Jumat, 31 Agustus 2018

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN SETENGAH PERIODE PERTAMA HIMPUNAN MAHASISWA






LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
SETENGAH PERIODE PERTAMA
HIMPUNAN MAHASISWA PGSD UPP TEGAL
PERIODE 2017










HIMPUNAN MAHASISWA (HIMA)
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UPP TEGAL
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2017
HIMA PGSD UPP TEGAL FIP UNNES 2017
HIMA’17 “PRIMA”
(Profesional Religius Integritas Modern Amanah)

Visi :
“Membentuk Jiwa Karakter Prima Menuju Hima yang Optimal”


Misi :
  1. Menjalin Koordinasi Antar Civitas Akademika Secara Prima
  2. Mensinergikan Forum Angkatan dan Rumah Advokasi untuk Menjembatani Aspirasi Mahasiswa
  3. Mengoptimalkan Fungsi Publikasi Informasi Secara Faktual dan Aktual yang Berkaitan dengan Mahasiswa









LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN
SETENGAH PERIODE PERTAMA
HIMPUNAN MAHASISWA PGSD UPP TEGAL
PERIODE 2017

I.                  PENDAHULUAN
Mahasiswa sebagai bagian civitas akademika adalah kelompok intelektual dalam bidang keilmuan masing-masing. Sebagai kelompok intelektual, mahasiswa diharapkan memiliki penguasaan yang baik atas berbagai macam  ilmu untuk selanjutnya memanfaatkan ilmu tersebut untuk perkembangan kehidupan dirinya maupun kehidupan masyarakat pada umumnya. Mahasiswa yang memiliki potensi sangat besar dalam perkembangan kehidupan bangsa diperlukan adanya Institusi Kemahasiswaan  sebagai  penampung  dan  wadah keorganisasian yang dapat  menjadi wahana  mahasiswa untuk mengembangkan bakat, kreasi, dan inovasinya dalam  menggeluti dunia kampus. Institusi Mahasiswa yang dimaksud disini adalah Himpunan Mahasiswa (HIMA) yang berperan sebagai  fasilitator bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuannya sebagai  kaum intelektual.
Himpunan Mahasiswa ini mempunyai peranan yang cukup berarti untuk membentuk kepribadian dan melatih kemampuan berorganisasi sebagai bekal untuk terjun di tengah kehidupan masyarakat kelak.
Pada hari Sabtu, 25 Februari 2017 fungsionaris HIMA  periode 2017 telah diambil sumpah janji fungsionaris. Mulai pada hari tersebut, semua departemen  secara intensif  melakukan  rapat untuk membahas rancangan program kerja. Kepada  seluruh departemen  telah  dijelaskan arah, tujuan dan sejumlah  target HIMA  selama satu  tahun. Secara  umum program kerja departemen mengacu kepada delapan hal pokok, diantaranya:
1.    Penguatan eksistensi HIMA di dalam dan di luar UNNES
2.    Pengembangan sumber daya mahasiswa dan penelitian
3.    Advokasi segala persoalan mahasiswa dan lembaga mahasiswa
4.    Kajian, informasi, dan komunikasi
5.    Penyaluran bakat minat mahasiswa
6.    Memperkuat jaringan dengan kerja sama.
7.    Mewujudkan kemandirian HIMA
8.    Pengabdian masyarakat
  Setiap departemen melaksanakan rapat depertemen untuk membahas program kerja yang mengacu  kepada delapan hal pokok diatas. Setelah rancangan program kerja selesai dibahas dalam rapat departemen, maka Pengurus Harian HIMA menggelar Rapat Kerja Pertama HIMA PGSD UPP TEGAL 2017 dalam waktu satu hari untuk berdialog dengan seluruh pengurus HIMA 2017 untuk saling memberi saran dan sumbangsihnya.
Suatu program kerja selama setengah periode pertama ini telah  tersusun dan komitmen  untuk memajukan PGSD UPP Tegal telah didapatkan. Pada saat itu dan seterusnya serta dengan kekuatan persaudaraan, kerja sama, dan persatuan, maka  melalui program kerja HIMA para fungsionaris berkeyakinan akan mendapatkan apa yang telah dicita-citakan bersama.
Dengan adanya laporan pertanggungjawaban setengah periode pertama ini mudah-mudahan dapat dijadikan bahan pertimbangan kepengurusan selanjutnya untuk mengambil ilmu dan hikmah.

II.                  DASAR PEMIKIRAN
Dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi dan Dia meningggikan sebagian kamu atas sebagian (yang lain) beberapa derajat, untuk mengujimu tentang apa yang diberikan-Nya kepadamu…….” (Q.S Al-An’am : 165)
Ketahuilah  bahwa kalian semua adalah pemimpin, dan kalian akan ditanya tentang kepemimpinan kalian. Pemimpin diantara manusia akan ditanya tentang kepemimpinannya,.....” (H.R Bukhari)
III.      KONDISI UMUM ORGANISASI
HIMA’17 PRIMA  dengan fungsionaris dari angkatan 2015 dan  2016.  Pengurus  HIMA’17 PRIMA  sebanyak 38 aktivis. Dengan komposisi 19 mahasiswa 2015, dan 19  mahasiswa 2016.
Kepengurusan HIMA PGSD UPP Tegal periode 2017 terbentuk pada hari Selasa, 10 Januari 2017 melalui musyawarah bersama dari seluruh mahasiswa yang terekrut untuk menjadi fungsionaris. Dan melalui keputusan  bersama  ini pula maka telah ditetapkan susunan organisasi HIMA PGSD UPP FIP UNNES Tegal periode 2017, dari Pengurus Harian, kepala departemen, sekretaris departemen dan para staff departemen.
HIMA periode 2017 memiliki konstitusi organisasi yang terdiri atas GBHK, AD/ART yang digunakan sebagai landasan organisasi yang ditetapkan pada tanggal 25 Februari 2017 melalui Musyawarah Anggota (MA) HIMA PGSD UPP Tegal.
Untuk  menjalankan  organisasi tentunya membutuhkan sebuah tempat yang mendukung dan dengan adanya gedung PKM PGSD UPP Tegal, maka HIMA beserta UKM-UKM/BSO menggunakan Gedung PKM sebagai pusat segala aktivitas keorganisasian. Hal ini merupakan salah satu penunjang infrastruktur yang dapat memudahkan HIMA untuk melakukan koordinasi dengan fungsionaris HIMA maupun UKM.
Awal kepengurusan organisasi terasa agak berat karena fungsionaris belum memahami sistem yang diterapkan, yaitu sistem otonomi biro dan departemen. Sistem otonomi biro dan departemen ini adalah sistem yang memberi ruang gerak bebas untuk mengembangkan potensi masing-masing biro dan departemen. Hal ini dilakukan untuk mencapai visi yang menekankan pada prestasi kerja masing-masing biro dan departemen. Namun demikian, setelah satu sampai dua kegiatan terlaksana, para pengurus sudah dapat memahami sistem yang diterapkan, baik mengenai tugas maupun peran masing-masing pengurus dalam departemen dan biro.
Puji syukur Kehadirat Allah SWT, meski banyak mengalami kendala dan masalah, namun HIMA PGSD UPP Tegal Periode 2017 mampu merealisasikan Program Kerjanya selama setengah periode pertama ini. Hal itu tentu tidak akan  terwujud apabila tidak adanya kerjasama yang baik dari semua pihak, baik lembaga, organisasi, dan mahasiswa.

IV.                  EVALUASI DAN SARAN
A.       Evaluasi
                        HIMA PGSD UPP Tegal periode 2017 telah berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan segala  sesuatu  dalam rangka menggerakkan roda organisasi dan menjalankan fungsinya sebagai wadah organisasi kemahasiswaan. Secara umum, perlu adanya evaluasi mencakup beberapa hal dari perjalanan HIMA selama kepengurusan setengah periode ini, diantaranya adalah sebagai berikut:
1.    Alur birokrasi yang sulit dalam pencairan dana kemahasiswaan membuat organisasi tersendat dan lebih mengandalkan swadaya dana dalam setiap kegiatan yang akan dilaksanakan.
2.    Beberapa fungsionaris ada yang tidak mengetahui bagaimana hak, kewajiban, tugas dan  wewenang  mereka masing-masing dalam organisasi.
3.    Beberapa fungsionaris memiliki kesadaran yang kurang untuk berkomitmen dalam berorganisasi.
4.    Partisipasi dan dukungan dari seluruh mahasiswa PGSD UPP tegal dalam merealisasikan program kerja perlu ditingkatkan.

B. Saran
  Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:
1.    Kerjasama dan koordinasi antar fungsionaris harus selalu dibina selama kepengurusan organisasi.
2.    Selalu diadakan evaluasi atas kinerja fungsionaris.
3.    Koordinasi dan sinergi yang baik antara lembaga kemahasiswaan dengan birokrasi kampus tentu akan lebih memudahkan HIMA dalam melaksanakan kegiatan kemahasiswaan.
4.    Perlu adanya dorongan motivasi saat fungsionaris mulai mengalami penurunan semangat dan mental berorganisasi.

V.     PENUTUP
Akhirnya dengan senantiasa mengucap syukur kehadirat Allah SWT, kami menutup laporan pertanggungjawaban setengah periode pertama kepengurusan HIMA  periode 2017. Demikian laporan pertanggungjawaban setengah periode pertama kepengurusan HIMA PGSD UPP Tegal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang periode 2017, semoga laporan ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.
                                               
        Tegal, 25 Agustus 2017


            Ketua HIMA 2017




                   Abdul Aziz
              NIM 1401415322

             Sekretaris




Nadiya Fadilah
NIM 1401415089



                         Mengetahui,
Koordinator PGSD UPP Tegal FIP UNNES




           Drs. Utoyo, M.Pd
   NIP. 19620619 198703 1 001






Pembina Kemahasiswaan
PGSD UPP Tegal




Drs. Sigit Yulianto, M.Pd
NIP 19630721 198803 1 001



VI.      STRUKTUR ORGANISASI

HIMPUNAN MAHASISWA
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR  UPP TEGAL
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
PERIODE 2017

Ketua HIMA                                   : ABDUL AZIZ                                 
Wakil Ketua HIMA                        : IMAM FAIZ SEPTIAN                                          

BIRO KESEKRETARIATAN :
1.    NADIYA FADILAH
2.    MU’ALIMAH SYAFITRI

BIRO KEUANGAN :
1.    MUHAMAD IQBAL MAHDIKA P.
2.    LAELA FAUZIYAH
3.    LAELI FITRIANI         

BIRO RUMAH TANGGA ORGANISASI :
1.    EGA CANIA
2.    RIZKY AMAYLYA          

DEPARTEMEN INFOKOM (INFORMASI DAN KOMUNIKASI)              
KADEP                                : AGUNG PUTRA BUANA
SEKRETARIS                     : LINDA FITRIYANI
STAF DEPARTEMEN         :
1.      DWI RINI PUSPANINGTIYAS
2.      LAELI MAULIDA SANI
3.      SEPTIAN MURDANY
4.      DEVINSA RONA SABDALINTA

DEPARTEMEN ADMA (ADVOKASI MAHASISWA)
KADEP                                : NUR ATIKA
SEKRETARIS                     : KURNIA IGA MARYSTYANA
STAF DEPARTEMEN         :
1.      ALFIANI FATIKHATUL QULUBIYAH
2.      ANDREAN ANDREANI
3.      GALANG EKO RAHARJO
4.      ANISA FITRIANI

DEPARTEMEN SOSMAS (SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN)
KADEP                                : RYAN ADI WIBOWO
SEKRETARIS                     : AFIDAHTUL IZZAH
STAF DEPARTEMEN         :
1.      RINA MAZLINDA
2.      BAGUS RINANTO
3.      CHICHILIA NANDA SANSABELA

DEPARTEMEN BAKMIN (BAKAT DAN MINAT)
KADEP                                : TAUFIK ASHARI
SEKRETARIS                     : MERI INDAH APRILIA
STAF DEPARTEMEN         :
1.         GHINA AFIFAH
2.         PUPUT RISMIYATI
3.         MUHAMMAD IQBAL ALAMSYAH
4.         AGIL WASKITO



DEPARTEMEN PSDM (PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MAHASISWA)
KADEP                                : SITI MARIYATUL KIFTIYAH
SEKRETARIS                     : MEY SETIOWATI
STAF DEPARTEMEN         :
1.      RIZKA ISTYANA
2.      GANANG RAMADHANI FAJAR S.
3.      NUR KHODRI REZA
4.      RISKA AYU HERDIYANTI






















VII.      DESKRIPSI KERJA BIRO DAN DEPARTEMEN
A.       BIRO
Hima’17 PRIMA memiliki 3 biro yaitu :
1.    Biro Kesekretariatan
Motto Biro Kesekretariatan
Now or Never!.
Deskripsi Biro Kesekretariatan
Biro Kesekretariatan ini adalah pendukung dari keseluruhan kegiatan HIMA. Pada periode 2017 ini, bersama dengan Biro Keuangan dan Biro Rumah Tangga Organsasi. Biro Kesekreatariatan menjalankan fungsi organisasi sebagai konsultan dan pengawasan dalam bidang administrasi.
           
Tugas Biro Kesekretariatan :
a.    Menangani pekerjaan administratif HIMA secara keseluruhan.
b.    Menginventarisasi segala properti yang menjadi milik HIMA.
c.    Memberikan informasi secara aktual untuk anggota dan fungsionaris pada khususnya.
d.   Membantu infokom untuk menginformasikan segala informasi kepada semua mahasiswa PGSD UNNES UPP Tegal.
e.    Menjalin kerjasama dengan sekretaris departemen dan acara.
f.     Serta menjadikan sekretariat bekerja optimal untuk mendukung terciptanya motivasi dan semangat kerja pengurus HIMA.

Visi    :
Mengoptimalkan administrasi terkait dengan surat menyurat dan pengarsipan yang efektif dalam peningkatan kinerja biro kesekretariatan.

Misi dan Program Kerja :
a.    Membantu penyusunan Proposal dan LPJ PNBP.
b.    Menginventaris dan mendokumentasi surat-surat (surat masuk dan surat  
     keluar)
c.    Membuat surat-surat keluar
d.   Menyusun KALENDER HIMA 2017
e.    Pengumpulan data
f.     Mengumpulkan dan mensosialisasikan informasi (Jaringan Komunikasi)
g.    Bekerjasama dengan Biro Rumah Tangga Organisasi (BRTO) dalam pengadaan kebutuhan alat/inventaris HIMA 2017
h.    Membantu ketua dan wakil ketua HIMA dalam penyelenggaraan RAKOR antar LK, BSO dan Komunitas PGSD UPP Tegal
i.      Membangun budaya tertib administrasi HIMA 2017.

2.      Biro Keuangan
Motto :
“Jadikan Uang Jalan Untuk Raih Rahmat (JUJURR)”
Deskripsi
Biro Keuangan merupakan salah satu biro yang membawahi permasalahan finansial HIMA.

Tugas Biro Keuangan
a.    Mengelola potensi keuangan HIMA dengan pendekatan kepemimpinan manajemen pendidikan yang professional.
b.    Mencatat setiap transaksi keuangan dalam HIMA dengan deskripsi atur pemasukan dan pengeluaran kas keuangan yang ada dan berstatus milik HIMA.
c.    Meningkatkan kerjasama dengan LK BSO.
d.   Bersama dengan Biro Kesekretariatan dan Ketua Umum menyusun anggaran HIMA selama satu periode kepengurusan.
e.    Memutuskan hal-hal terkait program kerjanya secara tertulis dan atau tidak tertulis.
f.     Melaksanakan program kerjanya melalui aktifitas nyata yang produktif untuk HIMA sesuai tugas dan kewenangannya.
g.    Bertanggungjawab atas setiap keputusan yang dibuat dan diwajibkan membuat laporan tertulis setiap akhir periode kepengurusan.

Visi:
Merealisasikan manajemen keuangan professional, mandiri serta transparan.

Misi:
a.    Mewujudkan transparansi keuangan HIMA
b.    Menjalin kerjasama eksternal dan internal yang baik
c.    Menciptakan kemandirian finansial professional
d.   Rekapitulasi aliran kas masuk dan keluar berkala
e.    Mengoptimalkan potensi yang ada di HIMA
f.       Mewujudkan tertib administrasi finansial
g.    Mewujudkan administrasi finansial yang amanah, jujur dan   
     bertanggung jawab

3.    Biro Rumah Tangga Organisasi
Motto BRTO
We Are Able To Provide For Our Every Need.
Deskripsi BRTO
Biro Rumah Tangga Organisasi (BRTO) merupakan sebuah biro yang bertugas menangani segala macam urusan kerumahtanggaan HIMA, yaitu menangani urusan, perawatan dan pemeliharaan infrastruktur PKM serta infentaris HIMA. Dimulai dari kebersihan, perawatan lingkungan, perawatan PKM, dan sebagainya.
BRTO dibagi dalam dua bagian, yaitu BRTO I dan BRTO II. Fungsi BRTO I secara umum  adalah  menangani urusan Perawatan gedung  PKM  secara keseluruhan  tugas-tugas  yang  menyangkut masalah kebersihan, perbaikan gedung sekretariat (rehabilitasi), dan penataan ruang. Sedangkan BRTO II adalah sebagai monitoring kebersihan PKM pada umumnya dan ruang HIMA pada khususnya. BRTO II  lebih mengintensifkan dan membantu kinerja BRTO I. Program kerja BRTO secara umum dapat diklasifikasikan menjadi beberapa bagian yaitu melayani pengurus dan perawatan, pemeliharaan, pembangunan dan penanganan PKM.

Tugas BRTO
a.    Mengatur pengelolaan sarana dan prasarana yang dimiliki HIMA untuk menunjang pelaksanaan kegiatan yang diadakan oleh HIMA.
b.    Menghasilkan keuntungan dari aset-aset yang dimiliki oleh HIMA.
c.    Mengelola inventaris HIMA
d.   Memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada pengurus HIMA

B.       DEPARTEMEN-DEPARTEMEN
HIMA  periode 2017 memiliki 5 departemen. Setiap departemen dipimpin oleh kepala departemen yang didampingi oleh sekretaris departemen. Masing-masing departemen diperkuat oleh sejumlah staff yang ahli di bidangnya. 

1.      Departemen Informasi dan Komunikasi (INFOKOM)
            Motto
            Salam Tebar dalam Kabar”.
Visi
Tercapainya pelayanan informasi, komunikasi secara mudah, cepat dan transparan.
Misi
a.    Cepat dalam penyampaian informasi
b.    Meningkatkan kualitas pelayanan mahasiswa di bidang informasi dan komunikasi
c.    Responsif terhadap informasi terbaru yang ada di lingkungan kampus
d.   Sebagai fasilitator informasi dari lembaga ke mahasiswa
e.    Sebagai penghubung kerjasama antara HIMA dengan organisasi kemahasiswaan lainnya

Fungsi utama            
Departemen Infokom  merupakan departemen yang menginformasikan, mendokumentasikan, dan mengkomunikasikan apa-apa yang berkenaan dengan akademik, maupun non akademik.
Profil
Departemen Informasi dan Komunikasi (Infokom) merupakan  departemen yang menginformasikan, mendokumentasikan dan mengkomunikasikan hal yang berkenaan dengan akademik maupun non akademik. Departemen ini memiliki peranan yang sangat strategis baik itu keluar maupun ke dalam HIMA. Strategisnya posisi departemen ini dilihat dari perannya sebagai corong dan pusat informasi HIMA. Dikenal atau tidak dikenalnya HIMA ditengah warga PGSD maupun luar PGSD menjadi tanggungjawab Departemen Infokom. Sampai atau tidaknya informasi ke tengah masyarakat kampus PGSD dan ke luar kampus menjadi tanggungjawab Departemen Infokom. Strategisnya peranan departemen ini menentukan eksistensi HIMA itu sendiri keluar maupun ke dalam.
Ranah Kerja
a.    Menyediakan sarana dan informasi kepada seluruh anggota Hima.
b.    Bekerja sama dengan Departemen Pendidikan menyampaikan kajian-kajian pendidikan.
c.    Keseimbangan dan kebersamaan antar pengurus dan anggota HIMA akan terwujud dengan adanya komunikasi yang baik antar masing-masing individu.
d.   Memberikan informasi dan orientasi kepada mahasiswa baru.
2.      Departemen Advokasi Mahasiswa (ADMA)
Motto
 Always Listening, Always Understanding”.
Visi     
Mewujudkan mahasiswa PGSD UPP TEGAL yang demokratis dan harmonis untuk menuju kesejahteraan bersama.
Misi
a.    Menampung dan menyaring aspirasi mahasiswa PGSD UPP Tegal
b.    Menjalin hubungan yang baik dengan lembaga dan mahasiswa
c.    Membangun pola pikir kritis dan solutif mahasiswa PGSD UPP Tegal
d.   Fungsi pelayanan dan advokasi mahasiswa.
Fungsi utama            
Melakukan advokasi terhadap permasalahan maupun keperluan mahasiswa baik akademik maupun non akademik.
Profil
Departemen Advokasi Mahasiswa ini memiliki fungsi utama yakni melakukan advokasi (pelayanan) terhadap segala permasalahan mahasiswa serta membangun politik mahasiswa yang sehat. Dalam departemen inilah adanya suatu upaya nyata untuk mengontrol/mengkaji suatu kebijakan kampus sesuai dengan kehendak dan kepentingan masyarakat PGSD UPP TEGAL yang menuntut adanya perubahan tersebut dan juga dalam departemen ini dilakukan suatu usaha secara sistematis dan terorganisir untuk melakukan aksi dengan target terealisasinya suatu kebijakan-kebijakan baru sesuai dengan kepentingan masyarakat PGSD UPP TEGAL. Depatemen Advokasi Mahasiswa  juga merupakan sarana komunikasi baik verbal ataupun tertulis dari keseluruhan masyarakat PGSD UPP TEGAL untuk menuju suatu tujuan bersama yakni kesejahteraan seluruh masyarakat PGSD UPP TEGAL.

3.      Departemen Sosial dan Kemasyarakatan (SOSMAS)
Motto
Dari hati kami mengabdi”.
Visi
Bersinergi dan bergerak bersama dalam kegiatan sosial masyarakat.
Misi
a.    Menjalin kerjasama dalam lingkup sosial
b.    Menghidupkan peranan mahasiswa dalam lingkup masyarakat
c.    Menumbuhkan rasa empati terhadap keadaan sosial
d.   Mengenalkan kampus PGSD Tegal UNNES kepada masyarakat.
Fungsi utama
Departemen Sosial dan Kemasyarakatan berfungsi dalam menggerakkan segala bentuk kegiatan sosial di lingkup kampus PGSD UPP Tegal maupun lingkup masyarakat
Profil
Departemen Sosial dan Kemasyarakatan berfungsi dalam menggerakkan segala bentuk kegiatan sosial di lingkup kampus PGSD UPP Tegal maupun lingkup masyarakat. Departemen Sosmas bertugas untuk menumbuhkan jiwa sosial mahasiswa agar bisa bermanfaat bagi masyarakat. Departemen ini merupakan departemen baru di HIMA’17. Dimana departemen sosmas mengemban tugas untuk melaksanakan kegiatan di bidang sosial. Selain itu dengan adanya departemen ini diharapkan dapat mengenalkan kampus PGSD kepada masyarakat.

4.      Departemen Bakat dan Minat (BAKMIN)
Motto 
BAKMIN PRESTO (Bakat Minat Tersalurkan, Prestasi Oke)”.
Visi
Mewadahi dan mengembangkan bakat minat mahasiswa yang solid dan mampu berkompetensi dalam bidang olahraga, seni dan edukasi untuk mencapai prestasi.
Misi
a.    Mewadahi serta mengembangkan bakat dan minat mahasiswa PGSD UPP Tegal FIP UNNES.
b.    Mempersiapkan mahasiswa untuk berkompetensi dalam berbagai kejuaraan.
c.    Melakukan koordinasi bersama komunitas secara berkala.
Profil
Departemen Bakat dan Minat merupakan salah satu departemen yang dimiliki HIMA, bertugas menampung dan menyalurkan keanekaragaman minat dan bakat yang dimiliki setiap mahasiswa berbagai latar belakang.
Departemen Bakat dan Minat menyadari bahwa setiap mahasiswa mempunyai keahlian, hobi, dan keterampilan yang berbeda. Oleh karena hal itu Departemen Bakat dan Minat berusaha membuat suatu kegiatan yang dapat menyalurkan keahlian, hobi, dan keterampilan mahasiswa.

5.      Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM)
Motto
“Kerja Keras dan Ikhlas Dengan Semangat Prima Menuju PSDM BERARTI (Bergerak, Mengabdi dan Memberi Arti)”.
Visi
Profesional dalam menjalankan tugas dan memfasilitasi mahasiswa demi tercapainya tujuan mahasiswa PGSD UPP Tegal.
Misi
a.    Mengembangkan sumber daya mahasiswa  PGSD UPP Tegal.
b.    Membangun insan yang berjiwa nasionalisme.
c.    Mengoptimalkan dan memberdayakan kemampuan mahasiswa PGSD        
     UPP Tegal.
d.   Melakukan koordinasi dan kerjasama dengan departemen lainnya.
e.    Membangun semangat kekeluargaan antar mahasiswa jurusan dan
     anggota Hima.
Fungsi utama            
Melaksanakan pemerataan dan pengembangan potensi mahasiswa PGSD UPP Tegal dengan melaksanakan seminar dan pelatihan.
Ranah Kerja             
Mengembangkan potensi yang dimiliki oleh seluruh anggota dalam rangka menciptakan karya-karya sebagai langkah awal pergerakan Hima dan melaksanakan berbagai kegiatan kaderisasi anggota.
           
Profil
Departemen ini bertugas melaksanakan pemerataan dan pengembangan potensi mahasiswa khususnya PGSD UPP TEGAL misalnya dengan melaksanakan seminar dan pelatihan.
Hal ini juga tidak menutup kemungkinan akan menempuh sasaran hingga mahasiswa luar maupun masyarakat umum. Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) bertangungjawab terhadap pengembangan skill dan keterampilan mahasiswa PGSD UPP Tegal. Dalam sebuah organisasi, Departemen PSDM memiliki fungsi antara lain: Pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, kedisiplinan, kajian pendidikan, perancangan, pengorganisasian dan pengarahan.
VIII.      PROGRAM KERJA
A.      Pengurus Harian (PH)
1.    Ketua dan Wakil HIMA
a.    Audiensi dengan Lembaga
b.    Rapat Kerja HIMA 2017
c.    Rapat Koordinasi antar LK dan BSO
d.   Mengadakan Rapat Evaluasi
e.    Mengontrol Kinerja Fungsionaris
f.     Kaderisasi Kepengurusan

2.    Biro Kesekretariatan
a.    Membantu penyusunan Proposal dan LPJ PNBP
b.    Menginventaris dan mendokumentasi surat-surat (surat masuk dan surat keluar)
c.    Membuat surat-surat keluar
d.   Menyusun KALENDER HIMA 2017
e.    Pengumpulan data
f.     Mengumpulkan dan mensosialisasikan informasi

3.    Biro Keuangan
a.    Pengajuan Proposal
b.    Penyerahan LPJ
c.    Transportasi Pencairan PNBP
d.   Pengelolaan PNBP

4.    Biro Rumah Tangga Organisasi   
a.    Pembuatan struktur organisasi HIMA
b.    Pembuatan kalender 1 tahun LK & BSO
c.    Jadwal piket ruang HIMA
d.   Pengelolaan dan peminjaman barang inventaris
e.    Dekorasi PKM
f.     Jadwal piket PKM
g.    Pengadaan inventaris HIMA
h.    Emblem dan Logo
i.      Sanksi-sanksi
j.      Sertifikat dan kenang-kenangan
B.   Departemen-departemen
1.      Departemen Informasi dan Komunikasi
a.    Lintas Berita PGSD
b.    Jejaring sosial
c.    Jarkom
d.   Pendelegasian PKMM-TD
e.    Serangkaian PEKKA
f.     Mading RUMPUT
g.    Forum Angkatan
h.    Pedelegasian PPA

2.      Departemen Advokasi Mahasiswa
a.    SERPISA (Serap Aspirasi Mahasiswa)
b.    Dana Sosial
c.    SPION (Scholarship Program Information)
d.   Rumah Advokasi

3.    Departemen Sosial Masyarakat
a.    Santunan Anak Yatim
b.    Baksos
c.    Jalan Santai
d.   Bersih Kampus
e.    Sedekah Ramadhan
4.    Departemen Bakat Dan Minat
a.    Exist for Community (X4C)
b.    Pekan Olahraga Seni dan Edukasi (POSE)
c.    PGSD CUP
d.   Pelatihan ATLIT PORSAJUR
e.    Pendelegasian PORSAJUR

5.    Departemen PSDM
a.    Upacara
b.    PKMM-TJ
c.    AMT
d.   Stand Kewirausahaan













IX.      REALISASI PROGRAM KERJA SETENGAH PERIODE
Laporan Realisasi Program Kerja satu periode kepengurusan HIMA’17 PRIMA masing-masing Biro dan Departemen.
A.      PENGURUS HARIAN (PH)
1.    Ketua dan Wakil HIMA
a.    Audiensi dengan Lembaga
b.    Rapat Kerja HIMA 2017
c.    Rapat Koordinasi antar LK dan BSO
d.   Mengontrol Kinerja Fungsionaris

2.    Biro Kesekretariatan
a.    Membantu penyusunan Proposal dan LPJ PNBP.
b.    Menginventaris dan mendokumentasi surat-surat (surat masuk dan surat keluar)
c.    Membuat surat-surat keluar
d.   Menyusun KALENDER HIMA 2017
e.    Pengumpulan data
f.     Mengumpulkan dan mensosialisasikan informasi

Kendala Biro Kesekretariatan dalam setengah periode:
a.    Permintaan surat dispensasi yang mendadak.
b.    Printer tidak dapat digunakan dengan baik sehingga menghambat proses pencetakan administrasi baik dokumen maupun surat-surat.

3.    Biro Keuangan
a.    Pengajuan Proposal
b.    Penyerahan LPJ
c.    Transportasi Pencairan PNBP
d.   Pengelolaan PNBP

Kendala Biro Keuangan dalam setengah periode:
a.    Adanya pembaharuan sistem pengajuan dan pencairan dana PNBP pada Fakultas yang minim informasi untuk PGSD Tegal sehingga sering mengalami kendala revisi.
b.    Akses pencairan dana PNBP yang jauh (transportasi).

4.    Biro Rumah Tangga Organisasi 
a.    Pembuatan struktur organisasi HIMA
b.    Jadwal piket ruang HIMA
c.    Pengelolaan dan peminjaman barang inventaris
d.   Dekorasi PKM
e.    Jadwal piket PKM
f.     Emblemisasi
Kendala BRTO dalam setengah periode:
a.    Jadwal piket yang belum berjalan secara efektif.
b.    Kurangnya koordinasi dalam hal pengadaan barang.
c.    Printer tidak dapat digunakan dengan baik karena rusak.
d.   Peminjaman inventaris HIMA terlalu lama dikembalikan.
e.    Kurangnya ketelitian dalam pengecekan pengembalian barang.

B.     DEPARTEMEN-DEPARTEMEN
1.    DEPARTEMEN INFORMASI DAN KOMUNIKASI  (INFOKOM)
a.    Mading
Mading di PGSD Tegal diberi nama Rumah Mading PGSD UPP Tegal (RUMPUT). Berisi berbagai kreativitas mahasiswa, baik dalam bentuk  artikel, puisi, maupun biografi dan info-info lainnya. Mading juga dapat berisi kegiatan-kegiatan yang akan, sedang dan telah dilaksanakan di kampus PGSD UPP Tegal sebagai jalan untuk saling berkoordinasi antar Lembaga Kemahasiswaan dan BSO.
PenanggungJawab              : Devinsa Rona Sabdalinta
Waktu                                   : Bulan Maret s/d Desember 2017
Dana                                     : Rp 200.000,-
Sumber Dana                      : PNBP
Evaluasi                                :
Berjalan dengan lancar setiap bulan, namun terkendala dalam hal pendanaan karena dana PNBP kurang lancar.

b.      Jejaring Sosial
Jejaring sosial HIMA terdiri dari Facebook, Instagram, Blog dan Youtube.
PenanggungJawab             : Infokom
Waktu                                   : everyday
Dana                                     : -
Tempat                                 : Fleksibel
Evaluasi
          Secara umum, jejaring sosial berjalan kurang begitu efektif dikarenakan kendala kuota dari admin.  Sedangkan untuk Blog dan Youtube masih sama dengan tahun lalu. Tidak berjalan dikarenakan kurangnya keahlian dalam pengelolaannya.

c.     Jaringan Komunikasi (Jarkom)
Jarkom untuk seluruh fungsionaris HIMA dan mahasiswa umum. Menggunakan HP dan nomor sendiri untuk kepentingan pemberian info.
PenanggungJawab                : Agung Putra Buana
Waktu                                     : Fleksibel
Dana                                       : Rp 100.000,-
Sumber Dana                                    : Dana PNBP
Evaluasi         
         Jarkom berjalan dengan lancar tetapi untuk jarkom sms ada kendala, yaitu terkendala masalah dana untuk pembelian pulsa. Dana yang diberikan juga belum kami terima.


d.      Serangkaian PEKKA 2017
1)        Stand Verifikasi              : Dilaksanakan selama  3 kali, yaitu
                                                  verifikasi SNMPTN, SBMPTN dan  
                                                SPMU.
PenanggungJawab          : - Linda Fitriyani
                                                                       - Devinsa Rona Sabdalinta
Waktu                              : Juni, Juli, Agustus
Dana                                : Rp 300.000,- (3 x Rp 100.000,-)
Sumber Dana                  : Dana PNBP
Evaluasi  
          Verifikasi yang dilaksanakan di Semarang menjadi kendala bagi fungsionaris HIMA pada khususnya karena terkendala waktu dan biaya. Kemudian, saat verifikasi SPMU terjadi penumpukan Mahasiswa Baru karena belum diploting antara PGSD Tegal dengan PGSD Ngaliyan.
2)        PEKKA 2017
PenanggungJawab         : Septian Murdany
Waktu                              : Awal semester gasal untuk   
                                         penyambutan mahasiswa baru
Dana                                : Rp 1.700.000,-
Sumber Dana                  : Dana PNBP
Evaluasi                           : Belum terlaksana

e.         Forum Angkatan
Pembentukan Forum Angkatan untuk memudahkan pemberian informasi tiap angkatan dan memberikan kemudahan diskusi yang dibutuhkan setiap angkatan dengan cara mensosialisasikan kepada setiap rombel melalui para komting.
PenanggungJawab                : Laeli M. Sani
Waktu                                     : Awal semester Gasal
Dana                                       : -
Evaluasi         
         Forum Angkatan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan. Respon Mahasiswa baru pun besar.

f.          Lintas Berita PGSD
Lintas Berita PGSD merupakan sekumpulan LK, BSO dan Komunitas yang didalamnya memberikan info-info mengenai kegiatan LK, BSO dan Komunitasnya masing-masing agar terjalin koordinasi.
PenanggungJawab                : Dwi Rini Puspaningtyas
Waktu                                     : Fleksibel
Dana                                       : -
Evaluasi                     
                     Lintas Berita tidak berjalan dikarenakan ketidaktahuan dari asal dan tujuan dibuat. Serta masih ditanyakan bagaimana tindak lanjutnya.

g.         Pendelegasian PPA
Mendelegasikan sejumlah fungsionaris HIMA untuk berkontribusi sebagai panitia pendamping PPA. 
PenanggungJawab                : Laeli Maulida Sani
Waktu                                     : Bulan Agustus
Dana                                       : Rp 500.000,- (2 x Rp 250.00,-)
Sumber Dana                         : Dana PNBP
Evaluasi                     
                                 Pendelegasian PPA berjalan dengan lancar, walaupun sempat terjadi kesusahan mencari delegasi. Dari HIMA mendelegasikan    M. Iqbal Alamsyah dan Nur Khodri Reza. Dengan dana sejumlah  Rp 500.000,- dibagi dua untuk masing-masing delegasi dan digunakan sebagai biaya hidup selama mereka di Semarang.

2.        DEPARTEMEN ADVOKASI MAHASISWA
a.         Dana Sosial
Nama Kegiatan          : Dana Sosial
Penanggung Jawab   : Andrean Andreni (Departemen Advokasi)
Waktu Pelaksanaan  : Insidental
Laporan Keuangan   : (Dana Iuran Mahasiswa)
No.
Nama
Jumlah
1.
Nur Amalina (6D)
Rp 400.000,-

Hasil Kegiatan           :
Penarikan uang dana sosial dilaksanakan apabila ada mahasiswa/ anggota keluarga dari mahasiswa yang tertimpa musibah yang dikoordinir oleh rombel kemudian diserahkan kepada bendahara departemen advokasi yang nantinya akan diserahkan kepada mahasiswa yang bersangkutan untuk digunakan sebagaimana mestinya.
Evaluasi                      :
1)        Kekurangan :
a)    Kurangnya koordinasi antara departemen advokasi dengan komting tiap rombel.
b)   Adanya keterlambatan dalam pemberian dana sosial.
c)    Keterlambatan dalam menerima informasi

2)        Saran :
a)    Perlunya peningkatan koordinasi antara departemen advokasi dengan komting tiap rombel.
b)   Perlunya mencari informasi dari berbagai pihak.

b.    SPION (Scholarsip Program Information)
Nama Kegiatan          : SPION (Scholarsip Program Information)
Penanggung Jawab   : Anisa Fitriani (Departemen Advokasi)
Waktu Pelaksanaan  : Kondisional
Hasil Kegiatan           :
                                                            Daftar Penerima Beasiswa
                        Beasiswa PPA
No
Nama
NIM
Rombel
1.
Bayu Setya Abrori
1401415101
4A
2.
Mardiyana
1401415224
4A
3.
Dinar Ardiyani Azizah
1401415271
4B
4.
Dimas Trije Maghfur
1401415225
4C
5.
Septiyana Rizki Azizah
1401415317
4C
6.
Imam Faiz Septian
1401415288
4D
7.
Galih Aditya Purboyo
1401415323
4D
8.
Muhamad Hasbi Assidiqi
1401414028
6A
9.
Ismet Maulana
1401414269
6A
10.
Alfathur Riza
1401414123
6C
11.
Fandy Machfuzh
1401414466
6C
12.
Renggo Saputro
1401414238
6D
13.
Widya Nabilla
1401414350
6D

Evaluasi
1)        Kekurangan :
a)    Kurangnya informasi mengenai beasiswa
b)   Kurangnya komunikasi dan koordinasi dengan pihak lembaga
c)    Kurangnya koordinasi dengan penyebar informasi



2)        Saran
a)    Perlunya meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan pihak lembaga supaya meminimalisasi kesalahan.
b)   Perlunya peningkatan koordinasi antara sesama anggota rumah advokasi.
c)    Perencanaan dan pembagian tugas setiap anggota sebelum tanggal pelaksanaan maupun pada tanggal pelaksanaan harus tegas dan jelas.
d)   Kritik dan saran sebaiknya disampaikan secara langsung supaya tidak menimbulkan kesalahpahaman antar anggota rumah advokasi.

c.    Rumah Advokasi
            Nama Kegiatan          : Rumah Advokasi
            Penanggung Jawab    : Departemen Advokasi
            Hasil Kegiatan            :
1)   Banding UKT
Turun (2 anak) :
1.    Tofani Hedianto
2.    Agung Putra Buana
Tetap (21 anak) :
1.    Zulfa Salsabila
2.    Muhammad Arif Mukhson
3.    Nafisatur Rizqiyah
4.    Qristalia Putri Gayo Arilo
5.    Nur Khodri Reza
6.    Tiar Khoirul Widya
7.    Nazilatul Hikmah
8.    Nofita Widyaningsih
9.    Nur Ngaifah
10.      Dewi Wulandari
11.      Anggi Fina Amrina
12.      Yustiana Pangesti
13.      Dandy Yudha Herawan
14.      Al Fidyatus Solikhah
15.      Muhammad Hafiz Awaludin
16.      Afief Zuhryzal
17.      Imam Faiz Septian
18.      Indah Sulistio Pertiwi
19.      Arien Herawati
20.      Dessy Apriani
21.      Fandy Machfuzh

2)   Beasiswa
Beasiswa PPA
1.  Bayu Setya Abrori
2.  Mardiyana
3.  Dinar Ardiyani Azizah
4.  Dimas Trije Maghfur
5.  Septiyana Rizki Azizah
6.  Imam Faiz Septian
7.  Galih Aditya Purboyo
8.  Muhamad Hasbi Assidiqi
9.  Ismet Maulana
10.  Alfathur Riza
11.  Fandy Machfuzh
12.  Renggo Saputro
13.  Widya Nabilla

3)   Uang Jimpitan
PEMASUKAN (Bulan Januari, Maret, April, Mei 2017)
1.
Saldo Tahun 2016
Rp 4.074.100,-
2.
Angkatan 2014
Rp    880.000,-
3.
Angkatan 2015
Rp    624.000,-
4.
Angkatan 2016
Rp 1.320.000,-
TOTAL
Rp 6.898.100,-

PENGELUARAN (Bulan Januari, Maret, April, Mei 2017)
1.
Aksi I
Rp 2.900.000,-
2.
Porsajur 2017
Rp    500.000,-
TOTAL
Rp 3.400.000,-

TOTAL UANG JIMPITAN       : PEMASUKAN-PENGELUARAN
                                                  : Rp 6.898.100 – Rp 3.400.000
                                                  : Rp 3.498.100,-

3.    DEPARTEMEN SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN
a.    Jalan Santai
Nama Kegiatan              : Jalan Santai
Penanggung Jawab        : Departemen SOSMAS
Waktu                              : Jumat, 21 April 2017 pukul 07.30-08.30
Sumber Dana                 : Dana PNBP (Rp 100.000,-)
Sisa Dana                                    : Rp. -
Hasil Kegiatan               
Kegiatan jalan santai merupakan serangkaian dari kegiatan POSE 2017 dimana pembukaan POSE 2017 dibuka dengan jalan santai. Kegiatan ini ditujukan untuk seluruh mahasiswa PGSD UPP Tegal dan dosen maupun tendik yang berkenan ikut dalam acara tersebut. Seluruh peserta dikumpulkan menjadi satu di depan loby lama dan diawali dengan sambutan koordinator PGSD UPP Tegal yaitu Drs. Utoyo M.Pd. setelah itu peserta diarahkan untuk menuju pintu gerbang utama kampus. Kegiatan dimulai ditandai dengan pemotongan pita sebagai simbol dibukanya kegiatan POSE 2017 dan dilepaskannya peserta jalan santai untuk mengikuti jalur yang telah ditentukan panitia.

1)   Kendala
a)   Pengkondisian peserta saat persiapan jalan santai, peserta sulit untuk dikoordinasikan. Kebanyakan dari peserta duduk-duduk dengan alasan menunggu teman serombel.
b)   Pengkondisian rute jalan yang dilalui, karena melewati jalur utama kendaraan, panitia agak kewalahan untuk mengatur arus lalu lintas yang pada saat itu jam padat kendaraan
c)   Jumlah panitia yang mengatur jalannya kegiatan kurang karena ada yang menyiapkan lomba
2)   Saran 
a)   Koordinasikan mengenai persiapan kegiatan kepada mahasiswa secara matang, kemudian pengkondisian peserta juga harus lebih ditegaskan lagi untuk meminimalisir kegiatan yang tidak sesuai jamnya
b)   Untuk rute perjalanan bisa dialihkan ke jalan yang agak sepi ataupun membagi tugas kepada panitia secara merata untuk pengkondisian jalur yang dilewati peserta
c)   Pembagian panitia harus lebih dipertimbangkan lagi mengingat kegiatan ini bukan kegiatan yang dilakukan di dalam kampus, tanggung jawab panitia harus benar-benar dilaksanakan.

b.   Sedekah Ramadhan
Nama Kegiatan              : Sedekah Ramadhan
Penanggung Jawab        : Departemen SOSMAS
Waktu                              : Minggu, 7 Juni 2017
Sumber Dana                 : Dana PNBP (Rp 400.000,00)
Sisa Dana                                    : -
Hasil Kegiatan   
Sedekah ramadhan dilaksanakan bekerjasama dengan Forum Perempuan yang merupakan salah satu program kerja BEM KM korwil Tegal. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan membagikan sejumlah takjil kepada masyarakat yang membutuhkan. Sasaran utama dari pembagian ini adalah tukang becak, tuna wisma, pemulung dan orang yang membutuhkan lain. sebelum kegiatan dilaksanakan, pengurus HIMA berkumpul terlebih dahulu di kampus PGSD Tegal untuk melakukan koordinasi dengan Forum Perempuan. Setelah itu dilakukan pemplotingan tempat pembagian takjil tersebut. Sasaran tempatnya antara lain Perempatan Pacific Mall, Kardinah, Jogja Mall.

1)    Kendala
a)   Persiapan makanan (takjil) kurang dipersiapkan dengan matang, sehingga kegiatan tertunda
b)   Jumlah anggaran yang sedikit sehingga jumlah takjil yang disediakan pun seadanya, hal ini berimplikasi juga pada kurang meratanya pembagian takjil
c)   Jadwal kegiatan yang tidak sesuai rencana dikarenakan terkendala persiapan takjil yang kurang matang

2)   Saran
a)   Koordinasi dengan LK/BSO lain harus lebih ditingkatkan lagi sehingga persiapan kegiatan bisa lebih matang
b)   Cari dana sebanyak-banyaknya untuk menambah jumlah takjil yang akan dibagikan ataupun melakukan kerjasama dengan berbagai macam LK/BSO di PGSD maupun kerjasama dengan pihak ekstern PGSD sehingga bisa juga menambah relasi
c)   Rencanakan kegiatan lebih matang lagi dan sesuaikan dengan planning awal kegiatan sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik.

4.    DEPARTEMEN BAKAT DAN MINAT (BAKMIN)
a.    eXist for Community (X4C)
Nama Kegiatan               : eXist for Community (X4C)
Penanggung Jawab        : Departemen Bakmin
Waktu                              : Minggu pertama awal bulan
Hasil Kegiatan                :
          Mengkoordinir kegiatan dan latihan rutin untuk setiap komunitas dan mengadakan seragamisasi tetap untuk komunitas Olahraga.
b.    Pekan Olahraga, Seni dan Edukasi (POSE)
Nama Kegiatan               : Pekan Olahraga, Seni dan Edukasi (POSE)
Penanggung Jawab        : Departemen Bakmin
Waktu                              : 20 - 22 April 2017
Tempat                            : Kampus PGSD UPP Tegal FIP UNNES
Sasaran                           : Mahasiswa aktif PGSD UPP Tegal FIP  
                                          UNNES 
Sumber Dana                 : Dana PNBP Rp 2.000.000,-
Hambatan                       : Keterlambatan jadwal, sarana prasarana yang     
                                         kurang memadai, kurangnya partisipasi  
                                         mahasiswa.
Evaluasi                           : Perlunya kedisiplinan dan penambahan  
                                          perlengkapan.
Hasil Kegiatan                :
Kegiatan Pekan Olahraga, Seni dan Edukasi (POSE) 2017 berlangsung selama empat hari pada hari kamis s.d sabtu tanggal 20 s.d 22 April 2017. Kegiatan ini diadakan guna meningkatkan prestasi dan apresiasi seni dan olahraga yang tetap berorientasi pada nilai-nilai keagamaan, pengembangan bakat dan minat serta meningkatkan wawasan kependidikan mahasiswa PGSD UPP Tegal FIP UNNES. Adapun  kegiatan yang dilombakan yaitu Futsal, Memasak, Bola Voli, Bulutangkis, Basket, Tilawah, PHBS, Stand Up Comedy, Essay, Debat, Catur dan Story Telling. Beberapa kegiatan lain yang turut memeriahkan POSE 2017 adalah Stand Wirausahaan selama 2 hari yakni hari Kamis sampai Jum’at serta acara Pentas Seni pada hari terakhir kegiatan.
c.    Pelatihan Atlet Porsajur
Nama Kegiatan              : Pelatihan Atlet Porsajur
Penanggung Jawab        : Departemen Bakmin
Waktu                              : April - Mei 2017
Tempat                            : Kampus PGSD UPP Tegal FIP UNNES
Sasaran                           : Atlet Pendelegasian Porsajur.
Sumber Dana                 : -
Hambatan                      : Waktu yang terlalu berdekatan dengan  
                                            jadwal porsajur, dikarenakan jadwal   
                                            porsajur dimajukan karena bulan ramadhan.
Hasil Kegiatan               : Mempersiapkan atlet untuk pertandingan  
                                         dalam rangka Porsajur 2017 yang  
                                         diselenggarakan oleh BEM FIP.

d.   Pendelegasian Atlet Porsajur 2017
Nama Kegiatan              : Pendelegasian Atlet Porsajur 2017
Penanggung Jawab        : Departemen Bakmin
Waktu                              : Mei 2017
Tempat                            : Fakultas Ilmu Pendidikan (Tegal, Ngaliyan,  
                                         Sekaran)
Sasaran                           : Atlet Porsajur 2017 PGSD UPP Tegal FIP  
                                         UNNES
Sumber Dana                 : Dana PNBP Rp 2.000.000,-
  Hambatan                        : Jarak yang jauh serta koordinasi dengan  
                                            BEM FIP yang kurang maksimal.
Hasil Kegiatan                :
Dari kegitan Porsajur yang telah dilaksanakan, PGSD UPP Tegal memenangkan beberapa cabang perlombaan .

Cabang
Juara
Basket putri
1
Voli putra
2
Catur
2
Bulutangkis
1
Futsal
1

5.    DEPARTEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MAHASISWA
a.    Upacara
Nama Kegiatan              : Upacara Bendera
Penanggung Jawab        : Riska Ayu H. (Departemen PSDM)
Waktu Pelaksanaan       : sudah terlaksana 4 kali
1)   Awal perkuliahan semester genap
2)   Awal bulan Maret
3)   Awal bulan April
4)   Peringatan HUT RI yang ke-72

Hasil Kegiatan                :
Nama kegiatan ini adalah upacara bendera yang bertujuan untuk menanamkan sikap disiplin pada mahasiswa PGSD yang nantinya akan menjadi seorang pendidik. Peserta upacara bendera meliputi mahasiswa PGSD UPP Tegal yang masih aktif beserta dosen dan karyawan. Upacara dilaksanakan di lapangan tengah kampus PGSD UPP Tegal yang sekarang pelaksanaannya difokuskan pada setiap awal semester, akhir semester, dan awal bulan atau perayaan hari besar nasional saja karena kurang partisipasinya mahasiswa dan dosen dalam mengikuti upacara bendera jika upacara bendera dilaksanakan rutin setiap dua minggu sekali. Pelaksanaan upacara baru dilaksanakan empat kali karena banyaknya kendala seperti perkumpulan dosen di Semarang, lapangan yang tidak kondusif akibat hujan dan bulan Ramadhan. Pelaksanaan upacara bendera terlaksana dengan lancar walaupun masih ada kekurangan, seperti pelaksanaan yang masih belum tepat waktu dikarenakan mahasiswa datang terlambat dan saat upacara banyak mahasiswa yang ramai sendiri sehingga upacara kurang berjalan dengan khidmat.
Anggaran                        : Rp 8.000,- (dana dari kas HIMA)


Evaluasi Kegiatan          :
1)    Kekurangan :
a.    Latihan petugas upacara kurang maksimal.
b.   Masih banyak peserta yang datang terlambat.
c.    Sulitnya mengkondisikan peserta.

2)    Saran :
a.    Latihan dimaksimalkan lagi.
b.   Pemberian hukuman untuk mahasiswa yang terlambat lebih  
  ditegaskan lagi.

b.   Stand Kewirausahaan
Nama Kegiatan                          : Stand Kewirausahaan 2017
Penanggung Jawab                    : Mey Setyowati (Departemen PSDM)
Waktu Pelaksanaan                   : POSE 2017, Kamis- Jumat 20-21  
                                                     April 2017
Anggaran                                    : Rp 125.000,00 (dana kegiatan POSE)
Hasil Kegiatan                : 
Stand Kewirausahaan berhasil direalisasikan dalam kegiatan Pekan Olah Raga Seni dan Edukasi (POSE) 2017. Stand Kewirausahaan yang dilaksanakan selama dua hari pada hari Kamis - Jumat 20 - 21 April 2017, bertempat di area parkir baru dan halaman depan GOR PGSD UPP Tegal dan berlangsung sangat meriah setiap harinya. Dilaksanakannya Stand Kewirausahaan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan mahasiswa PGSD.
Sasaran kegiatan ini ditujukan untuk mahasiswa PGSD UPP Tegal semester 2, 4, dan 6. Dalam Stand Kewirausahaan ini, setiap kelas wajib mengirimkan minimal tiga orang pesertanya sebagai pengelola stand yang telah didirikan. Untuk stand kewirausahaan tahun ini dilombakan dan dimenangkan oleh rombel 2C.


  Evaluasi                           :
1)    Kekurangan :
a)   Kurangnya pengawasan dari panitia selama stand berlangsung.
b)   Masih ada peserta yang tidak disiplin waktu dalam membuka stand kewirausahaan.
c)   Minimnya stop kontak yang disediakan oleh panitia.
d)  Hujan yang berlangsung saat acara POSE sehingga mengharuskan peserta untuk berpindah tempat.

2)   Saran
a)   Penyediaan sarana dan prasarana lebih direncanakan.
b)   Pengawasan lebih diperketat.
c)   Pengadaan denda yang lebih ditegaskan lagi, untuk meningkatkan kedisiplinan peserta.

PENUTUP
Fungsionaris HIMA 2017 telah merealisasikan semua program  kerja selama setengah periode ini, dari 26 program kerja departemen yang di rencanakan, HIMA 2017 telah merealisasikan 13 program kerja.
Fungsionaris HIMA 2017 sudah berupaya semaksimal mungkin untuk merealisasikan semua program kerja yang telah direncanakan.











KETERANGAN
DEBET
KREDIT
SALDO
PEMASUKAN PNBP KE 1
11.860.000

11.860.000
PAJAK PNBP KE-1

468.000
11.392.000
TRANSPORT PNBP 1

727.000
10.665.000
PEMINDAHAN

2.000.000
8.665.000
PORSAJUR

1.500.000
7.165.000
POSE

2.000.000
5.165.000
SOSMAS TA’JIL

400.000
4.765.000
PEKKA

1.500.000
3.265.000
PENDELEGASIAN VERIFIKASI

400.000
2.865.000
PENDELEGASIAN PPA

500.000
2.365.000





KETERANGAN PEMINDAHAN
KETERANGAN
DEBET
KREDIT
JUMLAH
PEMINDAHAN 1
2.000.000


PROPOSAL BBQ & BHQ

250.000
250.000
KEADMINISTRASIAN PNBP

23.000
273.000
DELEGASI KE BEM KM

50.000
323.000
SEMNAS

300.000
623.000

1.377.000













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Motivasi Kisah Pribadi

Perjuangan Seorang “Kuli Bangunan untuk Kuliah” Berdasarkan kisah nyata pribadi Oleh : Abdul Aziz Saya tidak pernah menyangka sa...