Rabu, 19 Desember 2018

Pedoman PPL PGSD tahun 2018


BAB I
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
1.1       Hakikat PPL
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan intrakurikuler yang wajib diikuti oleh mahasiswa Program Kependidikan Universitas Negeri Semarang, yaitu semua kegiatan kurikuler yang harus dilakukan oleh mahasiswa praktikan, sebagai pelatihan untuk menerapkan teori yang diperoleh pada semester-semester sebelumnya, sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan agar mereka memperoleh pengalaman dan keterampilan lapangan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah atau di tempat latihan lainnya.
Secara umum, kegiatan PPL meliputi (1) praktik mengajar, (2) praktik administrasi, (3) praktik bimbingan dan konseling, serta (4) kegiatan yang bersifat kokurikuler dan/atau ekstra kurikuler yang berlaku di sekolah / tempat latihan. PPL bertujuan membentuk mahasiswa mahasiswa praktikan agar menjadi tenaga kependidikan yang profesional, sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan berdasarkan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Dengan demikian, kegiatan PPL berfungsi memberikan bekal kepada mahasiswa praktikan agar memiliki  kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial.
Kegiatan PPL dilaksanakan melalui wadah mata kuliah PPL dengan bobot 6 SKS, tersebar dalam mata kuliah PPL1 dengan bobot 2 SKS dan PPL2 dengan bobot 4 SKS. Secara umum, mata kuliah PPL1 meliputi kegiatan Micro Teaching di kampus, Pembekalan di kampus, dan Kegiatan Observasi dan orientasi di sekolah/tempat latihan. Sedangkan mata kuliah PPL2 mencakup kegiatan perencanaan pembelajaran, melaksanakan pengajaran terbimbing, melaksanakan kegiatan pengajaran mandiri, menyusun laporan, serta melaksanakan kegiatan non pembelajaran.


1.2       Kegiatan PPL2 Mahasiswa PGSD UPP Tegal
Pelaksanaan Kegiatan PPL 2 bagi mahasiswa PGSD UPP Tegal pada tahun akademik 2018/2019 menggunakan 9 (sembilan) sekolah dasar di lingkungan Unit Pelaksana Pendidikan Dasar (UPPD) wilayah Kecamatan Tegal Barat dan 10 (sepuluh) sekolah dasar di lingkungan Unit Pelaksana Pendidikan Dasar (UPPD) wilayah Kecamatan Margadana, Dinas Pendidikan Kota Tegal. Kegiatan diawali dengan rapat koordinasi yang dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan PPL Unnes dengan menghadirkan 19 (sembilan belas) orang kepala sekolah latihan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis, 12 Juli 2018 bertempat di kampus PGSD UPP Tegal. Daftar nama sekolah dasar, Dosen Pembimbing, dan Koordinator Dosen Pembimbing secara terperinci dikemukakan dalam tabel berikut :
No
Sekolah Latihan
Jml Mhs
Dosen Pembimbing
Koordinator Dosen Pembimbing
1
SD Negeri Kemandungan 1
Kec. Tegal Barat
4
Drs. Utoyo, M.Pd.
NIP 19620619 198703 1 001
Penata/IIIc
Drs. Utoyo, M.Pd.
NIP 19620619 198703 1 001
Penata/IIIc
5
Dra. Sri Ismi Rahayu, M.Pd.
NIP 19560414 198503 2 001
Penata/IIIc
2
SD Negeri Kemandungan 3
Kec. Tegal Barat
4
Dra. Sri Ismi Rahayu, M.Pd.
NIP 19560414 198503 2 001
Penata/IIIc
4
Drs. Utoyo, M.Pd.
NIP 19620619 198703 1 001
Penata/IIIc
3
SD Negeri Kraton 1
Kec. Tegal Barat
4
Drs. Teguh Supriyanto, M.Pd.
NIP 19611018 198803 1 002
Penata Muda Tk.I/IIIa
Drs. Teguh Supriyanto, M.Pd.
NIP 19611018 198803 1 002
Penata Muda Tk.I/IIIa
4
Dra. Umi Setijowati, M.Pd.
NIP 19570115 198403 2 001
Pembina/Iva
4
SD Negeri Kraton 2
Kec. Tegal Barat
4
Dra. Umi Setijowati, M.Pd.
NIP 19570115 198403 2 001
Pembina/Iva
4
Drs. Teguh Supriyanto, M.Pd.
NIP 19611018 198803 1 002
Penata Muda Tk.I/IIIa
5
SD Negeri Kraton 5
Kec. Tegal Barat
4
Dr. Khurotul Aeni, M.Pd.
NIP 19610728 198603 2 001
Penata Tk.I/IIId

4
Drs. Sigit Yulianto, M.Pd.
NIP 19630721 198803 1 001
Penata/IIIc

No
Sekolah Latihan
Jml Mhs
Dosen Pembimbing
Koordinator Dosen Pembimbing
6
SD Negeri Tegalsari 8
Kec. Tegal Barat
4
Drs. Sigit Yulianto, M.Pd.
NIP 19630721 198803 1 001
Penata/IIIc
Drs. Sigit Yulianto, M.Pd.
NIP 19630721 198803 1 001
Penata/IIIc
4
Dr. Khurotul Aeni, M.Pd.
NIP 19610728 198603 2 001
Penata Tk.I/IIId
7
SD Negeri Debong Lor
Kec. Tegal Barat
4
Drs. Suwandi, M.Pd.
NIP 19580710 198703 1 003
Penata Tk.I/IIId
Drs. Suwandi, M.Pd.
NIP 19580710 198703 1 003
Penata Tk.I/IIId


4
Drs. Suhardi, M.Pd.
NIP 195702011981031006
Pembina Tk.I/IVb
8
SD Negeri Pesurungan Kidul 1
Kec. Tegal Barat
4
Drs. Suwandi, M.Pd.
NIP 19580710 198703 1 003
Penata Tk.I/IIId
4
Eka Titi Andaryani, S.Pd., M.Pd
NIP 19831129 200812 2 003
Penata/IIIc
9
SD Negeri Pesurungan Kidul 2
Kec. Tegal Barat
4
Drs. Suhardi, M.Pd.
NIP 195702011981031006
Pembina Tk.I/IVb
4
Drs. Suwandi, M.Pd.
NIP 19580710 198703 1 003
Penata Tk.I/IIId
10
SD Negeri Cabawan 2 UPPD Kec. Margadana
4
Ika Ratnaningrum, S.Pd, M.Pd.
NIP 19820814 200801 2 008
Penata /IIIc
Drs. M. Fathurrohman, M.Sn
NIP 19770725 200801 1 008
Penata /IIIc
4
Drs. M. Fathurrohman, M.Sn
NIP 19770725 200801 1 008
Penata /IIIc
11
SD Negeri Margadana 2
UPPD Kec. Margadana
4
Drs. M. Fathurrohman, M.Sn
NIP 19770725 200801 1 008
Penata /IIIc
4
Ika Ratnaningrum, S.Pd, M.Pd.
NIP 19820814 200801 2 008
Penata /IIIc
12
SD Negeri Margadana 4
UPPD Kec. Margadana
4
Drs. Akhmad Junaedi, M.Pd.
NIP 19630923 198703 1 001
Penata Muda Tk.I/IIIb
Drs. Akhmad Junaedi, M.Pd.
NIP 19630923 198703 1 001
Penata Muda Tk.I/IIIb
4
Eka Titi Andaryani, S.Pd., M.Pd
NIP 19831129 200812 2 003
Penata/IIIc

No
Sekolah Latihan
Jml Mhs
Dosen Pembimbing
Koordinator Dosen Pembimbing
13
SD Negeri Margadana 5
UPPD Kec. Margadana
4
Drs. Akhmad Junaedi, M.Pd.
NIP 19630923 198703 1 001
Penata Muda Tk.I/IIIb
Drs. Akhmad Junaedi, M.Pd.
NIP 19630923 198703 1 001
Penata Muda Tk.I/IIIb
4
Tri Astuti, S.Pd., M.Pd.
NIP 19890219 20150812001 
14
SD Negeri Margadana 7
UPPD Kec. Margadana
4
Drs. Yuli Witanto
NIP 19640717 198803 1 002
Pembina/IVa
Drs. Yuli Witanto
NIP 19640717 198803 1 002
Pembina/IVa
4
Dra. Marjuni, M.Pd.
NIP 19590110198803 2 001
Penata/IIIc
15
SD Negeri Margadana 8
UPPD Kec. Margadana
4
Drs. Yuli Witanto
NIP 19640717 198803 1 002
Pembina/IVa
4
Dra. Marjuni, M.Pd.
NIP 19590110198803 2 001
Penata/IIIc
16
SD Negeri Sumurpanggang 2 UPPD Kec. Margadana
4
Drs. M. Fathurrohman, M.Sn
NIP 19770725 200801 1 008
Penata /IIIc
Drs. M. Fathurrohman, M.Sn
NIP 19770725 200801 1 008
Penata /IIIc
4
Ika Ratnaningrum, S.Pd, M.Pd.
NIP 19820814 200801 2 008
Penata /IIIc
17
SD Negeri Kalinyamat Kulon 2
UPPD Kec. Margadana
4
Drs. Noto Suharto, M.Pd. NIP 19551230 198203 1 001
Penata Tk.I/IIId
Drs. Noto Suharto, M.Pd. NIP 19551230 198203 1 001
Penata Tk.I/IIId
4
Tri Astuti, S.Pd., M.Pd.
NIP 19890219 20150812001 
18
SD Negeri Kalinyamat Kulon 3
UPPD Kec. Margadana
4
Drs. Noto Suharto, M.Pd. NIP 19551230 198203 1 001
Penata Tk.I/IIId
4
Mur Fatimah, S.Pd., M.Pd.
NIP 19761004 200604 2 001
Penata/IIIc
19
SD Negeri Pesurungan Lor 1
UPPD Kec. Margadana
5
Eka Titi Andaryani, S.Pd., M.Pd
NIP 19831129 200812 2 003
Penata/IIIc
4
Mur Fatimah, S.Pd., M.Pd.
NIP 19761004 200604 2 001
Penata/IIIc

Praktik Pengalaman Lapangan 2 (PPL2) mahasiswa PGSD UPP Tegal tahun akademik 2018/2019 dilaksanakan di sekolah tempat latihan selama 7(tujuh) minggu, mulai dari tanggal 30 Juli 2018 sampai dengan 14 September 2018. Secara umum penahapan kegiatan PPL 2 dapat dikemukakan dalam tabel berikut :
No
Minggu Ke
Tanggal Pelaksanaan
Tahapan Kegiatan
Keterangan
1
I
30 Juli 2018
Penerjunan Mahasiswa ke Sekolah Latihan
Koordinator
Dosen Pembimbing
30 Juli s.d. 01 Agustus 2018
Observasi dan Orientasi
Tagihan :
Laporan PPL1
02 s.d. 04 Agustus 2018
Pengajaran Model
2
II
10 Agustus 2018
Batas Akhir Upload Laporan PPL 1
Laporan PPL1
3
II
06  s.d 11Agustus 2018
Pengajaran Terbimbing
Tagihan :
5 (lima) buah RPP
Rerata nilai dari guru pamong dan dosen pembimbing
4
III
13 s.d 18Agustus 2018
Pengajaran Terbimbing
5
IV
20 s.d. 25 Agustus 2018
Pengajaran Mandiri
Tagihan :
5 (lima) buah RPP
Rerata nilai dari guru pamong dan dosen pembimbing
6
V
27 Agustus s.d. 01 September 2018
Pengajaran Mandiri
7
VI
3 s.d. 08September 2018
Ujian Praktik Mengajar
Tagihan :
2 (dua) buah RPP
Rerata nilai dari guru pamong dan dosen pembimbing
8
VI &VII
03s.d. 13 September 2018
Penyelesaian Laporan PPL 2

9
VII
10 September 2018
Batas Akhir Upload Laporan PPL 2
Laporan PPL2
10
VII
14  September 2018
Penarikan Mahasiswa dari Sekolah Latihan
Koordinator
Dosen Pembimbing


Catatan:
Kolom yang di blok warna kuning sangat penting untuk diperhatikan !!!! Jika proses upload melebihi tanggal tersebut sistem akan menolak.







Bab 2
TAHAP-TAHAP KEGIATAN PPL 2

2.1       Tahap Observasi dan Orientasi
Tahapan ini dilaksanakan selama 6 hari terhitung sejak mahasiswa diterjunkan ke sekolah latihan, yaitu pada minggu terakhir bulan Juli dan minggu pertama 2018 (30 Juli s.d. 04 Agustus 2018).
Pada 3 (tiga) hari pertama( 30 Juli s.d.01Agustus 2018) mahasiswa melaksanakan kegiatan orientasi dan pengenalan lingkungan sekolah latihan, sedangkan pada 3 (tiga) hariberikutnya ( 02s.d. 04 Agustus 2018) mahasiswa melaksanakan kegiatan observasi secara bergantian di setiap kelas, dengan mengamati guru kelas yang sedang mengelola kegiatan pembelajaran (pengajaran model). Setiap kelas hanya diperbolehkan diamati maksimal oleh 2 (dua) orang mahasiswa, sehingga tidak mengganggu kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung. 
Mekanisme pembagian giliran dalam melaksanakan pengamatan di kelas dapat diatur oleh ketua kelompok pada saat kegiatan orientasi dan pengenalan lingkungan sekolah pada minggu pertama. Sebagai acuan, berikut dicontohkan pola pembagian giliran sebagaimana dimaksud.
NO
KELAS
PELAKSANAAN KEGIATAN PENGAMATAN
02Agustus 2018
03 Agustus 2018
04 Agustus 2018
Jam ke 1-2
Jam ke 3-4
Jam ke 5-6
Jam ke 7-8
Jam ke 1-2
Jam ke 3-4
Jam ke 5-6
Jam ke 7-8
Jam ke 1-2
Jam ke 3-4
Jam ke 5-6
Jam ke 7-8
1
I
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
2
II
-
E/F
-
-
G/H
-
-
-
A/B
C/D
-
-
3
III
-
G/H
A/B
C/D
E/F
G/H
A/B
C/D
E/F
G/H
A/B
C/D
4
IV
-
C/D
G/H
E/F
C/D
E/F
G/H
A/B
C/D
E/F
G/H
A/B
5
V
-
A/B
C/D
G/H
A/B
C/D
E/F
G/H
G/H
-
E/F
G/H
6
VI
-
-
E/F
A/B
-
A/B
C/D
E/F
-
A/B
C/D
E/F

Keterangan :Kode huruf A – H menunjukkan nama-nama mahasiswadengan tiap kelompok beranggotakan 8 orang)
     Tagihan utama dari pelaksanaan Kegiatan Observasi dan orientasi ini  adalahLaporan Observasi dan Orientasi (PPL 1) yang disusun secara berkelompok. Format atau sistematika laporan dapat dilihat pada lampiran Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan PPL ini.       
     Selama kegiatan pengajaran model dilaksanakan mahasiswa melaksanakan penyusunan laporan PPL 1. Selain itu, selama kegiatan pengajaran model, mahasiswa dapat memanfaatkan untuk meminta tugas mengajar kepada guru kelas (pamong), sebagai langkah persiapan untuk melaksanakan tugas berikutnya, yaitu Kegiatan Pengajaran Terbimbing. Untuk keperluan meminta tugas mengajar kepada guru pamong pada kegiatan Pengajaran Terbimbing, Pengajaran Mandiri, dan Ujian Praktik mengajar pada minggu-minggu berikutnya, setiap mahasiswa mempersiapkan “ Buku Tugas Mengajar”.  Buku tugas mengajar dapat didesain dengan menggunakan format sebagai berikut :

NO
HARI/
TANGGAL
MAPEL
KELAS
JAM KE
MATERI
POKOK
SARAN/KRITIK/
KOMENTAR GURU PAMONG
TANDA TANGAN









Proses pembuatan buku tersebut dilakukan dengan dikoordinir oleh ketua kelompok, sehingga format dan tampilan (warna sampul) dapat dibuat seragam untuk setiap SD.
2.2       Tahap Pengajaran Terbimbing
Tahap Pengajaran Terbimbing dilaksanakan selama 2 (dua) minggu, yaitu minggu ke 2dan minggu ke 3 (06 s.d. 18Agustus 2018).
Pada tahap ini setiap mahasiswa diwajibkan tampil sebanyak 5 (lima) kali, meliputi seluruh mata pelajaran di SD (kecuali mata pelajaran Pendidikan Agama dan Penjaskes). Jika pada sekolah tertentu sudah menerapkan pembelajaran dengan pendekatan Tematik, maka rincian 5 buah RPP yang disusun diatur sebagai berikut. 
a.    Latihan Mengajar Terbimbing dengan menggunakan pendekatan tematik pada kelas tertentu (sesuai kebijakan SD)sebanyak 1 kali pada kelas tertentu.
b.    Latihan Mengajar Terbimbing dengan menggunakan pendekatan mata pelajaran pada kelas tertentu (mengikuti kebijakan SD), sebanyak 4 kali meliputi seluruh mata pelajaran di SD (memilih 4 dari semua mata pelajaran)*, yaitu :
(1)     Bahasa Indonesia
(2)     Pendidikan Kewarganegaraan
(3)     Matematika
(4)     Ilmu Pengetahuan Alam
(5)     Ilmu Pengetahuan Sosial
(6)     Seni Budaya dan Keterampilan
(7)     Bahasa Jawa
Keterangan : *) Dua mata pelajaran yang dipilih terdiri dari eksak dan non eksak
Jika memungkinkan, mahasiswa juga dapat ditugaskan mengajar selain 7 (tujuh) mata pelajaran di atas, misalnya untuk mata pelajaran muatan lokal (Bahasa Inggris dan Komputer), jika mahasiswa dipandang memiliki kompetensi dan bersedia mengajar di bidang tersebut.
Pembimbingan dilakukan bersama antara Guru pamong (Guru Kelas) dan Dosen Pembimbing, dengan ketentuan Guru Kelas (Guru Pamong) membimbing penuh sebanyak 5 (lima) kali, sedangkan Dosen Pembimbing diwajibkan membimbing dan melakukan penilaian minimal sebanyak 2 (dua) kali. Penilaian terhadap penampilan mahasiswa mulai dilakukan pada penampilan yang ke tiga. Peran Guru Pamong dan Dosen Pembimbing pada penampilan mahasiswa ke satu sampai dengan ke dua hanya sebatas mengamati dan memberikan saran,kritik dan komentar untuk perbaikan kinerja mahasiswa pada penampilan berikutnya.
Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan menyesuaikan dengan format yang saat ini berlaku di sekolah dasar.
Tagihan pelaksanaan kegiatan ini dari mahasiswa adalah 5 (lima) buah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disahkan/ditandatangani oleh Guru Pamong (Guru Kelas) dan diketahui oleh Kepala Sekolah. Sedangkan dari Guru Pamong dan Dosen Pembimbing, tagihan yang diharapkan adalah rerata nilai pengajaran terbimbing. Penilaian dilakukan mencakup aspek kompetensi paedagogis dan profesional. Format penilaian terlampir.
2.3       Tahap Pengajaran Mandiri
Tahap Pengajaran Mandiri dilaksanakan selama 2 (dua) minggu, yaitu minggu ke 4dan minggu ke 5 (20 Agustus s.d. 01 September 2018)
Pada tahap Pengajaran Mandiri, setiap mahasiswa diwajibkan mengajar penuh di kelas mulai jam pertama hingga jam terakhir (kecuali untuk mata pelajaran Pendidikan Agama dan Penjaskes). Tujuan dari pelaksanaan tahap kegiatan Pengajaran mandiri adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa merasakan menjadi guru kelas dengan segala konsekuensinya, namun tetap dalam pemantauan Guru Kelas dan Dosen Pembimbing.
Selama tahap Pengajaran Mandiri berlangsung, setiap mahasiswa mendapatkan kesempatan yang sama secara bergiliran untuk mengajar di seluruh kelas, sehingga masing-masing memiliki pengalaman mengajar penuh satu hari mulai dari kelas I sampai dengan kelas VI.
Pada tahap Pengajaran Mandiri, peran Guru Kelas (Guru Pamong) dan Dosen Pembimbing adalah memantau, membimbing, dan melakukan penilaian. Kegiatan memantau dan membimbing dilakukan terhadap mahasiswa selama melakukan tugas mengajar sehari penuh di dalam kelas, sedangkan kegiatan menilai dilakukan hanya pada kegiatan mengajar yang dibuat RPPnya.
1.        Jika Sekolah sudah menerapkan Pendekatan Tematik
Setiap mahasiswa diwajibkan menyusun 5 (enam) buah RPP yang terdiri atas : 1 (satu) buah RPP Tematik pada kelas tertentu dan 4 (empat) buah RPP berbasis mata pelajaran. RPP yang disusun pada saat latihan mandirimeliputi mata pelajaran seperti pada kegiatan Pengajaran Terbimbing. Pemilihan mata pelajaran dan penetapan materi yang akan diajarkan dilakukan oleh mahasiswa dengan berkonsultasi terlebih dahulu kepada guru kelas.
2.        Jika Sekolah masih menerapkan Pendekatan Mata Pelajaran Murni
Setiap mahasiswa diwajibkan menyusun 5 (lima) buah RPP berbasis mata pelajaran. RPP yang meliputi mata pelajaran seperti pada kegiatan Pengajaran Terbimbing. Pemilihan mata pelajaran dan penetapan materi yang akan diajarkan dilakukan oleh mahasiswa dengan berkonsultasi terlebih dahulu kepada guru kelas.
Penilaian dilakukan oleh guru kelas sebanyak 5 (lima) kali, dan oleh Dosen Pembimbing minimal sebanyak 2 (dua) kali dari seluruh penampilan masing-masing mahasiswa.
Tagihan pelaksanaan kegiatan ini dari mahasiswa adalah 5 (lima) buah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disahkan/ditandatangai oleh Guru Pamong (Guru Kelas) dan diketahui oleh Kepala Sekolah. Sedangkan dari Guru Pamong dan Dosen Pembimbing, tagihan yang diharapkan adalah rerata nilai pengajaran mandiri. Penilaian dilakukan mencakup aspek kompetensi paedagogis dan profesional. Format penilaian yang digunakan sama dengan kegiatan pengajaran terbimbing, seperti terlampir.
Mekanisme pembagian giliran dalam melaksanakan kegiatan pengajaran mandiri dapat diatur oleh ketua kelompok agar setiap mahasiswa mendapat kesempatan yang sama, terutama kesempatan mengajara di kelas rendah dan kelas tinggi. Sebagai acuan, berikut dicontohkan pola pembagian giliran sebagaimana dimaksud.
No
Kelas
Pelaksanaan Pengajaran Mandiri
Minggu Ke 4
Minggu Ke 5
20/8
21/8
22/8
23/8
24/8
25/8
27/8
28/8
29/8
30/8
31/8
01/9
1
I
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
2
II
A
E
D
H
C
G
B
F
A
E
D
H
3
III
B
F
A
E
D
H
C
G
B
F
A
E
4
IV
C
G
B
F
A
E
D
H
C
G
B
F
5
V
D
H
C
G
B
F
A
E
D
H
C
G
6
VI
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
PIKET
EFGH
ABCD
EFGH
ABCD
EFGH
ABCD
EFGH
ABCD
EFGH
ABCD
EFGH
ABCD

Keterangan :
Kode huruf A – H menunjukkan nama-nama mahasiswa dengan tiap kelompok beranggotakan 8 orang.



2.4       Ujian Praktik Mengajar
Ujian praktik mengajar dilaksanakan selama 6 (enam) hari pada minggu ke 6 (3 s.d. 8 September 2018), dan 4 (empat) hari pada minggu ke 7 (10 s.d. 13 September 2018) untuk kegiatan ujian ulang (jika ada) dan penyelesaian laporan PPL2.
Pada tahap Ujian Praktik Mengajar, setiap mahasiswa diwajibkan menyusun 2 (dua) buah RPP.
a.       Jika Sekolah sudah menerapkan Pendekatan Tematik, maka RPP yang disusun meliputi 1 (satu) RPP Tematik dan 1 (satu) RPP berbasis mata pelajaran.
b.      Jika Sekolah masih menerapkan Pendekatan Berbasis Mata Pelajaran Murni, maka RPP yang disusun meliputi 2 (dua) buah RPP, dengan ketentuan 1 buah RPP mata pelajaran Eksak (Kelas Rendah atau Tinggi) dan 1 buah RPP mata pelajaran Non Eksak (Kelas Rendah atau Tinggi).
Guru Pamong (guru kelas) dan dosen pembimbing melakukan penilaian terhadap 1 (satu) kali penampilan mahasiswa dalam ujian praktik mengajar. Penilaian terhadap penampilan mahasiswa yang ke dua hanya wajib dilakukan oleh guru pamong dan dosen pembimbing jika pada penampilan pertama ternyata hasilnya masih belum memuaskan, bahkan jika setelah 2 (dua) kali  melakukan ujian praktik mengajar, hasil yang dicapai oleh mahasiswa belum optimal, dapat dilakukan ujian ke tiga, ke empat dan seterusnya, sampai hasil yang dicapai oleh mahasiswa betul-betul memenuhi kriteria kelulusan, yaitu 71 (B).
Penilaian dilakukan mencakup aspek kompetensi paedagogis dan profesional. Format penilaian yang digunakan sama dengan kegiatan pengajaran terbimbing, dan pengajaran mandiri seperti terlampir.







Bab. 3
PENILAIAN PPL2

3.1         Pengertian
Nilai PPL adalah penghargaan yang diberikan kepada mahasiswa praktikan setelah melakukan PPL yang diprogramkan oleh Pusat Pengembangan PPL Unnes, baik di kampus maupun di sekolah tempat latihan.

3.2         Komponen Penilaian PPL
Penilaian dalam kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) meliputi komponen PPL 1 yang terdiri dari (1) Micro Teaching, (2)Pembekalan PPL di kampus, dan (3) Observasi dan Orientasi di sekolah tempat latihan, serta komponen PPL2 yang terdiri dari (1) Kompetensi Pedagogik, (2) Kompetensi Profesional, (3) Kompetensi Kepribadian, (4) Kompetensi Sosial.

3.3         Instrumen Penilaian
a.    Kegiatan Micro Teaching, dinilai menggunakan instrumen penilaian N0 (Lihat lampiran 1)
b.    Kegiatan Pembekalan di kampus, dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian N1.
c.    Kegiatan Observasi dan Orientasi di Sekolah Latihan, dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian N2 (lihat lampiran 3 )
d.   Kompetensi Pedagogik, dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian N3 (lihat lampiran 11)
e.    Kompetensi Profesional, dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian N4 (lihat lampiran 12)
f.     Kompetensi Kepribadian, dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian N5 (lihat lampiran 13)
g.    Kompetensi Sosial, dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian N6 (lihat lampiran 14)

3.4         Ketentuan Lain
No
Aspek Penilaian
Penanggung Jawab
Keter.
Validasi
Penilai
Entry Nilai
1
Micro Teaching
-
Dosen Micro Teaching
Dosen Micro Teaching

2
Pembekalan PPL di kampus
-
Pusat PPL
Operator PPL

3
Laporan PPL 1
Koor. Dosbing
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah (Operator Sekolah)

4
Laporan PPL 2
Dosen Pembimbing
-
-

5
Nilai Akhir PPL 2
-
Dosen Pembimbing
Dosen Pembimbing

Guru Pamong
Guru Pamong



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Motivasi Kisah Pribadi

Perjuangan Seorang “Kuli Bangunan untuk Kuliah” Berdasarkan kisah nyata pribadi Oleh : Abdul Aziz Saya tidak pernah menyangka sa...