Rabu, 26 September 2018

RPP MTK Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Limas dan Tabung Kelas 5 SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATEMATIKA KELAS V SEMESTER II
“SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG LIMAS DAN TABUNG)”

Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah
Pengembangan Pembelajaran Matematika SD

Dosen Pengampu: Feylosofia Putri Agry S.Pd, M.Pd

Disusun oleh:
Abdul Aziz
NIM 1401415322
Rombel 5E


PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                       : SD Sukses Muda
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/ Semester           : V (Lima)  / 2 (Dua)
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit (1x pertemuan)
Pelaksanaan                 : Selasa, 24 Oktober 2017
A.      Standar Kompetensi
6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
B.       Kompetensi Dasar
6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
C.      Indikator
1.      Mengidentifikasi sifat-sifat limas.
2.      Mengidentifikasi sifat-sifat tabung.
3.      Menyebutkan contoh-contoh benda yang berbentuk limas dan tabung di lingkungan sekitar.
D.      Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat limas.
2.      Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat tabung.
3.      Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh benda yang berbentuk limas dan tabung di lingkungan sekitar.
Karakter yang diharapkan:
Religius, kerja keras, kreatif, komunikatif, tanggung jawab, berani.
4.        Materi Ajar
Sifat-sifat bangun ruang limas dan tabung
5.        Model dan Metode Pembelajaran
Model                   : Kooperatif
Metode                : Penugasan, Tanya Jawab, Demonstrasi, Ceramah, dan Diskusi.
6.        Media dan Sumber Belajar
1.      Media Pembelajaran
·      Kaleng
·      Bangun limas
·      Jaring-jaring limas dan tabung
2.      Sumber Belajar
Sugiyono dan Dedi Gunarto. 2009. Matematika SD/MI Kelas V. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
7.        Langkah-Langkah Pembelajaran
Strategi Umum
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pembelajaran Awal
·      Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam.
·      Guru menyuruh ketua kelas untuk memimpin doa bersama.
·      Guru menanyakan kabar siswa dan melakukan presensi kehadiran siswa.
·      Guru memberikan penguatan untuk menyemangati siswa dengan ice breaking.
·     Guru menyampaikan indikator dan tujuan dalam pembelajaran.
10 menit
Pembelajaran Inti
Eksplorasi
·     Guru mengenalkan dan menunjukan bangun-bangun ruang yaitu tabung dan limas.
·     Guru menjelaskan pengertian sisi, rusuk, titik sudut pada tabung dan limas
·     Guru menanyakan kepada peserta didik.
ü  Apakah sebuah tabung ini terdapat bangun lingkaran?
ü  Apakah sebuah tabung ini terdapat bangun persegi panjang?
ü  Apakah sebuah limas ini terdapat bangun segitiga?
ü  Apakah sebuah limas ini terdapat bangun persegi?
·     Guru bersama siswa menemukan contoh benda yang berbentuk tabung dan limas.
Elaborasi
·     Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok heterogen.
·     Guru membagikan lembar kerja siswa, jaring-jaring tabung dan jaring-jaring limas pada masing-masing kelompok untuk membuat bangun ruang sesuai perintah pada lembar kerja siswa..
·     Guru menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan, seperti yang telah tertera di lembar kerja siswa.
·     Siswa mulai melakukan kegaiatan secara berkelompok dengan waktu 10 menit.
·     Setelah kegiatan selesai, perwakilan kelompok melaporkan hasil kerjanya di depan kelas dan ditanggapi oleh kelompok lainnya.
·     Guru dan siswa membuat kesimpulan atas hasil yang telah diperoleh.
Konfirmasi
·     Guru memberikan pengutan pada siswa yang berani maju.
·     Guru melakukan tanya jawab yang belum diketahui oleh siswa, meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
50 menit
Pembelajaran Akhir
·     Guru menyimpulkan hasil pembelajaran bersama-sama dengan siswa.
·     Guru memberi tahu tugas rumah sebagai penilaian individu.
·     Guru memotivasi siswa untuk belajar dengan baik dan menyampaikan rencana pembelajaran dalam pertemuan berikutnya.
·     Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah dan salam.
10 menit

8.        Penilaian
1.      Penilaian Proses
2.      Penilaian Afektif dan Psikomotor
3.      Penilaian Hasil
9.        Lampiran
1.      Materi
2.      Lembar Pengamatan Proses
3.      Lembar Pengamatan Afektif dan Psikomotorik
4.      Lembar Kerja Siswa (LKS)
5.      Lembar evaluasi individu
6.      Media Pembelajaran
7.      Sumber Pembelajaran
Tegal, 20 Oktober 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas

.......................................                                             .....................................
NIP                                                                             NIP
Lampiran 1. Materi










Lampiran 2. Lembar Pengamatan Proses
No
Kriteria
Skala Penilaian
1
2
3
4
5
1
Kerjasama dan pembagian tugas dalam kelompok





2
Kekompakan antar anggota kelompok





3
Ketaatan anggota kelompok terhadap aturan





4
Kecepatan kelompok dalam bekerja





5
Keaktifan seluruh anggota kelompok saat bekerja dalam kelompok






Keterangan :
1 = Sangat Rendah             3 = Cukup                   5 = Sangat Tinggi
2 = Rendah                         4 = Tinggi                   
Skor Penilaian :
·         Skor maksimal       = 20                
·         Nilai maksimal      = 100
Nilai =  Jumlah skor yang diperoleh  x  5
 






Lampiran 3. Lembar Pengamatan Psikomotorik
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor total
Keberhasilan


Jujur
Tanggung Jawab
Berpikir Logis
Kerja sama
Percaya Diri


4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1


1.























2.























3.























4.























5.























Dst
























Keterangan :
4          = Sangat baik
3          = Baik
2          = Cukup
1          = Kurang baik
Kriteria keberhasilan
    90% -  100%           =  Sangat Baik
     80% -  89%            =  Baik
     70% -  79%            =  Cukup
     < 70%           =  Kurang

Keberhasilan  =  jumlah skor yang diperoleh   x  100 % 
  Jumlah skor maksimal (20)

Lampiran 4. Lembar Kerja Siswa (LKS) Kelompok
Lembar Kerja Siswa (LKS) Kelompok
Mata Pelajaran     : Matematika
Kelas/ Semester    : V/ II
Nama Kelompok  :
Nama Anggota     : 1. ................................          4. ................................
                             2. ................................          5. ................................
                             3. ................................          6. .................................
Instruksi kegiatan:
1.    Setiap kelompok memecahkan permasalahan yang diberikan guru dengan mendiskusikannya bersama anggota kelompok dan mencatat hasil diskuis sesuai permainan yang dilakukan.
2.    Pecahkan masalah di bawah ini menggunakan media jaring-jaring bangun ruang tabung dan limas yang telah disediakan.
3.    Setelah berdiskusi setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi tersebut di depan kelas.
Soal:
1.    Buatlah bangun ruang berikut menggunakan jaring-jaring yang sudah disediakan!
a.       Tabung
b.      Limas
2.    Berdasarkan bangun ruang yang telah dibuat, carilah sifat-sifatnya!






Lampiran 5. Lembar evaluasi individu
Isilah titik-titik pada tabel dibawah ini!
NO
Bangun Ruang
Sifat-sifat Bangun Ruang
Jumlah sisi
Jumlah rusuk
Jumlah
titik sudut
Ciri khusus
1
Prisma tegak segi empat
...
...
...
...
2
Prisma tegak segitiga
...
...
...
...
3
Limas segi empat
...
...
...
...
4
Limas segitiga
...
...
...
...
5
Tabung
...
...
...
...
6
Kerucut
...
...
...
...
7
Bola
...
...
...
...

Kunci Jawaban
NO
Bangun Ruang
Sifat-sifat Bangun Ruang
Jumlah sisi
Jumlah rusuk
Jumlah
titik sudut
Ciri khusus
1
Prisma tegak segi empat
6
8
12
Memiliki 6 sisi berbentuk segi empat, biasanya disebut balok
2
Prisma tegak segitiga
5
6
9
1.    2 sisi berbentuk segitiga
2.    3 sisi berbentuk persegi panjang
3
Limas segi empat
5
5
8
Sisi alasnya berbentuk segi empat dan sisi lainnya berbentuk segitiga
4
Limas segitiga
4
6
4
Memiliki 4 sisi berbentuk segitiga
5
Tabung
3
0
2
Memiliki 2 sisi berbentuk lingkaran, dan 1 sisi lengkung (selimut tabung)
6
Kerucut
2
0
1
1.      Memiliki dua sisi, 1 sisi alas berbentuk lingkaran dan 1 sisi lengkung (selimut kerucut)
2.      Mempunyai 1 titik sudut, merupakan titik puncak
7
Bola
1
0
0
Sisi bola berupa permukaan atau kulit bola, berupa bidang yang melengkung









Lampiran 6. Media Pembelajaran..

               
Jaring-Jaring Tabung                      Jaring-Jaring Limas Segiempat
                       
                        Jaring-Jaring Limas Segitiga










Lampiran 7. Sumber Pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Motivasi Kisah Pribadi

Perjuangan Seorang “Kuli Bangunan untuk Kuliah” Berdasarkan kisah nyata pribadi Oleh : Abdul Aziz Saya tidak pernah menyangka sa...