Jumat, 28 September 2018

RPP Bahasa Jawa Kelas 4 SD Kurikulum 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAHASA JAWA KELAS VI SEKOLAH DASAR
KURIKULUM 2013

Disusun guna memenuhi Ulangan Tengah Semester Mata Kuliah Pembelajaran Bahasa Jawa

Dosen Pengampu: Sugiyatmi, S.Pd, M.Pd.


Disusun Oleh:
Abdul Aziz     1401415322
Rombel 6E






PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2018
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SD Negeri Tegalsari 8
Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa
Tema                           : Unit 1
Alokasi Waktu            : 2 x 35 Menit
Materi Pokok              : Teks Deskripsi Peristiwa Budaya
Kelas/Semester            : VI/1
Alokasi Waktu            : 2 x 35 Menit

A.      KOMPETENSI INTI
       KI-2    :      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga dan guru.
       KI-3    :      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain
       KI-4 :         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis dan sistematis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.       KOMPETENSI DASAR
       KD.1.1       Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Jawa sebagai bahasa Ibu.
KD.2.1       Mensyukuri anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa jawa sebagai jatidiri, sarana mendekatkan diri kepada sang Pencipta, menghormati dan menghargai ajaran agama yng dianutnya.
       KD.3.1       Memahami teks deskripsi tentang peristiwa budaya.
                         
C.      INDIKATOR PEMBELAJARAN
3.1.1 Mengartikan kata-kata sulit yang terdapat dalam teks deskripsi tentang peristiwa budaya.
3.1.2 Menjawab pertanyaan tentang isi teks peristiwa budaya.
3.1.3 Menentukan pokok-pokok isi teks peristiwa budaya.
3.1.4 Menceritakan kembali isi teks tentang peristiwa budaya ragam krama..
                                                                                                     
D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Melalui metode ceramah bervariasi, peserta didik dapat mengartikan kata-kata sulit yang terdapat dalam teks deskripsi tentang peristiwa budaya.
  2. Melalui metode tanya jawab, peserta didik dapat menjawab pertanyaan tentang isi teks peristiwa budaya.
  3. Melalui metode pemberian tugas, peserta didik dapat menuliskan dan menyampaikan pokok-pokok isi teks peristiwa budaya.
  4. Melalui metode diskusi, peserta didik dapat menceritakan kembali isi teks tentang peristiwa budaya ragam krama.
Karakter siswa yang diharapkan:
Bekerja sama dalam tim, Percaya Diri, Kreatif, Aktif, dan Jujur

E.       DESKRIPSI MATERI PEMBELAJARAN
·           Teks deskripsi peristiwa budaya (15-20 kalimat).
·           Kata-kata sulit yang terdapat dalam teks deskripsi.
·           Pertanyaan dan jawaban tentang isi teks deskripsi.
·           Cara menyampaikan pokok-pokok isi teks deskripsi.
·           Cara menceritakan isi teks deskripsi.
F.       PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1.         Pendekatan
Pendekatan Saintifik
2.         Metode
·           Diskusi dan Presentasi
·           Tanya jawab
·           Penugasan
·           Ceramah

G.      MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media/Alat/Bahan
·           Perlengkapan untuk apersepsi dan eksplorasi berupa cassete recorder slide/VCD/DVD/LCD
·           Power Point dan Video tentang peristiwa budaya.
·           Teks deskripsi peristiwa budaya.
2.      Sumber Belajar
·           Buku Ajar Basa Jawa
Trimo, Im Tri Suyoto dan Sri Sunarsih. 2014. Remen Basa Jawi Kanggo SD/MI Kelas 6. Jakarta: Erlangga. Halaman 1 – 17.
·           Kumpulan teks deskripsi

H.      LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·       Guru mengucapkan salam ketika memasuki ruang kelas.
·       Berdoa bersama sebelum memulai pelajaran.
·       Guru memeriksa kehadiran siswa, kerapian berpakaian, dan posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
·       Guru melakukan apersepsi dengan menayangkan video pembelajaran atau menyanyikan sebuah lagu.
·       Guru memotivasi keaktifan siswa dengan melakukan tanya jawab.
·       Guru menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran.
15 menit
Inti
Eksplorasi, Menyimak dan Mengamati
·      Guru memberikan pengantar materi tentang peristiwa budaya melalui metode ceramah, dan peserta didik menyimak penjelasan dari guru.

Mengamati (observing)
·      Peserta didik membaca pemahaman teks deskripsi peristiwa budaya dengan judul “Sekaten”.
·      Peserta didik mencatat tentang kata-kata sulit yang terdapat dalam teks peristiwa budaya “Sekaten”

Menanya (questioning)
·      Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk memperoleh informasi melalui kegiatan tanya jawab.
·      Peserta didik bertanya jawab tentang kata-kata sulit yang terdapat dalam teks peristiwa budaya “Sekaten”
·      Peserta didik bertanya jawab tentang isi teks peristiwa budaya “Sekaten”

Mengumpulkan informasi / mencoba
(experimenting)
·      Guru membentuk 4 kelompok diskusi, dengan kemampuan yang heterogen.
·      guru menjelaskan teknis pelaksanaan diskusi dan presentasi.
·      Peserta didik berdiskusi tentang pokok-pokok isi teks peristiwa budaya.
·      Peserta didik berdiskusi tentang cara isi teks tentang peristiwa budaya secara tertulis dalam ragam krama.
·      Pada saat jalannya diskusi, guru membimbing diskusi dan berjalan keliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahasa setiap anggota berpartisipasi aktif.

Menalar/ Mengasosiasi (associating)
·      Peserta didik berlatih cara menyampaikan pokok-pokok isi teks peristiwa budaya.
·      Peserta didik berlatih cara menceritakan isi teks tentang peristiwa budaya secara tertulis dalam ragam krama.
Mengomunikasikan (communicating)
·      Setelah diskusi, setiap kelompok maju ke depan kelas untuk memaparkan hasil diskusinya. Bagi kelompok yang tidak sedang memaparkan hasil diskusi, menyimak.
·      Perwakilan kelompok menyampaikan pokok-pokok isi teks peristiwa budaya.
·      Perwakilan kelompok menceritakan isi teks tentang peristiwa budaya secara tertulis dalam ragam krama. Guru memberikan penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru juga memberikan kesempatan pada seluruh peserta didik untuk memberikan komentar dari jawaban yang ada. Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban yang ada.
40 menit
Penutup
·         Guru dan peserta didik membuat kesimpulan kegiatan hari ini.
·         Peserta didik melaksanakan evaluasi sebagai refleksi dari kegiatan yang telah dilakukan.
·         Peserta didik yang mencapai KKM melakukan kegiatan pengayaan dan peserta didik yang belum mencapai KKM melakukan kegiatan remidi.
·         Peserta didik mendapat tugas yang harus dikerjkaan di rumah sebagai tindak lanjut hasil pembelajaran.
·         Guru memotivasi peserta didik untuk belajar dengan baik dan menyampaikan rencana pembelajaran dalam pertemuan berikutnya.
·         Guru bersama-sama peserta didik menutup pelajaran dengan membaca hamdallah dan salam.
15 menit

I.         PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN, REMIDIAL DAN PENGAYAAN
1.      Jenis Tes
·           Tertulis                           : Penugasan dan Evaluasi
·           Tidak Tertulis                 : Diskusi
2.      Instrumen Penilaian
·           Penilaian Afektif           : Sosial, Keaktifan dan Religius
·           Penilaian Kognitif          : Diskusi Kelompok dan Evaluasi
·           Penilaian Psikomotor     : Performance (bercerita teks deskripsi)

J.        LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1. Materi Pembelajaran
Lampiran 2. Media Pembelajaran
Lampiran 3. Lembar Diskusi dan Instrumen Penilaian

Tegal,     Mei 2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas VI



Sutiswo, S.Pd.                                                            Abdul Aziz, S.Pd.
NIP.                                                                            NIP.








LAMPIRAN-LAMPIRAN

Lampiran 1 Materi Pelajaran
Sekaten

     Sekaten inggih menika upacara pengetan Maulid Nabi ingkang kaleksanan pitung dinten, awit surya kaping 5 wulan Mulud ngantos dumugi 12 Mulud. Prosesi ingkang sepisanan inggih menika mboyong 2 gamelan pusaka saking kraton dhateng Masjid Agung Solo. Kekalih gamelan kalawau nggadhahi asma piyambak-piyambak. Ingkang sepisan inggih menika gamelan Kyai Guntur Madu, ingkang dipunpanggenaken wonten sisih kidul Masjid Agung Solo. Dene ingkang satunggalipun, inggih menika gamelan Kyai Guntur Sari ingkang dipunpanggenaken wonten sisih ler. Gamelan menika dipuntabuh gantosan awit enjang ngantos dumugi tengah dalu. Para abdi dalem ingkang putri sami ndhahar kinang ingkang dipunwadhahi conthong. Jajanan khas Sekaten inggih menika cabuk rambak, wedang rondhe, ndhog asin, lan sekul liwet.
     Sasampunipun pengetan Sekaten kaleksanan pitung dinten, ing surya kaping 12 Mulud dipunwontenaken adicara Grebeg Mulud. Wonten mrika wonten upacara slametan lan arak-arakan gunungan saking kraton dumugi Masjid Agung. Gunungan menika karonce dening kacang-kacangan, woh-wohan, sayuran, lan sanes-sanesipun. Nalikanipun gunungan sampun dumugi Masjid Agung, gunungan menika dados rebutan sedaya masyarakat ingkang mirsani adicara menika. Pangajabipun mugi angsal berkah lan rejeki ingkang lancar. Adicara Sekatenan menika dipunpungkasi mangsulaken gamelan pusaka dhateng Kraton.

Lembar 2 Media Pembelajaran





Lampiran 3. Lembar Diskusi dan Instrumen Penilaian

A.      PENILAIAN SIKAP
1.        Penilaian Sikap Spiritual

RUBRIK PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL

Nama               :
Kelas               :
Semester          :
Petunjuk          : Berilah tanda centang (√) pada kolom Selalu, Sering, Kadang-kadang atau Tidak Pernah sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

No
Kriteria
Perilaku/Sikap
Muncul/Dilakukan
Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak Pernah
1
Berperilaku bersyukur
Tidak berkecil hati dengan keadaan




Suka memberi atau menolong sesama




Selalu berterima kasih bila menerima pertolongan




Selalu menerima penugasan dengan sikap terbuka




2
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
Berdoa sebelum belajar





Berdoa sesudah belajar





Menjawab salam





Mengingatkan teman untuk selalu berdoa






DESKRIPTOR
Berperilaku bersyukur
1
Jika siswa tidak pernah memunculkan sikap yang di harapkan
2
Jika siswa kadang-kadang memunculkan sikap yang di harapkan
3
Jika siswa sering memunculkan sikap yang di harapkan
4
Jika siswa selalu memunculkan sikap yang di harapkan
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
1
Jika siswa tidak pernah memunculkan sikap yang di harapkan
2
Jika siswa kadang-kadang memunculkan sikap yang di harapkan
3
Jika siswa sering memunculkan sikap yang di harapkan
4
Jika siswa selalu memunculkan sikap yang di harapkan


Skor Penilaian Sikap =


















LEMBAR PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK

Nama                :
Kelas                 :
Semester           :
Petunjuk           :  berilah tanda centang (√) pada kolom Ya atau Tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

No
Pernyataan
Ya
Tidak
1
Saya selalu patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianut


2
Saya selalu menjalankan ibadah tepat waktu


3
Saya selalu mengikuti kegiatan keagamaan yang diselenggarakan sekolah


4
Saya selalu melaksanakan hari besar agama


5
Saya selalu berterimakasih atas pemberian orang lain


6
Saya menerima perbedaan karakteristik sebagai anugrah Tuhan


7
Saya selalu bersyukur


8
Saya selalu tidak berkecil hati dengan keadaannya


9
Saya selalu berdoa sebelum dan sesudah belajar


10
Saya selalu berdoa sebelum dan sesudah makan


11
Saya mengajak teman berdoa saat memulai kegiatan


12
Saya selalu mengingatkan teman untuk selalu berdoa


13
Saya berteman tanpa membedakan agama


14
Saya tidak menganggu teman yang sedang beribadah


15
Saya tidak menjelekan ajaran agama lain


16
Saya selalu menghormati teman yang berbeda agama














LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN

Nama teman yang dinilai        :
Nama penilai                           :
Kelas                                       :
Semester                                  :
Petunjuk : berilah tanda centang (√) pada kolom “ Ya “ atau “ Tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.


No
Pernyataan
Ya
Tidak
1




Teman saya selalu patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya
Dianutnya


2
Teman saya selalu menjalankan ibadah tepat waktu


3.
Teman saya selalu mengikuti kegiatan keagamaan yang
diselenggarakan sekolah


4.
Teman saya selalu melaksanakan hari besar agama


5.
Teman saya selalu berterimakasih atas pemberian orang lain


6.
Teman saya menerima perbedaan karakteristik sebagai anugrah tuhan

Tuhan


7.
Teman saya tidak pernah mengeluh


8.
Teman saya tidak berkecil hati dengan keadaannya


9.
Teman saya selalu berdoa sebelum dan sesudah belajar


10
Teman saya selalu berdoa sebelum dan sesudahh makan


11
Teman saya mengajak teman berdoa saat memulai kegiatan


12
Teman saya selalu mengingatkan teman untuk selalu berdoa


13
Teman saya berteman tanpa membedakan agama


14
Teman saya tidak pernah menganggu teman yang sedang
Beribadah


15
Teman saya tidak menjelekan ajaran agama lain


16
Teman saya selalu menghormati teman yang berbeda agama











2.        Penilaian Sikap Sosial

RUBRIK PENILAIAN SIKAP SOSIAL

Nama               :
Kelas               :
Semester          :
Petunjuk          :
Berilah tanda centang () pada kolom “selalu”, “sering”, “kadang-kadang”, atau “tidak pernah” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

No
Kriteria
Perilaku/Sikap
Muncul/Dilakukan
Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak Pernah
1
Jujur
Tidak berbohong





Tidak mencontek





Mengerjakkan sendiri tugas yang diberikan pendidik, tanpa menjiplak tugas orang lain




Mengerjakan soal penilaian tanpa mencontek




Mengatakan dengan sesungguhnya apa yang terjadi atau yang dialaminya dalam kehidupan sehari-hari




Mau mengakui kesalahan atau kekeliruan




Mengembalikan barang yang dipinjam atau ditemukan




Mengemukakan pendapat sesuai dengan apa yang diyakininya, walaupun berbeda dengan pendapat teman




Mengemukakan ketidaknyamanan belajar yang dirasakannya di sekolah






Membuat laporan kegiatan kelas secara terbuka (transparan)




2
Aktif
Aktif bertanya dan atau  menjawab pertanyaan dari guru




Aktif mengerjakan tugas atau soal di depan kelas




Aktif mengemukakan pendapat di depan kelas (presentasi)




aktif berpartisipasi dalam kegiatan diskusi




3
Percaya diri
Berani tampil di depan kelas





Mengemukakan pendapat terhadap suatu topik atau masalah




Berani mengemukakan pendapat




Mengajukan diri untuk mengerjakan tugas atau soal di papan tulis




Mengungkapkan kritikan membangun terhadap karya orang lain




4
Kreatif
Kreatif dalam menyampai-kan informasi dan pendapatnya




Kreatif dalam kegiatan pembelajaran




Kreatif dalam mengatasi suatu masalah










DESKRIPTOR
Jujur
1
Jika siswa tidak pernah memunculkan sikap yang di harapkan
2
Jika siswa kadang-kadang memunculkan sikap yang di harapkan
3
Jika siswa sering memunculkan sikap yang di harapkan
4
Jika siswa selalu memunculkan sikap yang di harapkan
Aktif
1
Jika siswa tidak pernah memunculkan sikap yang di harapkan
2
Jika siswa kadang-kadang memunculkan sikap yang di harapkan
3
Jika siswa sering memunculkan sikap yang di harapkan
4
Jika siswa selalu memunculkan sikap yang di harapkan
Percaya diri
1
Jika siswa tidak pernah memunculkan sikap yang di harapkan
2
Jika siswa kadang-kadang memunculkan sikap yang di harapkan
3
Jika siswa sering memunculkan sikap yang di harapkan
4
Jika siswa selalu memunculkan sikap yang di harapkan
Kreatif
1
Jika siswa tidak pernah memunculkan sikap yang di harapkan
2
Jika siswa kadang-kadang memunculkan sikap yang di harapkan
3
Jika siswa sering memunculkan sikap yang di harapkan
4
Jika siswa selalu memunculkan sikap yang di harapkan


Skor Penilaian Sikap =












LEMBAR PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK

Nama              :
Kelas               :
Semester         :
Petunjuk        :  berilah tanda centang (√) pada kolom Ya atau Tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

No
Pernyataan
Ya
Tidak
1
Saya tidak pernah berbohong


2
Saya berani mengakui kesalahan


3
Saya mengucapkan terima kasih apabila menerima bantuan dalam bentuk jasa atau barang dari orang lain


4
Saya masuk sekolah tepat waktu


5
Saya menolong teman yang mengalami kesulitan


6
Saya meminjamkan barang yang saya saya punya kepada teaman yang tidak membawa


7
Saya mencoba hal-hal baru yang bermanfaat


8
Saya tertib mentaati peraturan sekolah


9
Saya mengumpulkan tugas/pekerjaan rumah tepat waktu


10
Saya mengikuti peraturan yang ada di sekolah.





















LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN

Nama teman yang dinilai        :
Nama penilai                           :
Kelas                                       :
Semester                                  :
Petunjuk : berilah tanda centang (√) pada kolom “ Ya “ atau “ Tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.


No
Pernyataan
Ya
Tidak
1




Teman saya tidak pernah berbohong


2
Teman saya berani mengakui kesalahan


3.
Teman saya mengucapkan terima kasih apabila menerima bantuan dalam bentuk jasa atau barang dari orang lain


4.
Teman saya masuk sekolah tepat waktu


5.
Teman saya menolong teman yang mengalami kesulitan


6.
Teman saya meminjamkan barang yang saya punya kepada teman yang tidak membawa

Tuhan


7.
Teman saya mencoba hal-hal baru yang bermanfaat


8.
Teman saya tertib menaati peraturan sekolah


9.
Teman saya mengumpulkan tugas/pekerjaan rumah tepat waktu


10
Teman saya mengikuti peraturan yang ada di sekolah















3.        Penilaian Keaktifan Peserta Didik dalam Diskusi

LEMBAR PENILAIAN KEAKTIFAN SISWA DALAM DISKUSI

Berilah tanda centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria.
No
Nama Siswa
Kriteria Penilaian
Mendengarkan
Komunikasi non verbal
Partisipasi
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1













2













3













4













5













dst















RUBRIK PENILAIAN DISKUSI
Kriteria
Sangat Baik
(skor 4)
Baik
(skor 3)
Cukup
(skor 2)
Perlu Pendampingan (skor 1)
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.
ü
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespon dan
menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
ü
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
Partisipasi
(menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi
Berbicara dan
menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.
Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung.
ü

PEDOMAN PENSKORAN

Penilaian     : 0
Contoh       :






                                                                                                                         



B.       PENILAIAN KOGNITIF

KISI-KISI
Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Tema                           :
Mata Pelajaran            : Basa Jawa
Kelas/ Semester           : VI / 1
Kurikulum                   : Kurikulum 2013

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Ranah
Nomor Soal
Tingkat Kesulitan
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain.

3.1 Memahami teks deskripsi tentang peristiwa budaya

Teks deskripsi tentang peristiwa budaya
Mengartikan kata-kata sulit yang terdapat dalam teks deskripsi tentang peristiwa budaya

A

Menjawab pertanyaan tentang isi teks peristiwa budaya.

B
1-10

Menentukan pokok-pokok isi teks peristiwa budaya.

C

Menceritakan kembali isi teks tentang peristiwa budaya ragam krama

D



LEMBAR SOAL DISKUSI
Wacanen wacan ngisor iki!

Sekaten

     Sekaten inggih menika upacara pengetan Maulid Nabi ingkang kaleksanan pitung dinten, awit surya kaping 5 wulan Mulud ngantos dumugi 12 Mulud. Prosesi ingkang sepisanan inggih menika mboyong 2 gamelan pusaka saking kraton dhateng Masjid Agung Solo. Kekalih gamelan kalawau nggadhahi asma piyambak-piyambak. Ingkang sepisan inggih menika gamelan Kyai Guntur Madu, ingkang dipunpanggenaken wonten sisih kidul Masjid Agung Solo. Dene ingkang satunggalipun, inggih menika gamelan Kyai Guntur Sari ingkang dipunpanggenaken wonten sisih ler. Gamelan menika dipuntabuh gantosan awit enjang ngantos dumugi tengah dalu. Para abdi dalem ingkang putri sami ndhahar kinang ingkang dipunwadhahi conthong. Jajanan khas Sekaten inggih menika cabuk rambak, wedang rondhe, ndhog asin, lan sekul liwet.
     Sasampunipun pengetan Sekaten kaleksanan pitung dinten, ing surya kaping 12 Mulud dipunwontenaken adicara Grebeg Mulud. Wonten mrika wonten upacara slametan lan arak-arakan gunungan saking kraton dumugi Masjid Agung. Gunungan menika karonce dening kacang-kacangan, woh-wohan, sayuran, lan sanes-sanesipun. Nalikanipun gunungan sampun dumugi Masjid Agung, gunungan menika dados rebutan sedaya masyarakat ingkang mirsani adicara menika. Pangajabipun mugi angsal berkah lan rejeki ingkang lancar. Adicara Sekatenan menika dipunpungkasi mangsulaken gamelan pusaka dhateng Kraton.
A.      Miturut isine wacana dhuwur, isinana tabel ngisor iki, tembung kang dianggep susah lan pitakokane menyang bu Guru!
No
Tembung
Ngoko
Krama
Basa Indonesia
1.




2.




3.




4.




5.




6.




7.




8.




9.




10




dst


















B.       Isenana pitakonane miturut isine wacan!

1.         Apa Sekaten kuwi?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.         Kapan Sekaten iku dilaksanaaken?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.         Pusaka saking pundi sing kangge Sekaten?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.         Apa bae jajanan sing ana ing Sekaten?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.         Pusaka apa sing dienggo Kyayi Guntur Madu?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
6.         Apa bae isinipun gunungan menika?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
7.         Arak-arakan gunungan saking pundi tekan pundi?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
8.         Nalikanipun gunungan sampun dumugi Masjid Agung, apa sing di lakuaken masyarakat?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
9.         Apa sing di Pangajabipun acara Sekaten?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
10.     Apa Adicara Sekatenan menika?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
         

















C.      Isinana tabel ngisor iki, pokok-pokok isi teks sing ana ing isine wacana!

No
Pokok-pokok isi teks
1

2

3

4

5

6

dst



D.      Apa isine wacana "Sekaten"?
Sakrampunge, critakna nganggo basa Ngoko ing ngarep kelas!
Tulisen nganggo basa Krama!
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

C.      PENILAIAN PSIKOMOTOR
1.      Kisi-Kisi Bercerita  isi teks “Sekaten” di depan kelas menggunakan bahasa krama

KISI-KISI BERMAIN PERAN
Kompetensi Dasar
Indikator
Ranah Psikomotor
Tingkat Kesulitan
Menceritaaken isi teks deskripsi tentang Sekaten dengan ragam krama secara lisan
Menceritakan kembali isi teks Sekaten dengan ragam krama secara lisan
P2
Sukar

2.      Lembar Penilaian Bercerita

LEMBAR INSTRUMEN PENILAIAN

No
Nama Anak
Aspek Penilaian
Keaktifan dalam mengungkap-kan ide
Kemampuan berbicara lancar dengan lafal yang benar
Partisipasi dalam bercerita
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1










2










3















RUBRIK PENILAIAN KEAKTIFAN ANAK BERBICARA

No
Kriteria
Deskripsi
Skor
Keterangan
1
Anak aktif dalam mengungkap ide
Jika anak sudah aktif dalam meng-ungkapkan ide
3
Anak aktif atau sering mengungkapkan 3 kali atau 4 kali selama kegiatan bermain peran
2
Anak kurang aktif mengung-kapkan ide
Jika anak kurang aktif dalam meng-ungkapkan ide
2
Anak hanya 1 kali atau 2 kali dalam mengungkapkan idenya
3
Anak tidak aktif dalam mengung-kapkan ide
Jika anak tidak aktif dalam meng-ungkapkan ide
1
Anak sama sekali tidak mampu meng-ungkapkan idenya


RUBRIK PENILAIAN BERBICARA LANCAR DENGAN LAFAL YANG BENAR

No
Kriteria
Deskripsi
Skor
Keterangan
1
Anak dapat berbicara lancar dengan lafal yang benar
Jika anak sudah dapat berbicara lancer dengan lafal yang benar
3
Anak aktif berbicara dengan kosa kata yang
lebih banyak
2
Anak kurang dapat berbicara lancar dengan lafal yang benar
Jika anak kurang dapat berbicara lancar dengan lafal yang benar
2
Anak dapat berbicara lancar tetapi kosa kata belum dapat dipahami
3
Anak tidak dapat berbicara lancar dengan lafal yang benar
Jika anak tidak dapat
berbicara lancar dengan lafal yang benar
1
Anak dalam berbicara masih memerlukan stimulasi kata-kata
dalam bermain peran

RUBRIK PENILAIAN PARTISIPASI ANAK DALAM BERCERITA

No
Kriteria
Deskripsi
Skor
Keterangan
1
Anak dapat berpartisipasi dalam bercerita
Jika anak bersemangat dalam bercerita
3
Anak terlibat
aktif, senang dan selalu ingin melakukan bercerita
2
Anak kurang berpartisipasi dalam bercerita
Jika anak kurang
bersemangat dalam
bercerita
2
Anak kurang terlibat aktif, masih dibujuk dan dimotivasi dalam bercerita
3
Anak tidak berpartisipasi dalam bercerita
Jika anak tidak
bersemangat dalam bercerita
1
Anak tidak terlibat sama sekali dalam bercerita dan di stimulasi kata-kata dalam bercerita



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Motivasi Kisah Pribadi

Perjuangan Seorang “Kuli Bangunan untuk Kuliah” Berdasarkan kisah nyata pribadi Oleh : Abdul Aziz Saya tidak pernah menyangka sa...