LAPORAN
PRAKTIK
PENGALAMAN LAPANGAN 1
DI
SD NEGERI TEGALSARI 8 KOTA TEGAL
Disusun oleh :
1.
Dwi Lestari
Sulistya N (1401415040)
2.
Dina Akhsanti (1401415124)
3.
Desi Riyani (1401415126)
4.
Nela Ramadhanti (1401415197)
5.
Dwi Indah Lestari (1401415201)
6.
Abdul Aziz (1401415322)
7.
Nita Komalasari (1401415378)
8.
Krisnawati (1401415445)
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI
SEMARANG
TAHUN
2018
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan
hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan laporan hasil
pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan I (PPL I) di SD Negeri Tegalsari 8 Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal dengan lancar.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan intrakurikuler yang
wajib diikuti oleh mahasiswa Program Kependidikan Universitas Negeri Semarang,
yaitu semua kegiatan kurikuler yang harus dilakukan oleh mahasiswa praktikan,
sebagai pelatihan untuk menerapkan teori yang diperoleh pada semester-semester
sebelumnya, sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan agar mahasiswa
memperoleh pengalaman dan keterampilan lapangan dalam penyelenggaraan
pendidikan dan pengajaran di sekolah atau di tempat latihan lainnya.
Kegiatan PPL I ini meliputi peer teaching di kampus, pembekalan di kampus,
serta kegiatan observasi dan orientasi di sekolah latihan. Terselesaikannya
kegiatan PPL dan penyusunan laporan ini tak lepas dari bantuan, bimbingan dan
pengarahan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima
kasih kepada:
1.
Prof Dr. Fathur
Rokhman, M.Hum, Rektor UNNES, yang telah memberikan kesempatan mengikuti kuliah
di jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES.
2.
Dr. Isnarto, M.Si., Kepala Pusat
Pengembangan PPL UNNES, yang telah memberikan pengarahan teknis pelaksanaan PPL
UNNES.
3.
Prof. Dr. Fakhruddin,
M.Pd, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan yang telah membina pelaksanaan PPL UNNES.
4.
Drs. Isa Ansori, M.Pd.,
Ketua Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES yang
telah membantu menyiapkan dosen pembimbing dan mahasiswa peserta PPL di Jurusan
masing-masing.
5.
Drs. Utoyo,
M.Pd, Koordinator PGSD UPP Tegal, yang telah memberikan bekal bimbingan kepada
seluruh mahasiswa semester 7 jurusan PGSD UPP Tegal.
6.
Drs. Sigit
Yulianto, M.Pd, Koordinator dosen pembimbing yang telah
memberikan bimbingan dalam pelaksanaan Observasi dan Orientasi di sekolah
mitra.
7.
Nur Atikah S.Pd. M.Si., Kepala SD Negeri Tegalsari 8 Kota Tegal yang
telah menerima kami dengan baik serta memberikan bimbingan selama di sekolah
mitra.
8.
Dewan guru dan karyawan
SD Negeri Tegalsari 8 Kota Tegal yang telah menerima kami dengan baik serta
memberikan informasi yang dibutuhkan selama di sekolah mitra.
9.
Kedua orang tua
dan keluarga tercinta yang telah memberikan dorongan baik moril maupun materil.
10.
Semua pihak yang
telah membantu penyusunan laporan ini.
Kami mohon maaf
atas segala perkataan dan perbuatan yang kurang berkenan kepada semua pihak
yang terkait dalam pelaksanaan observasi di SD Negeri Tegalsari 8 Kota Tegal.
Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Selain itu, demi sempurnanya
laporan ini kami mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari semua pihak.
Tegal,
06 Agustus 2018
Tim Penyusun
DAFTAR
ISI
Halaman
Halaman
Judul........................................................................................................ i
Halaman
Pengesahan............................................................................................. ii
Kata
Pengantar..................................................................................................... iii
Daftar
Isi................................................................................................................ v
Daftar
Pustaka...................................................................................................... vi
BAB
I.................................................................................................................... 1
PENDAHULUAN................................................................................................ 1
A.
Latar
Belakang........................................................................................... 1
B.
Landasan.................................................................................................... 2
C.
Tujuan........................................................................................................ 3
BAB
II................................................................................................................... 4
HASIL
PENGAMATAN..................................................................................... 4
A.
Keadaan
Fisik............................................................................................ 4
B.
Keadaan
Lingkungan................................................................................. 5
C.
Penggunaan
SD Negeri Tegalsari 8........................................................... 6
D.
Keadaan
Guru dan Siswa di SD Negeri Tegalsari 8.................................. 6
E.
Interaksi
Sosial di SD Negeri Tegalsari 8.................................................. 6
F.
Pelaksanaan
Tata Tertib............................................................................. 7
G.
Bidang
Pengelolaan dan Administrasi....................................................... 8
BAB
III................................................................................................................. 9
PENUTUP............................................................................................................. 9
A.
Simpulan.................................................................................................... 9
B.
Saran.......................................................................................................... 9
REFLEKSI DIRI.................................................................................................. 10
DAFTAR LAMPIRAN
1.
Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah...................................................... 23
2.
Denah Sekolah............................................................................... 25
3.
Administrasi Sekolah..................................................................... 26
4.
Jadwal Mapel................................................................................. 30
5.
Kalender Akademik...................................................................... 33
6.
Daftar Sarana Prasarana Sekolah................................................... 34
7.
Struktur Organisasi Sekolah.......................................................... 37
8.
Daftar Nama PTK......................................................................... 38
9.
Daftar Nama Siswa....................................................................... 43
10.
Jadwal Intra/Ekstrakurikuler......................................................... 50
11.
Struktur Organisasi Kelas.............................................................. 51
12.
Tata Tertib Sekolah........................................................................ 52
13.
Dokumentasi.................................................................................. 55
A.
Latar
Belakang
Pendidikan
memegang peran penting dalam rangka pembentukan generasi bangsa yang cerdas,
beriman, bertaqwa, serta berkualitas, sebagaimana yang tercantum dalam
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003 yang berbunyi :
Pendidikan
nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa, bertujuan untuk
mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Dalam
rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut, maka dibutuhkan adanya
kerjasama berbagai pihak. Pihak tersebut meliputi pemerintah sebagai penentu
kebijaksanaan, sekolah, orang tua, dan guru.
Universitas
Negeri Semarang (UNNES) sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK)
berusaha ikut serta mendidik, melatih dan mempersiapkan para calon guru agar
menjadi guru yang berkualitas. Ada empat kompetensi yang harus dimiliki oleh
seorang guru yang professional yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi
kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Guru harus mampu
menguasai substansi dan atau bidang studi sesuai ilmunya dan bidang studi yang
diampunya. Dalam rangka menyiapkan calon guru yang professional tersebut, maka
mahasiswa perlu melakukan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL),
sebagaimana diamanatkan dalam kurikulum.
Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan semua kegiatan kurikuler yang harus
dilakukan oleh mahasiswa praktikan, sebagai pelatihan untuk menerapkan teori
yang diperoleh dalam semester-semester sebelumnya, sesuai dengan persyaratan
yang telah ditetapkan agar memperoleh pengalaman dan keterampilan lapangan
dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah latihan.
B. Landasan
1. Landasan Yuridis
a.
Undang-Undang
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
b.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan
Dosen.
c.
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan
Tinggi.
d.
Peraturan Rektor
Universitas Negeri Semarang Nomor 14 Tahun 2012 tentang Pedoman Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) bagi Mahasiswa Program Kependidikan Universitas
Negeri Semarang (UNNES).
e.
Peraturan Rektor Universitas Negeri Semarang Nomor 23
Tahun 2017 tentang Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program
Kependidikan Universitas Negeri Semarang.
f.
Surat Tugas
Pelaksanaan.
2. Landasan Konseptual
Guru adalah
pengajar profesional yang dalam menjalankan tugasnya memerlukan kompetensi
sehingga diperlukan adanya proses pembentukan kompetensi tersebut diantaranya
melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) I. Program pengalaman lapangan merupakan kegiatan
intrakulikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa PPL yang mencakup kegiatan
latihan mengajar maupun non mengajar secara terbimbing maupun secara mandiri
sebagai syarat untuk membentuk karakter pendidik dalam diri mahasiswa dan
sebagai bekal awal untuk mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja nantinya.
Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bagian intrastruktur yang
dilaksanakan oleh mahasiswa calon guru atau tenaga kependidikan yang mencakup
baik latihan mengajar maupun non mengajar secara terbimbing dan terpadu sebagai
persyaratan pembentukan profesi keguruan. Peserta program PPL adalah seluruh mahasiswa
Universitas Negeri Semarang yang menempuh program S1 kependidikan. Mata kuliah
PPL mempunyai bobot kredit enam Satuan Kredit Semester (6 SKS), yang
terdistribusikan dalam PPL 1 dengan bobot 2 SKS dan PPL 2 dengan bobot 4 SKS.
PPL dilaksanakan di kampus dan di sekolah atau lembaga
terkait. Tempat praktik PPL ditetapkan berdasarkan persetujuan Rektor dengan
Dinas Pendidikan Kabupaten atau Kota, atau pimpinan lain yang setara dan
terkait dengan lembaga yang terkait. PPL 1 meliputi peer teaching, pembekalan, serta observasi dan orientasi di sekolah/lembaga terkait.
C. Tujuan
Kegiatan
PPL I yang meliputi kegiatan peerteaching di kampus, pembekalan di
kampus, dan observasi dan orientasi di sekolah/tempatlatihan bertujuan untuk:
1.
Membentuk
mahasiswa praktikan agar menjadi calon tenaga kependidikan yang profesional, sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan berdasarkan kompetensi pedagogik,
kepribadian, profesional, dan sosial.
2.
Mengembangkan
pembelajaran yang sudah diperoleh di kampus dan menerapkannya di Sekolah Dasar.
3.
Memberikan
pengalaman kepada mahasiswa praktikan yang dapat digunakan sebagai bekal mengajar di Sekolah Dasar.
Memahami tentang keadaan fisik sekolah, administrasi
sekolah, organisasi sekolah, kurikulum
sekolah, bimbingan konseling disekolah, hubungan sekolah dengan
masyarakat, kegiatan sekolah, sumber dana dan pengelolaannya, media dan sumber
belajar, penilaian hasil belajar, dan strategi belajar mengajar di Sekolah
Dasar.
BAB II
HASIL PENGAMATAN
A. Keadaan Fisik
SD Negeri Tegalsari 8 Kota Tegal berlokasi di Jalan Sawo Nomor 29 RT 7 RW
5 Kota Tegal. Sekolah ini memiliki luas tanah 810 m2 dan dengan luas
bangunan kurang lebih 700 m2. Dengan luas bangunan tersebut, keadaan
fisik SDN Tegalsari 8 Kota Tegal tergolong baik. Sekolah ini dibangun pada
tahun 1971 dengan NPSN 20329762. Bangunan yang ada terdiri dari 6 ruang kelas,
1 ruang guru, 1 perpustakaan, 1 ruang guru dan kepala sekolah, 2 kamar mandi
guru, 6 kamar mandi siswa, dan 2 gudang (gudang atas dan gudang bawah). Beberapa
ruangan di SD ini bergabung dengan luangan lainnya dikarenakan terbatasnya
lahan di sekolah, diantaranya ruang mushola, UKS dan ruang komputer.
Di SDN Tegalsari 8, 2 ruang kelas berada di lantai 1 dan 4 ruang kelas
berada di lantai 2. Pada setiap ruang kelas terdapat meja dan kursi guru, meja
dan kursi siswa, gambar
presiden dan wakilnya, burung garuda, papan tulis white board and black board, 2 almari (kayu dan plastik), media
pembelajaran (peta, gambar-gambar pahlawan, torso, globe dll), rak sebagai tempat
buku tugas siswa, jam dinding, jadwal mata pelajaran dan piket kelas, LCD dan
proyektor, speaker, dan papan-papan
yang menunjang kegiatan pembelajaran. Di ruang perpustakan berisikan buku-buku
penunjang (seperti buku bacaan, buku pelajaran, buku cerita, peta dan lain
sebagainya), dan digunakan sebagai tempat menyimpan alat musik rebana. Ruang
perpustakaan dilengkapi dengan meja dan kursi, pendingin ruangan dan media
pembelajaran.
Di sekolah ini, terdapat dua ruangan
yang digunakan sebagai ruang serba guna. Pertama, ruang kepala sekolah, ruang
guru dan ruang tamu. Kedua, ruangan perpustakaan, UKS dan laboratorium
komputer. Kedua ruang serbaguna tersebut dibatasi dengan pembatas ruangan. Di
kedua ruang tersebut disediakan komputer, dan printer guna keperluan
tata usaha dan administrasi.
Di sekolah ini, koperasi berada
disamping ruang kepala sekolah dan tangga. SDN ini memiliki 6 buah toilet yang
cukup bersih. Adapula mading yang terletak di depan kelas dan di balkon tangga
serta papan pengumuman yang terletak di lantai satu di depan kelas 1. Lapangan
upacara terletak di tengah-tengah sekolah, dan terdapat taman dan air mancur
sekitar lapangan upacara. Tempat parkir guru terletak di sekitar kantor guru
sedangkan tempat parkir siswa terletak di sekitar ruang-ruang kelas. Seluruh
ruangan di SDN Tegalsari 8 ini terawat dengan baik.
B. Keadaan Lingkungan
a.
Jenis Bangunan yang
Mengelilingi
Utara : Mushboss Jamur
Home Industry (270 m)
Selatan : Perumahan warga
Barat : Pasar Ikan Cinde
(150 m)
Timur : Moro Raos (200 m)
b.
Kondisi Lingkungan
SD Negeri Tegalsari 8 memiliki letak yang strategis karena berada di
daerah padat penduduk, dan mudah dijangkau dari berbagai arah baik oleh
kendaraan umum maupun pribadi karena berada di dekat jalan raya. Letak sekolah
juga sangat mendukung pembelajaran karena jauh dari area-area kebisingan
(seperti rel kereta api), dan tempat umum (pasar, mall dll) yang dapat mengganggu konsentrasi belajar peserta didik.
Untuk kondisi kebersihan di SD
Negeri Tegalsari 8 sudah dapat terjaga dengan baik. SD Negeri Tegalsari 8 juga
mempunyai saluran air yang cukup baik dan tidak mampet. Di setiap ruangan
mempunyai ventilasi udara yang cukup sehingga udara tetap terasa segar.
C. Penggunaan SD Negeri
Tegalsari 8
Sekolah ini hanya digunakan oleh
pihak-pihak lingkup SDN Tegalsari 8 yang meliputi peserta didik, kepala
sekolah, guru dan penjaga sekolah. Tidak ada pihak lain yang turut menggunakan
sekolah ini. Hari efektif pelaksanaan pembelajaran di sekolah ini dimulai dari
hari Senin sampai hari Sabtu.
Pembagian jam KBM di SDN Tegalsari 8
setiap tingkatan kelas berbeda-beda. Kelas I dan II pada hari Senin-Kamis
dimulai dari pukul 07.00-10.55 WIB, sedangkan pada hari Jumat dan Sabtu dimulai
dari pukul 07.00-10.20 WIB. Di kelas III sampai VI pada hari Senin-Kamis secara
umu dimulai dari pukul 07.00-12.20 WIB, sedangkan pada hari Jumat-Sabtu dimulai
dari pukul 07.00-10.20 WIB. Semua kegiatan pembelajaran dilaksanakan sesuai
aturan pembagian jam pembelajaran masing-masing. Namun saat terjadi suatu hal
mendesak seperti ada rapat dan acara, peserta didik diperkenankan untuk pulang
sekolah lebih awal dan tidak sesuai dengan aturan pembagian jam pembelajaran.
D. Keadaan Guru dan Siswa
di SD Negeri Tegalsari 8
a.
Keadaan Guru
Jumlah pendidik di SD Negeri Tegalsari berjumlah 8 orang (terdiri dari 6
guru kelas dan 2 guru mata pelajaran). Selain itu juga terdapat tenaga
kependidikan di sekolah ini yaitu kepala sekolah dan penjaga sekolah, sehingga
total keseluruhan pendidik dan tenaga kependidikan ada berjumlah 10 orang untuk
saat ini. Daftar rinci terlampir.
b.
Keadaan Siswa
Jumlah seluruh siswa SD Negeri Tegalsari 8 Kota Tegal sebanyak 154 siswa
yang tersebar dari kelas I sampai kelas VI. Rincian lebih lanjut terlampir.
E. Interaksi Sosial di SD
Negeri Tegalsari 8
a.
Interaksi antara Kepala
Sekolah dengan Guru-Guru
Interaksi sosial antara Kepala
Sekolah dengan guru-guru di SD Negeri Tegalsari 8 sangat hangat dan harmonis.
Kepala Sekolah dapat menjadi pemimpin yang bijaksana bagi para guru, kerjasama
yang terjalin sangat erat dan kokoh.
b.
Interaksi antar Guru
Sangat tergambar suasana
kekeluargaan yang sangat erat antara para guru. Antara satu guru dengan guru
lain tidak ragu untuk berbagi ilmu dengan dan saling membantu dalam hal
pekerjaan. Kepedulian antara para guru sangat terasa tanpa saling
membeda-bedakan.
c.
Interaksi antara Para Guru
dengan Siswa
Guru-guru di SD Negeri Tegalsari 8
sangat penyayang dan perhatian. Dalam proses pembelajaran guru memperlakukan
murid dengan baik tanpa adanya kekerasan baik secara fisik maupun psikis.
Interaksi erat juga terjalin di luar pembelajaran dalam kelas tidak hanya pada
saat pembelajaran di kelas berlangsung.
d.
Interaksi antar Siswa
Para siswa di SD Negeri Tegalsari 8
terkenal aktif, tidak hanya dalam pelajaran namun juga dalam bergaul atau
berinteraksi dengan teman-teman mereka. Suasana kekerabatan antara para siswa
terjalin sangat akrab.
e.
Interaksi secara Keseluruhan
Interaksi secara keseluran di SD N
Tegalsari 8 adalah terciptanya suasana kekeluargaan yang erat dan harmonis
antar semua warga sekolah.
F. Pelaksanaan Tata
Tertib di SD Negeri Tegalsari 8
Pelaksanaan tata tertib di SD Negeri
Tegalsari 8 secara umum telah dilaksanakan dengan baik oleh seluruh warga
sekolah dari kepala sekolah, guru, penjaga sekolah dan siswanya. Semua warga
sekolah dapat menaati keseluruhan tata tertib yang dilaksanakan.
Contohnya ketika ada sekelompok
siswa yang ketahuan melakukan pelanggaran tata tertib, pada saat itu juga
dikumpulkan dan dilakukan pembinaan oleh kepala sekolah. Konsekuensi ketika
mereka melakukan hal itu lagi adalah, pemanggilan orang tua mereka ke sekolah.
Tata tertib sekolah yang berlaku untuk siswa di SDN Tegalsari 8 terlampir.
G. Bidang Pengelolaan dan
Administrasi
Bidang pengelolaan dan administrasi
sekolah meliputi:
1)
Struktur
Organisasi Sekolah yang terpasang dengan rapi di ruangan kantor.
2)
Struktur
Organisasi Kesiswaan yang terpasang dengan rapi di ruangan kantor.
3)
Struktur
Administrasi Sekolah yang terpasang dengan rapi di ruangan kantor.
4)
Struktur
Administrasi Kelas yang terpasang dengan rapi di ruangan kantor.
5)
Struktur
Administrasi Pegawai/Guru yang terpasang dengan rapi di ruangan kantor.
6)
Struktur
Organisasi Komite Sekolah dan Peranannya yang terpasang dengan rapi di ruangan
kantor
7)
Kalender
Akademik yang terpasang dengan rapi di ruangan kantor
8)
Jadwal
Kegiatan Pelajaran yang terpasang dengan rapi di ruangan kantor.
9)
Jadwal
Kegiatan Ekstrakurikuler yang terpasang dengan rapi di ruangan kantor
10) Alat Bantu Proses Belajar Mengajar
yang diletakan di dalam etalase di ruangan kantor.
Melalui
proses wawancara dan pengamatan yang dilakukan di SD Negeri Tegalsari 8 Kota
Tegal dalam kegiatan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan I dapat
disimpulkan sebagai berikut:
·
Praktik
Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan intrakurikuler yang wajib diikuti oleh
mahasiswa Program Kependidikan Universitas Negeri Semarang. Mahasiswa PGSD UPP
Tegal Unnes mengikuti PPL 1 dan 2, PPL 1 yang diawali dengan Microteaching, Pembekalan PPL dan
dilanjutkan dengan observasi langsung ke SD.
·
Kepala
Sekolah dan para Guru SD Negeri Tegalsari Kota Tegal telah membimbing mahasiswa
PPL dengan baik dan memberi arahan bagaimana pembelajaran dan administrasi di
SD. Dengan PPL I, mahasiswa dapat mengetahui kondisi dan iklim di SD tersebut,
serta dapat menambah wawasan serta pengalaman mengajar dan pengetahuan
kompetensi pendidik untuk diterapkan nantinya di Sekolah Dasar.
·
PPL
I memberikan banyak pengetahuan dan pembelajaran bagi mahasiswa PGSD untuk
dapat menerapkan pembelajaran di SD. SD Negeri Tegalsari 8 Kota Tegal merupakan
salah satu tempat penerjunan mahasiswa PPL.
Sebaiknya pihak Lembaga PGSD dan
Pusat Pengembangan PPL Unnes menjelaskan secara detail dan jelas tentang
rangkaian pelaksanaan kegiatan PPL dan kriteria penilaian mahasiswa pada saat mengadakan
koordinasi dengan pihak sekolah latihan, sehingga pihak sekolah mengetahui
dengan pasti tentang prosedur kegiatan PPL dan kriteria penilaian yang diajukan
UNNES sehingga tidak terjadi salah persepsi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar