
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
KTSP
(PENGAJARAN MANDIRI)
RPP ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
Praktik Pengalaman Lapangan 2 (PPL 2)
Nama : Abdul Aziz
NIM : 1401415322
Dosem Pembimbing : Dr. Khurotul Aeni, M.Pd
Satuan Pendidikan : SD N Tegalsari 08
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (satu)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI
SEMARANG
2018
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Negeri Tegalsari 08
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VI (Enam) / 1 (satu)
Waktu : 3 x 35 menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
2.
Memahami cara
perkembangbiakan makhluk hidup.
B.
KOMPETENSI DASAR
2.3 Mengidentifikasi cara
perkembangbiakan hewan dan tumbuhan
C.
INDIKATOR
2.3.1 Menyebutkan
bagian-bagian biji
2.3.2 Menjelaskan
pengertian biji monokotil dan dikotil
2.3.3 Menyebutkan ciri-ciri
tumbuhan monokotil dan dikotil
D.
TUJUAN PEMBELA JARAN
1. Melalui penjelasan guru, siswa mampu menyebutkan
bagian-bagian biji dengan tepat.
2. Melalui penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan
pengertian biji monokotil dan dikotil dengan benar.
3. Melalui video, siswa mampu menyebutkan ciri-ciri
tumbuhan monokotil dan dikotil dengan benar.
4. Melalui mind mapping, siswa mampu merangkum materi
biji dengan benar.
Karakter yang diharapkan: religius, jujur, kerja keras, rasa ingin tau,
disiplin.
E.
MATERI POKOK
a. Biji
F.
METODE, PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN
a.
Pendekatan : Cooperative Learning
b.
Model : Mind Mapping
c.
Metode : ceramah, tanya jawab,
diskusi, dan penugasan
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1.
Guru mengkondisikan suasana kelas agar siap belajar.
2.
Guru memberikan salam pembuka.
3.
Guru dan siswa berdoa, dipimpin oleh ketua kelas.
4.
Guru dan siswa menyanyikan lagu nasional.
5.
Guru mengecek dan mengkomunikasikan kehadiran siswa dengan memanggil
satu per satu siswa.
6.
Apersepsi
Guru melakukan apersepsi dengan cara mengaitkan
materi yang telah diberikan pada minggu lalu dengan materi hari ini. Contoh pertanyaan:”anak-anak kemarin kita telah belajar
mengenai penyerbukan dan membuahan, apakah ada yang masih ingat apa saja macam-macam
penyerbukan?”.
7.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu belajar mengenai biji
(monokotil dan dikotil), contoh-contoh tumbuhan monokotil dan dikotil, serta
ciri-ciri tumbuhan monokotil dan dikotil.
8.
Guru menjelaskan maanfaat pembelajaran, bahwa manfaatnya siswa dapat
memahami biji monokotil dan dikotil.
9.
Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yaitu guru menjelaskan
terlebih dahulu bagian-bagian biji, kemudian penggolongan biji beserta
letaknya. Setelah itu, siswa diminta untuk membuat mind mapping tentang
“biji”. Lalu, diakhir pembelajran ada soal evaluasi.
|
7 menit
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
1.
Guru menjelaskan materi mengenai biji di bantu dengan media powerpoint.
2.
Guru menjelaskan materi mengenai penggolongan biji berdasarkan letak
biji berdasarkan ciri-ciri dan contohnya.
3.
Guru bertanya kepada siswa mengenai materi yang telah dijelaskan.
4.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan
guru.
5.
Guru menayangkan video dikotil dan monokotil.
6.
Siswa mengamati video.
7.
Guru bertanya mengenai video yang telah diamati siswa.
8.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan
guru.
9.
Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak didominasi oleh satu siswa
saja)
10.
Guru mengkonfirmasi jawaban dari siswa.
Elaborasi
11. Guru menjelaskan apa
itu mind mapping dan memberi contoh agar siswa mengetahui mind mapping.
12. Guru memberikan
batasan-batasan materi yang harus ada pada mind mapping yang akan di buat
siswa.
13. Guru membuat kelompok
yang terdiri dari 2 siswa.
14. Guru membagikan
kertas HVS kepada semua kelompok.
15. Guru mempersilahkan
siswa membuat mind mappng sesuai arahan dari guru.
16. Guru berkeliling
mengcek dan memberi penjelasan lebih kepada siswa jika ada siswa yang
kesulitan dalam membuat mind mapping
17. Setelah selesai, guru
memilih salah satu untuk maju ke depan membacakan hasil mind mapping.
18. Siswa yang terlibat
aktif dalam pembelajaran dan berani maju mendapat penguatan dari guru baik
secara verbal dan non verbal.
Penguatan verbal :
memberikan tepuk salut
Penguatan non verbal : memberikan kartu smile.
konfirmasi
1.
Guru mengkonfirmasi jawaban siswa, jika masih ada konsep yang salah.
2.
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya jika ada materi yang belum
jelas.
|
53 menit
|
Kegiatan Akhir
|
1.
Simpulan
Guru bersama siswa menyimpulkan bersama-sama
tentang materi.
2.
Guru bersama siswa melakukan refleksi dari kegiatan hari ini.
3.
Evaluasi
Dilakukan dengan memberikan soal tes tertulis untuk
dikerjakan secara individu. (terlampir)
4.
Guru memberikan motivasi.
5.
guru bersama siswa berdoa dipimpin oleh ketua kelas.
6.
guru memberikan salam penutup.
|
10 menit
|
H.
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1. Media
LCD, powerpoint, video,
gambar.
2. Sumber belajar
a. Buku pegangan guru. KTSP 2006. Modul Pembelajaran
IPA kelas VI.
b. Internet
I. PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a. Penilaian proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai kegiatan akhir
b. Penilaian hasil belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis.
- Instrumen Penilaian
a. Penilaian proses
Penilaian afektif
b. Penilaian hasil belajar
Isian singkat
Tegal, 25 Agustus 2018
Guru Kelas IV Praktikan
Tri Lestyaningsih, S.Pd. Abdul Aziz
NIP. 198011052010012000 NIM
1401415322
Mengetahui,
Kepala Sekolah Dosen
Pembimbing
Nur Atikah, S.Pd., M.Si. Dr.
Khurotul Aeni, M.Pd.
NIP 19651011 198608 2 003 NIP 196107281986032001
Lampiran 1. Materi Ajar
BIJI
Bakal biji mengandung calon tumbuhan baru. Didalam
biji, terdapat bagian-bagian bakal pucuk, bakal akar, kulit biji, dan keping
biji.
Berdasarkan letak bakal bijinya, tumbuhan berbiji
dibagi menjadi tumbuhan berbiji terbuka (biji tidak terdapat didalam buah dan
terlihat dari luar) dan tumbuhan berbiji tertutup (terdapat didalam buah)
berbiji terbuka misalnya melinjo, pinus, dan pakis haji. Berbiji tertutup
terdiri dari monokotil dan dikotil. Contoh tumbuhan monokotil adalah tumbuhan
kelapa, aren, padi, jagung dan tebu. Contoh tumbuhan dikotil, antara lain jambu
monyet, petai, bunga matahari, jeruk, dan mahoni.
Ciri-ciri tumbuhan berbiji keping satu
(monokotil), antara lain sebagai berikut:
1) Akar serabut,
2) Batangnya tidak berkambium,
3) Daunnya seperti pita,
4) Tulang daun sejajar atau melengkung,
5) Bunga sempurna (memiliki putik dan benangsari)
Ciri-ciri tumbuhan berbijji keping dua (dikotil),
antara lain sebagai berikut:
1) Berakar tunggang (akar yang menghujam ke tanah),
2) Batang berkambium,
3) Tulang daun menyirip atau menjari,
4) Berbunga sempurna
Biji berguna untuk alat pekembangbiakan generatif.
Biji terdiri dari bagian-bagian yaitu bakal pucuk, bakal akar, kulit biji, dan
keping biji. Pada awal pertumbuhan biji, bakal tunas mendapat makanan dari
kotiledon yaitu tempat cadangan makanan. Setelah memiliki akar dan daun, tumbuhan
baru melakukan fotosintesis.
Lampiran 2. Penilaian Afektif
No.
|
Nama
|
Sikap dan nilai
|
skor
|
Nilai akhir
|
|||||
Berani
|
Rasa ingin
tahu
|
||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
||||
1
|
Meta Atika Sari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Elsha Nur Ramadhani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ananda Zaen Aditya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aulia Sofuah Ramadhani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alwan Fakhri Reza
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Boge Catur Perkasa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Da'avva Al Ghofaroh Ramadan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Dhamar Sendy Ardiansya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Firlian Trias Sanadi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Gina Salsabila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Icha Dwi Ramadhani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Kharisma Aulia Aqila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Lela Ari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Maulana Dwi Idzadtullah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Maulida Qurrota 'Aini
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Mochamad Baihaqi Putra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Muhamad Risqi Ramadhani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Niken Tri Apriani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Nur Rosawati Septa Ramadhanti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Raihan Raffi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Syifa Hafizah Yusrina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Virginia Ainun Nadia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Adhela Dwi Ananda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Melani Saputri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Rafi Atha
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Hasna Nur Ramadani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Maira Syafa Azzahra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman penilaian
Indikator
|
Nilai
|
Skala sikap
|
Keterangan
|
Berani
|
3
|
Sangat baik
|
Siswa sering maju untuk mengerjakan soal di papan tulis
|
2
|
Baik
|
Siswa kadang-kadang maju untuk mengerjakan soal di papan tulis
|
|
1
|
Kurang baik
|
Siswa jarang maju untuk mengerjakan soal di papan tulis
|
|
Rasa ingin tahu
|
3
|
Sangat baik
|
Siswa sering bertanya
|
2
|
Baik
|
Siswa kadang-kadang bertanya
|
|
1
|
Kurang baik
|
Siswa jarang bertanya
|
Penilaian akhir adalah : jumlah skor/ skor
maksimal
Lampiran 3. Kisi-Kisi Soal Evaluasi
Satuan Pendidikan :
SD N Tegalsari 08
Kelas : VI (Enam)
Semester : satu
Mata Pelajaran : IPA
Bentuk soal : Isian
Kompetensi Dasar
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Ranah Kognitif
|
Tingkat Kesukaran
|
Nomor Soal
|
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan dan
tumbuhan
|
- siswa dapat menyebutkan bagian-bagian biji
- siswa dapat menjelaskan biji berdasarkan letak
tempatnya
- siswa
dapat menyebutkan contoh tubuhan dikotil dan monokotil
- siswa dapat menyebutkan ciri-ciri tumbuhan
monokotil
- siswa
dapat menjelaskan pengertian kotiledon
|
isian
|
C2
|
Sedang
|
1
2
3
4
5
|
Lampiran
4. Soal Evaluasi
Kerjakan
soal dibawah ini dengan benar!
1. Sebutkan 4 bagian-bagian yang terdapat didalam
biji!
2. Jelaskan pengertian tumbuhan berbiji terbuka dan
tumbuhan berbiji tertutup?
3. Sebutkan contoh tumbuhan monokotil dan dikotil,
sebutkan masing-masing 5 contoh!
4. Sebutkan 5 ciri-ciri tumbuhan berbiji keping satu
(monokotil)!
5. Jelaskan pengertian kotiledon?
Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian
Soal Evaluasi
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
a. bakal pucuk
b. bakal akar
c. kulit biji
d. keping biji
|
0-10
|
2.
|
Berbiji terbuka: tumbuhan yang bijinya tidak terletak di dalam buah dan
terlihat dari luar.
Berbiji tertutup: tumbuhan yang bijinya terdapat didalam buah.
|
0-10
|
3.
|
Monokotil: kelapa, aren, padi, jagung, dan tebu
Dikotil: jambu monyet, petai, mangga, jeruk dan mahoni
|
0-10
|
4.
|
a. akar serabut,
b. batangnya tidak berkambium,
c. daunnya seperti pita
d. tulang daunnya sejajar atau melengkung
e. bunga sempurna (memiliki putik dan benangsari)
|
0-10
|
5.
|
Kotiledon yaitu tempat cadangan makanan
|
0-10
|
Jumlah skor x 2
|
100
|
Lampiran
5. Lembar Penilaian Hasil Belajar
No
|
Nama
|
Nilai
|
1
|
Meta Atika Sari
|
|
2
|
Elsha Nur Ramadhani
|
|
3
|
Ananda Zaen Aditya
|
|
4
|
Aulia Sofuah Ramadhani
|
|
5
|
Alwan Fakhri Reza
|
|
6
|
Boge Catur Perkasa
|
|
7
|
Da'avva Al Ghofaroh Ramadan
|
|
8
|
Dhamar Sendy Ardiansya
|
|
9
|
Firlian Trias Sanadi
|
|
10
|
Gina Salsabila
|
|
11
|
Icha Dwi Ramadhani
|
|
12
|
Kharisma Aulia Aqila
|
|
13
|
Lela Ari
|
|
14
|
Maulana Dwi Idzadtullah
|
|
15
|
Maulida Qurrota 'Aini
|
|
16
|
Mochamad Baihaqi Putra
|
|
17
|
Muhamad Risqi Ramadhani
|
|
18
|
Niken Tri Apriani
|
|
19
|
Nur Rosawati Septa Ramadhanti
|
|
20
|
Raihan Raffi
|
|
21
|
Syifa Hafizah Yusrina
|
|
22
|
Virginia Ainun Nadia
|
|
23
|
Adhela Dwi Ananda
|
|
24
|
Melani Saputri
|
|
25
|
Rafi Atha
|
|
26
|
Hasna Nur Ramadani
|
|
27
|
Maera Syafa Azzahra
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar