Rabu, 19 Desember 2018

Contoh Indikator Visi Misi SD yang Baik


INDIKATOR MISI SDN TEGALSARI 8 KOTA TEGAL
1.      Terbentuknya siswa aktif, kreatif dan inovatif yang berwawasan lingkungan.
a.       Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.
b.      Meningkatkan perolehan nilai UAN.
c.       Meningkatkan persaingan  ke sekolah dasar negeri.
d.      Meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan.
e.       Menigkatkan prestasi seni dan budaya.
f.       Menigngkatkan kepedulian warga sekolah terhadap lingkungan.
2.      Tercapainya keberhasilan mutu lulusan melalui pemberdayaan staekholder.
a.       Peningkatan mutu pendidikan menuntut kepemimpinan profesional dalam bidang pendidikan.
b.      Kesulitan yang dihadapi oleh para profesional kepemimpinan adalah ketidakmampuan mereka dalam menghadapi “kegagalan sitem” yang mencegah mereka dari pengembangan  atau penerapan cara atau proses baru untuk memperbaiki mutu pendidikan yang ada.
c.       Peningkatan mutu pendidikan harus melakukan loncatan-loncatan yang mampu bersaing di dunia global.
d.      Uang bukan kunci utama dalam usaha peningkatan mutu.
e.       Kunci utama dalam peningkatan mutu adalah komitmen pada perubahan.
f.       Banyak  profesional di bidang pendidikan yang kurang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam menyiapkan para siswa memasuki pasar kerja yang bersifat global.  Ketakutan terhadap perubahan , atau takut melakukan perubahan akan mengakibatkan ketidaktahuan bagaimana mengatasi tuntutan-tuntutan baru.
g.      Program peningkatan mutu dalam bidang komersial tidak dapat dipakai secara langsung dalam bidang pendidikan, tetapi membutuhkan penyesuaian dan penyempurnaan.
h.      Salah satu komponen kunci dalam program mutu adalah sistem pengukuran.
i.        Masyarakat dan manajemen pendidikan harus menjauhkan diri dari kebiasaan menggunakan “program singkat”, sebab peningkatan mutu dapat dicapai melalui perubahan yang berkelanjutan tidak dengan  program- program singkat.
3.      Terselenggaranya proses pendidikan yang kondusif, aman, nyaman dan berwawasan lingkungan.
a.       Mengembangkan budaya sekolah yang positif dan fokusnya adalah pada pencegahan
b.      Membangun komunitas sekolah dengan cara saling menghargai, adil, menerapkan azas persamaan dan inklusi.
c.       Mengatur dan mengkomunikasikan secara konsisten prilaku yang diharapkan.
d.      Mengajar, memberi contoh dan mendorong prilaku sosial yang bertanggung jawab yang memberi kontribusi terhadap komunitas sekolah
e.       Memecahkan masalah secara damai menghargai perbedaan dan mengedepankan hak asasi manusia.
f.       Bertanggung jawab, dan bermitra dengan masyarakat, untuk memecahkan masalah keamanan yang penting.
g.      Berkerjasama untuk memahami bersama isu-isu tentang kekerasan terhadap siswa yang lebih lemah, hukuman fisik, rasisme, ketidakadilan gender, dan berbagai ketakutan lainnya.
h.      Merespon secara konsisten dan adil terhadap berbagai insiden dan menggunakan intervensi untuk memperbaiki kerusakan fisik maupun psikis dan memperkuat hubungan dan mengembalikan rasa percaya diri.
i.        Berpartisipasi dalam pengembangan kebijakan, prosedur, praktek-praktek yang mempromosikan keamanan sekolah.
4.      Terselenggaranya peningkatan pendidikan dengan standar kompetensiyang semakin memadai dengan sinergi terpadu , berkesinambungan, tertata, transparansi dan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional
a.         Peserta didik menyelesaikan tugas dengan jujur dan bertanggung jawab .
b.         Peserta didik mahir menggunakan berbagai informasi, media, teknologi dengan baik .
c.         Peserta didik menunjukkan karakter percaya diri, bertanggung jawab, jujur, cinta tanah air, beriman, saling menghargai, disiplin
d.        Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan secara kritis. 
e.         Peserta didik mahir menggunakan berbagai sumber informasi, media, teknologi dalam menyelesaikan permasalahan atau tugas. 
f.          Peserta didik mengenal produk dalam negeri, tempat wisata dalam negeri, dan budaya Indonesia (tari, musik, makanan dan lainnya) 
g.         Peserta didik menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar.
h.         Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan secara kritis dan kreatif 
i.           Peserta didik mahir menggunakan berbagai sumber informasi, media, teknologi secara kreatif dalam menyelesaikan permasalahan atau tugas 
j.           Peserta didik menerapkan budaya indonesia dalam kehidupan sehari-hari 
k.         Peserta didik mengupayakan aktivitas untuk melestarikan lingkungan lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Motivasi Kisah Pribadi

Perjuangan Seorang “Kuli Bangunan untuk Kuliah” Berdasarkan kisah nyata pribadi Oleh : Abdul Aziz Saya tidak pernah menyangka sa...