INDIKATOR MISI SDN TEGALSARI 8 KOTA
TEGAL
1.
Terbentuknya siswa aktif, kreatif dan inovatif yang
berwawasan lingkungan.
a.
Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.
b.
Meningkatkan perolehan nilai UAN.
c.
Meningkatkan persaingan ke sekolah dasar negeri.
d.
Meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dan
kependidikan.
e.
Menigkatkan prestasi seni dan budaya.
f.
Menigngkatkan kepedulian warga sekolah terhadap
lingkungan.
2.
Tercapainya keberhasilan mutu lulusan melalui
pemberdayaan staekholder.
a.
Peningkatan mutu pendidikan menuntut kepemimpinan
profesional dalam bidang pendidikan.
b.
Kesulitan yang dihadapi oleh para profesional
kepemimpinan adalah ketidakmampuan mereka dalam menghadapi “kegagalan sitem”
yang mencegah mereka dari pengembangan atau penerapan cara atau
proses baru untuk memperbaiki mutu pendidikan yang ada.
c.
Peningkatan mutu pendidikan harus melakukan
loncatan-loncatan yang mampu bersaing di dunia global.
d.
Uang bukan kunci utama dalam usaha peningkatan mutu.
e.
Kunci utama dalam peningkatan mutu adalah komitmen
pada perubahan.
f.
Banyak profesional di bidang pendidikan
yang kurang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam menyiapkan para siswa
memasuki pasar kerja yang bersifat global. Ketakutan terhadap
perubahan , atau takut melakukan perubahan akan mengakibatkan ketidaktahuan bagaimana
mengatasi tuntutan-tuntutan baru.
g.
Program peningkatan mutu dalam bidang komersial tidak
dapat dipakai secara langsung dalam bidang pendidikan, tetapi membutuhkan
penyesuaian dan penyempurnaan.
h.
Salah satu komponen kunci dalam program mutu adalah sistem
pengukuran.
i.
Masyarakat dan manajemen pendidikan harus menjauhkan
diri dari kebiasaan menggunakan “program singkat”, sebab peningkatan mutu dapat
dicapai melalui perubahan yang berkelanjutan tidak dengan program-
program singkat.
3.
Terselenggaranya proses pendidikan yang
kondusif, aman, nyaman dan berwawasan lingkungan.
a.
Mengembangkan
budaya sekolah yang positif dan fokusnya adalah pada pencegahan
b.
Membangun
komunitas sekolah dengan cara saling menghargai, adil, menerapkan azas
persamaan dan inklusi.
c.
Mengatur
dan mengkomunikasikan secara konsisten prilaku yang diharapkan.
d.
Mengajar,
memberi contoh dan mendorong prilaku sosial yang bertanggung jawab yang memberi
kontribusi terhadap komunitas sekolah
e.
Memecahkan
masalah secara damai menghargai perbedaan dan mengedepankan hak asasi manusia.
f.
Bertanggung
jawab, dan bermitra dengan masyarakat, untuk memecahkan masalah keamanan yang
penting.
g.
Berkerjasama
untuk memahami bersama isu-isu tentang kekerasan terhadap siswa yang lebih
lemah, hukuman fisik, rasisme, ketidakadilan gender, dan berbagai
ketakutan lainnya.
h.
Merespon
secara konsisten dan adil terhadap berbagai insiden dan menggunakan intervensi
untuk memperbaiki kerusakan fisik maupun psikis dan memperkuat hubungan dan
mengembalikan rasa percaya diri.
i.
Berpartisipasi
dalam pengembangan kebijakan, prosedur, praktek-praktek yang mempromosikan
keamanan sekolah.
4.
Terselenggaranya peningkatan pendidikan dengan standar
kompetensiyang semakin memadai dengan sinergi terpadu , berkesinambungan,
tertata, transparansi dan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional
a.
Peserta didik menyelesaikan tugas dengan jujur dan
bertanggung jawab .
b.
Peserta didik mahir menggunakan berbagai informasi,
media, teknologi dengan baik .
c.
Peserta didik menunjukkan karakter percaya diri, bertanggung
jawab, jujur, cinta tanah air, beriman, saling menghargai, disiplin
d.
Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan secara
kritis.
e.
Peserta didik mahir menggunakan berbagai sumber
informasi, media, teknologi dalam menyelesaikan permasalahan atau tugas.
f.
Peserta didik mengenal produk dalam negeri, tempat
wisata dalam negeri, dan budaya Indonesia (tari, musik, makanan dan
lainnya)
g.
Peserta didik menjaga kebersihan dan kelestarian
lingkungan sekitar.
h.
Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan secara
kritis dan kreatif
i.
Peserta didik mahir menggunakan berbagai sumber
informasi, media, teknologi secara kreatif dalam menyelesaikan permasalahan
atau tugas
j.
Peserta didik menerapkan budaya indonesia dalam
kehidupan sehari-hari
k.
Peserta didik mengupayakan aktivitas untuk
melestarikan lingkungan lokal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar