Rabu, 19 Desember 2018

Contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas VI Semester I Membuat Laporan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri Tegalsari 8
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :   VI (Enam)/ 1 (satu)
Waktu                          :   3 x 35 menit

A.      STANDAR KOMPETENSI
3.      Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas

B.     KOMPETENSI DASAR
3.1  Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan

C.      INDIKATOR
3.1.1 Siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut.
3.1.2 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan.

D.      TUJUAN PEMBELJARAN
·      Melalui penjelasan guru mengenai laporan pengamatan, siswa dapat menjelaskan bagian-bagian laporan dengan benar.
·      Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan letak-letak dari bagian-bagian laporan pengamatan dengan benar
·      Melalui model Talking Stick, siswa dapat menjelaskan isi dari laporan pengamatan dengan benar.

Karakter siswa yang diharapkan : tekun, kerja sama, ketelitian, toleransi, percaya diri, disiplin, dan keberanian
E.       MATERI POKOK
Laporan Pengamatan
F.       PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan                      : Cooperative Learning
Model                               : Talking Stick
Metode                             : ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Kegiatan Awal
1.      Guru mengkondisikan suasana kelas agar siap belajar.
2.      Guru memberikan salam pembuka.
3.      Guru dan siswa membaca basmallah secara bersama-sama sebelum memulai pembelajaran.
4.      Guru mengecek dan mengkomunikasikan kehadiran siswa.
5.      Apersepsi
-     Guru bersama siswa melakukan tepuk semangat.
6.    Guru mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya dan mengajukan pertanyaan kepada siswan tentang materi yang akan dipelajari. Contoh pertanyaan: “kemarin kalian waktu pelajaran bahasa indonesia, sudah mempelajari apa saja?”
7.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan guru.
8.    Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak didominasi oleh satu siswa saja).
9.         Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai. Setelah belajar Laporan Pengamatan. Diharapkan siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan bagian-bagian dari laporan pengamatan, serta siswa dapat menjelaskan isi dari laporan pengamatan.
10.    Guru menjelaskan maanfaat pembelajaran, bahwa manfaatnya kita dapat menjelaskan suatu peristiwa ataupun kejadian kepada orang lain melalui laporan pengamatan.
11.    Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yaitu bahwa guru akan menjelaskan mengenai pengertian laporan , bagian-bagian laporan, dan isi dari sebuah laporan. kemudian guru akan memberikan sebuah laporan pengamatan. Siswa di suruh mencatat pokok-pokok dari isi laporan. kemudian guru memberikan pertanyaan. Dan diakhiri soal evaluasi.
10 menit
Kegiatan Inti
Eksplorasi
1.      Guru menjelaskan materi Laporan pengamatan melalui powerpoint dan video.
2.      Guru melakukan tanya jawab tentang materi laporan pengamatan.
3.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan guru.
4.      Siswa mencatat di buku tulis
5.      Guru menanyakan pada siswa apakah masih ada yang belum paham?

Elaborasi
6.      Guru mengelompokkan siswa yang terdiri dari 2 siswa per kelompok
7.      Guru menampilkan sebuah laporan pengamatan melalui LCD.
8.      Siswa mencatat pokok-pokok  laporan pengamatan.
9.      Guru memulai model pembelajaran Talking Stick.
10.  Guru mengambil tongkat dan diberikan ke salah satu kelompok.
11.  Guru memberikan pertanyaan dan siswa menjawab.
12.  Kemudian tongkat diberikan ke siswa lainnya dan seterusnya sampai siswa memahami semua yang ada pada laporan pengamatan.
13.  Siswa yang terlibat aktif dalam pembelajaran dan berani maju mendapat penguatan dari guru baik secara verbal dan non verbal.
konfirmasi
14.  Guru mengkonfirmasi jawaban siswa, jika masih ada konsep yang salah.
15.  Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya jika ada materi yang belum jelas.
50 menit
Kegiatan Akhir
1.    Simpulan
Guru bersama siswa menyimpulkan bersama-sama tentang materi “Laporan Pengamatan”
2.    Guru bersama siswa melakukan refleksi dari kegiatan hari ini.
3.    Evaluasi
Dilakukan dengan memberikan soal tes tertulis untuk dikerjakan secara individu. (terlampir)
4.     Guru memberikan pesan moral :
“memberitahukan kepada siswa agar dirumah tetap belajar”.
5.    guru bersama siswa berdoa dipimpin oleh ketua kelas.
6.    guru memberikan salam penutup.
7.    siswa berjabat tangan dengan guru.
10 menit

H.    MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media
-       Tongkat stik (Talking Stik)
-       Video Laporan pengamatan
-       Power point (PPT)
2.      Sumber belajar
Rahman hakim, arief.  ----  . Bahasa Indonesia. ---------- :Ar-Rahman
Kusmayadi dkk. 2009. Belajar Bahasa Indonesia Itu Menyenangkan. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Internet
I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai kegiatan akhir
b.      Penilaian hasil belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis.
  1. Instrumen Penilaian
a.       Penilaian proses
Penilaian keterampilan
b.      Penilaian hasil belajar
Isian singkat
J.    LAMPIRAN
a.       Materi ajar
b.      Lembar Diskusi Kelompok
c.       Penilaian (proses dan hasil belajar)
d.      Kisi-kisi soal evaluasi
e.       Lembar evaluasi individu & Kunci jawaban soal evaluasi individu
f.       Daftar nilai hasil belajar



            Tegal, 25 Agustus 2018

Guru Kelas IV                                                                        Praktikan


Tri Lestyaningsih, S.Pd.                                              Abdul Aziz
NIP. 198011052010012000                                       NIM 1401415322

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                           Dosen Pembimbing


Nur Atikah, S.Pd., M.Si.                                            Dr. Khurotul Aeni, M.Pd.
NIP 19651011 198608 2 003                                     NIP 196107281986032001

Lampiran 1. Materi Ajar
Laporan Pengamatan
Ada bermacam-macam jenis bacaan. Salah satu diantaranya adalah laporan. masih ingatkah kalian pengertian dari Laporan? coba, jelaskan yang dimaksud dengan laporan! apa sajakah yang harus ada pada laporan?
Laporan adalah jenis dokumen yang berisikan paparan peristiwa atau kegiatan yang telah dilakukan seseorang atau kelompok. Hal-hal yang harus dituliskan dalam laporan sebagai berikut:
1.      Hal laporan atau judul laporan.
2.      Waktu dan tempat terjadinya peristiwa atau kegiatan yang dilaporkan.
3.      Orang yang berhubungan dengan peristiwa tersebut (pelaku).
4.      Jalannya peristiwa (bagaimana peristiwa itu terjadi).
5.      Hasil dan peristiwa tersebut.
6.      Nama pelapor.
Laporan yang baik ditulis secara runtut dari awal sampai akhir, tidak meloncat-loncat. Kalimat-kalimatnya pun harus mudah dipahami.

Lampiran 2. Lembar Diskusi Talking Stick
Laporan Pengamatan Perpustakaan
Sekolah Dasar Labschool Unnes Semarang
Objek yang diamati           : Ruang Perpustakaan SD Labschool Unnes
Waktu Pengamatan           : Rabu, 1 Maret 2017
Pengamat                     : Nindi Suciayu Nugroho, Diani Elysa, Rayhan Firdausi, Nafisa Althaf.
Hasil Pengamatan            :
Pada hari Rabu, 1 Maret 2017, kami mengamati ruang perpustakaan SD Labschool Unnes dari setiap sudut ruangan tersebut. Ruang perpustakaan terletak di antara ruang guru SD Labschool Unnes dan ruang kepala sekolah. Kami melakukan pengamatan dari mulai depan perpustakaan. Pertama-tama, di tembok sebelah kiri setelah pintu, ada replika burung garuda, foto Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo dan Wakil Presiden Republik Indonesia Bapak Muhammad Jusuf Kalla.
Kedua foto tersebut dipigura. Begitu juga dengan tata tertib perpustakaan. Di sana juga terdapat peta Jawa Tengah yang sangat besar. Terdapat juga meja berwarna pink dan biru yang berjumlah enam buah. Di tengah ruangan, ada gerobak dorong yang berfungsi untuk mengangkut beberapa buku perpustakaan. Di sekolah kami, gerobak itu disebut GEDEBUK (Gerobak Dorong Buku). Perpustakaan ini memiliki dua buah meja dan kursi untuk guru atau petugas perpustakaan. Tak ketinggalan, perpustakaan memiliki buku kunjungan, buku daftar peminjaman buku, dan buku inventaris.
Di Perpustakaan SD Labschool Unnes terdapat foto figura beberapa pahlawan Indonesia, dan ada foto wayang jawa. Sayangnya, di meja sebelah kanan, buku-bukunya kurang tertata dengan rapi. Itu mungkin dikarenakan perpustakaan belum memiliki petugas yang tetap. Jadwal piket pengurus perpustakaan tepat di tembok depan pintu. Di sana juga terdapat berbagai jenis buku, mulai dari buku-buku cerita hingga buku-buku pelajaran dan pengetahuan umum.

Lampiran 3. Penilaian Proses yaitu saat berdiskusi
No.
Nama
Sikap dan nilai
skor
Nilai akhir
Mengungkapkan gagasan dengan percaya diri dalam kelompok saat diskusi
Mendengarkan pendapat teman saat diskusi
3
2
1
3
2
1


1
Meta Atika Sari








2
Elsha Nur Ramadhani








3
Ananda Zaen Aditya








4
Aulia Sofuah Ramadhani








5
Alwan Fakhri Reza








6
Boge Catur Perkasa








7
Da'avva Al Ghofaroh Ramadan








8
Dhamar Sendy Ardiansya








9
Firlian Trias Sanadi








10
Gina Salsabila








11
Icha Dwi Ramadhani








12
Kharisma Aulia Aqila








13
Lela Ari








14
Maulana Dwi Idzadtullah








15
Maulida Qurrota 'Aini








16
Mochamad Baihaqi Putra








17
Muhamad Risqi Ramadhani








18
Niken Tri Apriani








19
Nur Rosawati Septa Ramadhanti








20
Raihan Raffi








21
Syifa Hafizah Yusrina








22
Virginia Ainun Nadia








23
Adhela Dwi Ananda








24
Melani Saputri








25
Rafi Atha








26
Hasna Nur Ramadani








27
Meyra









Pedoman penilaian
Indikator
Nilai
Skala sikap
Keterangan
Mengungkapkan gagasan dengan percaya diri dalam kelompok saat diskusi
3
Sangat baik
Maju presentasi tanpa disuruh, suara lantang , jelas dan menatap audiens
2
Baik
Maju presentasi dengan disuruh, suara jelas, menatap auidiens
1
Kurang baik
Tidak maju presentasi
Mendengarkan pendapat teman saat diskusi
3
Sangat baik
Saat teman punya pendapat didengarkan dengan baik, tidak ngobrol sendiri
2
Baik
Memperhatikan teman berpendapat tapi seringkali bercanda dengan teman
1
Kurang baik
Tidak
Penilaian akhir adalah : jumlah skor/ skor maksimal


Lampiran 4. Kisi-Kisi Soal Evaluasi
Satuan Pendidikan         : SD N Tegalsari 8                                         Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas                                : VI (Enam)                                                    Bentuk soal                : Isian
Semester                          : Satu
Kompetensi Dasar
Indikator Soal
Jenis Soal
Ranah Kognitif
Tingkat Kesukaran
Nomor Soal
Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan


Disajikan Laporan Pengamatan.
-          Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian laporan pengamatan
-          Siswa dapat menyebutkan judul laporan
-          Siswa dapat menyebutkan identitasi laporan
-          Siswa dapat menyebutkan siapa yang membuat laporan
-          Siswa dapat menjeaskan inti isi laporan
Isian singkat

C1

Sedang

1



2

3

4

5

Lampiran 5. Soal Evaluasi & Kunci Jawaban Soal Evaluasi
Laporan Pengamatan di Kantin
Sekolah Dasar Negeri Brebes 01

Objek Pengamatan    : Kantin SD Negeri Brebes 01
Waktu Pengamatan   : Senin, 27 Februari 2017
Tujuan Pengamatan   : Mengetahui situasi dan keadaan kantin SD N Brebes 01
Pengamat                   : Hendra, Joko, Ari, dan Sauqi
Hasil Pengamatan:
Pada hari Senin, 27 Februari 2017, pada pukul 09.15 WIB, kami mengamati kantin SD Negeri Brebes 01. Kantin SD Negeri Brebes 01 terletak di sebelah utara, bagian belakang SD Negeri Brebes 01. Sekitar kantin SD Negeri Brebes 01 terdapat kebun yang ditanami berbagai macam tanaman dan pepohonan, di antaranya pohon pisang, kresen, dan lain-lain.
Pintu kantin itu berkaca dan berwarna putih dengan warna dinding tembok yang semuanya berwarna putih. Di dalam ruangan kantin itu terdapat tiga buah meja yang disusun rapi, dan beberapa kursi yang berjumlah sembilan buah. Di bagian pojok ruangan kantin terdapat satu kipas angin. Dinding bagian depan kantin ada jendela yang berwarna putih bening. Di sana ada poster makanan yang dijual. Ada juga daftar menu makanan yang dijual di situ.
Kantin SD Negeri Brebes 01dijaga oleh dua orang penjual, satu penjual laki-laki yaitu bapak Anto yang berumur kira-kira 30 tahun ke atas, dan seorang perempuan yaitu ibu Nana yang sudah berumur 40 tahun ke atas. Mereka menjual beberapa makanan dan minuman, yaitu nasi, mi gelas, nuget, sosis, fruit tea, air mineral, dan lain-lain. Ada juga makanan ringan seperti Top, coklat, coki-choki, zuper keju, oreo, dan lain-lain.





Soal!
1.      Sebutkan bagian-bagian dari laporan pengamatan di atas!
2.      Apa judul dari laporan pengamatan tersebut?
3.      Kapan dan dimana laporan pengamatan tersebut dilaksanakan?
4.      Siapa yang membuat laporan pengamatan tersebut?
5.      Jelaskan hasil dari laporan pengamatan tersebut?

Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian Soal Evaluasi
No
Jawaban
Skor
1.
a. judul laporan pengamatan
b. waktu laporan pengamatan
c. tujuan laporan pengamatan
d. pengamat
e. hasil laporan pengamatan
0-10
2.
Laporan Pengamatan di Kantin Sekolah Dasar Negeri Brebes 01
0-10
3.
hari Senin, 27 Februari 2017, pada pukul 09.15 WIB, kami mengamati kantin SD Negeri Brebes 01
0-10
4.
Hendra, Joko, Ari, dan Sauqi
0-10
5.
Kantin SD Negeri Brebes 01 terletak di sebelah utara, bagian belakang SD Negeri Brebes 01. Sekitar kantin SD Negeri Brebes 01 terdapat kebun yang ditanami berbagai macam tanaman dan pepohonan, di antaranya pohon pisang, kresen, dan lain-lain. Kantin menjual beberapa makanan dan minuman, yaitu nasi, mi gelas, nuget, sosis, fruit tea, air mineral, dan lain-lain. Ada juga makanan ringan seperti Top, coklat, coki-choki, zuper keju, oreo, dan lain-lain.
0-10
Jumlah skor x 2
100









Lampiran 6. Lembar Penilaian Hasil Belajar
No
Nama
Nilai
1
Meta Atika Sari

2
Elsha Nur Ramadhani

3
Ananda Zaen Aditya

4
Aulia Sofuah Ramadhani

5
Alwan Fakhri Reza

6
Boge Catur Perkasa

7
Da'avva Al Ghofaroh Ramadan

8
Dhamar Sendy Ardiansya

9
Firlian Trias Sanadi

10
Gina Salsabila

11
Icha Dwi Ramadhani

12
Kharisma Aulia Aqila

13
Lela Ari

14
Maulana Dwi Idzadtullah

15
Maulida Qurrota 'Aini

16
Mochamad Baihaqi Putra

17
Muhamad Risqi Ramadhani

18
Niken Tri Apriani

19
Nur Rosawati Septa Ramadhanti

20
Raihan Raffi

21
Syifa Hafizah Yusrina

22
Virginia Ainun Nadia

23
Adhela Dwi Ananda

24
Melani Saputri

25
Rafi Atha

26
Hasna Nur Ramadani

27
Mayra Syafa Azzahra


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Motivasi Kisah Pribadi

Perjuangan Seorang “Kuli Bangunan untuk Kuliah” Berdasarkan kisah nyata pribadi Oleh : Abdul Aziz Saya tidak pernah menyangka sa...