RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SENI RUPA)
KELAS 1 SEMESTER I
KTSP
Disusun guna memenuhi
tugas mata kuliah
Pendidikan
Seni
Dosen Pengampu: Ika Ratnaningrum, S.Pd., M.Pd.
Disusun
oleh:
Abdul Aziz
NIM 1401415322
Rombel 5E
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
SD Suka Maju
Mata Pelajaran :
Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas/ Semester :
1 (Satu)/ I
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit (1x pertemuan)
Seni
Tari
A.
Standar Kompetensi
1.
Mengapresiasi karya
seni rupa
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi unsur rupa pada
benda di alam sekitar
C.
Indikator
1. Mengelompokkan
berbagai ukuran bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada benda dua dan tiga
dimensi di alam sekitar
2. Mengelompokkan
berbagai jenis bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada benda dua dan tiga
dimensi di alam sekitar
3.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengelompokkan
berbagai ukuran bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada benda dua dan tiga
dimensi di alam sekitar
2. Siswa dapat mengelompokkan
berbagai jenis bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada benda dua dan tiga
dimensi di alam sekitar
Karakter yang
diharapkan:
Religius, disiplin, tekun, tanggung jawab, ketelitian,
kerja sama, dan percaya diri.
3.
Materi Ajar
1.
Berbagai
jenis dan ukuran unsure rupa tiga dimensi
pada berbagai benda
2.
Bentuk rupa benda
4.
Model dan Metode Pembelajaran
Model :
Cooperative
Learning.
Metode :
Ceramah, tanya jawab, kerja kelompok,demonstrasi, dan
penugasan.
5.
Media dan Sumber Belajar
1.
Media Pembelajaran
·
Gambar pola 3
dimensi
·
Gambar benda 3
dimensi
2.
Sumber Belajar
·
Silabus Seni Budaya dan Ketermpilan (KTSP) kelas
I semester I.
·
Paryanto, Joko,
Ambar Widyaningtyas, dan Sri Murni. 2010. Seni
Budaya dan Keterampilan Untuk SD & MI Kelas I. Surakrta: Mediatama.
6.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Strategi
Umum
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
Pembelajaran Awal
|
·
Guru membuka
pembelajaran dengan mengucapkan salam.
·
Guru menyuruh ketua
kelas untuk memimpin doa bersama.
·
Guru menanyakan kabar siswa dan melakukan
presensi kehadiran siswa.
·
Guru memberikan
penguatan untuk menyemangati siswa dengan ice
breaking bernyanyi “balon ku”
·
Guru menyampaikan
indikator dan tujuan dalam pembelajaran.
|
10 menit
|
Pembelajaran Inti
|
Eksplorasi
·
Guru menampilkan dan menjelaskan gambar rupa benda yang ada di sekitar.
·
Guru menampilkan gambar berbagai macam rupa benda
·
Siswa dengan bimbingan guru mengidentifikasi rupa benda
·
Siswa dengan bimbingan guru mengidentifikasi unsur rupa.
Elaborasi
·
Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil.
·
Guru membagikan lembar kerja siswa.
·
Guru menjelaskan cara mengerjakan lembar kerja siswa.
·
Siswa secara berkelompok dengan bimbingan guru mengerjakan lembar kerja
siswa..
·
Setelah kegiatan selesai, guru menunjuk kelompok secara acak untuk maju
ke depan.
Konfirmasi
·
Guru memberikan pengutan pada siswa yang
berani maju.
·
Guru melakukan tanya
jawab yang belum diketahui oleh siswa, meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan.
|
50 menit
|
Pembelajaran Akhir
|
· Guru
menyimpulkan hasil pembelajaran bersama-sama dengan siswa.
· Guru memberikan soal evaluasi sebagai penilaian individu.
· Guru
memotivasi siswa untuk belajar dengan baik dan menyampaikan rencana
pembelajaran dalam pertemuan berikutnya.
· Guru
bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah dan salam.
|
10 menit
|
7.
Penilaian
1.
Teknik : Tes dan non tes
2.
Bentuk Instrument : Tertulis dan perbuatan
8.
Lampiran
1.
Materi
2.
Kisi-Kisi
3.
Lembar Evaluasi Kognitif
4.
Lembar Kerja Siswa (LKS)
5.
Lembar Penilaian Kognitif
6.
Lembar Penilaian Afektif
7.
Lembar Penilaian Performansi (Psikomotor)
8. Sumber Pembelajaran
Tegal, 3 November 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
....................................... .....................................
NIP NIP
Lampiran 1.
Materi
Lampiran 2.
Kisi-Kisi
KISI-KISI SOAL KOGNITIF
Materi pokok : Bentuk Rupa Be nda
Kelas/Semtr : I/I
Alokasi waktu : 2x35 menit
SK : 1. Mengapresiasikan seni rupa
Kompetensi Dasar
|
Indikator soal
|
Ranah Kognitif
|
No Soal
|
Tingkat kesulitan
|
Mengidentifikasi unsur rupa pada benda
di alam sekitar
|
1. Siswa dapat menyebutkan bentuk benda
2. Siswa mampu mengidentifikasi bentuk dasar benda
3. Siswa dapat menyebutkan bentuk dasar benda di sekitar manusia
4. siswa mampu mengidentifikasi benda yang ada di kehidupa sehari-hari
5. Siswa mampu menyebutkan bentuk benda
6. Siswa mampu menyebutkan bentuk benda di sekitar manusia
|
C1
C2
C2
C1
C2
C3
C3
|
1 PG
2 PG
3 PG
4 PG
5 PG
1 esay
2 esay
|
Mudah
Sedang
Sedang
Mudah
Sulit
Sedang
Sulit
|
KISI-KISI PSIKOMOTOR
Materi pokok : Unsur rupa
Kelas/Semtr : I/I
Alokasi waktu :
2x35 menit
SK :
1. Mengapresiasikan seni rupa
KD : 1.1 Mengidentifikasi
unsur rupa pada benda di alam sekitar
Indikator Soal
|
Bentuk tes
|
Soal tes
|
Ranah psikomotor
|
Tingkat kesulitan
|
Siswa dapat memperagakan/ menampilkan tari Nusantara.
|
Praktek (tes performasi)
|
Sebutkan unsur-unsur rupa yang kamu ketahui
|
P3
|
Sedang
|
Lampiran 3.
Lembar Evaluasi Kognitif
TES TERTULIS
Nama :
……………….
Mata Pelajaran : Seni
Budaya dan Keterampilan (Seni Tari)
Kelas/Semester : V/
II
Hari/Tanggal :
A. Mari menyilang huruf a,b, atau
c untuk jawaban yang tepat!
- Benda yang memiliki bentuk
bulat adalah...
a. bola b. kerucut c. kotak pensil - Benda yang memiliki bentuk
dasar tabung yaitu...
a. botol b. bola c. kotak pensil - Gambar gunung biasanya
berbentuk dasar...
a. tabung b. kerucut c. kubus - Sabun mandi biasanya
berbentuk...
a. kerucut b. slinder c. kubus - Telor ayam berbentuk...
a. bulat b. lonjong c. oval
B. Mari mengisi titik-titik
dengan jawaban yang tepat!
- Piramida memiliki bentuk dasar........
- Kardus memiliki bentuk dasar......
Lampiran 4. Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan
Keterampilan
Kelas/ Semester : V/ II
Nama Kelompok :
Nama Anggota : 1. ................................ 4. ................................
2. ................................ 5. ................................
3. ................................ 6. .................................
Instruksi kegiatan:
Lampiran 5.
Lembar Penilaian Kognitif
Kunci jawaban:
I.
Pilihan Ganda
No
|
Kunci Jawaban
|
1
|
A
|
2
|
A
|
3
|
B
|
4
|
C
|
5
|
C
|
II.
Esay
1.
Sesuai jawaban
siswa
2.
Sesuai jawaban
siswa
Penilaian
Keterangan penilaian esay
5 = Siswa menjawab lengkap
3 = Siswa menjawab kurang
lengkap
1 = Siswa menjawab tetapi salah
No
|
Bentuk Soal
|
Jumlah Soal
|
Skor Maksimal
|
Jumlah
|
I
|
Pilihan Ganda
|
5
|
2
|
10
|
II
|
Esay
|
2
|
5
|
10
|
Jumlah skor
|
20
|
Nilai =
|
Lampiran 6. Lembar
Pengamatan
Afektif
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor total
|
Keberhasilan
|
|||||||||||||||||||
Jujur
|
Tanggung Jawab
|
Disiplin
|
Kerja sama
|
Percaya Diri
|
|
||||||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
|||
1.
|
|
||||||||||||||||||||||
2.
|
|
||||||||||||||||||||||
3.
|
|
||||||||||||||||||||||
4.
|
|
||||||||||||||||||||||
5.
|
|
||||||||||||||||||||||
Dst
|
|
Keterangan :
4 = Sangat baik
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang baik
Kriteria keberhasilan
90%
- 100% = Sangat Baik
80%
- 89% = Baik
70%
- 79% = Cukup
< 70% = Kurang
Keberhasilan = jumlah skor yang
diperoleh x 100 %
Jumlah
skor maksimal (20)
|
Lampiran 7. Lembar Penilaian Tes Performansi (Psikomotor)
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor total
|
Keberhasilan
|
|||||||||||||||||||
Ketepatan
|
Kreatif
|
Bentuk
|
Kelincah-an
|
Keberani-an
|
|
||||||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
|||
1.
|
|
||||||||||||||||||||||
2.
|
|
||||||||||||||||||||||
3.
|
|
||||||||||||||||||||||
4.
|
|
||||||||||||||||||||||
5.
|
|
||||||||||||||||||||||
Dst
|
|
Deskriptor Penilaian
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
Persentase
|
1.
|
Ketepatan
|
Sesuai
Cukup
sesuai
Kurang
sesuai
Tidak
sesuai
|
4
3
2
1
|
20
|
2.
|
Kreatif
|
Kreatif
Cukup
kreatif
Kurang
kreatif
Tidak
kreatif
|
4
3
2
1
|
20
|
3.
|
Bentuk
|
Sesuai
Cukup
sesuai
Kurang
sesuai
Tidak
sesuai
|
4
3
2
1
|
20
|
4.
|
Kelincahan
|
Lincah
Cukup
lincah
Kurang
lincah
Tidak
lincah
|
4
3
2
1
|
20
|
5.
|
Keberanian
|
Berani
Cukup
berani
Kurang
berani
Tidak
berani
|
4
3
2
1
|
20
|
Kriteria keberhasilan
90%
- 100% = Sangat Baik
80%
- 89% = Baik
70%
- 79% = Cukup
< 70% = Kurang
Keberhasilan = jumlah skor yang
diperoleh x 100 %
Jumlah
skor maksimal (20)
|
Lampiran 9. Sumber Pembelajaran
Paryanto,
Joko, Ambar Widyaningtyas, dan Sri Murni. 2010. Seni Budaya dan Keterampilan Untuk SD & MI Kelas I. Surakrta:
Mediatama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar