Jumat, 28 September 2018

Laporan PPL 2 di SDN Tegalsari 8 Kota Tegal


LAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 2
DI SD NEGERI TEGALSARI 8 KOTA TEGAL








Disusun oleh
Nama                      : Abdul Aziz
NIM                                    : 1401415322
Program studi         : PGSD, S1





FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
TAHUN 2018
PENGESAHAN


Laporan PPL 2 ini telah disusun sesuai dengan Pedoman PPL Unnes
Hari                 : Senin
Tanggal           : 10 September 2018


Disahkan oleh :

Kepala Sekolah                                                           Guru Pamong
SDN Tegalsari 8



                                                                   Sri Esti Budiastuti, S.Pd SD  
                                                                                    NIP 19630905 201406 2 001










KATA PENGANTAR

Alhamdulillahi Rabbil alamin, puji Syukur kehadirat Allah swt. yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan hasil pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan 2 (PPL 2) di SD Tegalsari 8 Kota Tegal.
Praktik Pengalaman Lapangan 2 (PPL 2) merupakan mata kuliah yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa program kependidikan Universitas Negeri Semarang.  PPL dilaksanakan dalam rangka membekali para calon guru sekolah dasar tentang kondisi fisik sekolah, siswa, dan administrasi di sekolah dasar secara nyata, serta memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk terjun langsung di lapangan.
Kegiatan PPL dan penyusunan laporan dapat diselesaikan atas bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karenanya penulis mengucapkan terima kasih
kepada:
1.      Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum, Rektor  UNNES, yang telah memberikan kesempatan mengikuti kuliah di jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES.
2.      Dr. Isnarto, M.Si., Kepala Pusat Pengembangan PPL UNNES, yang telah memberikan pengarahan teknis pelaksanaan PPL UNNES.
3.      Prof. Dr. Fakhruddin, M.Pd., Dekan FIP UNNES, yang telah memberikan bimbingan PPL kepada seluruh mahasiswa semester 7 tahun 2018 Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES.
  1. Drs. Isa Ansori, M.Pd., Ketua Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES yang telah membantu menyiapkan dosen pembimbing dan mahasiswa peserta PPL di Jurusan masing-masing.
5.      Drs. Utoyo, M.Pd., Koordinator PGSD UPP Tegal, yang telah memberikan bekal bimbingan kepada seluruh mahasiswa semester 7 jurusan PGSD UPP Tegal.
6.      Drs. Sigit Yulianto, M.Pd, Koordinator dosen pembimbing di sekolah latihan SD N  Tegalsari 8 Kota Tegal
7.      Dr. Kurotul Aeni, M.Pd., selaku dosen pembimbing  penulis  di sekolah latihan SD N Tegalsari 8, yang senantiasa mendampingi dan memberi bimbingan selama pelaksanaan PPL.
8.      Nur Atikah, S.Pd., M.Si., Kepala SD N Tegalsari 8, yang telah menerima dengan baik serta memberikan bimbingan selama di sekolah mitra.
9.      Bapak dan ibu guru serta Karyawan SD N Tegalsari 8 yang telah menerima dengan baik mahasiswa praktikan, memberikan informasi yang dibutuhkan, dan senantiasa membimbing mahasiswa praktikan selama di sekolah mitra.
10.  Rekan-rekan  mahasiswa praktikan di SD  Negeri Tegalsari 8 yang telah bekerjasama dengan baik.
11.  Kedua orang tua dan keluarga tercinta yang telah memberikan dorongan baik moril maupun materil.
12.  Semua pihak yang telah membantu penyusunan laporan ini.
Semoga laporan pelaksanaan kegiatan PPL 2 ini,  dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca. Penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun guna lebih meningkatkan kesempurnaan penyusunan laporan yang akan datang.

Tegal, 09 September 2018
Penulis


DAFTAR ISI
JUDUL ..............................................................................................................   i
PENGESAHAN ................................................................................................   ii
KATA PENGANTAR ......................................................................................   iii
DAFTAR ISI .....................................................................................................   v
DAFTAR LAMPIRAN......................................................................................   vi
BAB I PENDAHULUAN ................................................................................   1
1.      Latar Belakang .......................................................................................   1
2.      Tujuan ....................................................................................................   2
3.      Manfaat...................................................................................................   2
BAB II LANDASAN TEORI...........................................................................   4
BAB III PELAKSANAAN PPL ......................................................................   6
1.      Waktu .....................................................................................................   6
2.      Tempat....................................................................................................   6
3.      Tahapan Kegiatan ..................................................................................   7
4.      Materi Kegiatan .....................................................................................   10
5.      Proses Pembimbingan.............................................................................   10
6.      Faktor Pendukung dan Penghambat PPL...............................................   11
LAMPIRAN-LAMPIRAN................................................................................   14


DAFTAR LAMPIRAN

1.      Jurnal Kegiatan ......................................................................................   14
2.      Daftar Presensi Mahasiswa ....................................................................   18
3.      Daftar Hadir Koordinator Dosen Pembimbing ......................................   25
4.      Daftar Hadir Dosen Pembimbing...........................................................   26
5.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terbimbing ....................................   27
6.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mandiri .........................................   40
7.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Ujian .............................................   53

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Universitas Negeri Semarang (UNNES) termasuk salah satu perguruan tinggi yang merupakan lembaga pendidik tenaga keguruan (LPTK) yang akan mencetak dan menyiapkan tenaga pendidikan yang professional.  Kompetensi calon  tenaga kependidikan tersebut dibentuk dan dikuatkan melalui kegiatan PPL yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa program kependidikan Universitas Negeri Semarang.
Program Studi S1 PGSD mencetak dan menyiapkan calon guru sekolah dasar yang profesional dan berkompeten, sehingga mampu ikut serta dalam  rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Salah satu program untuk mencapai tujuan tersebut, universitas negeri semarang mewajibkan bagi mahasiswa program studi S1 PGSD semester VII untuk melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada sekolah-sekolah yang menjadi mitra.
Dalam kegiatan PPL, mahasiswa melaksanakan semua kegiatan kurikuler dan ekstrakulikuler sebagai pelatihan untuk menerapkan teori yang diperoleh dalam semester  sebelumnya, untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah dasar. Teori yang sudah dimiliki tersebut dipadukan dengan pengalaman nyata dalam penyelenggaraan pendidikan yang diperoleh di sekolah latihan. Dengan demikian mahasiswa siap menjadi guru ketika telah menyelesaikan studi dan kembali kepada masyarakat yang dapat menjadi calon pendidik yang profesional, berkualitas  mampu menciptakan ide-ide dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

1.2  Tujuan
Tujuan pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan 2 (PPL 2) adalah sebagai berikut.
1.      Membentuk mahasiswa S1 PGSD agar menjadi calon tenaga kependidikan yang professional, sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan berdasarkan kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial.
2.      Memberi latihan kepada mahasiswa S1 PGSD dalam penyelenggaraan pendidikan sekolah dasar dan pengajaran di sekolah dasar.
3.      Membentuk mahasiswa S1 PGSD sebagai calon guru yang memiliki sikap aktif, kreatif, dan inovatif dalam hal penyelenggaraan pendidikan sekolah dasar dan pengajaran di sekolah dasar.
4.      Agar mahasiswa S1 PGSD mengenal dan memahami tentang penyelenggaran pendidikan sekolah dasar dan beberapa permasalahan yang mungkin terjadi di lingkungan sekolah serta mempunyai kebijakan yang tepat dalam menyelesaikan masalah tersebut.
5.      Untuk membekali para calon guru SD menjadi guru yang professional sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan berdasarkan kompetensi professional dan kemasyarakatan.
6.      Untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa S1 PGSD dalam mengajar dan melaksanakan tugas lain sebagai guru SD.
7.      Untuk melatih mahasiswa S1 PGSD memiliki sikap kreatif dan inovatif dalam melaksanakan tugasnya.
8.      Untuk memenuhi mata kuliah PPL semester VII.

1.3  Manfaat
Manfaat dari kegiatan  Praktek Pengalaman Lapangan 2  (PPL 2) bagi mahasiswa S1 PGSD adalah:
1.         Memiliki pengalaman tentang cara penyelenggaraan pendidikan sekolah dasar dan pengajaran di sekolah dasar.  
2.         Memiliki sikap yang aktif, kreatif, dan inovatif dalam hal penyelenggaraan pendidikan sekolah dasar dan pengajaran di sekolah dasar.  
3.         Memiliki  kemampuan  dan keterampilan dalam menyelesaikan beberapa masalah yang akan terjadi di sekolah dasar tempat mengajar.
4.         Memberikan  pengalaman  kerja  bagi  mahasiswa,  sehingga  mahasiswa  dapat mengetahui  bagaimana  kondisi  dan  cara  mengajar  untuk  selanjutnya  diterapkan nanti pada saat telah menjadi guru.  
5.         Memberi  pengalaman  kepada  mahasiswa  mengenai  tugas-tugas  guru  tidak hanya  mengajar,  melainkan  tugas-tugas  administrasi   yang  harus  dikerjakan dalam meningkatkan mutu sekolah dan stabilitas kinerja di sekolah.  
6.      Mahasiswa  dapat  mempraktekkan  ilmu  yang  didapat  selama  belajar  di kampus, dengan praktek langsung,  ilmu yang telah dipelajari di kampus dapat diterapkan untuk mengajar di sekolah.  
7.      Sebagai  perbaikan  mengajar,  dengan  praktek  pengalaman  lapangan mahasiswa  dapat  memperbaiki  ilmu  terapan  yang  sudah  dipelajari dengan keadaan  mengajar  yang  sesungguhnya,  sehingga  tercipta  keluwesan  pada  saat mengajar.  
8.      Memberi  pengalaman  kepada  mahasiswa  mengenai  tugas-tugas  guru  tidak hanya  mengajar,  melainkan  tugas-tugas  administrasi  yang  harus  dikerjakan dalam meningkatkan mutu sekolah dan stabilitas kinerja di sekolah.  
9.      Mengajarkan  kepada  mahasiswa  untuk  bersosialisasi  kepada  rekan-rekan sesama guru dan masyarakat.

BAB II
LANDASAN TEORI

2.1  Landasan Yuridis
Landasan yuridi pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa kependidikan yaitu Peraturan Rektor Universitas  Negeri  Semarang  Nomor 28  Tahun  2017  Tentang  Pedoman Praktik  Pengalaman  Lapangan  bagi mahasiswa  program  kependidikan  Universitas    Negeri    Semarang  menetapkan  beberapa  peraturan  yang  dijadikan sebagai  landasan  teori dalam  pelaksanaan  dan    penyusunan  laporan,  di antaranya adalah tentang pengertian PPL, ruang lingkup PPL, dan dasar konseptual.
2.1.1          Definisi PPL
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah semua kegiatan kurikuler yang harus dilakukan oleh mahasiswa praktikan,  sebagai  pelatihan untuk menerapkan teori yang diperoleh  dalam   semester-semester  sebelumnya,  sesuai  dengan persyaratan yang telah ditetapkan agar mereka memperoleh pengalaman dan keterampilan   lapangan  dalam  penyelenggaraan  pendidikan  dan pengajaran di sekolah atau di tempat latihan. 
2.1.2        Ruang Lingkup
Ruang lingkup Kegiatan Praktik Pengalaman  Lapangan sebagaimana dijelaskan pada Bab II pasal 2,  yang  meliputi  Praktik  mengajar,  Praktik administrasi,  Praktik  bimbingan  dan  konseling serta  kegiatan yang bersifat kokurikuler dan atau ekstrakurikuler.
2.1.3        Dasar Konseptual
Menurut Bab II pasal 3 tiga yang berisi tentang dasar konseptual pelaksanaan PPL adalah:

1)        Tenaga  kependidikan terdapat  di  jalur  pendidikan  sekolah  dan  di  jalur pendidikan di luar sekolah. 
2)        Salah  satu  tugas  Universitas  Negeri  Semarang  menyiapkan tenaga  kependidikan   yang   terdiri    dari    tenaga   pembimbing, tenaga  pengajar,  dan tenaga kependidikan lainnya. 
3)        Kompetensi  calon  tenaga  kependidikan  sebagai  tenaga pembimbing, tenaga pengajar, tenaga pelatih, dan tenaga kependidikan  lainnya  wajib  mengikuti  proses  pembentukan kompetensi melalui kegiatan PPL.
2.2      Landasan Teoritis
Belajar adalah suatu proses yang akan membawa perubahan setelahnya. menurut Herman Hudoyo  (1990) belajar adalah suatu proses mendapat pengetahuan atau pengalaman sehingga mengubah tingkah laku. Melalui proses belajar maka seseorang akan mengalami  perubahan  yang kompleks. Perubahan dapat terjadi  pada tingkah  laku,  penambahan pengetahuan, sikap, keterampilan, serta kecakapan. Pengetahuan dan pengalaman tersebut dapat membantu mahasiswa PPL untuk lebih mengerti tentang  karakteristik  siswa serta tentang tugas dan kewajiban sebagai guru terutama dalam memberikan materi pelajaran kepada siswa.
Menurut Piaget (2004:3) manusia tumbuh, beradaptasi dan berubah melalui  perkembangan  fisik,  perkembangan  kepribadian, perkembangan sosio-emosional  dan  perkembangan  kognitif.  Keterhubungan  teori  piaget dengan  pelaksanaan praktik  mengajar  yaitu,  setelah  mahasiswa  melakukan  praktik mengajar di sekolah, para mahasiswa praktikan akan  beradaptasi  dengan  lingkungan  sekolah. Adaptasi  tersebut berhubungan  dengan  peningkatan  kepribadian, yakni meningkatkan kemantapan para mahasiswa untuk menjadi seorang guru. Selain itu,  juga  bisa membantu  mahasiswa dalam meningkatkan perkembangan sosio-emosional, berkaitan dengan bagaimana komunikasi dengan  siswa, dengan  guru-guru di sekolah  dan dengan masyarakat sekitar sekolah.


BAB III
PELAKSANAAN PPL

3.1  Waktu Pelaksanaan
Kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa jurusan pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) Tegal di SD Tegalsari 8 dimulai dari tanggal 30 Juli 2018 hingga 14 September 2018. Waktu pelaksanan serangkaian kegiatan PPL di SD Tegalsari 8 adalah sebagai berikut.
1)   Tanggal 30 Juli 2018 sampai 01 Agustus 2018 dilaksanakan obeservasi dan orientasi lingkungan sekolah yang merupakan rangkaian kegiatan praktik pengalaman lapangan 1. Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok.
2)   Tanggal 02 Agustus 2018 sampai tanggal 04 Agustus 2018 dilaksanakan observasi pengajaran model.
3)   Tanggal 06 Agustus 2018 sampai tanggal 18 Agustus 2018 dilaksanakan kegiatan pengajaran terbimbing berbasis mata pelajaran.
4)   Tanggal 20 Agustus sampai tanggal 01 September 2018 dilaksanakan kegiatan pengajaran mandiri oleh setiap mahasiswa secara individu.
5)   Tanggal 03 September 2018 sampai tanggal 13 September 2018 dilaksanakan kegiatan ujian PPL 2.

3.2  Tempat Pelaksanaan
Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SD Negeri Tegalsari 8 Kota Tegal yang terletak di Jl. Sawo No 29 RT 7 RW 5 Kecamatan Tegal, Barat Kota Tegal.




3.3  Tahapan Kegiatan
Kegiatan PPL dilakukan menjadi beberapa tahapan yaitu :
3.3.1         PPL 1
PPL 1 meliputi kegiatan microteaching, pembekalaan dan ujian PPL 1, serta observasi dan orientasi di sekolah latihan. Berikut akan dijelaskan tentang tahapan pada PPL 1:
1)      Microteaching
Microteaching  dilakukan di kampus dengan praktik mengajar di dalam kelas dan teman-teman mahasiswa berperan sebagai siswa SD. Dalam microteaching mahasiswa dilatih untuk mengajar dengan berbagai keterampilan  yang harus dimiliki guru.
2)      Pembekalan dan Ujian PPL 1
Pembekalan PPL merupakan kegiatan pemberian materi tentang etika mahasiswa PPL dan juga materi tentang kegiatan pembelajaran. Setelah dilakukan pembekalan, mahasiswa mengerjakan soal ujian tertulis.
3)      Observasi dan Orientasi di Sekolah Latihan
Kegiatan ini dilakukan pada minggu pertama PPL di sekolah latihan yang bertujuan agar mahasiswa mnegenal lingkungan fisik maupun non fisik sehingga mahasiswa dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah tempat latihan.

3.3.2         PPL 2
PPL 2 meliputi perencanaan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran terbimbing, mandiri, ujian, serta refleksi pembelajaran. Di samping melakukan pembelajaran di dalam kelas, Mahasiswa juga melaksanakan kegiatan non pembelajaran. Kelas yang digunakan untuk praktik mengajar yaitu kelas II, III, IV dan VI.


3.3.2.1 Kegiatan Pembelajaran
1)      Pengajaran terbimbing
Pelaksanaan pengajaran terbimbing dilaksanakan mulai tanggal 06 Agustus 2018 sampai 18 Agustus 2018. Pengajaran terbimbing dilakukan selama empat kali pertemuan pembelajaran berbasis mata pelajaran yang terdiri dari kelas tinggi dan kelas rendah. Pada pengajaran terbimbing mahasiswa diharuskan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dikonsultasikan dengan guru kelas, guru pamong dan dosen pembimbing. Mata pelajaran yang digunakan pada saat pengajaran terbimbing yaitu Tematik kelas II, Ilmu Pengetahuan Alam kelas III, Tematik kelas IV, dan Pendidikan Kewarganegaraan kelas VI.
2)      Pengajaran Mandiri
Kegiatan pembelajaran mandiri dilaksanakan mulai tanggal 20 Agustus 2018 sampai 01 September 2018. Kegiatan   pembelajaran   mandiri    merupakan   tugas mengajar  mahasiswa  praktikan  yang  melaksanakan  kegiatan pembelajaran di kelas selama sehari penuh dari mulai jam pelajaran pertama  sampai  terakhir  pelajaran  di  sekolah.
3)      Ujian PPL 2
Setelah melaksanakan pembelajaran terbimbing dan pembelajaran mandiri, maka kegiatan pembelajaran yang dilakukan  praktikan diakhiri dengan ujian PPL 2. Dalam kegiatan ini, praktikan menyusun 2 (dua) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan rincian 1 (satu) RPP kelas rendah dan 1 (satu) RPP kelas tinggi. Penilaian ujian dilakukan oleh guru pamong (guru kelas) sebanyak 1 (satu) kali penilaian, sedangkan bagi dosen pembimbing hanya dilakukan satu kali penilaian. Pelaksanaan ujian PPL 2 pada tanggal 05 September 2018 sampai 08 September 2018. Jadwal kegiatan ujian PPL 2 terlampir.

3.3.2.2 Kegiatan non pembelajaran
Selain  kegiatan  mengajar  di  kelas,  mahasiswa  PPL juga  melaksanakan  beberapa kegiatan di luar kelas atau non-pembelajaran, kegiatan tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut:
1)      Kegiatan Pramuka
Kegiatan pramuka dilaksanakan setiap hari jumat  pukul 15.00 sampai dengan 17.00. Kegiatan pramuka diikuti oleh siswa kelas V, dan kelas VI. Mahasiswa PPL menjadi pelatih/pembina dalam kegiatan pramuka ini. Pada tanggal 10-11 Agustus 2018 dilaksanakan perkemahan jumat-sabtu.
2)      Kegiatan Lomba 17 Agustus
Lomba 17 Agustus dilaksanakan paa tanggal 18 Agustus 2018 bertempat di halaman sekolah, lombat tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan. Lomba ini diikuti oleh semua peserta didik dari kelas I sampai kelas VI.
3)      Lomba Gerak Jalan
Lomba gerak jalan dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2018 bertempat di lingkungan Alun-alun Kota Tegal. Sebelum lomba mahasiswa PPL melaksankan pendampingan latihan siswa.
4)      Karnaval
Karnaval dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2018 bertempat di lingkungan Alun-Alun Kota Tegal. SD Negeri Tegalsari 8 Kota Tegal mengirimkan perwakilan sebanyak 4 peserta didik (2 siswa dan 2 siswi).
5)      Latihan lomba macapat
Latihan macapat dilaksanakan di SDN Tegalsari 01. Praktikan mendampingi peserta didik yang sudah dipilih oleh pihak sekolah untuk mewakili SDN Tegalsari 8. SDN Tegalsari 8 mengirimkan perwakilan 2 peserta didik.


3.4  Materi Kegiatan
Sebelum melaksanakan tugas  mengajar,  mahasiswa PPL terlebih dahulu meminta tugas  kepada  guru  pamong dan guru kelas yang akan digunakan untuk pengajaran terbimbing maupun mandiri. Setelah itu mahasiswa mengkonsultasikan rencana  pelaksanaan  pembelajaran kepada  guru  pamong, guru kelas dan dosen pembimbing.  Mahasiswa akan mendapat bimbingan dari guru pamong, guru kelas dan dosen pembimbing yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran tugas mengajar PPL.

3.5  Proses Pembimbingan
1)      Dosen Pembimbing
Dosen pembimbing PPL di SD Tegalsari 8 yaitu Drs. Sigit Yulianto dan Dr. Kurotul Aeni, M.Pd. Beliau memberikan bimbingan kepada mahasiswa dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan PPL di sekolah latihan. Dosen pembimbing  memberikan motivasi kepada mahasiswa  dan  bertukar  pikir  dengan  mahasiswa  tentang  cara-cara melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif.
2)      Guru Pamong dan Guru Kelas
Guru pamong dan guru kelas yang bertugas membimbing mahasiswa PPL di SD Tegalsari 8 yaitu guru kelas  II, III, IV, dan VI. Guru pamong tersebut yaitu:
a.         Sri Esti Budiastuti, S.Pd SD     : Guru Kelas II
b.        Nayny Rif’ati, S.Pd.                  : Guru Kelas III
c.         Apriliana, S.Pd.                         : Guru Kelas IV
d.        Tri Lestyaningsih, S.Pd             : Guru Kelas VI
Guru-guru memberikan  bimbingan  kepada  mahasiswa dalam menyusun  rencana  pelaksanaan  pembelajaran  dan  memberikan masukan,  saran  dan  kritik  yang  membangun. Guru pamong mengamati  dan menilai  penampilan  mahasiswa  selama  pembelajaran.  Setelah pembelajaran selesai,  guru  pamong merefleksi  penampilan mahasiswa dengan  menyampaikan  kelebihan  dan  kekurangan  dari  penampilan mahasiswa.  Hasil refleksi tersebut, dijadikan referensi  bagi mahasiswa untuk memperbaiki penampilan selanjutnya.

3.6  Faktor Pendukung dan Penghambat
3.6.1        Faktor Pendukung
Faktor pendukung pelaksanaan PPL di SD Tegalsari 8 antara lain: 
1)        Lembaga dan Pusat Pengembangan PPL UNNES yang memberikan layanan akademik PPL kepada  mahasiswa semester VII tahun akademik 2017/2018 dengan optimal.
2)      Kesiapan UNNES dalam memilih SD untuk PPL. UNNES PGSD UPP Tegal memberikan tempat praktik PPL yang baik yaitu di SD Tegalsari 8 Kota Tegal.
3)      Kebijaksanaan Kepala Sekolah SD Tegalsari 8 yang mendukung penuh mahasiswa PPL.
4)      Layanan    bimbingan   yang  diberikan   oleh  dosen    pembimbing  dilaksanakan  dengan  baik,  karena  frekuensi  kedatangan  dosen pembimbing  ke  sekolah yang  lebih  dari  cukup,  dan  dosen pembimbing  melaksanakan  tanggung  jawab  untuk  menilai  dan mengamati mahasiswa ketika ujian.
5)      Layanan bimbingan oleh guru pamong dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran  dan  cara-cara  mengondisikan masing-masing  kelas  dilaksanakan  optimal.  Guru  pamong membimbing mahasiswa dengan semaksimal mungkin agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
6)      Dukungan yang baik dari dewan guru SD Tegalsari 8 Kota Tegal terhadap  program  pelaksanaan PPL dan  dalam berbagi ilmu pengetahuan  dan  pengalaman mengajar. Siswa yang aktif dan kritis pada saat pembelajaran, menjadikan suasana  kelas menjadi  hidup  dan antusias.  Keaktifan siswa-siswa SD Negeri Tegalsari 8 menjadikan penulis lebih bersemangat dalam melaksanakan praktik mengajar di kelas.
7)      Kondisi  fisik  dan  lingkungan  sekolah  yang  bersih  dan nyaman untuk dilangsungkannya kegiatan belajar mengajar.
8)      Sarana  dan  prasarana  sekolah  yang  cukup  memadai,  sehingga memudahkan dalam penyampaian materi.
9)      Kekompakan kelompok PPL di SD Tegalsari 8 Kota Tegal. Semua masalah yang muncul dapat diselesaikan dengan baik. Saling memberi saran dan bantuan jika ada anggota kelompok yang membutuhkan.

3.6.2        Faktor Penghambat
Dalam melaksanakan  kegiatan Praktik  Pengalaman  Lapangan mahasiswa tidak menemui suatu hambatan yang terlalu berarti.  Faktor penghambat yang ada dapat di hadapi dengan baik. Faktor penghambat pelaksanaan Praktik  Pengalaman Mengajar di SD  Negeri Tegalsari 8 antara lain:
1)        Adanya siswa yang suka  menggangu teman,  sehingga  dapat mengurangi konsentrasi teman yang lain, sehingga dapat  mengakibatkan pembelajaran kurang efektif.
2)        Adanya banyak kegiatan dari sekolah maupun luar sekolah di bulan Agustus 2018. Mengakibatkan praktikan harus menyesuaikan jadwal praktikan dengan kegiatan-kegiatan tersebut.










BAB IV
PENUTUP

4.1  Simpulan
Universitas Negeri Semarang (UNNES) termasuk salah satu perguruan tinggi yang merupakan lembaga pendidik tenaga keguruan (LPTK) yang akan mencetak dan menyiapkan tenaga pendidikan yang professional.  Kompetensi calon  tenaga kependidikan tersebut dibentuk dan dikuatkan melalui kegiatan PPL yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa program kependidikan Universitas Negeri Semarang.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah semua kegiatan kurikuler yang harus dilakukan oleh mahasiswa praktikan,  sebagai  pelatihan untuk menerapkan teori yang diperoleh  dalam   semester-semester  sebelumnya,  sesuai  dengan persyaratan yang telah ditetapkan agar mereka memperoleh pengalaman dan keterampilan   lapangan  dalam  penyelenggaraan  pendidikan  dan pengajaran di sekolah atau di tempat latihan.  Kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa jurusan pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) Tegal di SD Tegalsari 8 dimulai dari tanggal 30 Juli 2018 hingga 14 September 2018.

4.2         Saran
Pemanfaaatan media seperti KIT IPA dan media pembelajaran lain perlu ditingkatkan lagi, mengingat kontribusi media pembelajaran terhadap keefektifan proses pembelajaran sangatlah besar. Selain itu, pemanfaatan sumber pembelajaran seperti buku-buku di perpustakaan dan sumber belajar lain yang tersedia dalam kelas perlu ditingkatkan lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Motivasi Kisah Pribadi

Perjuangan Seorang “Kuli Bangunan untuk Kuliah” Berdasarkan kisah nyata pribadi Oleh : Abdul Aziz Saya tidak pernah menyangka sa...