BAB I
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
1.1
Hakikat
PPL
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
merupakan kegiatan intrakurikuler yang wajib diikuti oleh mahasiswa Program
Kependidikan Universitas Negeri Semarang, yaitu semua kegiatan kurikuler yang
harus dilakukan oleh mahasiswa praktikan, sebagai pelatihan untuk menerapkan
teori yang diperoleh pada semester-semester sebelumnya, sesuai dengan
persyaratan yang telah ditetapkan agar mereka memperoleh pengalaman dan
keterampilan lapangan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di
sekolah atau di tempat latihan lainnya.
Secara umum, kegiatan PPL meliputi
(1) praktik mengajar, (2) praktik administrasi, (3) praktik bimbingan dan
konseling, serta (4) kegiatan yang bersifat kokurikuler dan/atau ekstra
kurikuler yang berlaku di sekolah / tempat latihan. PPL bertujuan membentuk
mahasiswa mahasiswa praktikan agar menjadi tenaga kependidikan yang
profesional, sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan berdasarkan kompetensi
pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi
sosial. Dengan demikian, kegiatan PPL berfungsi memberikan bekal kepada
mahasiswa praktikan agar memiliki
kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional,
dan kompetensi sosial.
Kegiatan PPL dilaksanakan melalui
wadah mata kuliah PPL dengan bobot 6 SKS, tersebar dalam mata kuliah PPL1
dengan bobot 2 SKS dan PPL2 dengan bobot 4 SKS. Secara umum, mata kuliah PPL1
meliputi kegiatan Micro Teaching di
kampus, Pembekalan di kampus, dan Kegiatan Observasi dan orientasi di
sekolah/tempat latihan. Sedangkan mata kuliah PPL2 mencakup kegiatan
perencanaan pembelajaran, melaksanakan pengajaran terbimbing, melaksanakan
kegiatan pengajaran mandiri, menyusun laporan, serta melaksanakan kegiatan non
pembelajaran.
1.2
Kegiatan
PPL2 Mahasiswa
PGSD UPP Tegal
Pelaksanaan Kegiatan PPL 2 bagi
mahasiswa PGSD UPP Tegal pada tahun akademik 2018/2019
menggunakan 9
(sembilan) sekolah dasar di
lingkungan Unit Pelaksana Pendidikan Dasar (UPPD) wilayah Kecamatan Tegal Barat dan 10 (sepuluh) sekolah dasar di lingkungan Unit
Pelaksana Pendidikan Dasar (UPPD) wilayah
Kecamatan Margadana, Dinas Pendidikan Kota
Tegal. Kegiatan diawali dengan rapat koordinasi yang dilaksanakan oleh Pusat
Pengembangan PPL Unnes dengan menghadirkan 19
(sembilan belas) orang kepala
sekolah latihan.
Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis,
12 Juli 2018 bertempat di kampus
PGSD UPP Tegal. Daftar nama sekolah dasar,
Dosen Pembimbing,
dan Koordinator Dosen Pembimbing secara terperinci dikemukakan dalam tabel
berikut :
No
|
Sekolah Latihan
|
Jml Mhs
|
Dosen Pembimbing
|
Koordinator Dosen Pembimbing
|
1
|
SD Negeri Kemandungan 1
Kec. Tegal Barat
|
4
|
Drs. Utoyo, M.Pd.
NIP 19620619 198703 1 001
Penata/IIIc
|
Drs. Utoyo, M.Pd.
NIP 19620619 198703 1 001
Penata/IIIc
|
5
|
Dra. Sri Ismi Rahayu, M.Pd.
NIP 19560414 198503 2 001
Penata/IIIc
|
|||
2
|
SD Negeri Kemandungan 3
Kec. Tegal Barat
|
4
|
Dra. Sri Ismi Rahayu, M.Pd.
NIP 19560414 198503 2 001
Penata/IIIc
|
|
4
|
Drs. Utoyo, M.Pd.
NIP 19620619 198703 1 001
Penata/IIIc
|
|||
3
|
SD Negeri Kraton 1
Kec. Tegal Barat
|
4
|
Drs. Teguh Supriyanto,
M.Pd.
NIP 19611018
198803 1 002
Penata Muda Tk.I/IIIa
|
Drs. Teguh Supriyanto,
M.Pd.
NIP 19611018
198803 1 002
Penata Muda Tk.I/IIIa
|
4
|
Dra. Umi Setijowati, M.Pd.
NIP 19570115 198403 2 001
Pembina/Iva
|
|||
4
|
SD Negeri Kraton 2
Kec. Tegal Barat
|
4
|
Dra. Umi Setijowati, M.Pd.
NIP 19570115 198403 2 001
Pembina/Iva
|
|
4
|
Drs. Teguh Supriyanto,
M.Pd.
NIP 19611018
198803 1 002
Penata Muda Tk.I/IIIa
|
|||
5
|
SD Negeri Kraton 5
Kec. Tegal Barat
|
4
|
Dr. Khurotul Aeni,
M.Pd.
NIP 19610728 198603
2 001
Penata Tk.I/IIId
|
|
4
|
Drs. Sigit Yulianto, M.Pd.
NIP 19630721 198803 1 001
Penata/IIIc
|
No
|
Sekolah Latihan
|
Jml Mhs
|
Dosen Pembimbing
|
Koordinator Dosen Pembimbing
|
6
|
SD Negeri Tegalsari 8
Kec. Tegal Barat
|
4
|
Drs. Sigit Yulianto, M.Pd.
NIP 19630721 198803 1 001
Penata/IIIc
|
Drs. Sigit Yulianto, M.Pd.
NIP 19630721 198803 1 001
Penata/IIIc
|
4
|
Dr. Khurotul Aeni,
M.Pd.
NIP 19610728 198603
2 001
Penata Tk.I/IIId
|
|||
7
|
SD Negeri Debong Lor
Kec. Tegal Barat
|
4
|
Drs. Suwandi, M.Pd.
NIP 19580710 198703 1 003
Penata Tk.I/IIId
|
Drs. Suwandi, M.Pd.
NIP 19580710 198703 1 003
Penata Tk.I/IIId
|
4
|
Drs. Suhardi,
M.Pd.
NIP 195702011981031006
Pembina Tk.I/IVb
|
|||
8
|
SD Negeri Pesurungan Kidul 1
Kec. Tegal Barat
|
4
|
Drs. Suwandi, M.Pd.
NIP 19580710 198703 1 003
Penata Tk.I/IIId
|
|
4
|
Eka Titi Andaryani, S.Pd., M.Pd
NIP 19831129 200812 2 003
Penata/IIIc
|
|||
9
|
SD Negeri Pesurungan Kidul 2
Kec. Tegal Barat
|
4
|
Drs. Suhardi,
M.Pd.
NIP 195702011981031006
Pembina Tk.I/IVb
|
|
4
|
Drs. Suwandi, M.Pd.
NIP 19580710 198703 1 003
Penata Tk.I/IIId
|
|||
10
|
SD
Negeri Cabawan 2 UPPD Kec. Margadana
|
4
|
Ika Ratnaningrum, S.Pd, M.Pd.
NIP 19820814 200801 2 008
Penata /IIIc
|
Drs. M. Fathurrohman, M.Sn
NIP 19770725 200801 1 008
Penata /IIIc
|
4
|
Drs. M. Fathurrohman, M.Sn
NIP 19770725 200801 1 008
Penata /IIIc
|
|||
11
|
SD
Negeri Margadana 2
UPPD Kec. Margadana
|
4
|
Drs. M. Fathurrohman, M.Sn
NIP 19770725 200801 1 008
Penata /IIIc
|
|
4
|
Ika Ratnaningrum, S.Pd, M.Pd.
NIP 19820814 200801 2 008
Penata /IIIc
|
|||
12
|
SD
Negeri Margadana 4
UPPD Kec. Margadana
|
4
|
Drs. Akhmad Junaedi, M.Pd.
NIP 19630923 198703 1 001
Penata Muda Tk.I/IIIb
|
Drs. Akhmad Junaedi, M.Pd.
NIP 19630923 198703 1 001
Penata Muda
Tk.I/IIIb
|
4
|
Eka Titi Andaryani, S.Pd., M.Pd
NIP 19831129 200812 2 003
Penata/IIIc
|
No
|
Sekolah Latihan
|
Jml Mhs
|
Dosen Pembimbing
|
Koordinator Dosen Pembimbing
|
13
|
SD
Negeri Margadana 5
UPPD Kec. Margadana
|
4
|
Drs. Akhmad Junaedi, M.Pd.
NIP 19630923 198703 1 001
Penata Muda Tk.I/IIIb
|
Drs. Akhmad Junaedi, M.Pd.
NIP 19630923 198703 1 001
Penata Muda Tk.I/IIIb
|
4
|
Tri Astuti, S.Pd., M.Pd.
NIP 19890219 20150812001
|
|||
14
|
SD
Negeri Margadana 7
UPPD Kec. Margadana
|
4
|
Drs. Yuli Witanto
NIP 19640717 198803 1 002
Pembina/IVa
|
Drs. Yuli Witanto
NIP 19640717 198803 1 002
Pembina/IVa
|
4
|
Dra. Marjuni, M.Pd.
NIP 19590110198803 2
001
Penata/IIIc
|
|||
15
|
SD
Negeri Margadana 8
UPPD Kec. Margadana
|
4
|
Drs. Yuli Witanto
NIP 19640717 198803 1 002
Pembina/IVa
|
|
4
|
Dra. Marjuni, M.Pd.
NIP 19590110198803 2
001
Penata/IIIc
|
|||
16
|
SD
Negeri Sumurpanggang 2 UPPD Kec. Margadana
|
4
|
Drs. M. Fathurrohman, M.Sn
NIP 19770725 200801 1 008
Penata /IIIc
|
Drs. M. Fathurrohman, M.Sn
NIP 19770725 200801 1 008
Penata /IIIc
|
4
|
Ika Ratnaningrum, S.Pd, M.Pd.
NIP 19820814 200801 2 008
Penata /IIIc
|
|||
17
|
SD
Negeri Kalinyamat Kulon 2
UPPD Kec. Margadana
|
4
|
Drs. Noto Suharto, M.Pd. NIP 19551230 198203 1 001
Penata Tk.I/IIId
|
Drs. Noto Suharto, M.Pd. NIP 19551230 198203 1 001
Penata Tk.I/IIId
|
4
|
Tri Astuti, S.Pd., M.Pd.
NIP 19890219 20150812001
|
|||
18
|
SD
Negeri Kalinyamat Kulon 3
UPPD Kec. Margadana
|
4
|
Drs. Noto Suharto, M.Pd. NIP 19551230 198203 1 001
Penata Tk.I/IIId
|
|
4
|
Mur Fatimah, S.Pd., M.Pd.
NIP 19761004 200604 2 001
Penata/IIIc
|
|||
19
|
SD
Negeri Pesurungan Lor 1
UPPD Kec. Margadana
|
5
|
Eka Titi Andaryani, S.Pd., M.Pd
NIP 19831129 200812 2 003
Penata/IIIc
|
|
4
|
Mur Fatimah, S.Pd., M.Pd.
NIP 19761004 200604 2 001
Penata/IIIc
|
Praktik Pengalaman Lapangan 2 (PPL2) mahasiswa PGSD
UPP Tegal tahun akademik 2018/2019 dilaksanakan di
sekolah tempat latihan selama 7(tujuh)
minggu, mulai dari tanggal 30
Juli 2018 sampai dengan 14 September
2018. Secara umum penahapan
kegiatan PPL 2 dapat dikemukakan dalam tabel berikut :
No
|
Minggu Ke
|
Tanggal Pelaksanaan
|
Tahapan Kegiatan
|
Keterangan
|
1
|
I
|
30
Juli 2018
|
Penerjunan Mahasiswa ke Sekolah Latihan
|
Koordinator
Dosen Pembimbing
|
30
Juli s.d. 01 Agustus 2018
|
Observasi dan
Orientasi
|
Tagihan :
Laporan PPL1
|
||
02
s.d. 04 Agustus 2018
|
Pengajaran
Model
|
|||
2
|
II
|
10 Agustus 2018
|
Batas Akhir Upload Laporan PPL 1
|
Laporan
PPL1
|
3
|
II
|
06 s.d 11Agustus
2018
|
Pengajaran
Terbimbing
|
Tagihan :
5 (lima)
buah RPP
Rerata nilai dari guru pamong dan dosen pembimbing
|
4
|
III
|
13
s.d 18Agustus 2018
|
Pengajaran
Terbimbing
|
|
5
|
IV
|
20 s.d.
25 Agustus 2018
|
Pengajaran Mandiri
|
Tagihan :
5 (lima)
buah RPP
Rerata nilai
dari guru pamong dan dosen pembimbing
|
6
|
V
|
27 Agustus s.d. 01 September
2018
|
Pengajaran
Mandiri
|
|
7
|
VI
|
3 s.d.
08September 2018
|
Ujian Praktik
Mengajar
|
Tagihan :
2 (dua)
buah RPP
Rerata nilai
dari guru pamong dan dosen pembimbing
|
8
|
VI &VII
|
03s.d.
13 September 2018
|
Penyelesaian
Laporan PPL 2
|
|
9
|
VII
|
10 September 2018
|
Batas Akhir Upload Laporan PPL 2
|
Laporan
PPL2
|
10
|
VII
|
14 September
2018
|
Penarikan
Mahasiswa dari Sekolah Latihan
|
Koordinator
Dosen
Pembimbing
|
Catatan:
Kolom yang di blok warna kuning sangat penting untuk
diperhatikan !!!! Jika
proses upload melebihi tanggal tersebut sistem akan menolak.
Bab 2
TAHAP-TAHAP KEGIATAN
PPL 2
2.1
Tahap
Observasi dan Orientasi
Tahapan ini dilaksanakan selama 6 hari terhitung sejak mahasiswa
diterjunkan ke sekolah latihan, yaitu pada minggu terakhir bulan Juli dan minggu pertama
2018 (30 Juli s.d. 04 Agustus 2018).
Pada 3 (tiga) hari pertama( 30 Juli s.d.01Agustus
2018) mahasiswa
melaksanakan kegiatan orientasi dan pengenalan lingkungan sekolah latihan,
sedangkan pada 3 (tiga)
hariberikutnya ( 02s.d. 04 Agustus 2018) mahasiswa
melaksanakan kegiatan observasi secara bergantian
di setiap kelas, dengan mengamati guru kelas yang sedang mengelola kegiatan
pembelajaran (pengajaran model). Setiap kelas hanya diperbolehkan diamati
maksimal oleh 2 (dua) orang mahasiswa, sehingga tidak mengganggu kegiatan
pembelajaran yang sedang berlangsung.
Mekanisme pembagian giliran dalam
melaksanakan pengamatan di kelas dapat diatur oleh ketua kelompok pada saat
kegiatan orientasi dan pengenalan lingkungan sekolah pada minggu pertama.
Sebagai acuan, berikut dicontohkan pola pembagian giliran sebagaimana dimaksud.
NO
|
KELAS
|
PELAKSANAAN
KEGIATAN PENGAMATAN
|
|||||||||||
02Agustus
2018
|
03 Agustus 2018
|
04 Agustus 2018
|
|||||||||||
Jam ke 1-2
|
Jam ke 3-4
|
Jam ke 5-6
|
Jam ke 7-8
|
Jam ke 1-2
|
Jam ke 3-4
|
Jam ke 5-6
|
Jam ke 7-8
|
Jam ke 1-2
|
Jam ke 3-4
|
Jam ke 5-6
|
Jam ke 7-8
|
||
1
|
I
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2
|
II
|
-
|
E/F
|
-
|
-
|
G/H
|
-
|
-
|
-
|
A/B
|
C/D
|
-
|
-
|
3
|
III
|
-
|
G/H
|
A/B
|
C/D
|
E/F
|
G/H
|
A/B
|
C/D
|
E/F
|
G/H
|
A/B
|
C/D
|
4
|
IV
|
-
|
C/D
|
G/H
|
E/F
|
C/D
|
E/F
|
G/H
|
A/B
|
C/D
|
E/F
|
G/H
|
A/B
|
5
|
V
|
-
|
A/B
|
C/D
|
G/H
|
A/B
|
C/D
|
E/F
|
G/H
|
G/H
|
-
|
E/F
|
G/H
|
6
|
VI
|
-
|
-
|
E/F
|
A/B
|
-
|
A/B
|
C/D
|
E/F
|
-
|
A/B
|
C/D
|
E/F
|
Keterangan
:Kode huruf A – H menunjukkan nama-nama mahasiswadengan tiap
kelompok beranggotakan 8 orang)
Tagihan utama
dari pelaksanaan Kegiatan Observasi dan orientasi ini adalahLaporan
Observasi dan Orientasi (PPL 1) yang disusun secara berkelompok. Format
atau sistematika laporan dapat dilihat pada lampiran Petunjuk Pelaksanaan
Kegiatan PPL ini.
Selama kegiatan
pengajaran model dilaksanakan mahasiswa
melaksanakan penyusunan laporan PPL 1. Selain itu, selama kegiatan pengajaran
model, mahasiswa dapat memanfaatkan untuk
meminta tugas mengajar kepada guru kelas (pamong), sebagai langkah
persiapan untuk melaksanakan tugas berikutnya, yaitu Kegiatan Pengajaran Terbimbing. Untuk keperluan meminta tugas
mengajar kepada guru pamong pada kegiatan Pengajaran Terbimbing, Pengajaran
Mandiri, dan Ujian Praktik mengajar pada minggu-minggu berikutnya, setiap
mahasiswa mempersiapkan “ Buku Tugas
Mengajar”. Buku tugas mengajar dapat
didesain dengan menggunakan format sebagai berikut :
NO
|
HARI/
TANGGAL
|
MAPEL
|
KELAS
|
JAM KE
|
MATERI
POKOK
|
SARAN/KRITIK/
KOMENTAR GURU PAMONG
|
TANDA TANGAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Proses pembuatan buku tersebut dilakukan dengan
dikoordinir oleh ketua kelompok, sehingga format dan tampilan (warna sampul)
dapat dibuat seragam untuk setiap SD.
2.2
Tahap
Pengajaran Terbimbing
Tahap Pengajaran Terbimbing dilaksanakan selama 2 (dua) minggu, yaitu minggu
ke 2dan minggu ke 3 (06 s.d. 18Agustus 2018).
Pada tahap ini setiap mahasiswa diwajibkan tampil
sebanyak 5
(lima) kali, meliputi
seluruh mata pelajaran di SD (kecuali mata pelajaran Pendidikan Agama dan
Penjaskes). Jika pada sekolah tertentu
sudah menerapkan pembelajaran dengan pendekatan Tematik, maka rincian 5
buah RPP yang disusun diatur sebagai berikut.
a. Latihan
Mengajar Terbimbing dengan menggunakan pendekatan
tematik pada kelas tertentu
(sesuai kebijakan SD)sebanyak
1 kali pada kelas tertentu.
b. Latihan
Mengajar Terbimbing dengan menggunakan pendekatan
mata pelajaran pada kelas tertentu
(mengikuti kebijakan SD), sebanyak 4
kali meliputi seluruh mata pelajaran di SD
(memilih 4
dari semua mata pelajaran)*, yaitu :
(1) Bahasa
Indonesia
(2) Pendidikan
Kewarganegaraan
(3) Matematika
(4) Ilmu
Pengetahuan Alam
(5) Ilmu
Pengetahuan Sosial
(6) Seni
Budaya dan Keterampilan
(7) Bahasa
Jawa
Keterangan
: *) Dua mata pelajaran yang dipilih terdiri dari eksak dan non eksak
Jika memungkinkan, mahasiswa juga dapat ditugaskan
mengajar selain 7 (tujuh) mata pelajaran di atas, misalnya untuk mata pelajaran
muatan lokal (Bahasa Inggris dan Komputer), jika mahasiswa dipandang memiliki
kompetensi dan bersedia mengajar di bidang tersebut.
Pembimbingan dilakukan bersama antara Guru pamong
(Guru Kelas) dan Dosen Pembimbing, dengan ketentuan Guru Kelas (Guru Pamong)
membimbing penuh sebanyak 5
(lima) kali, sedangkan Dosen
Pembimbing diwajibkan membimbing dan melakukan penilaian minimal sebanyak 2
(dua) kali. Penilaian terhadap penampilan mahasiswa mulai dilakukan pada
penampilan yang ke tiga.
Peran Guru Pamong dan Dosen Pembimbing pada penampilan mahasiswa ke satu sampai
dengan ke dua
hanya sebatas mengamati dan memberikan saran,kritik dan komentar untuk
perbaikan kinerja mahasiswa pada penampilan berikutnya.
Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang
digunakan menyesuaikan dengan format yang saat ini berlaku di sekolah dasar.
Tagihan pelaksanaan
kegiatan ini dari mahasiswa adalah 5 (lima) buah Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran yang
disahkan/ditandatangani oleh Guru Pamong (Guru Kelas) dan diketahui oleh Kepala
Sekolah. Sedangkan dari Guru Pamong dan Dosen Pembimbing, tagihan yang
diharapkan adalah rerata nilai
pengajaran terbimbing. Penilaian dilakukan mencakup aspek kompetensi
paedagogis dan profesional. Format penilaian terlampir.
2.3
Tahap
Pengajaran Mandiri
Tahap Pengajaran Mandiri dilaksanakan selama 2 (dua)
minggu, yaitu minggu ke 4dan
minggu ke 5
(20 Agustus s.d. 01 September 2018)
Pada tahap Pengajaran Mandiri, setiap mahasiswa
diwajibkan mengajar penuh di kelas mulai jam pertama hingga jam terakhir
(kecuali untuk mata pelajaran Pendidikan Agama dan Penjaskes). Tujuan dari
pelaksanaan tahap kegiatan Pengajaran mandiri adalah memberikan kesempatan
kepada mahasiswa merasakan menjadi guru kelas dengan segala konsekuensinya,
namun tetap dalam pemantauan Guru Kelas dan Dosen Pembimbing.
Selama tahap Pengajaran Mandiri berlangsung, setiap
mahasiswa mendapatkan kesempatan yang sama secara bergiliran untuk mengajar di
seluruh kelas, sehingga masing-masing memiliki pengalaman mengajar penuh satu
hari mulai dari kelas I sampai dengan kelas VI.
Pada tahap Pengajaran Mandiri, peran Guru Kelas
(Guru Pamong) dan Dosen Pembimbing adalah memantau,
membimbing, dan melakukan penilaian. Kegiatan memantau dan membimbing dilakukan terhadap mahasiswa selama
melakukan tugas mengajar sehari penuh di dalam kelas, sedangkan kegiatan menilai dilakukan hanya pada
kegiatan mengajar yang dibuat RPPnya.
1.
Jika Sekolah
sudah menerapkan Pendekatan Tematik
Setiap mahasiswa
diwajibkan menyusun 5
(enam) buah RPP yang terdiri atas : 1
(satu) buah RPP Tematik pada
kelas tertentu dan 4 (empat) buah RPP berbasis
mata pelajaran. RPP yang disusun pada saat latihan mandirimeliputi mata
pelajaran seperti pada kegiatan Pengajaran Terbimbing. Pemilihan mata pelajaran
dan penetapan materi yang akan diajarkan dilakukan oleh mahasiswa dengan
berkonsultasi terlebih dahulu kepada guru kelas.
2.
Jika Sekolah
masih menerapkan Pendekatan Mata
Pelajaran Murni
Setiap mahasiswa
diwajibkan menyusun 5
(lima) buah RPP berbasis
mata pelajaran. RPP yang meliputi
mata pelajaran seperti pada kegiatan Pengajaran Terbimbing. Pemilihan mata
pelajaran dan penetapan materi yang akan diajarkan dilakukan oleh mahasiswa
dengan berkonsultasi terlebih dahulu kepada guru kelas.
Penilaian dilakukan oleh guru kelas sebanyak 5 (lima) kali, dan oleh Dosen
Pembimbing minimal sebanyak 2 (dua) kali dari seluruh penampilan masing-masing
mahasiswa.
Tagihan pelaksanaan
kegiatan ini dari mahasiswa adalah 5 (lima) buah Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran yang
disahkan/ditandatangai oleh Guru Pamong (Guru Kelas) dan diketahui oleh Kepala
Sekolah. Sedangkan dari Guru Pamong dan Dosen Pembimbing, tagihan yang
diharapkan adalah rerata nilai
pengajaran mandiri. Penilaian dilakukan mencakup aspek kompetensi paedagogis
dan profesional. Format penilaian yang digunakan sama dengan kegiatan
pengajaran terbimbing, seperti terlampir.
Mekanisme pembagian giliran dalam
melaksanakan kegiatan pengajaran mandiri dapat diatur oleh ketua kelompok agar
setiap mahasiswa mendapat kesempatan yang sama, terutama kesempatan mengajara
di kelas rendah dan kelas tinggi. Sebagai acuan, berikut dicontohkan pola
pembagian giliran sebagaimana dimaksud.
No
|
Kelas
|
Pelaksanaan Pengajaran Mandiri
|
|||||||||||
Minggu Ke 4
|
Minggu Ke 5
|
||||||||||||
20/8
|
21/8
|
22/8
|
23/8
|
24/8
|
25/8
|
27/8
|
28/8
|
29/8
|
30/8
|
31/8
|
01/9
|
||
1
|
I
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2
|
II
|
A
|
E
|
D
|
H
|
C
|
G
|
B
|
F
|
A
|
E
|
D
|
H
|
3
|
III
|
B
|
F
|
A
|
E
|
D
|
H
|
C
|
G
|
B
|
F
|
A
|
E
|
4
|
IV
|
C
|
G
|
B
|
F
|
A
|
E
|
D
|
H
|
C
|
G
|
B
|
F
|
5
|
V
|
D
|
H
|
C
|
G
|
B
|
F
|
A
|
E
|
D
|
H
|
C
|
G
|
6
|
VI
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
PIKET
|
EFGH
|
ABCD
|
EFGH
|
ABCD
|
EFGH
|
ABCD
|
EFGH
|
ABCD
|
EFGH
|
ABCD
|
EFGH
|
ABCD
|
Keterangan
:
Kode huruf A – H menunjukkan nama-nama mahasiswa dengan tiap kelompok beranggotakan 8 orang.
2.4
Ujian
Praktik Mengajar
Ujian praktik mengajar dilaksanakan selama 6 (enam) hari pada minggu ke 6 (3 s.d. 8 September 2018),
dan 4 (empat) hari pada minggu ke 7 (10 s.d. 13 September
2018) untuk kegiatan ujian ulang (jika ada) dan
penyelesaian laporan PPL2.
Pada tahap Ujian Praktik Mengajar, setiap mahasiswa
diwajibkan menyusun 2 (dua) buah RPP.
a. Jika Sekolah sudah menerapkan Pendekatan Tematik, maka RPP yang disusun meliputi 1 (satu) RPP
Tematik dan 1 (satu) RPP berbasis mata pelajaran.
b. Jika Sekolah masih menerapkan Pendekatan Berbasis Mata Pelajaran Murni, maka RPP yang disusun
meliputi 2 (dua) buah RPP, dengan ketentuan 1 buah RPP mata pelajaran Eksak
(Kelas Rendah atau Tinggi) dan 1 buah RPP mata pelajaran Non Eksak (Kelas
Rendah atau Tinggi).
Guru Pamong (guru kelas) dan dosen pembimbing melakukan
penilaian terhadap 1
(satu) kali penampilan mahasiswa
dalam ujian praktik mengajar. Penilaian terhadap penampilan mahasiswa yang ke
dua hanya wajib dilakukan oleh guru pamong
dan dosen pembimbing jika pada penampilan
pertama ternyata hasilnya masih belum memuaskan, bahkan jika setelah 2 (dua)
kali melakukan ujian praktik mengajar,
hasil yang dicapai oleh mahasiswa belum optimal, dapat dilakukan ujian ke tiga,
ke empat dan seterusnya, sampai hasil yang dicapai oleh mahasiswa betul-betul
memenuhi kriteria kelulusan, yaitu 71 (B).
Penilaian dilakukan mencakup aspek kompetensi
paedagogis dan profesional. Format penilaian yang digunakan sama dengan
kegiatan pengajaran terbimbing, dan pengajaran mandiri seperti terlampir.
Bab. 3
PENILAIAN PPL2
3.1
Pengertian
Nilai PPL adalah penghargaan yang diberikan kepada
mahasiswa praktikan setelah melakukan PPL yang diprogramkan oleh Pusat
Pengembangan PPL Unnes, baik di kampus maupun di sekolah tempat latihan.
3.2
Komponen
Penilaian PPL
Penilaian dalam kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan
(PPL) meliputi komponen PPL 1 yang terdiri dari (1) Micro Teaching, (2)Pembekalan PPL di kampus, dan (3) Observasi dan
Orientasi di sekolah tempat latihan, serta komponen PPL2 yang terdiri dari (1)
Kompetensi Pedagogik, (2) Kompetensi Profesional, (3) Kompetensi Kepribadian,
(4) Kompetensi Sosial.
3.3
Instrumen
Penilaian
a. Kegiatan
Micro Teaching, dinilai menggunakan
instrumen penilaian N0
(Lihat lampiran 1)
b. Kegiatan
Pembekalan di kampus, dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian N1.
c. Kegiatan
Observasi dan Orientasi di Sekolah Latihan, dinilai dengan menggunakan
instrumen penilaian N2
(lihat lampiran 3 )
d. Kompetensi
Pedagogik, dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian N3 (lihat lampiran 11)
e. Kompetensi
Profesional, dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian N4 (lihat lampiran 12)
f. Kompetensi
Kepribadian, dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian N5 (lihat lampiran 13)
g. Kompetensi
Sosial, dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian N6 (lihat lampiran 14)
3.4
Ketentuan
Lain
No
|
Aspek Penilaian
|
Penanggung Jawab
|
Keter.
|
||
Validasi
|
Penilai
|
Entry Nilai
|
|||
1
|
Micro
Teaching
|
-
|
Dosen
Micro Teaching
|
Dosen
Micro Teaching
|
|
2
|
Pembekalan PPL
di kampus
|
-
|
Pusat PPL
|
Operator
PPL
|
|
3
|
Laporan PPL 1
|
Koor.
Dosbing
|
Kepala
Sekolah
|
Kepala
Sekolah (Operator Sekolah)
|
|
4
|
Laporan PPL 2
|
Dosen
Pembimbing
|
-
|
-
|
|
5
|
Nilai Akhir
PPL 2
|
-
|
Dosen
Pembimbing
|
Dosen
Pembimbing
|
|
Guru
Pamong
|
Guru
Pamong
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar