RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
BAHASA JAWA KELAS VI SEKOLAH
DASAR
KURIKULUM 2013
Disusun guna memenuhi Ulangan Tengah Semester
Mata Kuliah Pembelajaran Bahasa Jawa
Dosen
Pengampu: Sugiyatmi, S.Pd, M.Pd.
Disusun
Oleh:
Abdul Aziz 1401415322
Rombel 6E
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2018
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri Tegalsari 8
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Tema :
Unit 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
Materi Pokok : Teks Deskripsi Peristiwa Budaya
Kelas/Semester : VI/1
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
A.
KOMPETENSI INTI
KI-2 :
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, tetangga dan
guru.
KI-3 :
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat
bermain
KI-4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis dan sistematis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR
KD.1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa
berupa bahasa Jawa sebagai bahasa Ibu.
KD.2.1 Mensyukuri anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa jawa
sebagai jatidiri, sarana mendekatkan diri kepada sang Pencipta, menghormati dan
menghargai ajaran agama yng dianutnya.
KD.3.1 Memahami teks deskripsi
tentang peristiwa budaya.
C.
INDIKATOR
PEMBELAJARAN
3.1.1 Mengartikan kata-kata sulit yang terdapat dalam teks deskripsi tentang peristiwa
budaya.
3.1.2 Menjawab pertanyaan
tentang isi teks peristiwa budaya.
3.1.3 Menentukan pokok-pokok isi teks peristiwa budaya.
3.1.4 Menceritakan kembali
isi teks tentang peristiwa budaya ragam krama..
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Melalui metode ceramah bervariasi, peserta didik dapat mengartikan kata-kata sulit yang terdapat dalam teks deskripsi tentang peristiwa budaya.
- Melalui metode tanya jawab, peserta didik dapat menjawab pertanyaan tentang isi teks peristiwa budaya.
- Melalui metode pemberian tugas, peserta didik dapat menuliskan dan menyampaikan pokok-pokok isi teks peristiwa budaya.
- Melalui metode diskusi, peserta didik dapat menceritakan kembali isi teks tentang peristiwa budaya ragam krama.
Karakter
siswa yang diharapkan:
Bekerja sama dalam tim, Percaya
Diri, Kreatif, Aktif, dan Jujur
E.
DESKRIPSI MATERI PEMBELAJARAN
·
Teks deskripsi
peristiwa budaya (15-20 kalimat).
·
Kata-kata sulit yang
terdapat dalam teks deskripsi.
·
Pertanyaan dan jawaban
tentang isi teks deskripsi.
·
Cara menyampaikan pokok-pokok isi teks deskripsi.
·
Cara menceritakan isi teks deskripsi.
F. PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan
Pendekatan Saintifik
2.
Metode
·
Diskusi dan Presentasi
·
Tanya jawab
·
Penugasan
·
Ceramah
G.
MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media/Alat/Bahan
·
Perlengkapan untuk
apersepsi dan eksplorasi berupa cassete
recorder slide/VCD/DVD/LCD
·
Power Point dan Video
tentang peristiwa budaya.
·
Teks deskripsi
peristiwa budaya.
2.
Sumber Belajar
·
Buku Ajar Basa Jawa
Trimo, Im Tri
Suyoto dan Sri Sunarsih. 2014. Remen Basa
Jawi Kanggo SD/MI Kelas 6. Jakarta: Erlangga. Halaman 1 – 17.
·
Kumpulan teks
deskripsi
H.
LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru mengucapkan
salam ketika memasuki ruang kelas.
·
Berdoa bersama
sebelum memulai pelajaran.
·
Guru memeriksa
kehadiran siswa, kerapian
berpakaian, dan posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
·
Guru melakukan
apersepsi dengan menayangkan video
pembelajaran atau menyanyikan sebuah lagu.
·
Guru memotivasi
keaktifan siswa dengan melakukan tanya jawab.
·
Guru menyampaikan
tema dan tujuan pembelajaran.
|
15 menit
|
Inti
|
Eksplorasi, Menyimak dan Mengamati
·
Guru
memberikan pengantar materi tentang peristiwa budaya melalui metode ceramah,
dan peserta didik menyimak penjelasan dari guru.
Mengamati (observing)
·
Peserta
didik membaca pemahaman teks deskripsi peristiwa budaya dengan judul “Sekaten”.
· Peserta didik mencatat tentang
kata-kata sulit yang terdapat dalam teks peristiwa budaya “Sekaten”
Menanya
(questioning)
· Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
memperoleh informasi melalui kegiatan tanya jawab.
· Peserta
didik bertanya jawab tentang kata-kata sulit yang terdapat dalam teks peristiwa budaya “Sekaten”
· Peserta
didik bertanya jawab tentang isi teks peristiwa budaya “Sekaten”
Mengumpulkan
informasi / mencoba
(experimenting)
· Guru membentuk 4 kelompok diskusi, dengan kemampuan
yang heterogen.
· guru menjelaskan teknis pelaksanaan diskusi dan
presentasi.
· Peserta
didik berdiskusi tentang pokok-pokok
isi teks peristiwa budaya.
· Peserta
didik berdiskusi tentang cara isi teks tentang peristiwa budaya secara tertulis dalam ragam krama.
· Pada saat jalannya diskusi, guru membimbing diskusi dan
berjalan keliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahasa
setiap anggota berpartisipasi aktif.
Menalar/
Mengasosiasi (associating)
·
Peserta didik
berlatih cara menyampaikan pokok-pokok
isi teks peristiwa budaya.
·
Peserta didik
berlatih cara menceritakan isi
teks tentang peristiwa budaya secara tertulis dalam
ragam krama.
Mengomunikasikan
(communicating)
· Setelah diskusi, setiap kelompok maju ke depan kelas
untuk memaparkan hasil diskusinya. Bagi kelompok yang tidak sedang memaparkan
hasil diskusi, menyimak.
· Perwakilan kelompok
menyampaikan pokok-pokok isi
teks peristiwa budaya.
· Perwakilan kelompok menceritakan isi
teks tentang peristiwa budaya secara tertulis dalam
ragam krama. Guru memberikan penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban
yang diharapkan. Guru juga memberikan kesempatan pada seluruh peserta didik
untuk memberikan komentar dari jawaban yang ada. Guru dapat menguatkan
jawaban-jawaban yang ada.
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Guru dan peserta
didik membuat kesimpulan kegiatan hari ini.
·
Peserta
didik melaksanakan evaluasi sebagai refleksi dari kegiatan yang telah
dilakukan.
·
Peserta
didik yang mencapai KKM melakukan kegiatan pengayaan dan peserta didik yang
belum mencapai KKM melakukan kegiatan remidi.
·
Peserta
didik mendapat tugas yang harus dikerjkaan di rumah sebagai tindak lanjut
hasil pembelajaran.
·
Guru memotivasi peserta didik untuk belajar
dengan baik dan menyampaikan rencana pembelajaran dalam pertemuan berikutnya.
·
Guru bersama-sama peserta didik menutup
pelajaran dengan membaca hamdallah dan salam.
|
15 menit
|
I.
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN, REMIDIAL DAN PENGAYAAN
1.
Jenis Tes
·
Tertulis : Penugasan dan
Evaluasi
·
Tidak Tertulis : Diskusi
2.
Instrumen Penilaian
·
Penilaian Afektif : Sosial, Keaktifan dan Religius
·
Penilaian Kognitif : Diskusi Kelompok dan Evaluasi
·
Penilaian
Psikomotor : Performance (bercerita teks deskripsi)
J.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1.
Materi Pembelajaran
Lampiran 2.
Media Pembelajaran
Lampiran 3.
Lembar Diskusi dan Instrumen Penilaian
Tegal, Mei
2018
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Kelas VI
Sutiswo,
S.Pd. Abdul Aziz, S.Pd.
NIP. NIP.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1 Materi Pelajaran
Sekaten
Sekaten inggih menika upacara pengetan
Maulid Nabi ingkang kaleksanan pitung dinten, awit surya kaping 5 wulan Mulud
ngantos dumugi 12 Mulud. Prosesi ingkang sepisanan inggih menika mboyong 2
gamelan pusaka saking kraton dhateng Masjid Agung Solo. Kekalih gamelan kalawau
nggadhahi asma piyambak-piyambak. Ingkang sepisan inggih menika gamelan Kyai
Guntur Madu, ingkang dipunpanggenaken wonten sisih kidul Masjid Agung Solo.
Dene ingkang satunggalipun, inggih menika gamelan Kyai Guntur Sari ingkang
dipunpanggenaken wonten sisih ler. Gamelan menika dipuntabuh gantosan awit
enjang ngantos dumugi tengah dalu. Para abdi dalem ingkang putri sami ndhahar
kinang ingkang dipunwadhahi conthong. Jajanan khas Sekaten inggih menika cabuk
rambak, wedang rondhe, ndhog asin, lan sekul liwet.
Sasampunipun pengetan Sekaten kaleksanan
pitung dinten, ing surya kaping 12 Mulud dipunwontenaken adicara Grebeg Mulud.
Wonten mrika wonten upacara slametan lan arak-arakan gunungan saking kraton
dumugi Masjid Agung. Gunungan menika karonce dening kacang-kacangan, woh-wohan,
sayuran, lan sanes-sanesipun. Nalikanipun gunungan sampun dumugi Masjid Agung,
gunungan menika dados rebutan sedaya masyarakat ingkang mirsani adicara menika.
Pangajabipun mugi angsal berkah lan rejeki ingkang lancar. Adicara Sekatenan
menika dipunpungkasi mangsulaken gamelan pusaka dhateng Kraton.
Lembar 2 Media Pembelajaran
Lampiran 3. Lembar Diskusi dan Instrumen Penilaian
A.
PENILAIAN SIKAP
1.
Penilaian Sikap Spiritual
RUBRIK PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
Nama :
Kelas :
Semester :
Petunjuk : Berilah tanda centang (√) pada kolom “Selalu”, “Sering”, “Kadang-kadang” atau “Tidak
Pernah” sesuai dengan
keadaan yang sebenarnya.
No
|
Kriteria
|
Perilaku/Sikap
|
Muncul/Dilakukan
|
|||
Selalu
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Tidak Pernah
|
|||
1
|
Berperilaku bersyukur
|
Tidak berkecil hati dengan keadaan
|
|
|
|
|
Suka memberi atau menolong sesama
|
|
|
|
|
||
Selalu berterima kasih bila menerima pertolongan
|
|
|
|
|
||
Selalu menerima penugasan dengan sikap terbuka
|
|
|
|
|
||
2
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
|
Berdoa sebelum belajar
|
|
|
|
|
Berdoa sesudah belajar
|
|
|
|
|
||
Menjawab salam
|
|
|
|
|
||
Mengingatkan teman untuk selalu berdoa
|
|
|
|
|
DESKRIPTOR
Berperilaku bersyukur
|
1
|
Jika siswa tidak pernah
memunculkan sikap yang di harapkan
|
2
|
Jika siswa kadang-kadang
memunculkan sikap yang di harapkan
|
|
3
|
Jika siswa sering memunculkan
sikap yang di harapkan
|
|
4
|
Jika siswa selalu memunculkan
sikap yang di harapkan
|
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
|
1
|
Jika
siswa tidak pernah memunculkan sikap yang di harapkan
|
2
|
Jika siswa
kadang-kadang memunculkan sikap yang di harapkan
|
|
3
|
Jika siswa
sering memunculkan sikap yang di harapkan
|
|
4
|
Jika siswa
selalu memunculkan sikap yang di harapkan
|
Skor
Penilaian Sikap =
LEMBAR PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK
Nama :
Kelas :
Semester :
Petunjuk :
berilah
tanda centang (√) pada kolom “ Ya “ atau “
Tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Saya selalu patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianut
|
|
|
2
|
Saya selalu menjalankan ibadah tepat
waktu
|
|
|
3
|
Saya
selalu mengikuti
kegiatan keagamaan yang
diselenggarakan sekolah
|
|
|
4
|
Saya selalu melaksanakan
hari besar agama
|
|
|
5
|
Saya selalu berterimakasih atas
pemberian orang lain
|
|
|
6
|
Saya menerima perbedaan karakteristik sebagai anugrah Tuhan
|
|
|
7
|
Saya selalu bersyukur
|
|
|
8
|
Saya selalu tidak
berkecil hati dengan keadaannya
|
|
|
9
|
Saya selalu berdoa sebelum dan sesudah belajar
|
|
|
10
|
Saya selalu berdoa sebelum dan sesudah makan
|
|
|
11
|
Saya mengajak
teman berdoa saat memulai kegiatan
|
|
|
12
|
Saya selalu mengingatkan
teman untuk selalu berdoa
|
|
|
13
|
Saya berteman tanpa
membedakan agama
|
|
|
14
|
Saya tidak menganggu teman yang sedang beribadah
|
|
|
15
|
Saya tidak menjelekan ajaran agama lain
|
|
|
16
|
Saya selalu menghormati teman yang berbeda agama
|
|
|
LEMBAR
PENILAIAN ANTAR TEMAN
Nama teman yang
dinilai :
Nama penilai :
Kelas :
Semester :
Petunjuk
: berilah tanda centang (√) pada kolom “
Ya “ atau “ Tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Teman
saya selalu patuh dalam
melaksanakan ajaran agama yang dianutnya
Dianutnya
|
|
|
2
|
Teman
saya selalu menjalankan ibadah tepat waktu
|
|
|
3.
|
Teman
saya selalu mengikuti kegiatan keagamaan yang
diselenggarakan sekolah
|
|
|
4.
|
Teman
saya selalu melaksanakan hari
besar agama
|
|
|
5.
|
Teman
saya selalu berterimakasih
atas pemberian orang lain
|
|
|
6.
|
Teman
saya menerima perbedaan
karakteristik sebagai anugrah tuhan
Tuhan
|
|
|
7.
|
Teman
saya tidak pernah mengeluh
|
|
|
8.
|
Teman
saya tidak berkecil hati dengan
keadaannya
|
|
|
9.
|
Teman
saya selalu berdoa sebelum dan sesudah belajar
|
|
|
10
|
Teman
saya selalu berdoa sebelum dan sesudahh makan
|
|
|
11
|
Teman
saya mengajak
teman berdoa saat memulai
kegiatan
|
|
|
12
|
Teman
saya selalu mengingatkan teman
untuk selalu berdoa
|
|
|
13
|
Teman
saya berteman
tanpa membedakan agama
|
|
|
14
|
Teman
saya tidak pernah menganggu
teman yang
sedang
Beribadah
|
|
|
15
|
Teman
saya tidak menjelekan ajaran
agama lain
|
|
|
16
|
Teman
saya selalu menghormati teman yang berbeda agama
|
|
|
2.
Penilaian Sikap Sosial
RUBRIK PENILAIAN SIKAP SOSIAL
Nama :
Kelas :
Semester :
Petunjuk :
Berilah tanda
centang (√) pada kolom “selalu”, “sering”, “kadang-kadang”, atau
“tidak pernah” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
No
|
Kriteria
|
Perilaku/Sikap
|
Muncul/Dilakukan
|
|||
Selalu
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Tidak Pernah
|
|||
1
|
Jujur
|
Tidak berbohong
|
|
|
|
|
Tidak mencontek
|
|
|
|
|
||
Mengerjakkan sendiri tugas yang diberikan pendidik,
tanpa menjiplak tugas orang lain
|
|
|
|
|
||
Mengerjakan soal penilaian tanpa mencontek
|
|
|
|
|
||
Mengatakan dengan sesungguhnya apa yang
terjadi atau yang dialaminya dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
||
Mau mengakui kesalahan atau kekeliruan
|
|
|
|
|
||
Mengembalikan barang yang dipinjam atau
ditemukan
|
|
|
|
|
||
Mengemukakan pendapat sesuai dengan apa yang
diyakininya, walaupun berbeda dengan pendapat teman
|
|
|
|
|
||
Mengemukakan ketidaknyamanan belajar yang
dirasakannya di sekolah
|
|
|
|
|
||
|
|
Membuat laporan kegiatan kelas secara terbuka
(transparan)
|
|
|
|
|
2
|
Aktif
|
Aktif bertanya dan atau menjawab pertanyaan dari guru
|
|
|
|
|
Aktif mengerjakan tugas atau soal
di depan kelas
|
|
|
|
|
||
Aktif mengemukakan pendapat di
depan kelas (presentasi)
|
|
|
|
|
||
aktif berpartisipasi dalam
kegiatan diskusi
|
|
|
|
|
||
3
|
Percaya diri
|
Berani tampil di depan kelas
|
|
|
|
|
Mengemukakan pendapat terhadap
suatu topik atau masalah
|
|
|
|
|
||
Berani mengemukakan pendapat
|
|
|
|
|
||
Mengajukan diri untuk mengerjakan
tugas atau soal di papan tulis
|
|
|
|
|
||
Mengungkapkan kritikan membangun
terhadap karya orang lain
|
|
|
|
|
||
4
|
Kreatif
|
Kreatif dalam menyampai-kan
informasi dan pendapatnya
|
|
|
|
|
Kreatif dalam kegiatan
pembelajaran
|
|
|
|
|
||
Kreatif dalam mengatasi suatu
masalah
|
|
|
|
|
DESKRIPTOR
Jujur
|
1
|
Jika siswa tidak pernah
memunculkan sikap yang di harapkan
|
2
|
Jika siswa kadang-kadang
memunculkan sikap yang di harapkan
|
|
3
|
Jika siswa sering memunculkan
sikap yang di harapkan
|
|
4
|
Jika siswa selalu memunculkan
sikap yang di harapkan
|
|
Aktif
|
1
|
Jika
siswa tidak pernah memunculkan sikap yang di harapkan
|
2
|
Jika siswa
kadang-kadang memunculkan sikap yang di harapkan
|
|
3
|
Jika siswa
sering memunculkan sikap yang di harapkan
|
|
4
|
Jika siswa
selalu memunculkan sikap yang di harapkan
|
|
Percaya diri
|
1
|
Jika
siswa tidak pernah memunculkan sikap yang di harapkan
|
2
|
Jika siswa
kadang-kadang memunculkan sikap yang di harapkan
|
|
3
|
Jika siswa
sering memunculkan sikap yang di harapkan
|
|
4
|
Jika siswa
selalu memunculkan sikap yang di harapkan
|
|
Kreatif
|
1
|
Jika
siswa tidak pernah memunculkan sikap yang di harapkan
|
2
|
Jika siswa
kadang-kadang memunculkan sikap yang di harapkan
|
|
3
|
Jika siswa
sering memunculkan sikap yang di harapkan
|
|
4
|
Jika siswa
selalu memunculkan sikap yang di harapkan
|
Skor Penilaian
Sikap =
LEMBAR
PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK
Nama :
Kelas :
Semester :
Petunjuk :
berilah
tanda centang (√) pada kolom “ Ya “ atau “
Tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Saya tidak
pernah berbohong
|
|
|
2
|
Saya berani
mengakui kesalahan
|
|
|
3
|
Saya
mengucapkan terima kasih apabila menerima bantuan dalam bentuk jasa atau
barang dari orang lain
|
|
|
4
|
Saya masuk sekolah tepat waktu
|
|
|
5
|
Saya menolong teman yang mengalami kesulitan
|
|
|
6
|
Saya meminjamkan barang yang saya saya punya
kepada teaman yang tidak membawa
|
|
|
7
|
Saya mencoba hal-hal baru yang bermanfaat
|
|
|
8
|
Saya tertib mentaati peraturan sekolah
|
|
|
9
|
Saya mengumpulkan tugas/pekerjaan rumah tepat
waktu
|
|
|
10
|
Saya mengikuti peraturan yang ada di sekolah.
|
|
|
LEMBAR
PENILAIAN ANTAR TEMAN
Nama teman yang
dinilai :
Nama penilai :
Kelas :
Semester :
Petunjuk
: berilah tanda centang (√) pada kolom “
Ya “ atau “ Tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Teman saya
tidak pernah berbohong
|
|
|
2
|
Teman
saya berani mengakui
kesalahan
|
|
|
3.
|
Teman
saya mengucapkan
terima kasih apabila menerima bantuan dalam bentuk jasa atau
barang dari orang lain
|
|
|
4.
|
Teman
saya masuk sekolah
tepat waktu
|
|
|
5.
|
Teman
saya menolong
teman yang mengalami kesulitan
|
|
|
6.
|
Teman
saya meminjamkan
barang yang saya punya kepada teman yang tidak membawa
Tuhan
|
|
|
7.
|
Teman
saya mencoba hal-hal baru yang bermanfaat
|
|
|
8.
|
Teman
saya tertib menaati peraturan sekolah
|
|
|
9.
|
Teman
saya mengumpulkan
tugas/pekerjaan rumah tepat waktu
|
|
|
10
|
Teman
saya mengikuti
peraturan yang ada di sekolah
|
|
|
3.
Penilaian Keaktifan Peserta Didik dalam Diskusi
LEMBAR
PENILAIAN KEAKTIFAN SISWA DALAM DISKUSI
Berilah tanda centang (ü) pada
bagian yang memenuhi kriteria.
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
Penilaian
|
|||||||||||
Mendengarkan
|
Komunikasi
non verbal
|
Partisipasi
|
|||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN DISKUSI
Kriteria
|
Sangat Baik
(skor 4)
|
Baik
(skor 3)
|
Cukup
(skor 2)
|
Perlu Pendampingan (skor 1)
|
Mendengarkan
|
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara
|
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali
masih perlu diingatkan.
|
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman
yang sedang berbicara.
ü
|
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang
berbicara namun tidak mengindahkan
|
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,
ekspresi wajah, suara)
|
Merespon dan
menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.
|
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non
verbal yang ditunjukkan teman.
ü
|
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi
non verbal yang ditunjukkan teman.
|
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk
komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
|
Partisipasi
(menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
|
Isi pembicaraan
menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin
lainnya saat
diskusi
|
Berbicara dan
menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan
topik.
|
Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun
terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.
|
Jarang berbicara selama proses diksusi
berlangsung.
ü
|
PEDOMAN PENSKORAN
Penilaian :
0
Contoh :
B.
PENILAIAN KOGNITIF
KISI-KISI
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Tema :
Mata Pelajaran : Basa Jawa
Kelas/ Semester : VI / 1
Kurikulum : Kurikulum 2013
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Ranah
|
Nomor Soal
|
Tingkat
Kesulitan
|
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan
mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya
berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya
di rumah, sekolah dan tempat bermain.
|
3.1 Memahami teks deskripsi tentang peristiwa budaya
|
Teks deskripsi tentang peristiwa budaya
|
Mengartikan kata-kata sulit yang terdapat dalam teks deskripsi tentang peristiwa
budaya
|
|
A
|
|
Menjawab pertanyaan
tentang isi teks peristiwa budaya.
|
|
B
1-10
|
|
|||
Menentukan pokok-pokok isi teks peristiwa budaya.
|
|
C
|
|
|||
Menceritakan kembali
isi teks tentang peristiwa budaya ragam krama
|
|
D
|
|
LEMBAR SOAL DISKUSI
Wacanen
wacan ngisor iki!
Sekaten
Sekaten inggih menika upacara pengetan
Maulid Nabi ingkang kaleksanan pitung dinten, awit surya kaping 5 wulan Mulud
ngantos dumugi 12 Mulud. Prosesi ingkang sepisanan inggih menika mboyong 2
gamelan pusaka saking kraton dhateng Masjid Agung Solo. Kekalih gamelan kalawau
nggadhahi asma piyambak-piyambak. Ingkang sepisan inggih menika gamelan Kyai
Guntur Madu, ingkang dipunpanggenaken wonten sisih kidul Masjid Agung Solo.
Dene ingkang satunggalipun, inggih menika gamelan Kyai Guntur Sari ingkang
dipunpanggenaken wonten sisih ler. Gamelan menika dipuntabuh gantosan awit
enjang ngantos dumugi tengah dalu. Para abdi dalem ingkang putri sami ndhahar
kinang ingkang dipunwadhahi conthong. Jajanan khas Sekaten inggih menika cabuk
rambak, wedang rondhe, ndhog asin, lan sekul liwet.
Sasampunipun pengetan Sekaten kaleksanan
pitung dinten, ing surya kaping 12 Mulud dipunwontenaken adicara Grebeg Mulud.
Wonten mrika wonten upacara slametan lan arak-arakan gunungan saking kraton
dumugi Masjid Agung. Gunungan menika karonce dening kacang-kacangan, woh-wohan,
sayuran, lan sanes-sanesipun. Nalikanipun gunungan sampun dumugi Masjid Agung,
gunungan menika dados rebutan sedaya masyarakat ingkang mirsani adicara menika.
Pangajabipun mugi angsal berkah lan rejeki ingkang lancar. Adicara Sekatenan
menika dipunpungkasi mangsulaken gamelan pusaka dhateng Kraton.
A.
Miturut isine wacana dhuwur, isinana tabel ngisor iki,
tembung kang dianggep susah lan pitakokane menyang bu Guru!
No
|
Tembung
|
Ngoko
|
Krama
|
Basa Indonesia
|
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
B.
Isenana pitakonane miturut isine wacan!
1.
Apa Sekaten
kuwi?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.
Kapan Sekaten iku
dilaksanaaken?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.
Pusaka saking pundi
sing kangge Sekaten?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.
Apa bae jajanan
sing ana ing Sekaten?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.
Pusaka apa sing dienggo
Kyayi Guntur Madu?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
6.
Apa bae isinipun
gunungan menika?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
7.
Arak-arakan
gunungan saking pundi tekan pundi?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
8.
Nalikanipun gunungan sampun dumugi Masjid Agung, apa sing di lakuaken
masyarakat?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
9.
Apa sing di Pangajabipun acara Sekaten?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
10.
Apa Adicara Sekatenan menika?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
C.
Isinana tabel ngisor iki, pokok-pokok isi teks sing ana
ing isine wacana!
No
|
Pokok-pokok isi teks
|
1
|
|
2
|
|
3
|
|
4
|
|
5
|
|
6
|
|
dst
|
|
D.
Apa isine wacana "Sekaten"?
Sakrampunge, critakna nganggo basa Ngoko ing
ngarep kelas!
Tulisen nganggo basa Krama!
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
C.
PENILAIAN
PSIKOMOTOR
1.
Kisi-Kisi Bercerita
isi teks “Sekaten” di depan kelas
menggunakan bahasa krama
KISI-KISI BERMAIN PERAN
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Ranah
Psikomotor
|
Tingkat
Kesulitan
|
Menceritaaken isi teks deskripsi tentang
Sekaten dengan ragam krama secara lisan
|
Menceritakan
kembali isi teks Sekaten dengan ragam
krama secara lisan
|
P2
|
Sukar
|
2.
Lembar
Penilaian Bercerita
LEMBAR
INSTRUMEN PENILAIAN
No
|
Nama Anak
|
Aspek Penilaian
|
||||||||
Keaktifan dalam mengungkap-kan ide
|
Kemampuan berbicara lancar dengan
lafal yang benar
|
Partisipasi dalam bercerita
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN KEAKTIFAN ANAK BERBICARA
No
|
Kriteria
|
Deskripsi
|
Skor
|
Keterangan
|
1
|
Anak aktif dalam mengungkap ide
|
Jika anak sudah aktif dalam meng-ungkapkan
ide
|
3
|
Anak aktif atau sering mengungkapkan
3 kali atau 4 kali selama kegiatan bermain peran
|
2
|
Anak kurang aktif mengung-kapkan ide
|
Jika anak kurang aktif dalam meng-ungkapkan
ide
|
2
|
Anak hanya 1 kali atau 2 kali dalam
mengungkapkan idenya
|
3
|
Anak tidak aktif dalam
mengung-kapkan ide
|
Jika anak tidak aktif dalam
meng-ungkapkan ide
|
1
|
Anak sama sekali tidak mampu
meng-ungkapkan idenya
|
RUBRIK PENILAIAN BERBICARA LANCAR DENGAN LAFAL YANG BENAR
No
|
Kriteria
|
Deskripsi
|
Skor
|
Keterangan
|
1
|
Anak dapat berbicara lancar dengan
lafal yang benar
|
Jika anak sudah dapat berbicara
lancer dengan lafal yang benar
|
3
|
Anak aktif berbicara dengan kosa
kata yang
lebih banyak
|
2
|
Anak kurang dapat berbicara lancar
dengan lafal yang benar
|
Jika anak kurang dapat berbicara
lancar dengan lafal yang benar
|
2
|
Anak dapat berbicara lancar tetapi
kosa kata belum dapat dipahami
|
3
|
Anak tidak dapat berbicara lancar
dengan lafal yang benar
|
Jika anak tidak dapat
berbicara
lancar dengan lafal yang benar
|
1
|
Anak dalam berbicara masih
memerlukan stimulasi kata-kata
dalam bermain
peran
|
RUBRIK PENILAIAN PARTISIPASI ANAK DALAM BERCERITA
No
|
Kriteria
|
Deskripsi
|
Skor
|
Keterangan
|
1
|
Anak dapat berpartisipasi dalam bercerita
|
Jika anak bersemangat dalam bercerita
|
3
|
Anak terlibat
aktif, senang dan selalu ingin melakukan
bercerita
|
2
|
Anak kurang
berpartisipasi dalam bercerita
|
Jika anak kurang
bersemangat dalam
bercerita
|
2
|
Anak kurang terlibat aktif, masih
dibujuk dan dimotivasi dalam bercerita
|
3
|
Anak tidak berpartisipasi dalam bercerita
|
Jika anak tidak
bersemangat
dalam bercerita
|
1
|
Anak tidak terlibat sama sekali
dalam bercerita dan di stimulasi kata-kata dalam bercerita
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar