
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MENULIS PANTUN
KELAS 4
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa
Indonesia SD Kelas Tinggi
Dosen pembimbing: Drs. Suwandi, M.Pd
Oleh
Abdul Aziz (1401415322)
5E
JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2017
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Sukses Muda
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / 2
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tema : Disiplin
A.
STANDAR KOMPETENSI:
8. Menulis
Mengungkap-kan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk pantun anak.
B.
KOMPETENSI DASAR:
8.3 Membuat pantun anak yang menarik
tentang kepatuhan sesuai dengan ciri-ciri pantun.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN**:
§ Siswa dapat membuat pantun yang menarik
tentang kepatuhan sesuai dengan ciri-ciri pantun.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
MATERI:
§ Pantun anak.
E.
Pendekatan, Metode.
Pendekatan : Kooperatif tipe Student Team Achievment
Devision (STAD)
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, dan Diskusi.
F.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
- Guru membuka
pelajaran dengan mengucapkan salam.
- Guru mengecek
kehadiran siswa.
- Guru melakukan
apersepsi, di mana dalam kegiatan ini siswa diingatkan kembali tentang pembelajaran
sebelumnya.
- Guru memberi motivasi kepada siswa
agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan
menyanyikan lagu “Balonku” yang syairnya
diganti dan disesuaikan dengan materi pantun.
Marilah kawan-kawan
Kita b’lajar bersama
Belajar tentang pantun
Beserta sifatnya
Ikutilah langkahnya, Hei!
Jangan sampai terlewat
Agar berjalan lancar
Sesuai dengan sifatnya.
- Guru
menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
- Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
-
Guru
menunjukkan sebuah contoh pantun
-
Guru meminta
siswa untuk menulis dan membaca pantun tersebut.
-
Setelah itu
guru bertanya tentang cara membuat pantun.
-
Guru
menjelasakan cara membuat pantun.
-
Guru menyuruh
siswa mencatat cara membuat pantun.
-
Guru bertanya
tentang ciri-ciri pantun.
-
Guru
menjelaskan ciri-ciri pantun.
Elaborasi
-
Guru membagi
siswa menjadi 6 kelompok, yang terdiri dari 4 siswa setiap kelompoknya.
-
Guru menyuruh
siswa untuk berkelompok posisi duduknya.
-
Guru
menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan. Kegiatan yang akan dilakukan adalah
berdiskusi tentang petunjuk penggunaan alat.
-
Setiap
kelompok diberi Lembar Kerja Siswa (LKS) dan amplop yang berisi pantun yang
belum lengkap.
-
Siswa diminta
untuk melengkapi pantun tersebut.
-
Setelah itu siswa
menjawab pertanyaan yang ada pada lembar kerja siswa.
-
Selama diskusi
guru berkeliling membantu dan membimbing siswa dalam menyelesaikan tugas
kelompoknya.
Konfirmasi
-
Setelah
menyelesaikan tugas kelompoknya, guru meminta setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusinya didepan teman-teman yang lain.
-
Guru
memberikan penguatan terhadap jawaban dari setiap kelompok.
-
Guru
mengevaluasi presentasi siswa.
|
55 menit
|
Kegiatan
Akhir
|
- Dengan
melibatkan siswa, guru menutup pembelajaran dengan cara membimbing siswa
untuk merangkum materi pelajaran.
- Guru
meluruskan kesalahpahaman yang terjadi pada siswa.
- Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila ada yang belum paham.
- Guru
memberikan soal evaluasi individu dan langsung dikerjakkan oleh siswa.
- Guru
mencocokkan jawaban soal evaluasi secara bersama-sama dengan siswa.
- Guru
menutup pembelajaran.
|
35 menit
|
G.
Media dan Sumber Belajar
Media :
kertas manila berisi tulisan pantun.
Sumber : Buku paket bahasa Indonesia kelas IV dan
buku pendamping yang relevan.
H.
Penilaian
1.
Prosedur : penilaian
proses dan penilaian hasil
2.
Jenis Penilaian :
a)
Penilaian proses : pengamatan aktivitas siswa
b)
Penilaian hasil : tes tertulis
3.
Alat tes : soal-soal
evaluasi
Tegal, 25 Oktober 2017
Mengetahui, Mengesahkan,
Kepala
SDN Sukses Muda Guru Kelas IV
Marjo, S.Pd.SD Abdul
Aziz, M.Pd
NIP.
196506101990071001 NIP.
198105052009031005
Lampiran 1 Materi


Lampiran
2
LEMBAR PENGAMATAN SISWA
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
Diamati
|
|||||||||||
Kemampuan
Bertanya
|
Keberanian
|
Kerjasama
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Deskriptor
Kemampuan bertanya
|
1
|
Jika siswa tidak pernah bertanya
|
2
|
Jika siswa bertanya hanya 1 kali
|
|
3
|
Jika siswa bertanya 2-3 kai
|
|
4
|
Jika siswa bertanya lebih dari 3 kali
|
|
Keberanian
|
1
|
Jika siswa tidak pernah berani aktif
|
2
|
Jika siswa berani aktif tetai disuruh
guru
|
|
3
|
Jika siswa berani aktif tanpa disuruh
tetapi diberi kesempatan guru
|
|
4
|
Jika siswa berani atas inisiatif
sendiri
|
|
Kerjasama
|
1
|
Jika siswa tidak mau bekerjasama
tetapi mengganggu teman
|
2
|
Jika siswa tidak mau bekerjasama
tetapi tidak mengganggu teman
|
|
3
|
Jika siswa turut berpartisipasi aktif
tanpa disuruh
|
|
4
|
Jika siswa turut berpartisipasi aktif
dan berani berpendapat sendiri
|

TOTAL SKOR
Lampiran 3
LEMBAR KERJA
SISWA
(KELOMPOK)
Kelompok :
Nama :
1.
2.
3.
4.
Petunjuk
pengerjaan
1.
Lengkapilah
pantun di bawah ini.
2.
Kerjakkan secara
berkelompok.
3.
Setelah selesai
presentasikan hasil diskusi diteman-teman kalian.
1. Berakit-rakit
ke hulu
Berenang-renang ketepian
..........................................
..........................................
2. ..........................................
.........................................
Kalau ada umur yang panjang
Bolehlah kita bertemu lagi
Lampiran 4
Tugas
Individu


Lampiran 5

Tidak ada komentar:
Posting Komentar