RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM 2013
(PENGAJARAN MANDIRI)
RPP ini disusun untuk
memenuhi tugas mata kuliah
Praktik Pengalaman
Lapangan 2 (PPL 2)
Nama : Abdul Aziz
NIM : 1401415322
Dosem Pembimbing : Dr. Khurotul Aeni, M.Pd
Satuan Pendidikan : SD N Tegalsari 08
Kelas/ Semester : IV (empat)/ I (satu)
Tema / Subtema : 2 (dua) / 1 (satu)
Pembelajaran : 3 (tiga)
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2018
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
Tegalsari 8
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 : Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Memetakan
keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
|
3.2.1 Mengidentifikasi
informasi dari teks visual yang diamati.
|
4.2 Menyajikan hasil
penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam
tulisan.
|
4.2.1 Menuliskan
gagasan pokok dari teks.
|
IPA
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.5 Memahami
berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif
(angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam
kehidupan sehari-hari.
|
3.5.2 Mengidentifikasi
perubahan bentuk energi angin dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.5 Menyajikan
laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan
bentuk energi.
|
4.5.2 Menyajikan
laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Dengan percobaan kincir
angin dan air,
siswa mampu mengidentifikasi perubahan bentuk energi angin dalam kehidupan
sehari-hari dengan tepat.
·
Dengan percobaan kincir
angin dan kincir air, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk
energi angin menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan sistematis.
·
Dengan membaca teks visual, siswa mampu menjelaskan informasi yang ada dengan cermat.
D. MATERI PEMBELAJARAN
·
Melakukan percobaan
·
Menemukan gagasan pokok
dan pendukungdari
teks visual
E. METODE
PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan :
Tematik dan Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
F. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
·
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. (Integritas : membiasakan
sikap santun, religius dan hormat)
·
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa.
·
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan
lagu yang relevan.
·
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Mencoba
·
Guru menayangkan video
kincir angin.
·
Guru menunjukkan sebuah kincir kertas/plastik.
·
Guru mengajukan pertanyaan tantangan: (Mandiri : menumbuhkan rasa
ingin tahu)
-
Bagaimana cara membuat kincir ini berputar kencang?
-
Lakukan dengan beberapa cara yang berbeda!
·
Siswa yang mengacungkan tangan diminta untuk
mempraktikkan cara yang diajukan menggunakan kincir tersebut.
·
Siswa kemudian membaca teks singkat tentang kegiatan yang
akan mereka lakukan.
·
Siswa mengamati teks visual dan intruksi yang ada di buku
siswa.
·
Guru memotivasi siswa untuk membaca dengan cermat teks
yang ada.
·
Guru meminta siswa untuk saling menceritakan isi teks
kepada temannya.
·
Guru berkeliling dan membuat catatan bagi siswa yang
masih kesulitan memahami gagasan dari teks yang dibacanya.
·
Siswa membaca dengan teliti panduan keselamatan kerja
sebelum mulai membuat kincir.
·
Siswa membuat kincir berdasarkan instruksi yang terdapat
di buku, dengan batasan waktu yang ditentukan guru. (Mandiri : kerja keras,
kreatif, disiplin, rajin belajar)
·
Setelah kincir selesai, ingatkan siswa untuk bersama-sama
merapikan alat- alat serta sisa-sisa bahan.
·
Siswa melakukan percobaan menggunakan air mengalir untuk
kincir plastik dan menggunakan tiupan angin untuk kincir kertas.
·
Siswa mendiskusikan perbedaan kecepatan putaran
baling-baling pada kedua jenis kincir tersebut. Siswa juga diharapkan
menemukan perbedaan- perbedaan lainnya.
·
Siswa menuliskan perbedaan tersebut dalam diagram yang
tersedia.
·
Siswa dapat memasang kincir-kincir mereka di sekitar
sekolah pada tempat dan ketinggian yang berbeda. Siswa kemudian dapat
mengobservasi dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mengakibatkan kincir
mereka dapat berputar kencang atau sebaliknya.
Menulis
·
Siswa menuliskan laporan hasil percobaan pada bagan yang
tersedia. (Kegiatan
literasi)
Berdiskusi
·
Siswa dalam kelompok yang sama mendiskusikan
pertanyaan-pertanyaan yang terdapat di buku berdasarkan hasil percobaan. (Mandiri : menumbuhkan rasa
ingin tahu)
·
Siswa menuliskan jawaban di buku.
·
Guru memberikan penguatan dengan menjelaskan materi “Angin sebagai Sumber Energi”.
·
Guru menayangkan video tentang “Angin” sebagai penguatan
agar siswa memahami lebih jelas.
|
35 menit x 30 JP
|
Penutup
|
·
Siswa dan Guru bersama sama merangkum dan menyimpulkan materi pembelajaran.
·
Guru memberikan
soal Evaluasi kepada siswa.
·
Siswa mengerjakan
soal evaluasi.
·
Ketua kelas memimpin doa akhir pertemuan (Integritas : membiasakan
sikap santun, religius dan hormat)
|
15 menit
|
G.
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
SUMBER PEMBELAJARAN
·
Buku Guru dan Buku
Siswa, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema : Selalu
Berhemat Energi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2016.
·
Internet.
MEDIA PEMBELAJARAN
·
Gelas/botol plastik
bekas, kardus bekas, gunting, dan alat tulis untuk percobaan IPA.
·
Video
·
Powerpoint
H. PENILAIAN :
1.
Teknik Penilaian.
a.
Penilaian sikap: Santun, peduli, tanggung
jawab
b.
Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan
evaluasi
c.
Unjuk kerja: menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung
2.
Jenis penilaian:
a.
Observasi
b.
Tertulis
c.
Praktik
3.
Instrumen Penilaian (terlampir)
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai (terlampir)
Tegal, 4 September 2018
Guru Kelas IV Praktikan
Apriliana, S.Pd. Abdul Aziz
NIP
19670424 200212 2 002 NIM
1401415322
Mengetahui,
Kepala Sekolah Dosen
Pembimbing
Nur Atikah, S.Pd.,
M.Si. Dr. Kurotul Aeni, M.Pd.
NIP 19651011 198608 2 003 NIP 196107281986032001
Lampiran 1. Materi
Lampiran 2. Lembar
Diskusi Kelompok
LEMBAR DISKUSI
Nama anggota
1. .............................................................
2. .............................................................
3. .............................................................
4. .............................................................
5. .............................................................
6. .............................................................
Diskusikan persamaan dan perbedaan kedua kincir tersebut dengan
temanmu.
a.
Persamaan
kedua kincir
........................................................................................................................
........................................................................................................................
b.
Perbedaan
kedua kincir
........................................................................................................................
........................................................................................................................
Amatilah proses kerja kincir. Tulis hasil pengamatanmu pada tabel
berikut:
Kincir Angin
.......................................................
.......................................................
.......................................................
.......................................................
.......................................................
.......................................................
|
Kincir Air
.......................................................
.......................................................
.......................................................
.......................................................
.......................................................
.......................................................
|
Tuliskan Laporan dari hasil percobaan yang telah kalian lakukan!
Laporan Kegiatan Percobaan
Nama percobaan:
Tujuan percobaan:
Alat-alat:
Langkah kerja:
Hasil percobaan:
Kesimpulan:
Berdasarkan hasil
percobaan kalian, diskusikanlah pertanyaan berikut bersama teman kelompokmu.
1.
Apa sumber
energi kincir angin?
........................................................................................................................
2.
Bagaimana
kincir angin bisa berputar?
........................................................................................................................
3.
Apa manfaat
kincir angin dalam kehidupan sehari-hari?
........................................................................................................................
Lampiran 3. Evaluasi
Soal
Isilah
titik-titik berikut dengan jawaban yang benar!
1.
Energi yang digunakan untuk menerangi ruangan adalah…
2.
Sumber energi utama di bumi yang banyak
digunakan sehari-hari adalah…
3.
Alat seperti setrika adalah peralatan
yang menghasilkan…
4.
Mematikan kipas angin saat tidak
digunakan merupakan…
5.
Ketika kita sudah selesai menggunakan
TV, maka kita harus…
Jawaban
1.
Energi cahaya
2.
Energi matahari
3.
Energi panas
4.
Cara menghemat energi
5.
Mematikan TV
INSTRUMEN PENILAIAN
1. Penilaian
Sikap
No.
|
Nama
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Santun
|
Peduli
|
Tanggung Jawab
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1.
|
Ramzy Nur Imansyah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Aditia Saputra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Adinda Sahara W.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Ahmad Syarief Hidayatullah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Akhmes Huwaida Isbandina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Arkan Ridho Setiawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Aulia Rahmawati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Axa Pamungkahara Rojiokrowo
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Carrentya Navezha Puteri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Fairuz Jibril Kemal Pasha
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
Gendis Andhika Goen Maharani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
Gio Sangkea Pratama
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
Ibra Yudistira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
Imam Bagus Alaydrus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Muhammad Avatar Faradilla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
Muhammad Hafiz Alifianto
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
Muhammad Rifki Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
Nurul Karmilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
Ryan Agatha Ibrahimmovick
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
Satrio Andi Wibowo
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21.
|
Sulalatun Nasyfa Fadlilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22.
|
Nadiva Ilmiasih
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23.
|
Arif Nofal Nursalim
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24.
|
Dimas Fais
Yudanta
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25.
|
Fawnia Dwi
Althafunissa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K : Kurang
C : Cukup
B : Baik
SB : Sangat Baik
Skor : skor yang diperoleh / 12 x 100
Daftar Nilai Siswa
No.
|
Nama
|
Nilai
|
1.
|
Ramzy Nur Imansyah
|
|
2.
|
Aditia Saputra
|
|
3.
|
Adinda Sahara W.
|
|
4.
|
Ahmad Syarief Hidayatullah
|
|
5.
|
Akhmes Huwaida Isbandina
|
|
6.
|
Arkan Ridho Setiawan
|
|
7.
|
Aulia Rahmawati
|
|
8.
|
Axa Pamungkahara Rojiokrowo
|
|
9.
|
Carrentya Navezha Puteri
|
|
10.
|
Fairuz Jibril Kemal Pasha
|
|
11.
|
Gendis Andhika Goen Maharani
|
|
12.
|
Gio Sangkea Pratama
|
|
13.
|
Ibra Yudistira
|
|
14.
|
Imam Bagus Alaydrus
|
|
15.
|
Muhammad Avatar Faradilla
|
|
16.
|
Muhammad Hafiz Alifianto
|
|
17.
|
Muhammad Rifki Maulana
|
|
18.
|
Nurul Karmilah
|
|
19.
|
Ryan Agatha Ibrahimmovick
|
|
20.
|
Satrio Andi Wibowo
|
|
21.
|
Sulalatun Nasyfa Fadlilah
|
|
22.
|
Nadiva Ilmiasih
|
|
23.
|
Arif Nofal Nursalim
|
|
24.
|
Dimas Fais
Yudanta
|
|
25.
|
Fawnia Dwi
Althafunissa
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar