RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Negeri Tegalsari 8
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VI (Enam)/ 1 (satu)
Waktu : 3 x 35 menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
3.
Memahami teks dengan membaca
intensif dan membaca sekilas
B.
KOMPETENSI DASAR
3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil
pengamatan/kunjungan
C.
INDIKATOR
3.1.1
Siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan dan
memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut.
3.1.2 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan.
D.
TUJUAN PEMBELJARAN
· Melalui penjelasan guru mengenai laporan pengamatan,
siswa dapat menjelaskan bagian-bagian laporan dengan benar.
· Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan
letak-letak dari bagian-bagian laporan pengamatan dengan benar
· Melalui model Talking Stick, siswa dapat
menjelaskan isi dari laporan pengamatan dengan benar.
Karakter siswa yang diharapkan : tekun, kerja sama, ketelitian, toleransi, percaya diri,
disiplin, dan keberanian
E.
MATERI POKOK
Laporan Pengamatan
F.
PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Cooperative
Learning
Model : Talking
Stick
Metode :
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1.
Guru mengkondisikan suasana kelas agar siap belajar.
2.
Guru memberikan salam pembuka.
3.
Guru dan siswa membaca basmallah secara bersama-sama sebelum memulai
pembelajaran.
4.
Guru mengecek dan mengkomunikasikan kehadiran siswa.
5.
Apersepsi
- Guru bersama siswa
melakukan tepuk semangat.
6.
Guru mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya
dan mengajukan pertanyaan kepada siswan tentang materi yang akan dipelajari.
Contoh pertanyaan: “kemarin kalian
waktu pelajaran bahasa indonesia, sudah mempelajari apa saja?”
7.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan
guru.
8.
Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak didominasi oleh satu siswa
saja).
9.
Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai. Setelah belajar Laporan
Pengamatan. Diharapkan siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan bagian-bagian
dari laporan pengamatan, serta siswa dapat menjelaskan isi dari laporan
pengamatan.
10.
Guru menjelaskan maanfaat pembelajaran, bahwa manfaatnya kita dapat menjelaskan
suatu peristiwa ataupun kejadian kepada orang lain melalui laporan pengamatan.
11.
Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yaitu bahwa guru akan
menjelaskan mengenai pengertian laporan , bagian-bagian laporan, dan isi dari
sebuah laporan. kemudian guru akan memberikan sebuah laporan pengamatan.
Siswa di suruh mencatat pokok-pokok dari isi laporan. kemudian guru
memberikan pertanyaan. Dan diakhiri soal evaluasi.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
1.
Guru menjelaskan materi Laporan pengamatan
melalui powerpoint dan video.
2.
Guru melakukan tanya jawab tentang materi
laporan pengamatan.
3.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan
guru.
4.
Siswa mencatat di buku tulis
5.
Guru menanyakan pada siswa apakah masih ada
yang belum paham?
Elaborasi
6.
Guru mengelompokkan siswa yang terdiri dari 2 siswa per kelompok
7.
Guru menampilkan sebuah laporan pengamatan melalui LCD.
8.
Siswa mencatat pokok-pokok
laporan pengamatan.
9.
Guru memulai model pembelajaran Talking Stick.
10. Guru mengambil
tongkat dan diberikan ke salah satu kelompok.
11. Guru memberikan
pertanyaan dan siswa menjawab.
12. Kemudian tongkat
diberikan ke siswa lainnya dan seterusnya sampai siswa memahami semua yang
ada pada laporan pengamatan.
13. Siswa yang terlibat
aktif dalam pembelajaran dan berani maju mendapat penguatan dari guru baik
secara verbal dan non verbal.
konfirmasi
14. Guru mengkonfirmasi
jawaban siswa, jika masih ada konsep yang salah.
15. Siswa diberikan
kesempatan untuk bertanya jika ada materi yang belum jelas.
|
50 menit
|
Kegiatan Akhir
|
1.
Simpulan
Guru bersama siswa menyimpulkan bersama-sama tentang materi “Laporan
Pengamatan”
2.
Guru bersama siswa melakukan refleksi dari kegiatan hari ini.
3.
Evaluasi
Dilakukan dengan memberikan soal tes tertulis untuk dikerjakan secara
individu. (terlampir)
4.
Guru memberikan pesan moral :
“memberitahukan kepada siswa agar dirumah tetap belajar”.
5.
guru bersama siswa berdoa dipimpin oleh ketua kelas.
6.
guru memberikan salam penutup.
7.
siswa berjabat tangan dengan guru.
|
10 menit
|
H.
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1. Media
- Tongkat stik (Talking
Stik)
- Video Laporan pengamatan
- Power point (PPT)
2. Sumber belajar
Rahman hakim, arief. ---- . Bahasa Indonesia. ---------- :Ar-Rahman
Kusmayadi dkk. 2009. Belajar Bahasa Indonesia Itu Menyenangkan. Jakarta
: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Internet
I. PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a. Penilaian proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai kegiatan akhir
b. Penilaian hasil belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis.
- Instrumen Penilaian
a. Penilaian proses
Penilaian keterampilan
b. Penilaian hasil belajar
Isian singkat
J.
LAMPIRAN
a.
Materi ajar
b.
Lembar Diskusi Kelompok
c.
Penilaian (proses dan hasil belajar)
d.
Kisi-kisi
soal evaluasi
e.
Lembar
evaluasi individu & Kunci jawaban soal evaluasi individu
f. Daftar nilai hasil belajar
Tegal, 25 Agustus 2018
Guru Kelas IV Praktikan
Tri Lestyaningsih, S.Pd. Abdul Aziz
NIP. 198011052010012000 NIM
1401415322
Mengetahui,
Kepala Sekolah Dosen
Pembimbing
Nur Atikah, S.Pd., M.Si. Dr.
Khurotul Aeni, M.Pd.
NIP 19651011 198608 2 003 NIP 196107281986032001
Lampiran 1. Materi Ajar
Laporan Pengamatan
Ada bermacam-macam jenis bacaan. Salah satu
diantaranya adalah laporan. masih ingatkah kalian pengertian dari Laporan?
coba, jelaskan yang dimaksud dengan laporan! apa sajakah yang harus ada pada
laporan?
Laporan adalah jenis dokumen yang berisikan
paparan peristiwa atau kegiatan yang telah dilakukan seseorang atau kelompok.
Hal-hal yang harus dituliskan dalam laporan sebagai berikut:
1.
Hal laporan
atau judul laporan.
2.
Waktu dan
tempat terjadinya peristiwa atau kegiatan yang dilaporkan.
3.
Orang yang
berhubungan dengan peristiwa tersebut (pelaku).
4.
Jalannya
peristiwa (bagaimana peristiwa itu terjadi).
5.
Hasil dan
peristiwa tersebut.
6.
Nama pelapor.
Laporan yang baik ditulis secara runtut dari awal
sampai akhir, tidak meloncat-loncat. Kalimat-kalimatnya pun harus mudah
dipahami.

Lampiran 2. Lembar Diskusi Talking Stick
Laporan Pengamatan
Perpustakaan
Sekolah Dasar Labschool
Unnes Semarang
Objek yang diamati : Ruang Perpustakaan SD Labschool
Unnes
Waktu Pengamatan : Rabu, 1 Maret 2017
Pengamat : Nindi Suciayu Nugroho, Diani Elysa, Rayhan Firdausi, Nafisa Althaf.
Hasil Pengamatan
:
Pada hari Rabu,
1 Maret 2017, kami mengamati ruang perpustakaan SD Labschool Unnes dari setiap
sudut ruangan tersebut. Ruang perpustakaan terletak di antara ruang guru SD
Labschool Unnes dan ruang kepala sekolah. Kami melakukan pengamatan dari mulai
depan perpustakaan. Pertama-tama, di tembok sebelah kiri setelah pintu, ada replika burung
garuda, foto Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo dan Wakil Presiden
Republik Indonesia Bapak Muhammad Jusuf Kalla.
Kedua foto
tersebut dipigura. Begitu juga dengan tata tertib perpustakaan. Di sana juga
terdapat peta Jawa Tengah yang sangat besar. Terdapat juga meja berwarna pink dan biru yang berjumlah enam buah. Di
tengah ruangan, ada gerobak dorong yang berfungsi untuk mengangkut beberapa
buku perpustakaan. Di sekolah kami, gerobak itu disebut GEDEBUK (Gerobak Dorong Buku).
Perpustakaan ini memiliki dua buah meja dan kursi untuk guru atau petugas
perpustakaan. Tak ketinggalan, perpustakaan memiliki buku kunjungan, buku
daftar peminjaman buku, dan buku inventaris.
Di Perpustakaan
SD Labschool Unnes terdapat foto figura beberapa pahlawan Indonesia, dan ada
foto wayang jawa. Sayangnya, di meja sebelah kanan, buku-bukunya kurang tertata
dengan rapi. Itu mungkin dikarenakan perpustakaan belum memiliki petugas yang
tetap. Jadwal piket pengurus perpustakaan tepat di tembok depan pintu. Di sana
juga terdapat berbagai jenis buku, mulai dari buku-buku cerita hingga buku-buku
pelajaran dan pengetahuan umum.
Lampiran 3. Penilaian Proses yaitu
saat berdiskusi
No.
|
Nama
|
Sikap dan nilai
|
skor
|
Nilai akhir
|
|||||
Mengungkapkan gagasan dengan percaya diri dalam
kelompok saat diskusi
|
Mendengarkan pendapat teman saat diskusi
|
||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
||||
1
|
Meta Atika
Sari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Elsha Nur
Ramadhani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ananda Zaen
Aditya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aulia Sofuah
Ramadhani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alwan Fakhri Reza
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Boge Catur Perkasa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Da'avva Al Ghofaroh
Ramadan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Dhamar Sendy
Ardiansya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Firlian Trias Sanadi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Gina Salsabila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Icha Dwi Ramadhani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Kharisma Aulia Aqila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Lela Ari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Maulana Dwi
Idzadtullah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Maulida Qurrota 'Aini
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Mochamad Baihaqi
Putra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Muhamad Risqi
Ramadhani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Niken Tri Apriani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Nur Rosawati Septa
Ramadhanti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Raihan Raffi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Syifa Hafizah Yusrina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Virginia Ainun Nadia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Adhela Dwi Ananda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Melani
Saputri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Rafi Atha
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Hasna Nur Ramadani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Meyra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman penilaian
Indikator
|
Nilai
|
Skala sikap
|
Keterangan
|
Mengungkapkan gagasan dengan percaya diri dalam
kelompok saat diskusi
|
3
|
Sangat baik
|
Maju presentasi tanpa disuruh, suara lantang ,
jelas dan menatap audiens
|
2
|
Baik
|
Maju presentasi dengan disuruh, suara jelas,
menatap auidiens
|
|
1
|
Kurang baik
|
Tidak maju presentasi
|
|
Mendengarkan pendapat teman saat diskusi
|
3
|
Sangat baik
|
Saat teman punya pendapat didengarkan dengan
baik, tidak ngobrol sendiri
|
2
|
Baik
|
Memperhatikan teman berpendapat tapi seringkali
bercanda dengan teman
|
|
1
|
Kurang baik
|
Tidak
|
Penilaian akhir adalah : jumlah skor/ skor
maksimal
Lampiran 4. Kisi-Kisi Soal Evaluasi
Satuan Pendidikan :
SD N Tegalsari 8 Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : VI (Enam) Bentuk soal : Isian
Semester : Satu
Kompetensi Dasar
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Ranah Kognitif
|
Tingkat Kesukaran
|
Nomor Soal
|
Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan
hasil pengamatan/kunjungan
|
Disajikan Laporan Pengamatan.
-
Siswa dapat
menyebutkan bagian-bagian laporan pengamatan
-
Siswa dapat
menyebutkan judul laporan
-
Siswa dapat
menyebutkan identitasi laporan
-
Siswa dapat
menyebutkan siapa yang membuat laporan
-
Siswa dapat
menjeaskan inti isi laporan
|
Isian singkat
|
C1
|
Sedang
|
1
2
3
4
5
|
Lampiran
5. Soal Evaluasi & Kunci Jawaban Soal Evaluasi
Laporan Pengamatan di Kantin
Sekolah Dasar Negeri Brebes 01
Objek Pengamatan : Kantin SD Negeri Brebes 01
Waktu Pengamatan : Senin, 27 Februari 2017
Tujuan Pengamatan : Mengetahui situasi dan keadaan kantin SD N Brebes 01
Pengamat : Hendra, Joko,
Ari, dan Sauqi
Hasil Pengamatan:
Pada hari Senin,
27 Februari 2017, pada pukul 09.15 WIB, kami mengamati kantin SD Negeri Brebes 01. Kantin SD Negeri Brebes 01 terletak di sebelah utara,
bagian belakang SD Negeri Brebes 01. Sekitar kantin SD Negeri Brebes 01 terdapat kebun yang ditanami berbagai
macam tanaman dan pepohonan, di antaranya pohon pisang, kresen, dan lain-lain.
Pintu kantin itu
berkaca dan berwarna putih dengan warna dinding tembok yang semuanya berwarna
putih. Di dalam ruangan kantin itu terdapat tiga buah meja yang disusun rapi,
dan beberapa kursi yang berjumlah sembilan buah. Di bagian pojok ruangan kantin
terdapat satu kipas angin. Dinding
bagian depan kantin ada jendela yang berwarna putih bening. Di sana ada poster
makanan yang dijual. Ada juga daftar menu makanan yang dijual di situ.
Kantin SD Negeri Brebes 01dijaga oleh dua orang
penjual, satu penjual laki-laki yaitu bapak Anto yang berumur kira-kira 30
tahun ke atas, dan seorang perempuan yaitu ibu Nana yang sudah berumur 40 tahun
ke atas. Mereka menjual beberapa
makanan dan minuman, yaitu nasi, mi gelas, nuget, sosis, fruit tea, air
mineral, dan lain-lain. Ada juga makanan ringan seperti Top, coklat,
coki-choki, zuper keju, oreo, dan lain-lain.
Soal!
1.
Sebutkan bagian-bagian dari laporan pengamatan di atas!
2.
Apa judul dari laporan pengamatan tersebut?
3.
Kapan dan dimana laporan pengamatan tersebut
dilaksanakan?
4.
Siapa yang membuat laporan pengamatan tersebut?
5.
Jelaskan hasil dari laporan pengamatan tersebut?
Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian
Soal Evaluasi
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
a. judul laporan pengamatan
b. waktu laporan pengamatan
c. tujuan laporan pengamatan
d. pengamat
e. hasil laporan pengamatan
|
0-10
|
2.
|
Laporan Pengamatan di Kantin Sekolah Dasar Negeri Brebes 01
|
0-10
|
3.
|
hari Senin, 27 Februari 2017, pada
pukul 09.15 WIB, kami mengamati kantin SD Negeri Brebes 01
|
0-10
|
4.
|
Hendra, Joko, Ari, dan Sauqi
|
0-10
|
5.
|
Kantin SD Negeri Brebes 01
terletak di
sebelah utara, bagian belakang SD Negeri Brebes 01. Sekitar kantin SD Negeri Brebes 01
terdapat
kebun yang ditanami berbagai macam tanaman dan pepohonan, di antaranya pohon
pisang, kresen, dan lain-lain. Kantin menjual beberapa makanan dan minuman,
yaitu nasi, mi gelas, nuget, sosis, fruit tea, air mineral, dan lain-lain.
Ada juga makanan ringan seperti Top, coklat, coki-choki, zuper keju, oreo,
dan lain-lain.
|
0-10
|
Jumlah skor x 2
|
100
|
Lampiran 6. Lembar Penilaian Hasil
Belajar
No
|
Nama
|
Nilai
|
1
|
Meta Atika
Sari
|
|
2
|
Elsha Nur
Ramadhani
|
|
3
|
Ananda Zaen
Aditya
|
|
4
|
Aulia Sofuah
Ramadhani
|
|
5
|
Alwan Fakhri Reza
|
|
6
|
Boge Catur Perkasa
|
|
7
|
Da'avva Al Ghofaroh
Ramadan
|
|
8
|
Dhamar Sendy
Ardiansya
|
|
9
|
Firlian Trias Sanadi
|
|
10
|
Gina Salsabila
|
|
11
|
Icha Dwi Ramadhani
|
|
12
|
Kharisma Aulia Aqila
|
|
13
|
Lela Ari
|
|
14
|
Maulana Dwi
Idzadtullah
|
|
15
|
Maulida Qurrota 'Aini
|
|
16
|
Mochamad Baihaqi
Putra
|
|
17
|
Muhamad Risqi
Ramadhani
|
|
18
|
Niken Tri Apriani
|
|
19
|
Nur Rosawati Septa
Ramadhanti
|
|
20
|
Raihan Raffi
|
|
21
|
Syifa Hafizah Yusrina
|
|
22
|
Virginia Ainun Nadia
|
|
23
|
Adhela Dwi Ananda
|
|
24
|
Melani
Saputri
|
|
25
|
Rafi Atha
|
|
26
|
Hasna Nur Ramadani
|
|
27
|
Mayra Syafa
Azzahra
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar