LAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 2
DI SD NEGERI TEGALSARI 8 KOTA TEGAL
Disusun oleh
Nama : Abdul Aziz
NIM : 1401415322
Program
studi : PGSD, S1
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
TAHUN 2018
PENGESAHAN
Laporan
PPL 2 ini telah disusun sesuai dengan Pedoman PPL Unnes
Hari : Senin
Tanggal : 10
September 2018
Disahkan
oleh :
Kepala Sekolah Guru
Pamong
SDN Tegalsari 8
Sri
Esti Budiastuti, S.Pd SD
NIP 19630905
201406 2 001
KATA PENGANTAR
Alhamdulillahi Rabbil
alamin, puji Syukur kehadirat Allah swt. yang telah melimpahkan rahmat, taufik
dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan hasil
pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan 2 (PPL 2) di SD Tegalsari 8 Kota Tegal.
Praktik Pengalaman
Lapangan 2 (PPL 2) merupakan mata kuliah yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa
program kependidikan Universitas Negeri Semarang. PPL dilaksanakan dalam rangka membekali para
calon guru sekolah dasar tentang kondisi fisik sekolah, siswa, dan administrasi
di sekolah dasar secara nyata, serta memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk
terjun langsung di lapangan.
Kegiatan PPL dan
penyusunan laporan dapat diselesaikan atas bantuan dan dukungan dari berbagai
pihak. Oleh karenanya penulis mengucapkan terima kasih
kepada:
1.
Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum,
Rektor UNNES, yang telah memberikan
kesempatan mengikuti kuliah di jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES.
2.
Dr. Isnarto, M.Si., Kepala Pusat
Pengembangan PPL UNNES, yang telah memberikan pengarahan teknis pelaksanaan PPL
UNNES.
3.
Prof. Dr. Fakhruddin, M.Pd., Dekan FIP
UNNES, yang telah memberikan bimbingan PPL kepada seluruh mahasiswa semester 7
tahun 2018 Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES.
- Drs. Isa Ansori, M.Pd., Ketua Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES yang telah membantu menyiapkan dosen pembimbing dan mahasiswa peserta PPL di Jurusan masing-masing.
5.
Drs. Utoyo, M.Pd., Koordinator PGSD UPP
Tegal, yang telah memberikan bekal bimbingan kepada seluruh mahasiswa semester
7 jurusan PGSD UPP Tegal.
6.
Drs. Sigit Yulianto, M.Pd, Koordinator
dosen pembimbing di sekolah latihan SD N
Tegalsari 8 Kota Tegal
7.
Dr. Kurotul Aeni, M.Pd., selaku dosen
pembimbing penulis di sekolah latihan SD N Tegalsari 8, yang
senantiasa mendampingi dan memberi bimbingan selama pelaksanaan PPL.
8.
Nur Atikah, S.Pd., M.Si., Kepala SD N Tegalsari
8, yang telah menerima dengan baik serta memberikan bimbingan selama di sekolah
mitra.
9.
Bapak dan ibu guru serta Karyawan SD N Tegalsari
8 yang telah menerima dengan baik mahasiswa praktikan, memberikan informasi
yang dibutuhkan, dan senantiasa membimbing mahasiswa praktikan selama di
sekolah mitra.
10.
Rekan-rekan mahasiswa praktikan di SD Negeri Tegalsari 8 yang telah bekerjasama
dengan baik.
11.
Kedua orang tua dan keluarga tercinta
yang telah memberikan dorongan baik moril maupun materil.
12.
Semua pihak yang telah membantu
penyusunan laporan ini.
Semoga laporan pelaksanaan kegiatan PPL 2
ini, dapat bermanfaat bagi penulis dan
pembaca. Penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun guna lebih
meningkatkan kesempurnaan penyusunan laporan yang akan datang.
Tegal,
09 September 2018
Penulis
DAFTAR
ISI
JUDUL .............................................................................................................. i
PENGESAHAN ................................................................................................ ii
KATA PENGANTAR ...................................................................................... iii
DAFTAR ISI ..................................................................................................... v
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... vi
BAB
I PENDAHULUAN ................................................................................ 1
1.
Latar Belakang ....................................................................................... 1
2.
Tujuan .................................................................................................... 2
3.
Manfaat................................................................................................... 2
BAB
II LANDASAN TEORI........................................................................... 4
BAB
III PELAKSANAAN PPL ...................................................................... 6
1.
Waktu ..................................................................................................... 6
2.
Tempat.................................................................................................... 6
3.
Tahapan Kegiatan .................................................................................. 7
4.
Materi Kegiatan ..................................................................................... 10
5.
Proses Pembimbingan............................................................................. 10
6.
Faktor Pendukung
dan Penghambat PPL............................................... 11
LAMPIRAN-LAMPIRAN................................................................................ 14
DAFTAR LAMPIRAN
1.
Jurnal
Kegiatan ...................................................................................... 14
2.
Daftar
Presensi Mahasiswa .................................................................... 18
3.
Daftar Hadir
Koordinator Dosen Pembimbing ...................................... 25
4.
Daftar Hadir
Dosen Pembimbing........................................................... 26
5.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Terbimbing .................................... 27
6.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Mandiri ......................................... 40
7.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Ujian ............................................. 53
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Universitas
Negeri Semarang (UNNES) termasuk salah satu perguruan tinggi yang merupakan
lembaga pendidik tenaga keguruan (LPTK) yang akan mencetak dan menyiapkan
tenaga pendidikan yang professional.
Kompetensi calon tenaga
kependidikan tersebut dibentuk dan dikuatkan melalui kegiatan PPL yang wajib
dilaksanakan oleh mahasiswa program kependidikan Universitas Negeri Semarang.
Program Studi S1
PGSD mencetak dan menyiapkan calon guru sekolah dasar yang profesional dan
berkompeten, sehingga mampu ikut serta dalam
rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Salah satu program untuk
mencapai tujuan tersebut, universitas negeri semarang mewajibkan bagi mahasiswa
program studi S1 PGSD semester VII untuk melaksanakan kegiatan Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) pada sekolah-sekolah yang menjadi mitra.
Dalam kegiatan PPL, mahasiswa melaksanakan semua
kegiatan kurikuler dan ekstrakulikuler sebagai pelatihan untuk menerapkan teori
yang diperoleh dalam semester
sebelumnya, untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam
penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah dasar. Teori yang sudah
dimiliki tersebut dipadukan dengan pengalaman nyata dalam penyelenggaraan
pendidikan yang diperoleh di sekolah latihan. Dengan demikian mahasiswa siap
menjadi guru ketika telah menyelesaikan studi dan kembali kepada masyarakat
yang dapat menjadi calon pendidik yang profesional, berkualitas mampu menciptakan ide-ide dan meningkatkan
kualitas pendidikan di Indonesia.
1.2 Tujuan
Tujuan pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman
Lapangan 2 (PPL 2) adalah sebagai berikut.
1. Membentuk
mahasiswa S1 PGSD agar menjadi calon tenaga kependidikan yang professional,
sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan berdasarkan kompetensi paedagogik,
kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial.
2. Memberi
latihan kepada mahasiswa S1 PGSD dalam penyelenggaraan pendidikan sekolah dasar
dan pengajaran di sekolah dasar.
3. Membentuk
mahasiswa S1 PGSD sebagai calon guru yang memiliki sikap aktif, kreatif, dan
inovatif dalam hal penyelenggaraan pendidikan sekolah dasar dan pengajaran di
sekolah dasar.
4. Agar
mahasiswa S1 PGSD mengenal dan memahami tentang penyelenggaran pendidikan
sekolah dasar dan beberapa permasalahan yang mungkin terjadi di lingkungan
sekolah serta mempunyai kebijakan yang tepat dalam menyelesaikan masalah
tersebut.
5. Untuk
membekali para calon guru SD menjadi guru yang professional sesuai dengan
prinsip-prinsip pendidikan berdasarkan kompetensi professional dan
kemasyarakatan.
6. Untuk
mengembangkan kemampuan mahasiswa S1 PGSD dalam mengajar dan melaksanakan tugas
lain sebagai guru SD.
7. Untuk
melatih mahasiswa S1 PGSD memiliki sikap kreatif dan inovatif dalam
melaksanakan tugasnya.
8. Untuk
memenuhi mata kuliah PPL semester VII.
1.3 Manfaat
Manfaat dari
kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan
2 (PPL 2) bagi mahasiswa S1 PGSD adalah:
1.
Memiliki pengalaman tentang cara
penyelenggaraan pendidikan sekolah dasar dan pengajaran di sekolah dasar.
2.
Memiliki sikap yang aktif, kreatif, dan
inovatif dalam hal penyelenggaraan pendidikan sekolah dasar dan pengajaran di
sekolah dasar.
3.
Memiliki
kemampuan dan keterampilan dalam
menyelesaikan beberapa masalah yang akan terjadi di sekolah dasar tempat
mengajar.
4.
Memberikan pengalaman
kerja bagi mahasiswa,
sehingga mahasiswa dapat mengetahui bagaimana
kondisi dan cara
mengajar untuk selanjutnya
diterapkan nanti pada saat telah menjadi guru.
5.
Memberi
pengalaman kepada mahasiswa
mengenai tugas-tugas guru
tidak hanya mengajar, melainkan
tugas-tugas administrasi yang
harus dikerjakan dalam
meningkatkan mutu sekolah dan stabilitas kinerja di sekolah.
6. Mahasiswa dapat
mempraktekkan ilmu yang
didapat selama belajar
di kampus, dengan praktek langsung,
ilmu yang telah dipelajari di kampus dapat diterapkan untuk mengajar di
sekolah.
7. Sebagai perbaikan
mengajar, dengan praktek
pengalaman lapangan
mahasiswa dapat memperbaiki
ilmu terapan yang
sudah dipelajari dengan keadaan mengajar
yang sesungguhnya, sehingga
tercipta keluwesan pada
saat mengajar.
8. Memberi pengalaman
kepada mahasiswa mengenai tugas-tugas
guru tidak hanya mengajar,
melainkan tugas-tugas administrasi
yang harus dikerjakan dalam meningkatkan mutu sekolah
dan stabilitas kinerja di sekolah.
9. Mengajarkan kepada
mahasiswa untuk bersosialisasi kepada
rekan-rekan sesama guru dan masyarakat.
BAB
II
LANDASAN
TEORI
2.1 Landasan Yuridis
Landasan yuridi
pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa
kependidikan yaitu Peraturan Rektor Universitas
Negeri Semarang Nomor 28
Tahun 2017
Tentang Pedoman Praktik Pengalaman
Lapangan bagi mahasiswa program
kependidikan Universitas Negeri
Semarang menetapkan beberapa
peraturan yang dijadikan sebagai landasan
teori dalam pelaksanaan dan
penyusunan laporan, di antaranya adalah tentang pengertian PPL,
ruang lingkup PPL, dan dasar konseptual.
2.1.1
Definisi
PPL
Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) adalah semua kegiatan kurikuler yang harus dilakukan
oleh mahasiswa praktikan, sebagai pelatihan untuk menerapkan teori yang diperoleh dalam
semester-semester
sebelumnya, sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan agar
mereka memperoleh pengalaman dan keterampilan
lapangan dalam penyelenggaraan pendidikan
dan pengajaran di sekolah atau di tempat latihan.
2.1.2
Ruang
Lingkup
Ruang lingkup
Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan
sebagaimana dijelaskan pada Bab II pasal 2,
yang meliputi Praktik
mengajar, Praktik
administrasi, Praktik bimbingan
dan konseling serta kegiatan yang bersifat kokurikuler dan atau
ekstrakurikuler.
2.1.3
Dasar
Konseptual
Menurut Bab II pasal 3 tiga yang
berisi tentang dasar konseptual pelaksanaan PPL adalah:
1)
Tenaga
kependidikan terdapat di jalur
pendidikan sekolah dan
di jalur pendidikan di luar
sekolah.
2)
Salah
satu tugas Universitas
Negeri Semarang menyiapkan tenaga kependidikan
yang terdiri dari
tenaga pembimbing, tenaga pengajar,
dan tenaga kependidikan lainnya.
3)
Kompetensi calon
tenaga kependidikan sebagai
tenaga pembimbing, tenaga pengajar, tenaga pelatih, dan tenaga
kependidikan lainnya wajib
mengikuti proses pembentukan kompetensi melalui kegiatan PPL.
2.2
Landasan
Teoritis
Belajar adalah
suatu proses yang akan membawa perubahan setelahnya. menurut Herman Hudoyo (1990) belajar adalah suatu proses mendapat
pengetahuan atau pengalaman sehingga mengubah tingkah laku. Melalui proses
belajar maka seseorang akan mengalami perubahan yang kompleks. Perubahan dapat terjadi pada tingkah
laku, penambahan pengetahuan,
sikap, keterampilan, serta kecakapan. Pengetahuan dan pengalaman tersebut dapat
membantu mahasiswa PPL untuk lebih mengerti tentang karakteristik
siswa serta tentang tugas dan kewajiban sebagai guru terutama dalam
memberikan materi pelajaran kepada siswa.
Menurut Piaget
(2004:3) manusia tumbuh, beradaptasi dan berubah melalui perkembangan
fisik, perkembangan kepribadian, perkembangan
sosio-emosional dan perkembangan
kognitif. Keterhubungan teori
piaget dengan pelaksanaan
praktik mengajar yaitu,
setelah mahasiswa melakukan
praktik mengajar di sekolah, para mahasiswa praktikan akan beradaptasi
dengan lingkungan sekolah. Adaptasi tersebut berhubungan dengan
peningkatan kepribadian, yakni
meningkatkan kemantapan para mahasiswa untuk menjadi seorang guru. Selain itu, juga
bisa membantu mahasiswa dalam
meningkatkan perkembangan sosio-emosional, berkaitan dengan bagaimana
komunikasi dengan siswa, dengan guru-guru di sekolah dan dengan masyarakat sekitar sekolah.
BAB III
PELAKSANAAN PPL
3.1 Waktu Pelaksanaan
Kegiatan praktik
pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa jurusan pendidikan guru sekolah dasar
(PGSD) Tegal di SD Tegalsari 8 dimulai dari tanggal 30 Juli 2018 hingga 14
September 2018. Waktu pelaksanan serangkaian kegiatan PPL di SD Tegalsari 8
adalah sebagai berikut.
1) Tanggal
30 Juli 2018 sampai 01 Agustus 2018 dilaksanakan obeservasi dan orientasi
lingkungan sekolah yang merupakan rangkaian kegiatan praktik pengalaman
lapangan 1. Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok.
2) Tanggal
02 Agustus 2018 sampai tanggal 04 Agustus 2018 dilaksanakan observasi
pengajaran model.
3) Tanggal
06 Agustus 2018 sampai tanggal 18 Agustus 2018 dilaksanakan kegiatan pengajaran
terbimbing berbasis mata pelajaran.
4) Tanggal
20 Agustus sampai tanggal 01 September 2018 dilaksanakan kegiatan pengajaran
mandiri oleh setiap mahasiswa secara individu.
5) Tanggal
03 September 2018 sampai tanggal 13 September 2018 dilaksanakan kegiatan ujian
PPL 2.
3.2 Tempat Pelaksanaan
Kegiatan Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SD Negeri Tegalsari 8 Kota Tegal yang
terletak di Jl. Sawo No 29 RT 7 RW 5 Kecamatan Tegal, Barat Kota Tegal.
3.3 Tahapan Kegiatan
Kegiatan PPL dilakukan menjadi
beberapa tahapan yaitu :
3.3.1
PPL
1
PPL 1 meliputi
kegiatan microteaching, pembekalaan
dan ujian PPL 1, serta observasi dan orientasi di sekolah latihan. Berikut akan
dijelaskan tentang tahapan pada PPL 1:
1) Microteaching
Microteaching dilakukan di kampus dengan praktik mengajar
di dalam kelas dan teman-teman mahasiswa berperan sebagai siswa SD. Dalam microteaching mahasiswa dilatih untuk
mengajar dengan berbagai keterampilan
yang harus dimiliki guru.
2) Pembekalan
dan Ujian PPL 1
Pembekalan PPL merupakan kegiatan
pemberian materi tentang etika mahasiswa PPL dan juga materi tentang kegiatan
pembelajaran. Setelah dilakukan pembekalan, mahasiswa mengerjakan soal ujian
tertulis.
3) Observasi
dan Orientasi di Sekolah Latihan
Kegiatan ini dilakukan pada minggu
pertama PPL di sekolah latihan yang bertujuan agar mahasiswa mnegenal lingkungan
fisik maupun non fisik sehingga mahasiswa dapat beradaptasi dengan lingkungan
sekolah tempat latihan.
3.3.2
PPL
2
PPL 2 meliputi
perencanaan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran terbimbing, mandiri, ujian,
serta refleksi pembelajaran. Di samping melakukan pembelajaran di dalam kelas,
Mahasiswa juga melaksanakan kegiatan non pembelajaran. Kelas yang digunakan
untuk praktik mengajar yaitu kelas II, III, IV dan VI.
3.3.2.1
Kegiatan Pembelajaran
1) Pengajaran
terbimbing
Pelaksanaan pengajaran terbimbing
dilaksanakan mulai tanggal 06 Agustus 2018 sampai 18 Agustus 2018. Pengajaran terbimbing
dilakukan selama empat kali pertemuan pembelajaran berbasis mata pelajaran yang
terdiri dari kelas tinggi dan kelas rendah. Pada pengajaran terbimbing
mahasiswa diharuskan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang
dikonsultasikan dengan guru kelas, guru pamong dan dosen pembimbing. Mata
pelajaran yang digunakan pada saat pengajaran terbimbing yaitu Tematik kelas
II, Ilmu Pengetahuan Alam kelas III, Tematik kelas IV, dan Pendidikan Kewarganegaraan
kelas VI.
2) Pengajaran
Mandiri
Kegiatan
pembelajaran mandiri dilaksanakan mulai tanggal 20 Agustus 2018 sampai 01
September 2018. Kegiatan
pembelajaran mandiri merupakan
tugas mengajar mahasiswa praktikan
yang melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas selama sehari
penuh dari mulai jam pelajaran pertama
sampai terakhir pelajaran
di sekolah.
3) Ujian
PPL 2
Setelah melaksanakan pembelajaran
terbimbing dan pembelajaran mandiri, maka kegiatan pembelajaran yang dilakukan praktikan diakhiri dengan ujian PPL 2. Dalam
kegiatan ini, praktikan menyusun 2 (dua) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
dengan rincian 1 (satu) RPP kelas rendah dan 1 (satu) RPP kelas tinggi.
Penilaian ujian dilakukan oleh guru pamong (guru kelas) sebanyak 1 (satu) kali
penilaian, sedangkan bagi dosen pembimbing hanya dilakukan satu kali penilaian.
Pelaksanaan ujian PPL 2 pada tanggal 05 September 2018 sampai 08 September
2018. Jadwal kegiatan ujian PPL 2 terlampir.
3.3.2.2
Kegiatan non pembelajaran
Selain kegiatan
mengajar di kelas,
mahasiswa PPL juga melaksanakan
beberapa kegiatan di luar kelas atau non-pembelajaran, kegiatan tersebut
diantaranya yaitu sebagai berikut:
1) Kegiatan
Pramuka
Kegiatan pramuka dilaksanakan
setiap hari jumat pukul 15.00 sampai
dengan 17.00. Kegiatan pramuka diikuti oleh siswa kelas V, dan kelas VI.
Mahasiswa PPL menjadi pelatih/pembina dalam kegiatan pramuka ini. Pada tanggal 10-11
Agustus 2018 dilaksanakan perkemahan jumat-sabtu.
2) Kegiatan
Lomba 17 Agustus
Lomba 17 Agustus dilaksanakan paa
tanggal 18 Agustus 2018 bertempat di halaman sekolah, lombat tersebut
dilaksanakan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan. Lomba ini diikuti oleh
semua peserta didik dari kelas I sampai kelas VI.
3) Lomba
Gerak Jalan
Lomba gerak jalan dilaksanakan pada
tanggal 23 Agustus 2018 bertempat di lingkungan Alun-alun Kota Tegal. Sebelum
lomba mahasiswa PPL melaksankan pendampingan latihan siswa.
4) Karnaval
Karnaval dilaksanakan pada tanggal
25 Agustus 2018 bertempat di lingkungan Alun-Alun Kota Tegal. SD Negeri
Tegalsari 8 Kota Tegal mengirimkan perwakilan sebanyak 4 peserta didik (2 siswa
dan 2 siswi).
5) Latihan
lomba macapat
Latihan macapat dilaksanakan di SDN
Tegalsari 01. Praktikan mendampingi peserta didik yang sudah dipilih oleh pihak
sekolah untuk mewakili SDN Tegalsari 8. SDN Tegalsari 8 mengirimkan perwakilan
2 peserta didik.
3.4 Materi Kegiatan
Sebelum
melaksanakan tugas mengajar, mahasiswa PPL terlebih dahulu meminta
tugas kepada guru
pamong dan guru kelas yang akan digunakan untuk pengajaran terbimbing
maupun mandiri. Setelah itu mahasiswa mengkonsultasikan rencana pelaksanaan
pembelajaran kepada guru pamong, guru kelas dan dosen pembimbing. Mahasiswa akan mendapat bimbingan dari guru
pamong, guru kelas dan dosen pembimbing yang berkaitan dengan pelaksanaan
pembelajaran tugas mengajar PPL.
3.5 Proses Pembimbingan
1) Dosen
Pembimbing
Dosen pembimbing PPL di SD
Tegalsari 8 yaitu Drs. Sigit Yulianto dan Dr. Kurotul Aeni, M.Pd. Beliau
memberikan bimbingan kepada mahasiswa dalam merencanakan dan melaksanakan
kegiatan PPL di sekolah latihan. Dosen pembimbing memberikan motivasi kepada mahasiswa dan bertukar pikir
dengan mahasiswa tentang
cara-cara melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif.
2) Guru
Pamong dan Guru Kelas
Guru pamong dan
guru kelas yang bertugas membimbing mahasiswa PPL di SD Tegalsari 8 yaitu guru
kelas II, III, IV, dan VI. Guru pamong
tersebut yaitu:
a.
Sri Esti
Budiastuti, S.Pd SD : Guru Kelas II
b.
Nayny
Rif’ati, S.Pd. : Guru Kelas III
c.
Apriliana,
S.Pd. : Guru Kelas IV
d.
Tri
Lestyaningsih, S.Pd : Guru
Kelas VI
Guru-guru memberikan bimbingan
kepada mahasiswa dalam
menyusun rencana pelaksanaan
pembelajaran dan memberikan masukan, saran
dan kritik yang
membangun. Guru pamong mengamati
dan menilai penampilan mahasiswa
selama pembelajaran. Setelah pembelajaran selesai, guru
pamong merefleksi penampilan
mahasiswa dengan menyampaikan kelebihan
dan kekurangan dari
penampilan mahasiswa. Hasil
refleksi tersebut, dijadikan referensi
bagi mahasiswa untuk memperbaiki penampilan selanjutnya.
3.6 Faktor Pendukung dan Penghambat
3.6.1
Faktor
Pendukung
Faktor pendukung
pelaksanaan PPL di SD Tegalsari 8 antara lain:
1)
Lembaga dan Pusat Pengembangan PPL UNNES
yang memberikan layanan akademik PPL kepada
mahasiswa semester VII tahun akademik 2017/2018 dengan optimal.
2) Kesiapan
UNNES dalam memilih SD untuk PPL. UNNES PGSD UPP Tegal memberikan tempat
praktik PPL yang baik yaitu di SD Tegalsari 8 Kota Tegal.
3) Kebijaksanaan
Kepala Sekolah SD Tegalsari 8 yang mendukung penuh mahasiswa PPL.
4) Layanan bimbingan
yang diberikan oleh
dosen pembimbing dilaksanakan
dengan baik, karena
frekuensi kedatangan dosen pembimbing ke
sekolah yang lebih dari
cukup, dan dosen pembimbing melaksanakan
tanggung jawab untuk
menilai dan mengamati mahasiswa
ketika ujian.
5) Layanan
bimbingan oleh guru pamong dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dan
cara-cara mengondisikan
masing-masing kelas dilaksanakan
optimal. Guru pamong membimbing mahasiswa dengan semaksimal
mungkin agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
6) Dukungan
yang baik dari dewan guru SD Tegalsari 8 Kota Tegal terhadap program
pelaksanaan PPL dan dalam berbagi
ilmu pengetahuan dan pengalaman mengajar. Siswa yang aktif dan
kritis pada saat pembelajaran, menjadikan suasana kelas menjadi
hidup dan antusias. Keaktifan siswa-siswa SD Negeri Tegalsari 8
menjadikan penulis lebih bersemangat dalam melaksanakan praktik mengajar di
kelas.
7) Kondisi fisik
dan lingkungan sekolah
yang bersih dan nyaman untuk dilangsungkannya kegiatan
belajar mengajar.
8) Sarana dan
prasarana sekolah yang
cukup memadai, sehingga memudahkan dalam penyampaian materi.
9) Kekompakan
kelompok PPL di SD Tegalsari 8 Kota Tegal. Semua masalah yang muncul dapat
diselesaikan dengan baik. Saling memberi saran dan bantuan jika ada anggota
kelompok yang membutuhkan.
3.6.2
Faktor
Penghambat
Dalam melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman
Lapangan mahasiswa tidak menemui suatu hambatan yang terlalu
berarti. Faktor penghambat yang ada
dapat di hadapi dengan baik. Faktor penghambat pelaksanaan Praktik Pengalaman Mengajar di SD Negeri Tegalsari 8 antara lain:
1)
Adanya siswa yang suka menggangu teman, sehingga
dapat mengurangi konsentrasi teman yang lain, sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran kurang efektif.
2)
Adanya banyak kegiatan dari sekolah
maupun luar sekolah di bulan Agustus 2018. Mengakibatkan praktikan harus
menyesuaikan jadwal praktikan dengan kegiatan-kegiatan tersebut.
BAB
IV
PENUTUP
4.1 Simpulan
Universitas
Negeri Semarang (UNNES) termasuk salah satu perguruan tinggi yang merupakan
lembaga pendidik tenaga keguruan (LPTK) yang akan mencetak dan menyiapkan
tenaga pendidikan yang professional.
Kompetensi calon tenaga
kependidikan tersebut dibentuk dan dikuatkan melalui kegiatan PPL yang wajib
dilaksanakan oleh mahasiswa program kependidikan Universitas Negeri Semarang.
Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) adalah semua kegiatan kurikuler yang harus dilakukan
oleh mahasiswa praktikan, sebagai pelatihan untuk menerapkan teori yang
diperoleh dalam semester-semester sebelumnya,
sesuai dengan persyaratan yang
telah ditetapkan agar mereka memperoleh pengalaman dan keterampilan lapangan
dalam penyelenggaraan pendidikan
dan pengajaran di sekolah atau di tempat latihan. Kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL)
mahasiswa jurusan pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) Tegal di SD Tegalsari 8
dimulai dari tanggal 30 Juli 2018 hingga 14 September 2018.
4.2
Saran
Pemanfaaatan
media seperti KIT IPA dan media pembelajaran lain perlu ditingkatkan lagi,
mengingat kontribusi media pembelajaran terhadap keefektifan proses
pembelajaran sangatlah besar. Selain itu, pemanfaatan sumber pembelajaran
seperti buku-buku di perpustakaan dan sumber belajar lain yang tersedia dalam
kelas perlu ditingkatkan lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar