyediakan
sarana dan informasi kepada seluruh anggota Hima.
b. Bekerja
sama dengan Departemen Pendidikan menyampaikan kajian-kajian pendidikan.
c. Keseimbangan
dan kebersamaan antar pengurus dan anggota HIMA akan terwujud dengan adanya
komunikasi yang baik antar masing-masing individu.
d. Memberikan
informasi dan orientasi kepada mahasiswa baru.
2.
Departemen
Advokasi Mahasiswa (ADMA)
Motto
“Always Listening, Always Understanding”.
Visi
Mewujudkan
mahasiswa PGSD UPP TEGAL yang demokratis dan harmonis untuk menuju kesejahteraan bersama.
Misi
a.
Menampung dan menyaring aspirasi
mahasiswa PGSD UPP Tegal
b.
Menjalin hubungan yang baik dengan
lembaga dan mahasiswa
c.
Membangun pola pikir kritis dan
solutif mahasiswa PGSD UPP Tegal
d.
Fungsi pelayanan dan advokasi
mahasiswa.
Fungsi utama
Melakukan advokasi terhadap permasalahan maupun keperluan mahasiswa baik akademik maupun non akademik.
Profil
Departemen
Advokasi Mahasiswa ini memiliki fungsi utama yakni melakukan
advokasi (pelayanan) terhadap segala permasalahan mahasiswa serta
membangun politik mahasiswa yang sehat. Dalam departemen inilah adanya suatu
upaya nyata untuk mengontrol/mengkaji suatu kebijakan kampus sesuai dengan
kehendak dan kepentingan masyarakat PGSD UPP TEGAL yang menuntut adanya
perubahan tersebut dan juga dalam departemen ini dilakukan suatu usaha secara
sistematis dan terorganisir untuk melakukan aksi dengan target terealisasinya
suatu kebijakan-kebijakan baru sesuai dengan kepentingan masyarakat PGSD UPP
TEGAL. Depatemen Advokasi Mahasiswa
juga merupakan sarana komunikasi baik verbal ataupun tertulis dari
keseluruhan masyarakat PGSD UPP TEGAL untuk menuju suatu tujuan bersama yakni
kesejahteraan seluruh masyarakat PGSD UPP TEGAL.
3.
Departemen Sosial dan Kemasyarakatan
(SOSMAS)
Motto
“Dari hati kami mengabdi”.
Visi
Bersinergi dan
bergerak bersama dalam kegiatan sosial masyarakat.
Misi
a. Menjalin
kerjasama dalam lingkup sosial
b. Menghidupkan
peranan mahasiswa dalam lingkup masyarakat
c. Menumbuhkan rasa
empati terhadap keadaan sosial
d. Mengenalkan
kampus PGSD Tegal UNNES kepada masyarakat.
Fungsi
utama
Departemen
Sosial dan Kemasyarakatan berfungsi dalam menggerakkan segala bentuk kegiatan
sosial di lingkup kampus PGSD UPP Tegal maupun lingkup masyarakat
Profil
Departemen
Sosial dan Kemasyarakatan berfungsi dalam menggerakkan segala bentuk kegiatan
sosial di lingkup kampus PGSD UPP Tegal maupun lingkup masyarakat. Departemen
Sosmas bertugas untuk menumbuhkan jiwa sosial mahasiswa agar bisa bermanfaat
bagi masyarakat. Departemen ini merupakan departemen baru di HIMA’17. Dimana
departemen sosmas mengemban tugas untuk melaksanakan kegiatan di bidang sosial.
Selain itu dengan adanya departemen ini diharapkan dapat mengenalkan kampus
PGSD kepada masyarakat.
4. Departemen Bakat dan Minat (BAKMIN)
Motto
“BAKMIN PRESTO (Bakat Minat Tersalurkan,
Prestasi Oke)”.
Visi
Mewadahi dan mengembangkan bakat minat mahasiswa
yang solid dan mampu berkompetensi dalam bidang olahraga, seni dan edukasi
untuk mencapai prestasi.
Misi
a.
Mewadahi
serta mengembangkan bakat dan minat mahasiswa PGSD UPP Tegal FIP UNNES.
b.
Mempersiapkan
mahasiswa untuk berkompetensi dalam berbagai kejuaraan.
c.
Melakukan
koordinasi bersama komunitas secara berkala.
Profil
Departemen Bakat dan Minat merupakan salah
satu departemen yang dimiliki HIMA, bertugas menampung dan menyalurkan
keanekaragaman minat dan bakat yang dimiliki setiap mahasiswa berbagai latar belakang.
Departemen Bakat dan Minat menyadari bahwa setiap mahasiswa mempunyai
keahlian, hobi, dan keterampilan
yang berbeda. Oleh karena hal itu Departemen Bakat dan Minat berusaha membuat suatu kegiatan yang dapat
menyalurkan keahlian, hobi, dan keterampilan mahasiswa.
5.
Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa
(PSDM)
Motto
“Kerja Keras dan Ikhlas Dengan Semangat Prima Menuju
PSDM BERARTI (Bergerak, Mengabdi
dan Memberi Arti)”.
Visi
Profesional
dalam menjalankan tugas dan memfasilitasi mahasiswa demi tercapainya tujuan
mahasiswa PGSD UPP
Tegal.
Misi
a. Mengembangkan sumber daya mahasiswa
PGSD UPP Tegal.
b. Membangun insan yang berjiwa nasionalisme.
c. Mengoptimalkan dan memberdayakan kemampuan mahasiswa
PGSD
UPP Tegal.
d. Melakukan koordinasi dan kerjasama dengan departemen lainnya.
e. Membangun semangat kekeluargaan antar mahasiswa jurusan dan
anggota
Hima.
Fungsi utama
Melaksanakan pemerataan dan pengembangan
potensi mahasiswa PGSD UPP Tegal dengan melaksanakan seminar dan pelatihan.
Ranah Kerja
Mengembangkan potensi yang dimiliki oleh
seluruh anggota dalam rangka menciptakan karya-karya sebagai langkah awal
pergerakan Hima dan melaksanakan berbagai kegiatan kaderisasi anggota.
Profil
Departemen ini bertugas melaksanakan
pemerataan dan pengembangan potensi mahasiswa khususnya PGSD UPP TEGAL misalnya
dengan melaksanakan seminar dan pelatihan.
Hal ini juga tidak menutup kemungkinan akan menempuh sasaran hingga mahasiswa
luar maupun masyarakat umum. Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa
(PSDM) bertangungjawab terhadap pengembangan skill dan keterampilan
mahasiswa PGSD UPP Tegal. Dalam sebuah organisasi, Departemen PSDM memiliki
fungsi antara lain: Pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan,
kedisiplinan, kajian pendidikan, perancangan, pengorganisasian dan pengarahan.
VIII.
PROGRAM KERJA
A.
Pengurus
Harian (PH)
1.
Ketua
dan Wakil HIMA
a. Audiensi dengan Lembaga
b. Rapat Kerja HIMA 2017
c. Rapat
Koordinasi antar LK dan BSO
d. Mengadakan Rapat Evaluasi
e. Mengontrol Kinerja Fungsionaris
f. Kaderisasi Kepengurusan
2. Biro
Kesekretariatan
a. Membantu
penyusunan Proposal dan LPJ PNBP
b.
Menginventaris
dan mendokumentasi surat-surat (surat masuk dan surat keluar)
c. Membuat
surat-surat keluar
d. Menyusun
KALENDER HIMA 2017
e. Pengumpulan
data
f. Mengumpulkan
dan mensosialisasikan
informasi
3. Biro
Keuangan
a. Pengajuan Proposal
b. Penyerahan LPJ
c. Transportasi Pencairan PNBP
d. Pengelolaan PNBP
4. Biro
Rumah Tangga Organisasi
a. Pembuatan struktur organisasi HIMA
b. Pembuatan kalender 1 tahun LK & BSO
c. Jadwal piket ruang HIMA
d. Pengelolaan dan peminjaman barang inventaris
e. Dekorasi PKM
f. Jadwal piket PKM
g. Pengadaan inventaris HIMA
h. Emblem dan Logo
i. Sanksi-sanksi
j. Sertifikat dan kenang-kenangan
B. Departemen-departemen
1.
Departemen Informasi dan Komunikasi
a.
Lintas
Berita PGSD
b.
Jejaring sosial
c.
Jarkom
d.
Pendelegasian
PKMM-TD
e.
Serangkaian
PEKKA
f.
Mading
RUMPUT
g.
Forum
Angkatan
h.
Pedelegasian
PPA
2.
Departemen Advokasi Mahasiswa
a. SERPISA (Serap Aspirasi Mahasiswa)
b. Dana Sosial
c. SPION (Scholarship Program Information)
d. Rumah
Advokasi
3. Departemen Sosial
Masyarakat
a.
Santunan Anak Yatim
b.
Baksos
c.
Jalan Santai
d.
Bersih Kampus
e.
Sedekah Ramadhan
4. Departemen Bakat Dan Minat
a.
Exist
for Community (X4C)
b.
Pekan
Olahraga Seni dan Edukasi (POSE)
c.
PGSD
CUP
d.
Pelatihan ATLIT PORSAJUR
e.
Pendelegasian
PORSAJUR
5. Departemen PSDM
a. Upacara
b. PKMM-TJ
c.
AMT
d.
Stand Kewirausahaan
IX.
REALISASI
PROGRAM KERJA SETENGAH
PERIODE
Laporan Realisasi Program Kerja satu periode kepengurusan HIMA’17 PRIMA masing-masing Biro dan Departemen.
A. PENGURUS HARIAN (PH)
1.
Ketua
dan Wakil HIMA
a. Audiensi dengan Lembaga
b. Rapat Kerja HIMA 2017
c. Rapat
Koordinasi antar LK dan BSO
d. Mengontrol Kinerja Fungsionaris
2.
Biro
Kesekretariatan
a. Membantu penyusunan Proposal dan LPJ PNBP.
b.
Menginventaris dan mendokumentasi surat-surat
(surat masuk dan surat keluar)
c. Membuat surat-surat keluar
d. Menyusun KALENDER HIMA 2017
e. Pengumpulan data
f. Mengumpulkan dan
mensosialisasikan informasi
Kendala
Biro Kesekretariatan dalam setengah periode:
a. Permintaan
surat dispensasi yang mendadak.
b. Printer tidak dapat digunakan dengan baik sehingga
menghambat proses pencetakan administrasi baik dokumen maupun surat-surat.
3.
Biro
Keuangan
a. Pengajuan Proposal
b. Penyerahan LPJ
c. Transportasi Pencairan PNBP
d. Pengelolaan PNBP
Kendala
Biro Keuangan
dalam setengah periode:
a. Adanya pembaharuan sistem pengajuan dan pencairan dana
PNBP pada Fakultas yang minim informasi untuk PGSD Tegal sehingga sering
mengalami kendala revisi.
b.
Akses pencairan dana PNBP yang jauh (transportasi).
4.
Biro
Rumah Tangga Organisasi
a. Pembuatan struktur organisasi HIMA
b. Jadwal piket ruang HIMA
c. Pengelolaan dan peminjaman barang inventaris
d. Dekorasi PKM
e. Jadwal piket PKM
f. Emblemisasi
Kendala
BRTO dalam setengah periode:
a. Jadwal
piket yang belum berjalan secara efektif.
b. Kurangnya koordinasi dalam hal pengadaan
barang.
c. Printer tidak dapat digunakan dengan baik karena rusak.
d. Peminjaman inventaris HIMA terlalu lama dikembalikan.
e. Kurangnya ketelitian dalam pengecekan pengembalian
barang.
B.
DEPARTEMEN-DEPARTEMEN
1.
DEPARTEMEN INFORMASI
DAN KOMUNIKASI (INFOKOM)
a.
Mading
Mading di PGSD
Tegal diberi nama Rumah Mading PGSD UPP Tegal (RUMPUT). Berisi berbagai
kreativitas mahasiswa, baik dalam bentuk
artikel, puisi, maupun biografi dan info-info lainnya. Mading juga dapat
berisi kegiatan-kegiatan yang akan, sedang dan telah dilaksanakan di kampus
PGSD UPP Tegal sebagai jalan untuk saling berkoordinasi antar Lembaga
Kemahasiswaan dan BSO.
PenanggungJawab : Devinsa Rona
Sabdalinta
Waktu :
Bulan Maret s/d Desember 2017
Dana : Rp 200.000,-
Sumber
Dana : PNBP
Evaluasi :
Berjalan dengan
lancar setiap bulan, namun terkendala dalam hal pendanaan karena dana PNBP kurang lancar.
b.
Jejaring
Sosial
Jejaring sosial HIMA terdiri dari
Facebook, Instagram, Blog dan Youtube.
PenanggungJawab : Infokom
Waktu :
everyday
Dana : -
Tempat :
Fleksibel
Evaluasi
Secara umum, jejaring sosial berjalan kurang begitu efektif
dikarenakan kendala kuota dari admin.
Sedangkan untuk Blog dan Youtube masih sama dengan tahun lalu. Tidak
berjalan dikarenakan kurangnya keahlian dalam pengelolaannya.
c.
Jaringan Komunikasi (Jarkom)
Jarkom untuk
seluruh fungsionaris HIMA dan mahasiswa umum. Menggunakan HP dan nomor sendiri
untuk kepentingan pemberian info.
PenanggungJawab : Agung Putra
Buana
Waktu : Fleksibel
Dana : Rp 100.000,-
Sumber Dana : Dana PNBP
Evaluasi
Jarkom berjalan dengan lancar tetapi untuk jarkom sms ada kendala, yaitu
terkendala masalah dana untuk pembelian pulsa. Dana
yang diberikan juga belum kami terima.
d.
Serangkaian PEKKA 2017
1)
Stand Verifikasi : Dilaksanakan selama 3
kali, yaitu
verifikasi SNMPTN,
SBMPTN dan
SPMU.
PenanggungJawab : - Linda Fitriyani
- Devinsa Rona Sabdalinta
Waktu : Juni, Juli,
Agustus
Dana : Rp 300.000,-
(3 x Rp 100.000,-)
Sumber Dana : Dana PNBP
Evaluasi
Verifikasi
yang dilaksanakan di Semarang menjadi kendala bagi fungsionaris HIMA pada
khususnya karena terkendala waktu dan biaya. Kemudian, saat verifikasi SPMU
terjadi penumpukan Mahasiswa Baru karena belum diploting antara PGSD Tegal
dengan PGSD Ngaliyan.
2)
PEKKA 2017
PenanggungJawab : Septian Murdany
Waktu : Awal
semester gasal untuk
penyambutan mahasiswa baru
Dana : Rp 1.700.000,-
Sumber Dana : Dana PNBP
Evaluasi : Belum terlaksana
e.
Forum Angkatan
Pembentukan Forum Angkatan untuk memudahkan pemberian informasi tiap angkatan
dan memberikan kemudahan diskusi yang dibutuhkan setiap angkatan dengan cara
mensosialisasikan kepada setiap rombel melalui para komting.
PenanggungJawab : Laeli M. Sani
Waktu : Awal semester
Gasal
Dana : -
Evaluasi
Forum Angkatan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang
diharapkan. Respon Mahasiswa baru pun besar.
f.
Lintas Berita PGSD
Lintas
Berita PGSD merupakan sekumpulan LK, BSO dan Komunitas yang didalamnya memberikan
info-info mengenai kegiatan LK, BSO dan
Komunitasnya masing-masing agar terjalin koordinasi.
PenanggungJawab : Dwi Rini
Puspaningtyas
Waktu :
Fleksibel
Dana : -
Evaluasi
Lintas Berita
tidak berjalan dikarenakan ketidaktahuan dari asal dan tujuan dibuat. Serta
masih ditanyakan bagaimana tindak lanjutnya.
g.
Pendelegasian PPA
Mendelegasikan
sejumlah fungsionaris HIMA untuk berkontribusi sebagai panitia pendamping
PPA.
PenanggungJawab : Laeli Maulida Sani
Waktu : Bulan
Agustus
Dana : Rp 500.000,-
(2 x Rp 250.00,-)
Sumber Dana : Dana PNBP
Evaluasi
Pendelegasian PPA berjalan dengan lancar, walaupun sempat terjadi
kesusahan mencari delegasi. Dari HIMA mendelegasikan M. Iqbal Alamsyah
dan Nur Khodri Reza. Dengan dana sejumlah Rp 500.000,-
dibagi dua untuk masing-masing delegasi dan digunakan sebagai biaya hidup
selama mereka di Semarang.
2.
DEPARTEMEN ADVOKASI MAHASISWA
a.
Dana
Sosial
Nama Kegiatan : Dana Sosial
Penanggung Jawab : Andrean
Andreni (Departemen
Advokasi)
Waktu Pelaksanaan : Insidental
Laporan Keuangan : (Dana Iuran Mahasiswa)
No.
|
Nama
|
Jumlah
|
1.
|
Nur Amalina (6D)
|
Rp 400.000,-
|
Hasil
Kegiatan :
Penarikan uang dana sosial
dilaksanakan apabila ada mahasiswa/ anggota keluarga dari mahasiswa yang
tertimpa musibah yang dikoordinir oleh rombel kemudian diserahkan kepada
bendahara departemen advokasi yang nantinya akan diserahkan kepada mahasiswa yang bersangkutan untuk
digunakan sebagaimana mestinya.
Evaluasi :
1)
Kekurangan :
a) Kurangnya
koordinasi antara departemen advokasi dengan komting tiap rombel.
b) Adanya
keterlambatan dalam pemberian dana sosial.
c) Keterlambatan
dalam menerima informasi
2)
Saran :
a)
Perlunya
peningkatan koordinasi antara departemen advokasi dengan komting tiap rombel.
b)
Perlunya mencari informasi dari berbagai pihak.
b.
SPION (Scholarsip Program Information)
Nama Kegiatan : SPION (Scholarsip Program Information)
Penanggung Jawab : Anisa
Fitriani (Departemen
Advokasi)
Waktu Pelaksanaan : Kondisional
Hasil Kegiatan :
Daftar
Penerima Beasiswa
Beasiswa
PPA
No
|
Nama
|
NIM
|
Rombel
|
1.
|
Bayu Setya Abrori
|
1401415101
|
4A
|
2.
|
Mardiyana
|
1401415224
|
4A
|
3.
|
Dinar
Ardiyani Azizah
|
1401415271
|
4B
|
4.
|
Dimas
Trije Maghfur
|
1401415225
|
4C
|
5.
|
Septiyana
Rizki Azizah
|
1401415317
|
4C
|
6.
|
Imam Faiz Septian
|
1401415288
|
4D
|
7.
|
Galih Aditya Purboyo
|
1401415323
|
4D
|
8.
|
Muhamad
Hasbi Assidiqi
|
1401414028
|
6A
|
9.
|
Ismet
Maulana
|
1401414269
|
6A
|
10.
|
Alfathur
Riza
|
1401414123
|
6C
|
11.
|
Fandy
Machfuzh
|
1401414466
|
6C
|
12.
|
Renggo
Saputro
|
1401414238
|
6D
|
13.
|
Widya
Nabilla
|
1401414350
|
6D
|
Evaluasi
1)
Kekurangan :
a) Kurangnya
informasi mengenai beasiswa
b) Kurangnya
komunikasi dan koordinasi dengan pihak lembaga
c) Kurangnya
koordinasi dengan penyebar informasi
2)
Saran
a)
Perlunya meningkatkan
komunikasi dan koordinasi dengan pihak lembaga supaya meminimalisasi kesalahan.
b)
Perlunya
peningkatan koordinasi antara sesama anggota rumah advokasi.
c)
Perencanaan
dan pembagian tugas setiap anggota sebelum tanggal pelaksanaan maupun pada
tanggal pelaksanaan harus tegas dan jelas.
d)
Kritik
dan saran sebaiknya disampaikan secara langsung supaya tidak menimbulkan
kesalahpahaman antar anggota rumah advokasi.
c.
Rumah Advokasi
Nama
Kegiatan : Rumah
Advokasi
Penanggung
Jawab : Departemen Advokasi
Hasil
Kegiatan :
1)
Banding UKT
Turun (2 anak) :
1.
Tofani Hedianto
2.
Agung Putra Buana
Tetap (21 anak) :
1.
Zulfa
Salsabila
2.
Muhammad
Arif Mukhson
3.
Nafisatur
Rizqiyah
4.
Qristalia
Putri Gayo Arilo
5.
Nur
Khodri Reza
6.
Tiar
Khoirul Widya
7.
Nazilatul
Hikmah
8.
Nofita
Widyaningsih
9.
Nur
Ngaifah
10.
Dewi
Wulandari
11.
Anggi
Fina Amrina
12.
Yustiana
Pangesti
13.
Dandy
Yudha Herawan
14.
Al
Fidyatus Solikhah
15.
Muhammad
Hafiz Awaludin
16.
Afief
Zuhryzal
17.
Imam
Faiz Septian
18.
Indah
Sulistio Pertiwi
19.
Arien
Herawati
20.
Dessy
Apriani
21.
Fandy
Machfuzh
2) Beasiswa
Beasiswa
PPA
1. Bayu Setya Abrori
2. Mardiyana
3. Dinar Ardiyani Azizah
4. Dimas Trije Maghfur
5. Septiyana Rizki Azizah
6. Imam Faiz Septian
7. Galih Aditya Purboyo
8. Muhamad Hasbi Assidiqi
9. Ismet Maulana
10. Alfathur Riza
11. Fandy Machfuzh
12. Renggo Saputro
13. Widya Nabilla
3) Uang Jimpitan
PEMASUKAN (Bulan Januari, Maret, April, Mei 2017)
1.
|
Saldo Tahun 2016
|
Rp 4.074.100,-
|
2.
|
Angkatan 2014
|
Rp 880.000,-
|
3.
|
Angkatan 2015
|
Rp 624.000,-
|
4.
|
Angkatan 2016
|
Rp 1.320.000,-
|
TOTAL
|
Rp
6.898.100,-
|
PENGELUARAN (Bulan Januari, Maret, April, Mei 2017)
1.
|
Aksi I
|
Rp 2.900.000,-
|
2.
|
Porsajur 2017
|
Rp 500.000,-
|
TOTAL
|
Rp
3.400.000,-
|
TOTAL UANG JIMPITAN
: PEMASUKAN-PENGELUARAN
: Rp 6.898.100 – Rp 3.400.000
: Rp 3.498.100,-
3.
DEPARTEMEN SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN
a.
Jalan Santai
Nama Kegiatan : Jalan Santai
Penanggung Jawab : Departemen SOSMAS
Waktu : Jumat, 21 April 2017 pukul 07.30-08.30
Sumber Dana :
Dana PNBP (Rp 100.000,-)
Sisa Dana :
Rp. -
Hasil Kegiatan
Kegiatan jalan santai merupakan serangkaian dari kegiatan
POSE 2017 dimana pembukaan POSE 2017 dibuka dengan jalan santai.
Kegiatan ini ditujukan untuk seluruh mahasiswa PGSD UPP Tegal dan dosen maupun
tendik yang berkenan ikut dalam acara tersebut. Seluruh peserta dikumpulkan
menjadi satu di depan loby lama dan diawali dengan sambutan koordinator PGSD
UPP Tegal yaitu Drs. Utoyo M.Pd. setelah itu peserta diarahkan untuk menuju
pintu gerbang utama kampus. Kegiatan dimulai ditandai dengan pemotongan pita
sebagai simbol dibukanya kegiatan POSE 2017 dan dilepaskannya peserta jalan
santai untuk mengikuti jalur yang telah ditentukan panitia.
1)
Kendala
a) Pengkondisian peserta saat persiapan
jalan santai, peserta sulit untuk dikoordinasikan. Kebanyakan dari peserta
duduk-duduk dengan alasan menunggu teman serombel.
b) Pengkondisian rute jalan yang dilalui,
karena melewati jalur utama kendaraan, panitia agak kewalahan untuk mengatur
arus lalu lintas yang pada saat itu jam padat kendaraan
c) Jumlah panitia yang mengatur jalannya
kegiatan kurang karena ada yang menyiapkan lomba
2) Saran
a)
Koordinasikan
mengenai persiapan kegiatan kepada mahasiswa secara matang, kemudian
pengkondisian peserta juga harus lebih ditegaskan lagi untuk meminimalisir
kegiatan yang tidak sesuai jamnya
b)
Untuk
rute perjalanan bisa dialihkan ke jalan yang agak sepi ataupun membagi tugas
kepada panitia secara merata untuk pengkondisian jalur yang dilewati peserta
c)
Pembagian
panitia harus lebih dipertimbangkan lagi mengingat kegiatan ini bukan kegiatan
yang dilakukan di dalam kampus, tanggung jawab panitia harus benar-benar
dilaksanakan.
b. Sedekah Ramadhan
Nama
Kegiatan : Sedekah Ramadhan
Penanggung
Jawab : Departemen SOSMAS
Waktu : Minggu,
7 Juni 2017
Sumber Dana : Dana PNBP
(Rp 400.000,00)
Sisa Dana : -
Hasil
Kegiatan
Sedekah ramadhan dilaksanakan bekerjasama dengan Forum
Perempuan yang merupakan salah satu program kerja BEM KM korwil Tegal. Kegiatan
tersebut dilaksanakan dengan membagikan sejumlah takjil kepada masyarakat yang
membutuhkan. Sasaran utama dari pembagian ini adalah tukang becak, tuna wisma,
pemulung dan orang yang membutuhkan lain. sebelum kegiatan dilaksanakan,
pengurus HIMA berkumpul terlebih dahulu di kampus PGSD Tegal untuk melakukan
koordinasi dengan Forum Perempuan. Setelah itu dilakukan pemplotingan tempat
pembagian takjil tersebut. Sasaran tempatnya antara lain Perempatan Pacific
Mall, Kardinah, Jogja Mall.
1)
Kendala
a)
Persiapan makanan
(takjil) kurang dipersiapkan dengan matang, sehingga kegiatan tertunda
b)
Jumlah anggaran
yang sedikit sehingga jumlah takjil yang disediakan pun seadanya, hal ini
berimplikasi juga pada kurang meratanya pembagian takjil
c)
Jadwal kegiatan
yang tidak sesuai rencana dikarenakan terkendala persiapan takjil yang kurang
matang
2)
Saran
a)
Koordinasi dengan
LK/BSO lain harus lebih ditingkatkan lagi sehingga persiapan kegiatan bisa
lebih matang
b)
Cari dana
sebanyak-banyaknya untuk menambah jumlah takjil yang akan dibagikan ataupun
melakukan kerjasama dengan berbagai macam LK/BSO di PGSD maupun kerjasama
dengan pihak ekstern PGSD sehingga bisa juga menambah relasi
c)
Rencanakan kegiatan
lebih matang lagi dan sesuaikan dengan planning awal kegiatan sehingga kegiatan
dapat berjalan dengan baik.
4. DEPARTEMEN BAKAT DAN MINAT (BAKMIN)
a.
eXist for Community (X4C)
Nama Kegiatan : eXist for Community (X4C)
Penanggung
Jawab : Departemen
Bakmin
Waktu : Minggu pertama awal bulan
Hasil
Kegiatan :
Mengkoordinir kegiatan dan latihan rutin untuk
setiap komunitas dan mengadakan seragamisasi tetap untuk komunitas Olahraga.
b.
Pekan
Olahraga, Seni dan Edukasi (POSE)
Nama
Kegiatan : Pekan
Olahraga, Seni dan Edukasi (POSE)
Penanggung
Jawab : Departemen
Bakmin
Waktu : 20 - 22 April 2017
Tempat : Kampus PGSD UPP Tegal FIP UNNES
Sasaran : Mahasiswa aktif PGSD
UPP Tegal FIP
UNNES
Sumber Dana : Dana PNBP Rp 2.000.000,-
Hambatan : Keterlambatan
jadwal, sarana
prasarana yang
kurang memadai, kurangnya partisipasi
mahasiswa.
Evaluasi : Perlunya
kedisiplinan dan penambahan
perlengkapan.
Hasil
Kegiatan :
Kegiatan Pekan Olahraga, Seni dan Edukasi (POSE)
2017 berlangsung selama
empat hari pada hari kamis s.d sabtu tanggal 20 s.d 22 April 2017. Kegiatan ini diadakan
guna meningkatkan prestasi dan apresiasi seni dan olahraga yang
tetap berorientasi pada nilai-nilai keagamaan, pengembangan bakat dan minat
serta meningkatkan wawasan kependidikan mahasiswa PGSD UPP Tegal FIP UNNES.
Adapun kegiatan yang dilombakan yaitu
Futsal, Memasak, Bola
Voli, Bulutangkis, Basket, Tilawah, PHBS, Stand Up Comedy, Essay, Debat,
Catur dan Story Telling. Beberapa kegiatan
lain yang turut memeriahkan POSE 2017
adalah Stand Wirausahaan selama 2
hari yakni hari Kamis sampai Jum’at serta
acara Pentas Seni pada hari terakhir kegiatan.
c.
Pelatihan
Atlet Porsajur
Nama Kegiatan : Pelatihan
Atlet Porsajur
Penanggung
Jawab : Departemen
Bakmin
Waktu : April - Mei
2017
Tempat : Kampus PGSD UPP Tegal
FIP UNNES
Sasaran : Atlet
Pendelegasian Porsajur.
Sumber
Dana : -
Hambatan : Waktu yang terlalu
berdekatan dengan
jadwal porsajur,
dikarenakan jadwal
porsajur
dimajukan karena bulan ramadhan.
Hasil
Kegiatan : Mempersiapkan atlet
untuk pertandingan
dalam rangka Porsajur
2017 yang
diselenggarakan oleh
BEM FIP.
d.
Pendelegasian
Atlet Porsajur 2017
Nama
Kegiatan : Pendelegasian Atlet
Porsajur 2017
Penanggung
Jawab : Departemen
Bakmin
Waktu : Mei 2017
Tempat : Fakultas Ilmu
Pendidikan (Tegal, Ngaliyan,
Sekaran)
Sasaran : Atlet Porsajur 2017 PGSD UPP Tegal FIP
UNNES
Sumber
Dana :
Dana PNBP Rp 2.000.000,-
Hambatan : Jarak yang jauh serta
koordinasi dengan
BEM FIP yang kurang
maksimal.
Hasil Kegiatan :
Dari kegitan Porsajur yang telah dilaksanakan, PGSD UPP Tegal memenangkan
beberapa cabang perlombaan .
Cabang
|
Juara
|
Basket putri
|
1
|
Voli putra
|
2
|
Catur
|
2
|
Bulutangkis
|
1
|
Futsal
|
1
|
5.
DEPARTEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MAHASISWA
a.
Upacara
Nama Kegiatan : Upacara Bendera
Penanggung Jawab :
Riska
Ayu H. (Departemen
PSDM)
Waktu Pelaksanaan :
sudah
terlaksana 4 kali
1) Awal
perkuliahan semester genap
2) Awal
bulan Maret
3) Awal
bulan April
4) Peringatan HUT RI yang ke-72
Hasil Kegiatan :
Nama
kegiatan ini adalah upacara bendera yang bertujuan untuk menanamkan sikap
disiplin pada mahasiswa PGSD yang nantinya akan menjadi seorang pendidik. Peserta upacara
bendera meliputi mahasiswa PGSD UPP Tegal yang masih aktif beserta dosen dan
karyawan. Upacara
dilaksanakan di lapangan tengah kampus PGSD UPP Tegal yang sekarang
pelaksanaannya difokuskan pada setiap awal semester, akhir semester,
dan awal bulan atau perayaan hari besar nasional saja karena kurang
partisipasinya mahasiswa dan dosen dalam mengikuti upacara bendera jika upacara
bendera dilaksanakan rutin setiap dua minggu sekali. Pelaksanaan upacara
baru dilaksanakan empat
kali karena banyaknya kendala seperti perkumpulan dosen di Semarang, lapangan yang
tidak kondusif akibat hujan dan bulan Ramadhan. Pelaksanaan upacara bendera
terlaksana dengan lancar walaupun masih ada kekurangan, seperti pelaksanaan
yang masih belum tepat waktu dikarenakan mahasiswa datang terlambat dan saat
upacara banyak mahasiswa yang ramai sendiri sehingga upacara kurang berjalan
dengan khidmat.
Anggaran : Rp 8.000,- (dana dari kas HIMA)
Evaluasi Kegiatan :
1)
Kekurangan :
a. Latihan
petugas upacara kurang maksimal.
b. Masih
banyak peserta yang datang terlambat.
c. Sulitnya
mengkondisikan peserta.
2)
Saran :
a. Latihan
dimaksimalkan lagi.
b. Pemberian
hukuman untuk mahasiswa yang terlambat lebih
ditegaskan
lagi.
b. Stand Kewirausahaan
Nama Kegiatan : Stand
Kewirausahaan 2017
Penanggung Jawab : Mey
Setyowati (Departemen PSDM)
Waktu Pelaksanaan : POSE
2017, Kamis- Jumat 20-21
April 2017
Anggaran : Rp 125.000,00 (dana
kegiatan POSE)
Hasil Kegiatan :
Stand Kewirausahaan berhasil
direalisasikan dalam kegiatan Pekan Olah Raga Seni dan Edukasi (POSE) 2017.
Stand Kewirausahaan yang dilaksanakan selama dua hari pada hari Kamis - Jumat 20 - 21 April 2017, bertempat di area
parkir baru dan halaman depan GOR PGSD UPP Tegal dan berlangsung sangat meriah
setiap harinya. Dilaksanakannya Stand Kewirausahaan ini bertujuan untuk
menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan mahasiswa PGSD.
Sasaran
kegiatan ini ditujukan untuk mahasiswa PGSD UPP Tegal semester 2, 4, dan 6. Dalam Stand
Kewirausahaan ini, setiap kelas wajib mengirimkan minimal tiga orang pesertanya
sebagai pengelola stand yang telah didirikan. Untuk stand kewirausahaan tahun
ini dilombakan dan dimenangkan oleh rombel 2C.
Evaluasi :
1)
Kekurangan :
a) Kurangnya
pengawasan dari panitia selama stand berlangsung.
b) Masih
ada peserta yang tidak disiplin waktu dalam membuka stand kewirausahaan.
c) Minimnya
stop kontak yang disediakan oleh panitia.
d) Hujan yang berlangsung saat acara POSE sehingga mengharuskan peserta untuk berpindah tempat.
2)
Saran
a)
Penyediaan sarana dan
prasarana lebih direncanakan.
b)
Pengawasan lebih
diperketat.
c)
Pengadaan denda yang lebih ditegaskan
lagi, untuk meningkatkan kedisiplinan peserta.
PENUTUP
Fungsionaris HIMA 2017 telah merealisasikan semua program kerja selama setengah periode ini, dari 26 program
kerja departemen yang di rencanakan, HIMA 2017 telah merealisasikan 13 program kerja.
Fungsionaris HIMA 2017 sudah berupaya semaksimal mungkin
untuk merealisasikan semua program kerja yang telah direncanakan.
KETERANGAN
|
DEBET
|
KREDIT
|
SALDO
|
PEMASUKAN PNBP KE 1
|
11.860.000
|
|
11.860.000
|
PAJAK PNBP KE-1
|
|
468.000
|
11.392.000
|
TRANSPORT PNBP 1
|
|
727.000
|
10.665.000
|
PEMINDAHAN
|
|
2.000.000
|
8.665.000
|
PORSAJUR
|
|
1.500.000
|
7.165.000
|
POSE
|
|
2.000.000
|
5.165.000
|
SOSMAS TA’JIL
|
|
400.000
|
4.765.000
|
PEKKA
|
|
1.500.000
|
3.265.000
|
PENDELEGASIAN
VERIFIKASI
|
|
400.000
|
2.865.000
|
PENDELEGASIAN PPA
|
|
500.000
|
2.365.000
|
|
|
|
|
KETERANGAN PEMINDAHAN
|
|||
KETERANGAN
|
DEBET
|
KREDIT
|
JUMLAH
|
PEMINDAHAN 1
|
2.000.000
|
|
|
PROPOSAL BBQ & BHQ
|
|
250.000
|
250.000
|
KEADMINISTRASIAN PNBP
|
|
23.000
|
273.000
|
DELEGASI KE BEM KM
|
|
50.000
|
323.000
|
SEMNAS
|
|
300.000
|
623.000
|
1.377.000
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar