RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KTSP
(PENGAJARAN
MANDIRI)
RPP ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
Praktik Pengalaman Lapangan 2 (PPL 2)
Nama : Abdul Aziz
NIM : 1401415322
Dosem
Pembimbing : Dr. Kurotul Aeni, M.Pd
Guru Kelas : Nayny Rif’ati, S.Pd
Satuan
Pendidikan : SD N Tegalsari 08
Kelas/
Semester : III (Tiga)/ 1 (Satu)
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
2018
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SD N Tegalsari
8
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : III/I
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit
Pelaksanaan : Rabu, 29
Agustus 2018
1.
Melakukan
operasi hitung bilangan sampai tiga angka.
B. KOMPETENSI
DASAR
1.3 Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan
pembagian bilangan tiga angka.
C. INDIKATOR
1.3.1
Menyatakan
perkalian sebagai penjumlahan berulang.
1.3.2
Melakukan
operasi hitung perkalian.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui video
perkalian, siswa dapat menyatakan
perkalian sebagai penjumlahan berulang dengan tepat.
2.
Melalui
penjelasan dari guru, siswa dapat menghitung perkalian bersusun pendek dengan tepat.
3.
Melalui penjelasan dari guru, siswa dapat menghitung
perkalian bersusun panjang sengan tepat.
Karakter siswa yang diharapkan : berani, teliti, tekun, rasa
ingin tahu, pantang menyerah, dan jujur.
E.
MATERI
Perkalian.
F. METODE DAN
STRATEGI PEMBELAJARAN
Metode
Pembelajaran : Ceramah, demonstrasi, tanya
jawab, penugasan.
Model Pembelajaran : Talking Stick
Pendekatan
Pembelajaran : Kontekstual.
G. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskriptif
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucapkan salam untuk memulai pembelajaran.
2.
Ketua
kelas memimpin siswa untuk berdoa.
3.
Guru
mengecek kehadiran siswa.
4.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
5. Guru menjelaskan prosedur pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
1.
Guru
bertanya kepada siswa tentang perkalian.
2.
Guru memutarkan video perkalian berulang.
3.
Guru menjelaskan
materi tentang perkalian sebagai penjumlahan berulang.
4.
Guru melakukan tanya jawab.
5.
Guru memberikan soal untuk pemahaman siswa
6.
Guru menjelaskan perkalian bersusun pendek.
7.
Guru melakukan tanya jawab.
8.
Guru memberikan soal untuk pemahaman siswa.
9.
Guru menjelaskan perkalian bersusun panjang
10. Guru
melakukan tanya jawab.
11. Guru
memberikan soal pemahaman.
Elaborasi
1.
Guru memberikan
soal talking stick.
2.
Siswa mengerjakan sesuai waktu yang diberikan guru.
3.
Setelah siswa selesai mengerjakan, guru dan siswa
bernyanyi sambil melempar stick dari siswa satu ke siswa lainnya.
4.
Siswa yang
mendapatkan stick akan maju ke depan untuk mengerjakan
hasil dari
soal talking stick.
Konfirmasi
1.
Siswa bersama
guru melakukan refleksi dalam proses belajar yang telah dilakukan.
|
45 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama
guru menyimpulkan pembelajaran yang telah berlangsung.
2.
Siswa
mengerjakan soal evaluasi.
3.
Guru
menganalisis hasil evaluasi.
4.
Guru
memberikan pesan moral.
5.
Guru
menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.
|
15 menit
|
Ø .
H.
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media : Stick,
video, powerpoint
Sumber : Fajariyah, Nur dan
Defi Triratnawati. 2008. Cerdas
Berhitung Matematika untuk SD/MI Kelas 3.
Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional. (hal 45-47)
I.
PENILAIAN
1.
Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian
Proses
Menggunakan
instrumen pengamatan yang dilakukan selama proses pembelajaran.
(Terlampir)
b.
Penilaian
Hasil
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar. (Terlampir)
2.
Jenis
Penilaian : Tertulis.
3.
Bentuk Soal : Isian.
Tegal, 27 Agustus 2018
Guru Kelas Mahasiswa
Praktikkan
Nayny Rif’ati, S.Pd Abdul Aziz
NIP. NIM.
1401415322
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Nur Atikah, S.Pd, M.Si.
NIP. 196510111986082003
Lampiran
1
Materi
Lampiran
2
Lembar Talking Stick
Isilah
titik-titik di bawah ini!
1. 3 x 7 = . . .
2. 4 x 2 = . . .
3. 3 x 6 = . . .
4. 5 x 8 = . . .
5. 3 x 9 = . . .
6. 14
7
x
7. 19
3
x
8. 13
8
x
9. 15
6
x
10. 15
6
x
Lampiran
4
Kisi-kisi Soal
Evaluasi
Kompetensi
Dasar
|
Kognitif
|
Indikator
Soal
|
Nomor
Soal
|
1.3
Melakukan perkalian dan pembagian yang hasilnya bilangan tiga angka.
|
C1
C2
|
Siswa dapat menyatakan
perkalian sebagai penjumlahan berulang dengan tepat.
Siswa dapat menghitung hasil
perkalian bersusun dengan
tepat.
|
1-5
6-10
|
Lampiran
5
Soal Evaluasi
Nama : …………......
No Absen : ……………..
Isilah titik-titik di bawah ini!
1. 4 x 7 = . . .
2. 5 x 8 = . . .
3. 7 x 6 = . . .
4. 4 x 9 = . . .
5.
12
7 x
|
6.
19
4 x
|
7.
14
6 x
|
8.
17
5 x
|
9.
16
4 x
|
10.
13
9 x
|
Kunci Jawaban
1. 28
2. 40
3. 42
4. 36
5. 84
6. 76
7. 84
8. 85
9. 64
10. 117
Pedoman
Penskoran
Nilai = Jawaban benar x 10
Lampiran
6. Format Penilaian Proses
No
|
Nama Siswa
|
Performansi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||||||
Keaktifan
|
Pengetahuan
|
||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||||
1.
|
Lisa Anugrah Putri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Aldi Firansah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Andika Dwi Prasetyo
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Wildan Rizky Pratama P.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Akhmad Khumaedi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Aletha Gania Setyadi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Ersha Sasikirana Apta Tania
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Ervina Dwi Saputri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Luthfiah Hafizhah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Marta Ndayani Saafatin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
Muhammad Haidar Dawami
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
Muhammad Ilham Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Muhammad Masykur Abas M.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Nabila Rahma Rianingtyas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Naufal Abyan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Putri Mayeska Hanifa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Rafel Danuarta
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Wahyu Akbar Pramono
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Widya Utari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Anggun Lutfiana Lestari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Azkia Putri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Keiko Growsya
Shanikakarine
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
M. Rifqi Fadli H.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Amilia Yasmin Khairunisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Keaktifan
|
Selalu
berpartisipasi
Kadang-kadang
berpartisipasi
Jarang
berpartisipasi
Tidak pernah
berpartisipasi
|
4
3
2
1
|
2
|
Pengetahuan
|
Sudah memahami konsep
Kadang-kadang memahami konsep
Kurang memahami konsep
Belum memahami konsep
|
4
3
2
1
|
CATATAN : Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 100
Lampiran
7
Format Nilai
Evaluasi
No
|
Nama
|
Nilai
|
1.
|
Lisa
Anugrah Putri
|
|
2.
|
Aldi Firansah
|
|
3.
|
Andika Dwi Prasetyo
|
|
4.
|
Wildan Rizky Pratama P.
|
|
5.
|
Akhmad Khumaedi
|
|
6.
|
Aletha Gania Setyadi
|
|
7.
|
Ersha Sasikirana Apta Tania
|
|
8.
|
Ervina Dwi Saputri
|
|
9.
|
Luthfiah Hafizhah
|
|
10.
|
Marta Ndayani Saafatin
|
|
11.
|
Muhammad Haidar Dawami
|
|
12.
|
Muhammad Ilham Maulana
|
|
13
|
Muhammad Masykur Abas M.
|
|
14
|
Nabila Rahma Rianingtyas
|
|
15
|
Naufal Abyan
|
|
16
|
Putri Mayeska Hanifa
|
|
17
|
Rafel Danuarta
|
|
18
|
Wahyu Akbar Pramono
|
|
19
|
Widya Utari
|
|
20
|
Anggun Lutfiana Lestari
|
|
21
|
Azkia Putri
|
|
22
|
Keiko Growsya Shanikakarine
|
|
23
|
M. Rifqi Fadli H.
|
|
24
|
Amilia Yasmin
Khairunisa
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD N
Tegalsari 8
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : III (Tiga) / I (Satu)
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
Pelaksanaan : Rabu,
29 Agustus 2018
A.
STANDAR
KOMPETENSI
4. Menulis:
Mengungkapnkan pikiran, perasaan, dan
informasi secara tertulis dalam bentuk paragraph dan puisi.
B.
KOMPETENSI
DASAR
4.2 Melengkapi puisi berdasarkan gambar.
C.
INDIKATOR
1. Siswa dapat
melengkapi puisi rumpang berdasarkan gambar ilustrasi.
2. Siswa dapat membuat
puisi berdasarkan gambar ilustrasi.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui penjelasan guru siswa dapat
melengkapi puisi yang rumpang dengan kata yang tepat.
2.
Melalui pengamatan gambar siswa dapat
membuat puisi dengan tepat.
3.
Melalui diskusi siswa dapat membuat puisi dengan
tepat.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, jujur, teliti dan
bekerjasama.
E.
MATERI
POKOK
Menulis
puisi (Terlampir)
F.
MODEL,
METODE PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Model :
Talking Stick
Metode :
Ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan
Pendekatan : Kooperatif
G.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Kegiatan
|
Deskriptif
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam.
2.
Guru
meminta ketua kelas memipin doa.
3.
Guru
mengecek kehadiran siswa.
4.
Guru
menyampaikan apersepsi dengan bertanya kepada siswa “Apakah kalian pernah membaca atau menulis
puisi?”
5.
Guru
mengaitkan jawaban siswa dengan materi yang akan diajarkan kemudian
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
1.
Guru
menampilkan gambar dan puisi.
2.
Siswa
mengamati gambar dan puisi.
3.
Guru
menyampaikan materi menulis puisi berdasarkan gambar.
4.
Guru
menunjukkan gambar dan contoh puisi.
5.
Guru
menampilkan puisi rumpang di proyektor.
6.
Siswa
di bantu guru melengkapi puisi tersebut dengan model talking stick.
Elaborasi
1.
Siswa
dikelompokkan menjadi beberapa kelompok.
2.
Setiap kelompok
mendapatkan Lembar Kerja Kelompok
(LKK) dari guru.
3.
Siswa
di beri waktu berdiskusi dengan anggota kelompok untuk menuliskan puisi.
4.
Perwakilan
kelompok maju membacakan puisi yang sudah didiskusikan.
Konfirmasi
1.
Guru
dan siswa bersama-sama memeriksa hasil jawaban diskusi kelompok.
2.
Guru meluruskan pemahaman siswa yang
belum benar
3.
Guru memberikan penguatan verbal dan non
verbal bagi kelompok yang memperoleh hasil maksimal dan siswa yang maju
membacakan puisi.
4.
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya
jika ada materi yang masih belum jelas.
5.
Untuk
memahamkan siswa, guru menampilkan video puisi.
|
40 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil belajar tentang menulis
puisi.
2.
Guru memberikan soal evaluasi untuk mengetahui sejauh mana
pemahaman siswa terhadap materi.
3.
Guru
bersama siswa mengoreksi jawaban siswa.
4.
Guru
memotivasi siswa agar rajin belajar dan menyampaikan materi yang akan dibahas
selanjutnya.
5.
Guru
meminta siswa untuk berdoa bersama-sama.
6. Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan
salam.
|
20 menit
|
H.
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media : powerpoint, video puisi, stick.
Sumber
belajar :
Darmadi, Kaswan dan Rita Nirbaya. 2008. Bahasa Indonesia untuk SD/MI Kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan,
Departemen Pendidikan Nasional.
I.
PENILAIAN
a. Prosedur Penilaian
1. Penilaian
proses
Menggunakan
format pengamatan yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung
2. Penilaian
hasil belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis .
b. Instrumen Penilaian
1.
Penilaian proses
Penilaian pengamatan (format penilaian terlampir)
2.
Penilaian hasil belajar
Tes
tertulis (soal terlampir)
c. Lampiran
1.
Materi
2.
Penilaian
3.
Lembar kerja kelompok dan kunci jawaban
4.
Kisi-kisi soal kognitif
5.
Soal evaluasi
6.
Kunci jawaban evaluasi dan pedoman penskoran
7.
Rekapitulasi hasil evaluasi individu
Tegal,
27 Agustus
2018
Guru Kelas III Mahasiswa Praktikkan
Nayny Rif’ati, S.Pd Abdul Aziz
NIP. NIM.
1401415322
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Nur Atikah, S.Pd, M.Si.
NIP. 196510111986082003
Lampiran 1
MATERI
Lampiran 2
Lembar
Penilaian
a.
Kriteria
Penilaian
1.
Performansi
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Kerjasama
|
Selalu kerjasama
Cukup kerjasama
Jarang kerjasama
Tidak pernah kerjasama
|
4
3
2
1
|
2
|
Partisipasi
|
Selalu berpartisipasi
Cukup berpartisipasi
Jarang berpartisipasi
Tidak pernah
berpartisipasi
|
4
3
2
1
|
2.
Produk (Hasil Diskusi)
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar
benar
Sebagian kecil
benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Lampiran
3
Lembar Kerja Kelompok
Kelompok
:
Nama
Kelompok : 1.
2.
Lihat gambar yang kalian
dapatkan. Buatlah puisi dengan menggunakan kata-kata yang indah.
Senja Di Sore Hari Pegunungan Taman Bunga
(a) (b) (c)
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
Kunci Jawaban Lembar Kerja Kelompok
Lampiran 4
Kisi-kisi Penilaian Kognitif Bahasa Indonesia
“Menulis Puisi”
Sekolah : SD N Tegalsari 8
Alokasi
waktu: 10 Menit
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia Jumlah soal : 10 soal
Kelas/Semester : III(Tiga)/ I
(Satu) Kurikulum : KTSP
4.
Standar Kompetensi: Menulis: Mengungkapnkan pikiran, perasaan, dan
informasi secara tertulis dalam bentuk paragraph dan puisi.
Kompetensi Dasar
|
Kognitif
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
4.2Melengkapi
puisi berdasarkan gambar.
|
C1
|
Siswa
dapat melengkapi puisi rumpang berdasarkan gambar ilustrasi dengan tepat.
|
Isian
|
1 – 10
|
Lampiran
5
Soal Evaluasi
Nama :
No.Absen :
Lengkapilah puisi yang ada
dibawah ini dengan kata-kata yang indah!
“Guruku”
Guruku
Sungguh mulia..............
Engkau sudah memberikan ilmu
Agar kami menjadi anak.............
Dimasa yang akan datang
Sungguh besar.................
Mengajar kami tanpa...............
Guruku
Engkaulah...................
Yang menyinari .....................
Agar aku menjadi generasi
Yang berguna dan berilmu
Guruku
Engkau adalah patriot.............................
bangsa
Pahlwan.............................
Kan ku ingat
selalu...................
Terima kasih guruku
Atas semua......................
Lampiran 6
Kunci
Jawaban Evaluasi
“Guruku”
Guruku
Sungguh mulia...... (jasamu)
Engkau sudah memberikan ilmu
Agar kami menjadi anak.....
(berguna)
Dimasa yang akan datang
Sungguh besar......
(pengabdianmu)
Mengajar kami tanpa....
(pamrih)
Guruku
Engkaulah.... (mentari)
Yang menyinari .... (langkahku)
Agar aku menjadi generasi
Yang berguna dan berilmu
Guruku
Engkau adalah
patriot....(pahlawan) bangsa
Pahlwan.....( tanpa tanda
jasa)
Kan ku ingat selalu.....
(nasihatmu)
Terima kasih guruku
Atas
semua....(Pengorbananmu)
Pedoman Penskroran
Soal 10
Benar x 1
Skor
maksimal 10
x 100
|
Nilai maksimal
b.
Lembar Penilaian Proses
No
|
Nama
Siswa
|
Performansi
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|||||||||||
Kerjasama
|
Partisipasi
|
Produk
|
|||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||||
1.
|
Lisa Anugrah Putri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Aldi Firansah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Andika Dwi Prasetyo
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Wildan Rizky Pratama P.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Akhmad Khumaedi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Aletha Gania Setyadi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Ersha Sasikirana Apta Tania
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Ervina Dwi Saputri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Luthfiah Hafizhah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Marta Ndayani Saafatin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
Muhammad Haidar Dawami
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
Muhammad Ilham Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Muhammad Masykur Abas M.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Nabila Rahma Rianingtyas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Naufal Abyan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Putri Mayeska Hanifa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Rafel Danuarta
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Wahyu Akbar Pramono
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Widya Utari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Anggun Lutfiana Lestari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Azkia Putri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Keiko Growsya Shanikakarine
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
M. Rifqi Fadli H.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Amilia
Yasmin Khairunisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN : Nilai = ( Jumlah skor: jumlah skor maksimal )
X 100
Lampiran 8.
Rekapitulasi Hasil Evaluasi Individu
No
|
Nama
Siswa
|
Nilai
|
|
1
|
Lisa Anugrah Putri
|
|
|
2
|
Aldi Firansah
|
|
|
3
|
Andika Dwi Prasetyo
|
|
|
4
|
Wildan Rizky Pratama P.
|
|
|
5
|
Akhmad Khumaedi
|
|
|
6
|
Aletha Gania Setyadi
|
|
|
7
|
Ersha Sasikirana Apta
Tania
|
|
|
8
|
Ervina Dwi Saputri
|
|
|
9
|
Luthfiah Hafizhah
|
|
|
10
|
Marta Ndayani Saafatin
|
|
|
11
|
Muhammad Haidar Dawami
|
|
|
12
|
Muhammad Ilham Maulana
|
|
|
13
|
Muhammad Masykur Abas M.
|
|
|
14
|
Nabila Rahma Rianingtyas
|
|
|
15
|
Naufal Abyan
|
|
|
16
|
Putri Mayeska Hanifa
|
|
|
17
|
Rafel Danuarta
|
|
|
18
|
Wahyu Akbar Pramono
|
|
|
19
|
Widya Utari
|
|
|
20
|
Anggun Lutfiana Lestari
|
|
|
21
|
Azkia Putri
|
|
|
22
|
Keiko Growsya Shanikakarine
|
|
|
23
|
M. Rifqi Fadli H.
|
|
|
24
|
Amilia Yasmin Khairunisa
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar