Rabu, 19 Desember 2018

Lampiran-lampiran Pedoman PPL PGSD tahun 2018


Lampiran 1
FORMAT PENILAIAN MICRO TEACHING
MAHASISWA PPL UNNES
(LEMBAR N0)


Nama                           : …………………………………………………….
NIM                            : …………………………………………………….
Jurusan/Fakultas          : PGSD/Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
No
Aspek yang diamati dan dinilai
Skor Latihan
Jumlah Rerata
Nilai Micro Teaching (N0)
1
2
3
4
A
Persiapan menyusun RPP
1.    Menentukan pengalaman belajar dan indikator-indikator yang ingin dicapai
2.    Menentukan dan mengorganisir bahan ajar
3.    Menyiapkan media pembelajaran
4.    Menetapkan metode pembelajaran
5.    Membuat alat evaluasi






Rerata Skor A






B
Pelaksanaan
1.     Keterampilan membuka pelajaran
2.     Keterampilan menjelaskan
3.     Keterampilan mengadakan variasi
4.     Keterampilan memberi penguatan
5.     Keterampilan mengelola kelas
6.     Keterampilan memberi motivasi
7.     Keterampilan memimpin diskusi
8.     Keterampilan bertanya
9.     Keterampilan membimbing kelompok kecil dan individual
10. Keterampilan menerapkan metode pembelajaran
11. Keterampilan menggunakan media dan sumber pembelajaran
12. Keterampilan menutup pelajaran






Rerata Skor B







…………………………
                                                                                                Penilai,


                                                                                                                                                                                                                                    …………………………
NIP
Lampiran 2.
PANDUAN PENYUSUNAN LAPORAN PPL 1

1.    Laporan Observasi dan Orientasi PPL1 merupakan laporan kelompok (setiap sekolah satu laporan)
2.    Laporan ditulis dengan ukuran A4 70 gram, huruf Times New Roman, font 12, dan spasi 1,5.
3.    Tata tulis mengikuti aturan yang berlaku di Unnes ( termasuk penulisan daftar pustaka)
4.    Laporan dibuat 13 sampai dengan 15 halaman , tidak termasuk lampiran.
5.    Format laporan PPL1 adalah sebagai berikut :
a.       Bagian Awal
1)      Halaman Judul
2)      Halaman Pengesahan
3)      Kata Pengantar
4)      Daftar Isi
5)      Daftar lampiran
b.      Bagian Isi
BAB I              : Pendahuluan
BAB II             : Hasil Pengamatan
BAB III                       : Penutup (Simpulan dan Saran)
Refleksi Diri (Individual)
c.       Bagian Akhir
Berisi lampiran-lampiran
6.    Refleksi Diri berisi tentang hal-hal berikut :
a.       Ketentuan umum sesuai dengan laporan PPL 1
b.      Ditulis maksimal 3 halaman dengan spasi 1
c.       Berkaitan dengan mata pelajaran yang ditekuni, menyangkut hal-hal sebagai berikut :
1)      Kekuatan dan kelemahan pembelajaran mata pelajaran yang ditekuni
2)      Ketersediaan sarana dan prasarana
3)      Kualitas guru pamong dan dosen pembimbing
4)      Kualitas pembelajaran di sekolah latihan
5)      Kemampuan diri praktikan
6)      Nilai tambah yang diperoleh praktikan setelah melaksanakan PPL1
d.      Refleksi diri setiap praktikan tidak boleh sama dengan praktikan lainnya, meskipun jurusan/mata pelajaran yang diajarkan sama










Lampiran 3.      FORMAT PENILAIAN OBSERVASI DAN ORIENTASI
DI SEKOLAH/TEMPAT LATIHAN (LEMBAR N2)

Nama                           : …………………………………………………….
NIM                            : …………………………………………………….
Jurusan/Fakultas          : PGSD/Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
Sekolah Latihan          : …………………………………………………….
No.
Komponen kegiatan yang dinilai
Rentangan Nilai
56-60
61-65
66-70
71-80
81-85
86-100
1
Kelengkapan data hasil observasi kondisi fisik dan lingkungan sekolah






2
Kemampuan praktikan dalam memahami hasil observasi fisik dan lingkungan sekolah






3
Kemampuan praktikan dalam mem peroleh data sekolah






4
Kemampuan praktikan dalam memahami administrasi pembelajar an yang dibuat guru






5
Kemampuan praktikan mengamati model-model pengajaran guru






6
Kemampuan praktikan mengamati guru dalam mengelola kelas






7
Kemampuan praktikan memahami cara-cara penanganan masalah sis-
Wa dalam PBM






8
Kemampuan praktikan melakukan wawancara dengan petugas BK di sekolah






9
Kemampuan praktikan menjalin hubungan kesejawatan dengan masyarakat sekolah






10
Kemampuan praktikan mematuhi tata tertib PPL di sekolah latihan






11
Penampilan (performance) prakti kan sebagai calon guru







Jumlah skor setiap rentangan nilai







Jumlah skor

                                                                                    ………………………….                                                                                           Koordinator Guru Pamong,

                                                                                                                                                                                                                        ……………………………
                                                                                    NIP
Lampiran 4 :


REKAPITULASI NILAI OBSERVASI DAN ORIENTASI PPL 1


Sekolah/Tempat latihan           : …………………………………………………

No.
Nama Mahasiswa
NIM
Jurusan
Nilai Observasi dan Orientasi PPL1
Keterangan
1





2





3





4





5





6





7





8





9






…………………………………
Koordinator Guru Pamong,



……………………………..
NIP









Lampiran 5 : Contoh Halaman Judul Laporan PPL1



LAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 1
DI SD NEGERI KEMANDUNGAN 1 KOTA TEGAL



Description: Description: Gambar terkait

OGO UNNES



Disusun oleh :
(Nama Ketua Kelompok, dkk)




















FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
TAHUN 2018
Lampiran 6 :

PENGESAHAN


Laporan PPL 1 ini telah disusun sesuai dengan Pedoman PPL Unnes
Hari                 : ……………………….
Tanggal           : ……………………….


Disahkan oleh :

Koordinator Dosen Pembimbing,                                           Kepala Sekolah,

            Tandatangan                                                               Tandatangan dan Cap

(Nama lengkap/gelar)                                                              (Nama lengkap/gelar)
NIP                                                                                         NIP



Kepala Pusat Pengembangan PPL & Inovasi Pembelajaran Unnes,





Dr. Isnarto, M.Si.
NIP 196902251994031001


















Lampiran 7.
PANDUAN PENYUSUNAN LAPORAN PPL 2

1.    Laporan Observasi dan Orientasi PPL2 merupakan laporan Individual.
2.    Laporan ditulis dengan ukuran A4 70 gram, huruf Times New Roman, font 12, dan spasi 1,5.
3.    Tata tulis mengikuti aturan yang berlaku di Unnes ( termasuk penulisan daftar pustaka)
4.    Laporan dibuat 13 sampai dengan 15 halaman , tidak termasuk lampiran.
5.    Format laporan PPL1 adalah sebagai berikut :
a.       Bagian Awal
1)      Halaman Judul
2)      Halaman Pengesahan
3)      Kata Pengantar
4)      Daftar Isi
5)      Daftar lampiran
b.      Bagian Isi
BAB I              : Pendahuluan, memuat Latar Belakang, Tujuan, dan Manfaat
BAB II             : Tinjauan Pustaka/Landasan Teori
BAB III                       : Pelaksanaan, Waktu, Tempat, Tahapan Kegiatan, Materi  
  Kegiatan, Proses Pembimbingan oleh guru pamong dan
  dosen pembimbing, faktor dan penghambat pelaksanaan PPL.
Refleksi Diri (Individual)
c.       Bagian Akhir
Berisi lampiran-lampiran (Rencana Kegiatan, jadwal Kegiatan, Presensi, Contoh Perangkat Pembelajaran, dll)
6.    Refleksi Diri berisi tentang hal-hal berikut :
a.       Ketentuan umum sesuai dengan laporan PPL 2
b.      Ditulis maksimal 3 halaman dengan spasi 1
c.       Berkaitan dengan mata pelajaran yang ditekuni, menyangkut hal-hal sebagai berikut :
1)      Kekuatan dan kelemahan pembelajaran mata pelajaran yang ditekuni
2)      Ketersediaan sarana dan prasarana
3)      Kualitas guru pamong dan dosen pembimbing
4)      Kualitas pembelajaran di sekolah latihan
5)      Kemampuan diri praktikan
6)      Nilai tambah yang diperoleh praktikan setelah melaksanakan PPL2
7)      Refleksi diri setiap praktikan tidak boleh sama dengan praktikan lainnya, meskipun jurusan/mata pelajaran yang diajarkan sama







Lampiran 8 : Contoh Halaman Judul Laporan PPL2


LAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 2
DI SD NEGERI KEMANDUNGAN 1 KOTA TEGAL



Description: Description: Gambar terkait



Disusun oleh :
Nama               : ………………………..
NIM                : ……………………….
Jurusan            : ………………………..





















FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
TAHUN 2018
Lampiran 9 :

PENGESAHAN


Laporan PPL 2 ini telah disusun sesuai dengan Pedoman PPL Unnes
Hari                 : ……………………….
Tanggal           : ……………………….


Disahkan oleh :

Dosen Pembimbing,                                                                Kepala Sekolah,

      Tandatangan                                                                     Tandatangan dan Cap

(Nama lengkap/gelar)                                                              (Nama lengkap/gelar)
NIP                                                                                         NIP



Kepala Pusat Pengembangan PPL & Inovasi Pembelajaran Unnes,





Dr. Isnarto, M.Si.
NIP 196902251994031001


















Lampiran 10

RENCANA KEGIATAN MAHASISWA PPL
DI SEKOLAH LATIHAN

Nama                           : …………………………………………………….
NIM                            : …………………………………………………….
Jurusan/Fakultas          : PGSD/Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
Sekolah Latihan          : …………………………………………………….
Minggu ke
Hari dan Tanggal
J a m
Kegiatan
1
Senin, ……2018


Selasa, ……2018


Rabu, ……2018


Kamis, ……2018


Jum’at, ……2018


Sabtu, ……2018


2
Senin, ……2018


Selasa, ……2018


Rabu, ……2018


Kamis, ……2018


Jum’at, ……2018


Sabtu, ……2018


Dst.




Guru pamong,                         Dosen Pembimbing,                Kepala Sekolah,



……………………..              ………………………            ………………………
NIP                                         NIP                                         NIP

Dibuat rangkap 4 :
1.      1 lembar untuk dosen pembimbing
2.      1 lembar untuk guru pamong
3.      1 lembar untuk kepala sekolah
4.      1 lembar untuk mahasiswa

Lampiran 11 :

INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI PEDAGOGIK
(LEMBAR N3)

Nama                           : …………………………………………………….
NIM                            : …………………………………………………….
Jurusan/Fakultas          : PGSD/Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
Sekolah Latihan          : …………………………………………………….
Tahap Kegiatan           : Terbimbing / Mandiri / Ujian     *) coret yang tidak perlu
Penampilan ke             : .......
No
Aspek yang dinilai
Nilai
1
Pemahaman terhadap peserta didik
1.1  Membantu siswa menyadari kekuatan dan kelemahan diri
..............
1.2  Membantu siswa menumbuhkan kepercayaan diri
..............
1.3  Keterbukaan terhadap pendapat siswa
..............
1.4  Sikap sensitif terhadap kesukaran siswa
..............
2
Perancangan Pembelajaran
2.1      Perumusan indikator
..............
2.2      Ketepatan materi
..............
2.3      Penggunaan media
..............
2.4      Mengorganisasikan urutan materi
..............
3
Ketepatan alat evaluasi
..............
4
Kemampuan mengembangkan potensi siswa (peserta didik)
..............

Rerata skor
..............

                                                                                                ………………………….
                                                                                                Penilai,


                                                                                                …………………………
                                                                                                NIP
Lampiran 12

REKAPITULASI PENILAIAN KOMPETENSI PEDAGOGIK
(LEMBAR N3)

Nama                           : …………………………………………………….
NIM                            : …………………………………………………….
Jurusan/Fakultas          : PGSD/Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
Sekolah Latihan          : …………………………………………………….
Tahap Kegiatan           : Terbimbing / Mandiri    *) coret yang tidak perlu
No
Aspek yang dinilai
Nilai Latihan
Nilai Ujian
1
2
3
4
5
6
7
1
Pemahaman terhadap peserta didik
1.5  Membantu siswa menyadari kekuatan dan kelemahan diri









1.6  Membantu siswa menumbuhkan kepercayaan diri








1.7  Keterbukaan terhadap pendapat siswa








1.8  Sikap sensitif terhadap kesukaran siswa








2
Perancangan Pembelajaran
2.5      Perumusan indikator








2.6      Ketepatan materi








2.7      Penggunaan media








2.8      Mengorganisasikan urutan materi








3
Ketepatan alat evaluasi








4
Kemampuan mengembangkan potensi siswa (peserta didik)









Rerata skor









Nilai Kompetensi Pedagogik =
                                                                                                ………………………….
                                                                                                Penilai,


                                                                                                …………………………
                                                                                                NIP
Lampiran 13 :

INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI PROFESIONAL
(LEMBAR N4)

Nama                           : …………………………………………………….
NIM                            : …………………………………………………….
Jurusan/Fakultas          : PGSD/Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
Sekolah Latihan          : …………………………………………………….
Tahap Kegiatan           : Terbimbing / Mandiri / Ujian     *) coret yang tidak perlu
Penampilan ke             : .......
No
Aspek yang dinilai
Nilai
1
Penguasaan materi
............
2
Kemampuan membuka pelajaran
............
3
Kemampuan bertanya
............
4
Kemampuan mengadakan variasi pembelajaran
............
5
Kejelasan dan penyajian materi
............
6
Kemampuan mengelola kelas
............
7
Kemampuan menutup pelajaran
............
8
Ketepatan antara waktu dan materi pelajaran
............

Rerata skor
............



                                                                                                ………………………….
                                                                                                Penilai,



                                                                                                …………………………
                                                                                                NIP


Lampiran 14

REKAPITULASI PENILAIAN KOMPETENSI PROFESIONAL
(LEMBAR N4)

Nama                           : …………………………………………………….
NIM                            : …………………………………………………….
Jurusan/Fakultas          : PGSD/Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
Sekolah Latihan          : …………………………………………………….
Tahap Kegiatan           : Terbimbing / Mandiri    *) coret yang tidak perlu

No
Aspek yang dinilai
Nilai latihan
Nilai Ujian
1
2
3
4
5
6
7
1
Penguasaan materi








2
Kemampuan membuka pelajaran








3
Kemampuan bertanya








4
Kemampuan mengadakan variasi pembelajaran








5
Kejelasan dan penyajian materi








6
Kemampuan mengelola kelas








7
Kemampuan menutup pelajaran








8
Ketepatan antara waktu dan materi pelajaran









Rerata skor










Nilai Kompetensi Pedagogik =

                                                                                                ………………………….
                                                                                                Penilai,



                                                                                                …………………………
                                                                                                NIP



Lampiran 15

INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN
(LEMBAR N5)

Nama                           : …………………………………………………….
NIM                            : …………………………………………………….
Jurusan/Fakultas          : PGSD/Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
Sekolah Latihan          : …………………………………………………….
No
Aspek yang diamati
Nilai Pengamatan
Keterangan
1
Kemantapan menjadi guru


2
Kestabilan emosi dalam menghadapi persoalan kelas/siswa


3
Kedewasaan bersikap terhadap persoalan kelas/siswa


4
Memiliki kearifan dalam menyelesaikan persoalan kelas/siswa


5
Kewibawaan sebagai seorang guru


6
Sikap keteladanan bagi peserta didik


7
Berakhlak mulia sebagai seorang guru


8
Kedisiplinan menjalankan tugas dan ketaatan terhadap tata tertib


9
Sopan santun dalam pergaulan di sekolah


10
Kejujuran dan tanggung jawab



Jumlah Skor



Nilai Kompetensi Kepribadian  =

                                                                                                ………………………….
                                                                                                Penilai,



                                                                                                …………………………
                                                                                                NIP

Catatan :
1.      Rentang nilai pengamatan : 71 – 100
2.      Penilai adalah dosen pembimbing dan guru pamong
3.      Penilaian dilakukan maksimal 3 kali selama PPL berlangsung.
Lampiran 16

INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI SOSIAL
(LEMBAR N6)

Nama                           : …………………………………………………….
NIM                            : …………………………………………………….
Jurusan/Fakultas          : PGSD/Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
Sekolah Latihan          : …………………………………………………….
No
Aspek yang diamati
Nilai Pengamatan
Keterangan
1
Kemampuan berkomunikasi dengan peserta didik


2
Kemampuan berkomunikasi dengan sesama mahasiswa PPL


3
Kemampuan berkomunikasi dengan guru pamong


4
Kemampuan berkomunikasi dengan guru-guru di sekolah


5
Kemampuan berkomunikasi dengan staf TU


6
Kemampuan berkomunikasi dengan pimpinan sekolah


7
Aktivitas dalam mengikuti kegiatan ekstra kurikuler


8
Kesan umum kemampuan dalam bersosialisasi



Jumlah Skor



Nilai Kompetensi Kepribadian  =

                                                                                                ………………………….
                                                                                                Penilai,



                                                                                                ....………………………
                                                                                                NIP


Catatan :
1.      Rentang nilai pengamatan : 71 – 100
2.      Penilai adalah dosen pembimbing dan guru pamong
3.      Penilaian dilakukan maksimal 3 kali selama PPL berlangsung.
Lampiran 17

REKAPITULASI NILAI PPL 2


Sekolah Latihan                      : ……………………………………….

No
Nama Mahasiswa
NIM
Jurusan
Nilai
Nilai PPL 2
(NA)
N3
N4
N5
N6
1


PGSD





2


PGSD





3


PGSD





4


PGSD





5


PGSD





6


PGSD





7


PGSD





8


PGSD





9


PGSD







Nilai PPL2 = NA =


                                                                        …………………………………
                                                                        Dosen Pembimbing/Guru Pamong,




                                                                        …………………………………
                                                                        NIP









Lampiran 18

REKAPITULASI NILAI PPL 2


Sekolah Latihan                      : ……………………………………….

No
Nama Mahasiswa
NIM
Jurusan
Nilai PPL2 dari
Nilai Akhir PPL2 (NA2)
Keter
Dosbing
Gumong
1


PGSD




2


PGSD




3


PGSD




4


PGSD




5


PGSD




6


PGSD




7


PGSD




8


PGSD




9


PGSD





…………………………………
                                                                                    Dosen Pembimbing,




                                                                                    …………………………………
                                                                                    NIP

Catatan :
1.      Nilai Akhir PPL 2
     Nilai PPL 2 Dosen Pembimbing + Nilai PPL 2 Guru Pamong
NA2      =------------------------------------------------------------------------------
                                                            2
2.      NA2 dientry oleh Dosen Pembimbing dan Guru Pamong melalui situs SIM-PPL Unnes.





Lampiran 19

DAFTAR PRESENSI MAHASISWA PPL
DI SEKOLAH / TEMPAT LATIHAN


Jurusan/Fakultas          : PGSD/Fakultas Ilmu Pendidikan
Sekolah Latihan          : ……………………………………….
No
Nama Mahasiswa
NIM
Tandatangan (Tanggal)
Ketr.






1









2









3









4









5









6









7









8









9










                                                                                                ………………………..
Mengetahui :                                                                           Ketua Kelompok,
Kepala Sekolah,


…………………………….                                                   ………………………
NIP                                                                                         NIM













Lampiran 20

DAFTAR HADIR DOSEN KOORDINATOR PPL


Sekolah Latihan                                  : ………………………………………………
Nama/NIP Dosen Koordinator           : …………………………../………………….
Jurusan/Fakultas                                  : PGSD/Fakultas Ilmu Pendidikan

No
Tanggal
Uraian Materi
Mahasiswa yang dikoordinir
Tandatangan
1




2




3




4




5




6




7




8




9




10




11




12




13




Dan seterusnya




                                                                                    ………………………..
                                                                                    Kepala Sekolah/Tempat latihan,


                                                                                    …………………………............
                                                                                    NIP


Lampiran 21

DAFTAR HADIR DOSEN PEMBIMBING PPL


Sekolah Latihan                                  : ………………………………………………………
Nama/NIP Dosen Pembimbing           : …………………………………../………………….
Jurusan/Fakultas                                  : PGSD/Fakultas Ilmu Pendidikan

No
Tanggal
Mahasiswa yang dibimbing
Materi bimbingan
Tandatangan
1




2




3




4




5




6




7




8




9




10




11




12




13




Dan seterusnya




                                                                                    ………………………..
                                                                                    Kepala Sekolah/Tempat latihan,


                                                                                    …………………........................
                                                                                    NIP
Lampiran 22

KARTU BIMBINGAN PRAKTIK MENGAJAR
MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Sekolah Latihan          : ……………………………………….

MAHASISWA
Nama          : …………………………..
NIM / Jur.   : ……………………/PGSD
Fakultas      : Fakultas Ilmu Pendidikan



GURU PAMONG
Nama          : …………………………..
NIP             : …………………………..
Guru Kelas : ……….   

DOSEN PEMBIMBING
Nama           : …………………………..
NIP              : …………………………..
Fakultas       : Fakultas Ilmu Pendidikan
No
Tanggal
Materi Pokok
Kelas
Tanda Tangan
Dosen Pembimbing
Guru Pamong






















































                                                                                               
          ………………………..
Mengetahui :                                                             Koordinator Dosen Pembimbing,
Kepala Sekolah,


…………………………….                                      ………………………................
NIP                                                                             NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Motivasi Kisah Pribadi

Perjuangan Seorang “Kuli Bangunan untuk Kuliah” Berdasarkan kisah nyata pribadi Oleh : Abdul Aziz Saya tidak pernah menyangka sa...