Rabu, 19 Desember 2018

RPP IPA Kelas VI Semester I Monokotil dan Dikotil



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KTSP
(PENGAJARAN MANDIRI)

RPP ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
Praktik Pengalaman Lapangan 2 (PPL 2)

Nama                              : Abdul Aziz
NIM                               : 1401415322
Dosem Pembimbing       : Dr. Khurotul Aeni, M.Pd
Satuan Pendidikan         : SD N Tegalsari 08
Kelas/ Semester              : VI (Enam)/ I (satu)
Mata Pelajaran                : Ilmu Pengetahuan Alam



PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2018



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                :  SD Negeri Tegalsari 08
Mata Pelajaran   :  IPA
Kelas/Semester    :  VI (Enam) / 1 (satu)
Waktu                  :  3 x 35 menit

A.      STANDAR KOMPETENSI
2.    Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup.

B.       KOMPETENSI DASAR
2.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan dan tumbuhan

C.      INDIKATOR
2.3.1 Menyebutkan bagian-bagian biji
2.3.2 Menjelaskan pengertian biji monokotil dan dikotil
2.3.3 Menyebutkan ciri-ciri tumbuhan monokotil dan dikotil

D.      TUJUAN PEMBELA JARAN
1.      Melalui penjelasan guru, siswa mampu menyebutkan bagian-bagian biji dengan tepat.
2.      Melalui penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan pengertian biji monokotil dan dikotil dengan benar.
3.      Melalui video, siswa mampu menyebutkan ciri-ciri tumbuhan monokotil dan dikotil dengan benar.
4.      Melalui mind mapping, siswa mampu merangkum materi biji dengan benar.
Karakter yang diharapkan: religius, jujur, kerja keras, rasa ingin tau, disiplin.


E.       MATERI POKOK
a.    Biji

F.       METODE, PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN
a.       Pendekatan               : Cooperative Learning
b.      Model                                   : Mind Mapping
c.       Metode                     : ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Kegiatan Awal
1.      Guru mengkondisikan suasana kelas agar siap belajar.
2.      Guru memberikan salam pembuka.
3.      Guru dan siswa berdoa, dipimpin oleh ketua kelas.
4.      Guru dan siswa menyanyikan lagu nasional.
5.      Guru mengecek dan mengkomunikasikan kehadiran siswa dengan memanggil satu per satu siswa.
6.      Apersepsi
Guru melakukan apersepsi dengan cara mengaitkan materi yang telah diberikan pada minggu lalu dengan materi hari ini. Contoh pertanyaan:”anak-anak kemarin kita telah belajar mengenai penyerbukan dan membuahan, apakah ada yang masih ingat apa saja macam-macam penyerbukan?”.



7.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu belajar mengenai biji (monokotil dan dikotil), contoh-contoh tumbuhan monokotil dan dikotil, serta ciri-ciri tumbuhan monokotil dan dikotil.
8.        Guru menjelaskan maanfaat pembelajaran, bahwa manfaatnya siswa dapat memahami biji monokotil dan dikotil.
9.        Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yaitu guru menjelaskan terlebih dahulu bagian-bagian biji, kemudian penggolongan biji beserta letaknya. Setelah itu, siswa diminta untuk membuat mind mapping tentang “biji”. Lalu, diakhir pembelajran ada soal evaluasi.
7 menit
Kegiatan Inti
Eksplorasi
1.    Guru menjelaskan materi mengenai biji di bantu dengan media powerpoint.
2.    Guru menjelaskan materi mengenai penggolongan biji berdasarkan letak biji berdasarkan ciri-ciri dan contohnya.
3.    Guru bertanya kepada siswa mengenai materi yang telah dijelaskan.
4.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan guru.
5.    Guru menayangkan video dikotil dan monokotil.
6.    Siswa mengamati video.
7.    Guru bertanya mengenai video yang telah diamati siswa.
8.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan guru.
9.    Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak didominasi oleh satu siswa saja)
10.             Guru mengkonfirmasi jawaban dari siswa.
Elaborasi
11.  Guru menjelaskan apa itu mind mapping dan memberi contoh agar siswa mengetahui mind mapping.
12.  Guru memberikan batasan-batasan materi yang harus ada pada mind mapping yang akan di buat siswa.
13.  Guru membuat kelompok yang terdiri dari 2 siswa.
14.  Guru membagikan kertas HVS kepada semua kelompok.
15.  Guru mempersilahkan siswa membuat mind mappng sesuai arahan dari guru.
16.  Guru berkeliling mengcek dan memberi penjelasan lebih kepada siswa jika ada siswa yang kesulitan dalam membuat mind mapping
17.  Setelah selesai, guru memilih salah satu untuk maju ke depan membacakan hasil mind mapping.
18.  Siswa yang terlibat aktif dalam pembelajaran dan berani maju mendapat penguatan dari guru baik secara verbal dan non verbal.
Penguatan verbal : memberikan tepuk salut
Penguatan non verbal : memberikan kartu smile.
konfirmasi
1.    Guru mengkonfirmasi jawaban siswa, jika masih ada konsep yang salah.
2.     Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya jika ada materi yang belum jelas.
53 menit
Kegiatan Akhir
1.    Simpulan
Guru bersama siswa menyimpulkan bersama-sama tentang materi.
2.    Guru bersama siswa melakukan refleksi dari kegiatan hari ini.
3.    Evaluasi
Dilakukan dengan memberikan soal tes tertulis untuk dikerjakan secara individu. (terlampir)
4.     Guru memberikan motivasi.
5.    guru bersama siswa berdoa dipimpin oleh ketua kelas.
6.    guru memberikan salam penutup.
10 menit

H.    MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media
LCD, powerpoint, video, gambar.
2.      Sumber belajar
a.       Buku pegangan guru. KTSP 2006. Modul Pembelajaran IPA kelas VI.
b.      Internet



I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai kegiatan akhir
b.      Penilaian hasil belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis.
  1. Instrumen Penilaian
a.       Penilaian proses
Penilaian afektif
b.      Penilaian hasil belajar
Isian singkat



            Tegal, 25 Agustus 2018

Guru Kelas IV                                                                        Praktikan


Tri Lestyaningsih, S.Pd.                                              Abdul Aziz
NIP. 198011052010012000                                       NIM 1401415322

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                           Dosen Pembimbing


Nur Atikah, S.Pd., M.Si.                                            Dr. Khurotul Aeni, M.Pd.
NIP 19651011 198608 2 003                                     NIP 196107281986032001
Lampiran 1. Materi Ajar
BIJI

Bakal biji mengandung calon tumbuhan baru. Didalam biji, terdapat bagian-bagian bakal pucuk, bakal akar, kulit biji, dan keping biji.
Berdasarkan letak bakal bijinya, tumbuhan berbiji dibagi menjadi tumbuhan berbiji terbuka (biji tidak terdapat didalam buah dan terlihat dari luar) dan tumbuhan berbiji tertutup (terdapat didalam buah) berbiji terbuka misalnya melinjo, pinus, dan pakis haji. Berbiji tertutup terdiri dari monokotil dan dikotil. Contoh tumbuhan monokotil adalah tumbuhan kelapa, aren, padi, jagung dan tebu. Contoh tumbuhan dikotil, antara lain jambu monyet, petai, bunga matahari, jeruk, dan mahoni.
Ciri-ciri tumbuhan berbiji keping satu (monokotil), antara lain sebagai berikut:
1)      Akar serabut,
2)      Batangnya tidak berkambium,
3)      Daunnya seperti pita,
4)      Tulang daun sejajar atau melengkung,
5)      Bunga sempurna (memiliki putik dan benangsari)
Ciri-ciri tumbuhan berbijji keping dua (dikotil), antara lain sebagai berikut:
1)      Berakar tunggang (akar yang menghujam ke tanah),
2)      Batang berkambium,
3)      Tulang daun menyirip atau menjari,
4)      Berbunga sempurna
Biji berguna untuk alat pekembangbiakan generatif. Biji terdiri dari bagian-bagian yaitu bakal pucuk, bakal akar, kulit biji, dan keping biji. Pada awal pertumbuhan biji, bakal tunas mendapat makanan dari kotiledon yaitu tempat cadangan makanan. Setelah memiliki akar dan daun, tumbuhan baru melakukan fotosintesis.




Lampiran 2. Penilaian Afektif
No.
Nama
Sikap dan nilai
skor
Nilai akhir
Berani
Rasa ingin
 tahu
3
2
1
3
2
1


1
Meta Atika Sari








2
Elsha Nur Ramadhani








3
Ananda Zaen Aditya








4
Aulia Sofuah Ramadhani








5
Alwan Fakhri Reza








6
Boge Catur Perkasa








7
Da'avva Al Ghofaroh Ramadan








8
Dhamar Sendy Ardiansya








9
Firlian Trias Sanadi








10
Gina Salsabila








11
Icha Dwi Ramadhani








12
Kharisma Aulia Aqila








13
Lela Ari








14
Maulana Dwi Idzadtullah








15
Maulida Qurrota 'Aini








16
Mochamad Baihaqi Putra








17
Muhamad Risqi Ramadhani








18
Niken Tri Apriani








19
Nur Rosawati Septa Ramadhanti








20
Raihan Raffi








21
Syifa Hafizah Yusrina








22
Virginia Ainun Nadia








23
Adhela Dwi Ananda








24
Melani Saputri








25
Rafi Atha








26
Hasna Nur Ramadani








27
Maira Syafa Azzahra










Pedoman penilaian
Indikator
Nilai
Skala sikap
Keterangan
Berani
3
Sangat baik
Siswa sering maju untuk mengerjakan soal di papan tulis
2
Baik
Siswa kadang-kadang maju untuk mengerjakan soal di papan tulis
1
Kurang baik
Siswa jarang maju untuk mengerjakan soal di papan tulis
Rasa ingin tahu
3
Sangat baik
Siswa sering bertanya
2
Baik
Siswa kadang-kadang bertanya
1
Kurang baik
Siswa jarang bertanya

Penilaian akhir adalah : jumlah skor/ skor maksimal











Lampiran 3. Kisi-Kisi Soal Evaluasi

Satuan Pendidikan         : SD N Tegalsari 08  
Kelas                                : VI (Enam)
Semester                          : satu
Mata Pelajaran               : IPA
Bentuk soal                     : Isian             
Kompetensi Dasar
Indikator Soal
Jenis Soal
Ranah Kognitif
Tingkat Kesukaran
Nomor Soal
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan dan tumbuhan
- siswa dapat menyebutkan bagian-bagian biji
- siswa dapat menjelaskan biji berdasarkan letak tempatnya
-  siswa dapat menyebutkan contoh tubuhan dikotil dan monokotil
- siswa dapat menyebutkan ciri-ciri tumbuhan monokotil
-  siswa dapat menjelaskan pengertian kotiledon
isian

C2



Sedang
1

2

3

4

5



Lampiran 4. Soal Evaluasi
Kerjakan soal dibawah ini dengan benar!
1.    Sebutkan 4 bagian-bagian yang terdapat didalam biji!
2.    Jelaskan pengertian tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup?
3.    Sebutkan contoh tumbuhan monokotil dan dikotil, sebutkan masing-masing 5 contoh!
4.    Sebutkan 5 ciri-ciri tumbuhan berbiji keping satu (monokotil)!
5.    Jelaskan pengertian kotiledon?
Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian Soal Evaluasi
No
Jawaban
Skor
1.
a. bakal pucuk
b. bakal akar
c. kulit biji
d. keping biji
0-10
2.
Berbiji terbuka: tumbuhan yang bijinya tidak terletak di dalam buah dan terlihat dari luar.
Berbiji tertutup: tumbuhan yang bijinya terdapat didalam buah.
0-10
3.
Monokotil: kelapa, aren, padi, jagung, dan tebu
Dikotil: jambu monyet, petai, mangga, jeruk dan mahoni
0-10
4.
a. akar serabut,
b. batangnya tidak berkambium,
c. daunnya seperti pita
d. tulang daunnya sejajar atau melengkung
e. bunga sempurna (memiliki putik dan benangsari)
0-10
5.
Kotiledon yaitu tempat cadangan makanan
0-10
Jumlah skor x 2
100










Lampiran 5. Lembar Penilaian Hasil Belajar
No
Nama
Nilai
1
Meta Atika Sari

2
Elsha Nur Ramadhani

3
Ananda Zaen Aditya

4
Aulia Sofuah Ramadhani

5
Alwan Fakhri Reza

6
Boge Catur Perkasa

7
Da'avva Al Ghofaroh Ramadan

8
Dhamar Sendy Ardiansya

9
Firlian Trias Sanadi

10
Gina Salsabila

11
Icha Dwi Ramadhani

12
Kharisma Aulia Aqila

13
Lela Ari

14
Maulana Dwi Idzadtullah

15
Maulida Qurrota 'Aini

16
Mochamad Baihaqi Putra

17
Muhamad Risqi Ramadhani

18
Niken Tri Apriani

19
Nur Rosawati Septa Ramadhanti

20
Raihan Raffi

21
Syifa Hafizah Yusrina

22
Virginia Ainun Nadia

23
Adhela Dwi Ananda

24
Melani Saputri

25
Rafi Atha

26
Hasna Nur Ramadani

27
Maera Syafa Azzahra


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Motivasi Kisah Pribadi

Perjuangan Seorang “Kuli Bangunan untuk Kuliah” Berdasarkan kisah nyata pribadi Oleh : Abdul Aziz Saya tidak pernah menyangka sa...